HOWTO : Tips dan Trik Optimalisasi Karburator Tipe Vakum

Karburator Vakum

Karburator tipe vakum yang telah menggantikan karburator tipe skep konvensional memang menawarkan konsumsi bensin yang lebih irit, namun sebagai timbal baliknya ternyata mengorbankan kecepatan respon buka tutup gas. Saat tuas gas dibuka skep karburator vakum tidak akan naik seketika namun menunggu kevakuman dari mesin, sehingga akselerasi terasa kurang responsif jika dibandingkan karburator tipe konvensional.

Akselerasi telat memang tidak bisa dihindarkan, namun sebenarnya bisa diakali agar naik-turunnya skep bisa lebih cepat dan responsif mengikuti bukaan gas, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Skep

Permukaan skep karburator vakum umumnya dilapisi teflon. Teflon merupakan bahan yang bisa mengurangi gaya gesek, namun dengan seiring waktu lapisan Teflon tersebut seringkali tergores partikel debu dll sehingga permukaannya menjadi kasar. Permukaan yang kasar tersebut bisa menghambat naik-turunnya skep sehingga respon skep jadi lebih telat, akselerasipun jadi lebih lambat. Untuk mengakalinya, gunakan minyak atau pelumas yang SAEnya sangat encer, contohnya saya menggunakanminyak pelumas merk “SINGER” yang biasa digunakan untuk melumasi mesin jahit manual. Langkah pertama buka dulu skep dari badan karburator, teteskan 2-3tetes minyak pelumas ke permukaan skep, ratakan dengan jari tangan saja, dengan catatan tangannya harus bersih hehe.. Masukkan kembali skep ke badan karbu, coba naik-turunkan skep secara manual agar minyaknya makin merata di permukaan skep.

Tips ini pernah saya baca di suatu blog namun saya lupa alamat blognya. Sudah saya buktikan dan hasilnya lumayan terasa, terutama saat baru dilumasi. Perlakuan ini biasanya saya lakukan sebulan sekali saat servis rutin.

skep

2. Per Skep

Untuk part ini ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama adalah potong per skep dan yang kedua adalah substitusi per skep. Untuk langkah pertama tentu mudah, tinggal potong per skep bawaan karbu menggunakan tang potong karena per skep karbu vakum kecil dan tipis. Untuk pemotongan ini disarankan tidak terlalu banyak, sekitar 3-5 ulir saja, jika terlalu banyak skep beresiko menggantung dan menyebabkan bahan bakar bisa jadi lebih boros dan timbul brebet.

Untuk cara kedua, substitusi yang dilakukan adalah dengan menggunakan per skep bawaan karbu lain yang lebih lembek dibandingkan per skep standar, namun untuk cara ini diperlukan alat ukur kekerasan/tekanan per agar didapat hasil yang akurat, tidak berdasarkan feeling.

per skep

3. Pilot Miture Screw

Seting pilot screw untuk kondisi standar ada patokannya, umumnya tertera di manual book motor tersebut. Untuk mempercepat akselerasi motor, bukaan pilot screw bisa dibuka ¼ – ½ putaran lebih besar daripada patokan standar. Cara ini menyebabkan putaran bawahnya dibuat sedikit lebih boros, namun dengan tambahan volume gas maka energi pembakaran jadi lebih besar, torsi bertambah dan akselerasi bisa lebih cepat. Namun cara ini sangat bergantung pada kondisi pengapian dan spesifikasi busi, jika pengapian sudah tidak optimal atau menggunakan busi tipe racing/dingin biasanya malah timbul brebet, jika timbul brebet sebaiknya setelan bukaan pilot screw dikembalikan ke standar saja.

Carb_Low_Speed_Air_Mixture_Screw

4. Jetting

Jetting ulang di karbu skep sebetulnya cukup sensitif  (baca artikel “SHARE: Kompleksitas Seting Karburator Vakum”). Untuk penggantian pilot-jet dan seting needle-jet (jarum skep) tidak menjadi ritual wajib untuk meningkatkan respon karbu vakum, salah-salah malah timbul brebet. Jadi untuk jetting ulang hanya dilakukan pada bagian main-jet untuk membantu putaran atas lebih bertenaga. Untuk kondisi standar atau menggunakan knalpot aftermarket maka penggantian main-jet disarankan hanya 1 tingkat. Penggantian pilot-jet dan seting ulang needle jet hanya dilakukan jika bagian mesin sudah mengalami ubahan yang cukup ekstrim, misalnya bore-up & stroke-up, porting polish, dll.

UGFU-SPUYER-TIPS-OKT01

5. Karet Vakum

Untuk part yang satu ini, sebetulnya tidak bisa diakali. Jika kondisi karet vakum sudah melar sebaiknya segera diganti saja, karena kondisi kart vakum sangat menentukan unjuk kerja karbu vakum tersebut.

20111123-trouble_1

This entry was posted in HOWTO and tagged , . Bookmark the permalink.

106 Responses to HOWTO : Tips dan Trik Optimalisasi Karburator Tipe Vakum

  1. D'R says:

    Hatur nuhun Kang hehehe😀
    Untuk nambah topspeed saya pernah iseng ngoprek karbu vakum, tes di thunder125non kick stater.
    caranya:

    1. Tutup karbu vakum yg bahannya dari plastik saya tambah stick kira2 2.5cm di bagian dudukan ‘Per’, kemudian di lem biar gk lepas terhisap piston. jd Per di masukin ke bagian stick tsb. Tujuannya untuk mengurangi ruang kevakuman biar gk terlalu luas jd skep mudah terangkat.

    2. Mengganti jarum skep dgn jarum skep thunder125 thn 2007 yg main jetnya ukuran 107, jd jarum skep lbh kecil dari standarnya.

    3. Gear belakan saya ganti dgn yg lbh kecil ukuran 39 mata.

    4. Busi irridium merek TDR

    Efek yg saya rasain
    Tarikan lbh enteng, nafasnya panjang banget, gigi 1 0-30 gigi 2nya panjang bgt nafasnya tembus 60 bahkan bisa sampai 80kpj kalau rada di paksa, gigi 3 60-100 dan gigi 4 100-120 gigi 5 blm nyoba speedometer udah mentok, hehe😀 tapi bensinnya lumayan boros.

    Menurut pendapat akan gmn tuh?

    • mochyuga says:

      itu buktinya kan udah kerasa, berati bagus dong hehe
      btw thanks atas sharing triknya, patut dicoba kayanya🙂

      bensin boros sih udah konsekuensinya, ga ada motor yang bisa kenceng tanpa minta konsumsi bensin lebih, pasti minta “minum” lebih banyak😀

      • firman says:

        Kang DR untuk plastik nya di kasih jenis apa? Kalo pake plastik bekas botol atau plastik buat cover jilid buku bisa kah ?

        @untuk thundi saya juga pake gir 39 punya yamaha Force1 2tak. Top speed terbukti ngacir

        Haturnuhun.

  2. D'R says:

    Hatur nuhun Kang hehehe😀
    Untuk nambah topspeed saya pernah iseng ngoprek karbu vakum, tes di thunder125non kick stater.
    caranya:

    1. Tutup karbu vakum yg bahannya dari plastik saya tambah stick kira2 2.5cm di bagian dudukan ‘Per’, kemudian di lem biar gk lepas terhisap piston. jd Per di masukin ke bagian stick tsb. Tujuannya untuk mengurangi ruang kevakuman biar gk terlalu luas jd skep mudah terangkat.

    2. Mengganti jarum skep dgn jarum skep thunder125 thn 2007 yg main jetnya ukuran 107, jd jarum skep lbh kecil dari standarnya.

    3. Gear belakan saya ganti dgn yg lbh kecil ukuran 39 mata.

    4. Busi irridium merek TDR

    Efek yg saya rasain
    Tarikan lbh enteng, nafasnya panjang banget, gigi 1 0-30 gigi 2nya panjang bgt nafasnya tembus 60 bahkan bisa sampai 80kpj kalau rada di paksa, gigi 3 60-100 dan gigi 4 100-120 gigi 5 blm nyoba speedometer udah mentok, hehe😀 tapi bensinnya lumayan boros.

    Menurut pendapat akan gmn tuh?
    Terus kalau karet vakum thunder250 emang sama yah ama thunder125?

    • mochyuga says:

      karet vakum thunder 250 beda, dari lubang skepnya aja ukurannya udah beda jauh. kalo cari karet vakum yang bagus tetap pake buat thunder tapi cari yang SGP made in china atau made in taiwan, lebih bagus dan awet daripada SGP made in indonesia. nomor partnya beda, tapi lebih gamapng sih tinggal liat kemasannya aja, ada koq keterangan made in mana hehe

    • Dicky says:

      Gan bisa tampilin gambarx gk, paling tdk ilustrasix sj

  3. D'R says:

    ada yg lupa Kang hehe😀
    Klip jarum skep di posisi tengah, karena pernah nyoba di paling bawah di rpm 6000 terasa endut2an dan brebet, busi jg item. tp kalau pengapian di gedein lg mungkin bisa lbh oke ya Kang?

    • mochyuga says:

      dari obrolan saya sama temen, katanya beliau sih pengaruh dari pengapian itu keciiil banget, dan pengapian yang bagus itu sebetulnya bukan dari besarnya tapi dari timingnya, gimana caranya agar timing pengapian pas dengan timing kompresi, oktan bahan bakar, dll
      jadi lebih baik seting karbunya yang pas aja, kalo mau memperbaiki kualitas pembakaran coba pake bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, misalnya pertamax atau shell, dan ga perlu dibikin boros. seting karbu boros yang menghasilkan tenaga ajib hanya berlaku di mesin tipe 2tak🙂

    • ponco says:

      Kalao sya mengakali karbu saya , stel klep in lebih kecil dr out posisi TMA …pilot besar kan 2 angka dr std , posisi jarum di tengah . Kenalpot after market …dijamin stang seher awet mesin lansam bisa sampe 400 rpm …tarikan enteng …ini sebetulnya rahasia saya tp biar pd senang aj yg laen ….hehehe

  4. D'R says:

    makasih banyak Kang atas pencerahannya. Bandungnya dimana yah Kang? Saya pernah jg di Bandung daerah Kiara Condong tp cuma bentar, sebatas PKL waktu sekolah di komplek TNI AD bagian perhubungan (Otomotif).

  5. nurhadi says:

    Knp yah mtr mio w klo keadaan dingin Ĝɑ̤̈ mau langsam tpi klo udh panas baru bisa langsam

    • mochyuga says:

      kalo dingin coba cuknya dibuka mas, awalnya pasti agak brebet nanti kalo langsamnya udah naik sendiri baru ditutup. tapi kalo cuk dibuka masih susah langsam cek ualng setelan pilot screwnya, buat patokan standar 2,5 putaran, +/- 0,5 putaran

  6. gundamz says:

    Salam kenal kang…tulisan blog anda luar biasa….benar2 bermafaat utk pemilik motor..terima kasih atas sedekah ilmunya. mohon terus update tulisan yg bermanfaat spt ini

    • mochyuga says:

      terima kasih atas apresiasinya kang, follow/bookmark aja alamat blog ini biar dapet updatenya terus hehe
      sebelumnya minta maaf jika updatenya kurang intens karena ada kesibukan lain, selain itu juga saya ingin menulis sesuatu yang original, bukan sekedar copas atau mengomentari sumber lain, sesuai nama blognya, DO & SHARE, i shares what i’ve already done hehe

  7. D'R says:

    Kang Karbu thunder emang ada yah yg merknya KEIHIN? saya nemu di blog (Kaskus) ko ada yah? Bentuknya sama persis. Nih linknya

  8. Ina amalia says:

    Mtr mio susah hidup n g bisa lari lw ditarik gas full ngadat

    • mochyuga says:

      servis karbunya dulu mbak, cek part dalemannya kalo ada yang musti diganti ya segera diganti, cek juga filter udaranya, kalo udah kotor banget segera bersihkan atau sekalian ganti yg baru

      • mau nanyak kang Mtor Mio saya Brebet d stiap d hdupin n gas gk naek dan spda gk jlan tp ktika cup udara yg ke krbu d buka gas mulai naek dan bsa jlan

      • mochyuga says:

        itu biasanya gara2 karet vakum skep udah bolong kang, dicek dulu aja bongkar karbunya

      • mas Saya Udah Cek karet Vakum ternyta Gak ad Yg blong.. selain karet vakum Qra” Ap Lagi Mas..
        . Soal.a d Stiap d hdupin brebet Dan gas gk naek spdapun gk bsa jaln.. tpie ktika kbel cup udra yg ke krbu d buka bru gas mulai naek n bisa jln..

  9. ryan says:

    Halo masbro mau tanya nih, motor sy sering banget brebet+ngempos klo di gas brasa kosong tp klo di gas pol mesin trasa hidup lg ga lama brebet lg di barengin suara nembak2 di knalpot ga lama mati total susah stater sperti kehabisan bensin. Sy udh cb ganti karet vakumnya pake satria f kt tmen sama jd di cb tp ttep aj masih timbul pnyakit yg sama. Kira2 knp ya mas? Motor sy new jupiter mx 2012. Thx b4

    • mochyuga says:

      cek filter udara, bersihkan atau ganti kalo udah butek banget

    • Okie_Rider64 says:

      Coba gnti busi gan, kmrn mtor saya jg gtu, kmrn pake busi tdr ballistic, hanya tahan 2bln aja, lngsung brebet, udah bongkar smuanya masih jg brebet, ujung2nya saya gnti busi ngk yg ori lngsung lncar gan….

  10. phoenix says:

    Saya beda pandangannya bro… Menurut sy karbu vakum itu jelas lebih baik dari karbu konvensional dalam mengurusi campuran bb dan udara. Jika setelannya tepat, air fuel mixturenya lebih presisi, otomatis akselerasi jos, peak power jos. Kurangnya akselerasi berarti ukuran karbu atau setelan karbu nya saja yg belum tepat. Ingat, EN 125 produk global, jadi settingan karbu cv seharusnya disesuaikan dengan kondisi daerah setempat. Tapi jangan salahkan karbu cv jika akselerasi sang EN lebih kurang dibanding motor berkubikasi lebih besar. Tingkat kevakuman silindernya pasti beda lah… Kalau disuruh milih antara karbu cv dan konvensional, saya akan selalu pilih cv.

    • mochyuga says:

      ga ada statement saya yg menyatakan kalau karbu vakum lebih buruk dari sisi fungsi koq mas hehe..
      saya sangat setuju, untuk masalah efisiensi jelas karbu vakum lebih unggul, hanya kelemahan di sisi respon kerja skep yang tidak sespontan karbu konvensional sering dikeluhkan pengguna karbu vakum, maka muncullah artikel ini🙂

      • rewo says:

        Gak jelek cuma ribet ,,,, ninja ane ampe mau ane bakar cma masalah karbu vakum ,,,,,coba kalau ninja 250 pakai karbu biasa ,,,,gak bkin pening penggunanya ,,,,

  11. D'R says:

    om phoenix setahu saya gk semua thunder karbunya sama, bahkan venturi karbunya jg beda2😀 mohon di ralat kalau saya salah😀

  12. D'R says:

    Om phoenix kan bilangnya global, jd bukan cm di indonesia dong, thunder Brazil/Suzuki Yes kalau gk salah baca artikel kayanya pake venturi 22 ada jg yg 24, ada jg yg nulis pake BS25 yg bener yg mana dong Kang?😀

  13. D'R says:

    ia ya saya nulisnya thunder bukan EN125, habis dah biasa bgt dgn nama thunder sih, hehehee😀

  14. phoenix says:

    Memang gak secara eksplisit, tapi implisit “respon gas”. Kalo gak lebih buruk secara fungsi, bisa jadi sama, atau lebih baik, jika lebih baik tentu respons gas juga lebih baik, akselerasi lebih baik… Tapi oke lah… Keep up the good work…

  15. hendra says:

    Maaf bos..mau nanya..kemaren itu thunder saya..suka mati tiba-tiba..walaupun saya sedang jalan..terutama saat langsam..saya sudah coba dengan diservice..batere sudah dicas ulang…sepul juga digulung ulang..tetapi masih terjadi masalah yang sama..mohon bantuannya..ya..bos..trims.

  16. Sony Salman says:

    Bos mau tanya dong,,, saya pake bandit,,, klo digas turun rpm nya telat,,, ga langsung ke rpm pas langsam,,, kira2 knp ya? Mohon infonya,,,
    Hatur nuhun

  17. yanto83 says:

    mas motor byson saya sering mogok dan kalo di gas kadang ngempos,sering juga kalo gas besar mesin mati.ktanya harus ganti karbu yang konvensional ya.apa perlu?? kalo tdk ganti karbu apa yang saya yang harus lakukan,biar tidak rewel lagi,saya udh keluar masuk ke bengkel cari solusi tetep g ada yang bisa nyelesain,meskipun itu bengkel resmi,,tlg bgt solusinya mas…081268193832

    • mochyuga says:

      itu biasanya skep karbunya udah kena mas, entah baret2 atau teflonnya habis. kalo ganti karbu ya tergantung, mau ganti silakan, mau perbaiki karbu ori juga silakan hehe.. yg perlu diperhatikan adalah bahwa sekarang banyak lho bengkel “nakal” yang bukannya benerin malah cari solusi lain, nantinya malah ga menyelesaikan masalah tapi nambah masalah baru, karbu pengganti musti diseting ulang, kalo setingan ga dapet malah ngempos & boros, atau malah keiritan bikin motor overheat terus rusak, dll. makanya lebih baikcari bengkel resmi yamaha yg punya mekanik terpercaya biar solusinya ga ngawur🙂

  18. andi says:

    Gan mau nanya ne.knp ya mtr mio sy stiap di stater ngebrebet bhkan gas sy fullin kdg trasa mtr ga jln pdhl mtr dlm keadaan hdp.serasa ngempos bgtu.sy bingung dan kdg mulai pts asa karena sdh berulang kali sy kebengkel namun hslnya tak memuaskan bhkan sbgian prgkat di dlm kalbulator sdh diganti tp hanya sedikit prbhanya.tlg bantuanya ya dan.

  19. arifai says:

    Bang saya mqu nannya ni… byson saya kan karburator nya saya gnti dengan karburator thunder 125 merek keihin, maakahnya ni kenapa waktu ngegas gasnya lambat turun,,, nah masalhnya lagi, posisi nggak hidup motornya, pas mainin gasnya sampai dull, eh nggk taunya nyangkut, pas dihidupin lepas sndri nggk lgi nyangkut.. kenapa ya bang ?

    • mochyuga says:

      karbu thunder merk keihin, berarti lokal ya? soalnya karbu thunder yg ori merknya mikuni bang🙂
      kalo gas sering nyangkut di karbu vakum biasanya masalahnya di jalur choke atau pilotscrew, bisa gara2 jarumnya ga bagus atau cetakannya ga rapi (maklum karbu lokal) jadi kebuka jalurnya, langsam jadi ga mau normal

  20. apri gemini says:

    mas per skep karbulator vakum kira2 panjangnya berapa ya . . .dan lilitanya berapa

  21. sahrul says:

    Kang mio ku di kasik karbu king tapi imitasi kok gg tarikannya ngempet trus van beltnya rasanya kayak mw putus pdahal sudah tak ganti

  22. paijo says:

    saya punya thunder 125 2006 versi euro II, yg saya lakukan adalah:
    – karbu vakumnya saya pasangin gas spontan
    – pilot jet pakai ukuran 17,5 punya shogun kebo
    – main jet ukuran 120 punya tiger lama
    – lepas busa filter karena udah rusak😀, tapi box filter masih dipasang
    – pasang cincin magnet di kabel busi 2 biji, 1 deket busi, yg 1 deket koil
    – papas head 0,5mm
    – poting inlet dan outlet yg penting dihalusin aja
    – knalpot tiger revo imitasi, leher knalpot pesen yg lebih kecil dari leher ori thunder ke tukang knalpot
    – ban belakang 120/80-18
    – ban depan 90/90-18

    dan hasilnya masuk gigi 4 dan 5 masih bisa ngangkat, karena gear belakang masih ori pakai 45 mata. top speed pernah dicoba tembus 130-140km/h. tapi ya gitu kelemahan thunder lama ya getarannya tinggi, karena gak dilengkapi engine balancer seperti thunder 2011 hingga sekarang

  23. imam says:

    Permisi mas.. mau numpang nanya nii…
    Karburator satria fu saya skep fakumnya suka gak lancar naik turunnya…
    Tlg bantu solusinya ya bang..

    • Indar says:

      putaran bawah nyendat2 kyak khabisan bnsin gtu ya mas ??

      • mochyuga says:

        skepnya masih mulus ga? kalo udah baret2 musti diganti, harganya 150ribu sama karet vakumnya. sebelum pasang skep baru, lubang skep di bodi karbu dibersihin dulu pake amplas paling halus atau autosol, ga perlu lama2 asal sampe licin lagi aja

  24. dadi mulyadi says:

    Kang mio saya dulu beli bekas.. ternyata pake karbu mikuni … sekarang top speed cuma nyampe 65kpj.. walau saringan dilepas pun tetep ga ngaruh… vakum dah diganti… mohon solusi kang..

  25. azrul says:

    Gan…mtr saya scorpio klo pagi sering ngadat….nda mau langsang jg…klo pertma nyala plingan jarak 100 m sdah mati…tpi klo msin sdah panas udah g sering mati lgi…ccuma klo putran gas rendah dia sering ngempos…toolong bantuaannya

  26. dadang says:

    Misi gan numpang nanya kalau maslah motor stroke-up susah nyala kalau udah 2 jam nggk di pake itu knpa????
    Mohon bantuannya

  27. dadang says:

    Apakah masalah karbu nya..

  28. mud dofi says:

    misi gan numpang tnya punya ane thunder 2008, setting karbu ( ori vakum)udah bolak balik mekanik blum bener jg, kalau pagi buat berangkat kerja gas suka ndut ndutan, pdahal mesin udah dipanasin ( pa settingnya terlalu iriit ), sering mati sendiri pas gas rendah, stasioner kacau kyakknya…hehehe, tp ntar kalau udah jalan biasanya “agak” normal gas gk terlalu ndut ndutan…tp ntar kalau beberapa jam mesin motor udah dingin, pas dipakai jalan lagi kumat lagi tu maslah…. mhon pencerahannnya gan…
    sory gan kalau kepanjangan , cos msh nubie mslh motor….trims….

    • mochyuga says:

      ada indikasi skep ga lancar, karet vakum masih bagus? skep masih mulus? kao engga, segera ganti kalo mau nyaman lagi. kalo bisa sekalian sama jarum skep & neddle jetnya

  29. Sultan says:

    Gan ane mau nanya dong. Motor ane thuder 125 karbu masih orinya. Awalnya motor ane biasa aja pas baru baru lama kelamaan jalan agak berapa km, motor ane brebet gan seperti kehilangan gas, dan kata orang bengkel ganti karbu king aja yang kw juga gapapa. Itu gimana ya gan?

    • mochyuga says:

      berarti bengkelnya ga ngerti cara benerin karbu thunder, jangan diturutin, ganti karbu belum tentu menyelesaikan masalah. karbu standar diganti aja jeroannya pake repair kit, itu udah cukup

      • Sultan says:

        Udah ganti jeroan juga gan. Emang karbunya yang bermasalah gan soalnya lobang pilot jet untuk ngatur stelan gas udah slek gan.

      • mochyuga says:

        ya terserah sih, yg jelas saya ga ngejamin kalo ganti karbu lain itu solusi terbaik, tetep bakal repot nyetel2 lagi, apalagi karbu king terkenal sering ngembun di musim hujan kaya gini, kalo pun mau ganti karbu ya ganti karbu ori lagi

  30. andi says:

    Mas mau nanyak nih karbu thunder ane lau dh pnas kok gas/rpm lambat trun,mntok d rpm 2000 ,tlog bntuannya,trmksih.

  31. fajar says:

    Mas.. motor scorpio saya gas nya g mw turun, pdhl gas nya dah saya lepas. Kyk mtr jln sendiri gt.. knp ya?

  32. tongsam says:

    wah banyak sekali yang bermasalah sama karbua vacum ya mas.

    thunder kadang juga suka ngadat….kadang skep nyangkut dan kadang rpm gak cepat turun.

    bener emang skep mulai baret….

    tapi …. kalau stelan angin pas…. masalah di atas tidak timbul. nah yang jadi masalah pas jalan jauh…. dari pantai terus naik ke gunung. sampai gunung karbu masalah lagi…. gas mentok juga gak mau lari. apalagi di gunung ketemu hujan…. ngalamat gak ada tenaga.

    saatnya skep ganti… masalahnya skep EN ori nya mahal amat….

    ada solusi..!?

    hihihi… malah curhat

  33. radjaly says:

    apa pnyebap karbu mio pakum ga’ mau naek,,,?????

  34. radjaly says:

    tolong di bls ke email saya ia,,, apa pnyebap karbu pakum mio ga’ mau naek,,,,,???

  35. rewo says:

    Ninja 250 ane gak responsif bang malahan saat jalan disalip ama si pitung gas gak mau teriak pengin tak ganti ama karbu yang biasa bukan vakum bisa gak ya..?.. ada solusi gak bang ?

  36. SUKMAA says:

    OM MOTOR MIO SAYA ITU HANYA BISA SMAPE KECEPATAN 80 KM/JAM AJA PADAHAL SUDAH GAS FULL IT GMNA YA OM??

  37. Richy says:

    Skep satria fu saya kok gak mau naik ya mas?
    Padahal baru
    Trus jarum skepnya itu goyang2
    Gimana solusinya???

  38. suzuki-susuka says:

    om mau tanya apa semua jenis karbu vakum kurang greget ya ..fu punyaku jg gtu..tp klo d ganti karbu fu th 2015 bisa ga soalnya lebih respon..

  39. gusher says:

    terima kasih atas solusinya mau ikut nyimak nih

  40. sadiro says:

    kang yuga.. saya suka sekali dengan blog anda.. yang mengubah pandangan saya yg skeptis ke thunder jadi optimis bahwa mesin thunder sebenernya bagus.. kapan2 bisa diskusi bareng ga kang? kebetulan saya kuliah di bandung di setiabudhi.. kalo nongkrong2 boleh lah saya diajak.. masih newbie bgt.. kalo bisa sms nomor hape dan alamat kang yuga biar saya bisa hubungi ke nomor saya 081291999114

    • mochyuga says:

      maaf baru dibales, monggo kalo mau ngopi santai atau kopi darat bisa ketemu saya di kopdaran Bandung Thunder Motor Club (BTMC), setiap malam minggu mulai dari jam 8 malam di jalan Dago, di depan ANZ / Optik Melawai, ditunggu bro😉

  41. suci R says:

    maaf ya mas agak oot,, hehehe
    saya mau tanya, saya punya satria fu 2011, seandainya karburatornya saya pasangin pakai karburator fu 2015 bisa langsung pasang gak ya ? ma ksih

  42. Iyeq says:

    punten kang mau tanya nih. Saya ada problem dengan karburator suzuki skywave. Sudah disetel tetap saja waktu gas dibuka, rpm lambat turun. Jdi takut klu mau bwt jalan. Tarikan tetap ajib sih, cuma masalh dengan gas saja. Jadi apa masalah dengan karburator atau ada masalah dengan yg lain juga kang? apa solusinya untuk skywave saya. Haturnuhun kang..

    • mochyuga says:

      gas susah turun biasanya ada hubungan sama karet vakum yg udah melar, choke nyangkut, atau manifold bocor, coba dicek dulu satu persatu kang

  43. bayu saktiawan says:

    Bang mtor ane byson kalo mau naikin pj or mj itu ukuran brpa aja yah..trimakasih..

  44. fery says:

    bang, motor ane new jupiter mx karbu vakum open filter itu stelan mixture screwnya brapa putaran ya? soalnya kalo pagi pas dipanasin kaya ada jeda kosong ditengah nya pas ane coba bleyer. mohon solusinya nuhun

    • mochyuga says:

      langsam normal ga? kalo normal ga perlu diutak atik mixturenya, coba disetel jarum skepnya diborosin, buat ngimbangin udara yg udah nambah banyak

      • fery says:

        langsam normal, mixture terlanjur udah diutak atik ini dikasih 1.5 putaran. vakum mx gak ada setelan jarum skepnya gimana ya apa bisa diakali

  45. Olis says:

    Kang motor mio saya kalo baru di nyalain sih normal, tapi setelah motor udah agak panas ko jadi brebet yah pas tarikan pertamanya ??
    Tolong di bantu kang

  46. pio says:

    bos…nanya ni motor sya mio boreup 58’5 seher bison,klep standar karbu standar jg bos…kenp bkn bensin yg bolos mlh olinya yg boros ya bos…..trus soal karbu kan dah sya stel tp knp gasnya ga mau balik padahal udah sya kembaliin tp motor ngegerung trus tnpa digas…..tolong dong bocoran ilmunya ….solusinya bos makasih…

  47. Joe says:

    Mass yuga,kalo karbu standard Fu tak naikin mainjet doang nanti kira2 ngaruh ke putaran bawah dan tengah ngk mas?
    Dan kalo misalpun jadi diganti apa perlu setting ulang mix.air screwnya juga..atau apa perlu juga naekin jarum skepnya..
    Makasih

  48. marius says:

    Kang mau nanya, kadang mio soul saya gas nya bisa kosong, kaya gak ada tenaga gitu pdhal ntar kita udah gas full itu gas, tapi ni mio juga gak mau maju. Masalahnya apa ya kang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s