HOWTO : Memasang Karburator Honda Tiger ke Yamaha Scorpio Z

Setelah sebelumnya saya berbagi tips mengenai cara memasang karburator Honda Tiger ke Suzuki Thunder 125, kali  ini saya  akan berbagi tips mengenai cara memasang karburator Honda Tiger ke Yamaha Scorpio Z.

Keihin PD

Sebelumnya, alasan dari pemasangan karburator Tiger ini semata-mata hanya untuk mencari substitusi sementara, mengingat harga vakum karburator standara Yamaha Scorpio Z sangatlah mahal, berkisar 600 ribuan. Maka dari itu, selagi vakum karburator kondisinya masih bagus akhirnya karburator standar disimpan saja. Sebagai penggantinya, kebetulan karburator Tiger yang sebelumnya sempat dipasang di Suzuki Thunder sekarang tidak terpakai, akhirnya diputuskan untuk memasang karburator tersebut sebagai pengganti karburator standar Yamaha Scorpio Z milik saya.

Sebelum dipasang memang muncul keraguan, karena fisik dari karburator Keihin PD ini cukup besar dan tinggi, sementara karbu standar Scoprio saja sulit sekali mencabutnya karena spacenya cukup sempit, dan ternyata memang ada beberapa bagian yang musti diakali agar karburator tersebut bisa “duduk manis” di kompartemen belakang blok mesin Scorpio. Diantaranya :

1. Geser dudukan koil ke atas

Tepat di bagian atas karburator ada dudukan koil yang merangkap dudukan relay sein , relay kontak dan kiprok. Dudukan tersebut dibaut ke rangka dengan dua baut di kiri dan kanan dudukan. Dudukan ini bisa dipindah posisinya ke atas dengan cara mengganti baut pengikat dengan yang lebih panjang dan menambahkan spacer di bawah pelat dudukannya. Seperti ini :

spacer

2. Geser posisi koil

Selain menggeser dudukan pelat dudukan koil, posisi koil juga musti digeser ke depan. Caranya dengan memindahkan posisi baut pengikatnya, poengikat koil yang semula dibaut di belakang dipindah ke depan, jadi koilnya hanya diikat menggunakan satu baut. Seperti ini :

ABCD0016

Sebetulnya begitu juga sudah cukup aman, tapi jika masih kurang yakin bisa menambahkan pelat dudukan lagi di depannya.

3. Geser selang pernafasan

Selang pernafasan dari blok FOUR menuju ke boks filter udara, jalurnya menghalangi gerak tuas gas karburator Tiger. Untuk mengakalinya, cukup ikat selang tersebut ke rangka bagian atas (dekat pelat dudukan koil) menggunakan cable-tie.

Sekarang, karburator Keihin PD26 bisa terpasang sempurna di tempatnya.🙂 Intake manifold tidak perlu diganti, masih bisa menggunakan intake manifold standar Scorpio Z.

Lalu, bagaimana dengan setingannya?
Untuk sementara ini, setingan yang saya terapkan adalah :
– pilot screw 2 putaran
– pilot jet #42
– main jet #120
– jarum skep klip ke-2 dari bawah
– akselerator aktif
– langsam diset 1300-1400rpm dalam kondisi mesin hangat
– celah klep masih standar, 0.08 untuk klep in

Seting tersebut belum final karena kondisi busi masih hitam tipis saat pemakaian santai, merah kecoklatan saat pemakaian kecepatan tinggi atau luar kota. Waktu seting sempat dilakukan eksperimen diantaranya mengganti karet joint filter udara (karena karet joint saluran udara standar terlalu longgar di mulut karburator), melepas tuas choke, seting jarum skep lebih irit, tapi semuanya berakhir dengan kondisi “ngook” dan gas musti diurut pelan, akhirnya dikembalikan ke setingan diatas, gaspun bisa dibuka spontan tanpa masalah.

merah-kecoklatan

Hasilnya, untuk putaran bawah nafasnya lebih panjang jika dibandingkan dengan karburator standar, untuk topspeed belum sempat dites karena terkendala tempat, tidak ada tempat yang memadai untuk mengetes topspeednya hehe🙂 tapi sepertinya topspeed tidak bertambah jauh, karena peran karbu sangat kecil dalam penambahan top speed.

Untuk diketahui bahwa spesifikasi Keihin PD26 ini venturinya oval, lebar vertikal 28 mm, horizontal 24 mm, tapi untuk venturi belakang bentuknya bulat dengan diameter 29 mm, hanya selisih 1 mm dengan karburator standar Scorpio Z, jadi spesifikasi karbu ini tidak terlalu kecil saat dipasang di Scorpio Z.

This entry was posted in HOWTO and tagged , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to HOWTO : Memasang Karburator Honda Tiger ke Yamaha Scorpio Z

  1. dery says:

    wah nice info bgt, penegen coba ah

  2. cacu says:

    pgn coba jg ah, tp brp hrga karbu ori tigernya??

    • mochyuga says:

      untuk harga karbu baru :
      Tiger revo = 2,1 juta
      Tiger lama = 1,8 juta
      tipe karbunya sih sama aja cuma beda ukuran spuyer aja

      kalo yang second kisaran 400-600ribuan

  3. D'R says:

    Kang kalau ganti intake manifold thunder pake obeng biasa bisa gak yah? Kayanya keras yah?

  4. Angga wahyu setya permadi says:

    Mz, motor saya yamaha scorpio z jg pakai karbu honda tiger revo. Tp posisinya karbu gak sejajar sama filter agak turun mz?, Sedangkan kalo di paksa takutnya manipolnya sobek bisa” mz. Dan saya lihat foto pasang karbu mz itu manipolnya pakai bwa’annya scorpio ato pakai apa itu pya mz?. Minta tlg solusi mz makasih,,.

    • mochyuga says:

      yang di foto pake manifold bawaan scorpio koq, kalo moncong venturi karbu ga pas masuknya ke lubang filter udara, tinggal diputer aja karet yang di filter udaranya biar posisinya pas ketemu sama moncong venturi karbu🙂
      btw lubang karet filter udaranya lebih gede dari moncong karbu koq, jadi sebenernya ngeset posisinya lebih gampang

  5. machsoon says:

    manipolnya di ganti gak maz kalau pasang karbu tiger di Y.pio

  6. edo haryanto says:

    mas..
    wktu sempet ganti karet joint karbu, ganti pake punya motor apa?

    • mochyuga says:

      pake punya rxz mas, tapi cuma nemplok doang di boks filter udaranya. akhirnya sekarang karet joint itu dipotong pas di bagian moncong karbunya aja buat nambal kelonggaran antara moncong karbu sama karet joint bawaan pio🙂

  7. ragil.setyawan says:

    saya pake karbu tiger di scorpio saya cuman kok gas nya jadi seret ya?? itu kabel gas pakai punya apa om??“

  8. ragil.setyawan says:

    PM in nomor HP donk om..pengen konsultasi nih

  9. Diwa says:

    Thanks gan, ane udah aplikasiin dan manteeeeep bgt..

  10. inay says:

    boros mana ma karbu standar pio om?

  11. Surya says:

    Gan pakai karburator fcr 37 apa boros

  12. Rocka says:

    Kok agak batuk-batuk ya di rpm bawah. Mohon solusinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s