Setelah sebelumnya saya berbagi tips mengenai cara memasang karburator Honda Tiger ke Suzuki Thunder 125, kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara memasang karburator Honda Tiger ke Yamaha Scorpio Z.
Sebelumnya, alasan dari pemasangan karburator Tiger ini semata-mata hanya untuk mencari substitusi sementara, mengingat harga vakum karburator standara Yamaha Scorpio Z sangatlah mahal, berkisar 600 ribuan. Maka dari itu, selagi vakum karburator kondisinya masih bagus akhirnya karburator standar disimpan saja. Sebagai penggantinya, kebetulan karburator Tiger yang sebelumnya sempat dipasang di Suzuki Thunder sekarang tidak terpakai, akhirnya diputuskan untuk memasang karburator tersebut sebagai pengganti karburator standar Yamaha Scorpio Z milik saya.
Sebelum dipasang memang muncul keraguan, karena fisik dari karburator Keihin PD ini cukup besar dan tinggi, sementara karbu standar Scoprio saja sulit sekali mencabutnya karena spacenya cukup sempit, dan ternyata memang ada beberapa bagian yang musti diakali agar karburator tersebut bisa “duduk manis” di kompartemen belakang blok mesin Scorpio. Diantaranya :
1. Geser dudukan koil ke atas
Tepat di bagian atas karburator ada dudukan koil yang merangkap dudukan relay sein , relay kontak dan kiprok. Dudukan tersebut dibaut ke rangka dengan dua baut di kiri dan kanan dudukan. Dudukan ini bisa dipindah posisinya ke atas dengan cara mengganti baut pengikat dengan yang lebih panjang dan menambahkan spacer di bawah pelat dudukannya. Seperti ini :
2. Geser posisi koil
Selain menggeser dudukan pelat dudukan koil, posisi koil juga musti digeser ke depan. Caranya dengan memindahkan posisi baut pengikatnya, poengikat koil yang semula dibaut di belakang dipindah ke depan, jadi koilnya hanya diikat menggunakan satu baut. Seperti ini :
Sebetulnya begitu juga sudah cukup aman, tapi jika masih kurang yakin bisa menambahkan pelat dudukan lagi di depannya.
3. Geser selang pernafasan
Selang pernafasan dari blok FOUR menuju ke boks filter udara, jalurnya menghalangi gerak tuas gas karburator Tiger. Untuk mengakalinya, cukup ikat selang tersebut ke rangka bagian atas (dekat pelat dudukan koil) menggunakan cable-tie.
Sekarang, karburator Keihin PD26 bisa terpasang sempurna di tempatnya. 🙂 Intake manifold tidak perlu diganti, masih bisa menggunakan intake manifold standar Scorpio Z.
Lalu, bagaimana dengan setingannya?
Untuk sementara ini, setingan yang saya terapkan adalah :
– pilot screw 2 putaran
– pilot jet #42
– main jet #120
– jarum skep klip ke-2 dari bawah
– akselerator aktif
– langsam diset 1300-1400rpm dalam kondisi mesin hangat
– celah klep masih standar, 0.08 untuk klep in
Seting tersebut belum final karena kondisi busi masih hitam tipis saat pemakaian santai, merah kecoklatan saat pemakaian kecepatan tinggi atau luar kota. Waktu seting sempat dilakukan eksperimen diantaranya mengganti karet joint filter udara (karena karet joint saluran udara standar terlalu longgar di mulut karburator), melepas tuas choke, seting jarum skep lebih irit, tapi semuanya berakhir dengan kondisi “ngook” dan gas musti diurut pelan, akhirnya dikembalikan ke setingan diatas, gaspun bisa dibuka spontan tanpa masalah.
Hasilnya, untuk putaran bawah nafasnya lebih panjang jika dibandingkan dengan karburator standar, untuk topspeed belum sempat dites karena terkendala tempat, tidak ada tempat yang memadai untuk mengetes topspeednya hehe 🙂 tapi sepertinya topspeed tidak bertambah jauh, karena peran karbu sangat kecil dalam penambahan top speed.
Untuk diketahui bahwa spesifikasi Keihin PD26 ini venturinya oval, lebar vertikal 28 mm, horizontal 24 mm, tapi untuk venturi belakang bentuknya bulat dengan diameter 29 mm, hanya selisih 1 mm dengan karburator standar Scorpio Z, jadi spesifikasi karbu ini tidak terlalu kecil saat dipasang di Scorpio Z.
wah nice info bgt, penegen coba ah
selamat mencoba bro 🙂
pgn coba jg ah, tp brp hrga karbu ori tigernya??
untuk harga karbu baru :
Tiger revo = 2,1 juta
Tiger lama = 1,8 juta
tipe karbunya sih sama aja cuma beda ukuran spuyer aja
kalo yang second kisaran 400-600ribuan
Kang kalau ganti intake manifold thunder pake obeng biasa bisa gak yah? Kayanya keras yah?
harus pake obeng ketok, kalo udah bisa dibuka sih baiknya diganti aja pake baut biasa atau baut L biar gampang dibongkar pasang lagi
oke, makasih banyak Kang 😀
Mz, motor saya yamaha scorpio z jg pakai karbu honda tiger revo. Tp posisinya karbu gak sejajar sama filter agak turun mz?, Sedangkan kalo di paksa takutnya manipolnya sobek bisa” mz. Dan saya lihat foto pasang karbu mz itu manipolnya pakai bwa’annya scorpio ato pakai apa itu pya mz?. Minta tlg solusi mz makasih,,.
yang di foto pake manifold bawaan scorpio koq, kalo moncong venturi karbu ga pas masuknya ke lubang filter udara, tinggal diputer aja karet yang di filter udaranya biar posisinya pas ketemu sama moncong venturi karbu 🙂
btw lubang karet filter udaranya lebih gede dari moncong karbu koq, jadi sebenernya ngeset posisinya lebih gampang
manipolnya di ganti gak maz kalau pasang karbu tiger di Y.pio
ga perlu, masih pake manifold pio
mas..
wktu sempet ganti karet joint karbu, ganti pake punya motor apa?
pake punya rxz mas, tapi cuma nemplok doang di boks filter udaranya. akhirnya sekarang karet joint itu dipotong pas di bagian moncong karbunya aja buat nambal kelonggaran antara moncong karbu sama karet joint bawaan pio 🙂
saya pake karbu tiger di scorpio saya cuman kok gas nya jadi seret ya?? itu kabel gas pakai punya apa om??“
pake kabel gas punya tiger, kabel gas A (tarik) kalo seret mungkin kabelnya kejepit
PM in nomor HP donk om..pengen konsultasi nih
Thanks gan, ane udah aplikasiin dan manteeeeep bgt..
boros mana ma karbu standar pio om?
sama aja, belom ngitung secara spesifik sih tapi ga ada perbedan jauh koq, ngisi bensin masih sesuai jadwal rutin
Gan pakai karburator fcr 37 apa boros
Kok agak batuk-batuk ya di rpm bawah. Mohon solusinya…
busa filter udara dipasang & masih bersih ga?
Klo saya baca dari atas sampe ke bawah tdk ada yg membahas akselerasi,
Apa min plus’nya pas ganti karbu tiger,kebetulan Scorpio saya mau pakai karbu tiger om,terima kasih
Mas mau nanya. Pilot screw karbu tiger itu kalau diputar ke kanan semakin irit ya? (Udara banyak)
Saya bingung katanya ada yg bilang pilot screw tiger ini muternya kebalik gak kaya karbu pe,pwl,pwk,dll
Mas mau tanya pilot jet klo tak pakai 42 nembak saat deselerasi tp busi warna bagus.tp tak pasang 45 gak nembak tp busi hitam..minta solusi dong