HOWTO: Memasang Relay untuk Lampu Motor

Tren penggantian lampu depan menggunakan HID dan halogen yang lebih terang dari lampu standar memang sedang marak. Tapi, harganya yang mahal hanya bisa dijangkau oleh sebagian kalangan saja. Lalau, bagaimana caranya menambah terang lampu dengan biaya yang lebih murah? Gunakan saja relay. Relay yang dipasang pada rangkaian kelistrikan lampu motor akan membuat lampu menjadi lebih terang, karena relay menyingkat arus listrik dari accu/aki dan mengurangi kekurangan arus yang tersedot ke rangkaian kelistrikan kabel body motor.

Bagaimana aplikasinya? Dibawah ini adalah contoh skema rangkaian relay untuk lampu utama

Skema relay lampu DC

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Skema tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kelistrikan DC, yang cirinya adalah lampu bisa dinyalakan tanpa menyalakan mesin terlebih dahulu, contohnya Suzuki Thunder dan Honda Tiger.  Lampu jauh dan dekat menggunakan relay yang terpisah, jadi jika ingin menggunakan salah satu lampu saja (misalnya lampu jauh saja untuk mencegah aki tekor) tinggal merangkai relay untuk lampu jauh saja. Relay yang digunakan adalah relay dengan 4 kaki.

Untuk kelistrikan tipe AC seperti bebek dan matic dengan ciri lampu baru menyala saat mesin hidup, maka rangkaian ini berguna untuk memindahkan sumber tegangan lampu dari sepul ke aki, dengan kata lain mengubah jalur lampu menjadi DC. Kelebihannya dalam putaran mesin rendah lampu tetap menyala terang, dan untuk tipe bohlam lampu bisa menggunakan yang wattnya lebih besar daripada standarnya. Catatan, jika ingin memasang rangkaian ini ke motor dengan kelistrikan tipe AC maka kabel output kiprok ke lampu harus diputus dan dipindah ke kabel kunci kontak.

Berikut adalah foto beberapa komponen yang akan digunakan :

Relay 4 kaki

*diambil dari saft7.com

Spesial request dari bro Pipit Purwadi, bisakah menghemat jumlah relay, dengan kata lain hanya menggunakan satu buah relay ?

bisa saja, jika melihat dari jalur kelistrikan terutama di jalur kabel lampu utama.

kurang lebih rangkaiannya akan seperti berikut :

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Pemasangan relay dilakukan di bagian jalur kabel sebelum sakelar lampu dekat dan jauh. Contohnya, jika sakelar on-off lampu ada di bagian panel setang sebelah kanan sementara sakelar lampu dekat-jauh ada di panel setang sebelah kiri, maka rangkaian relay dipasang pada kabel yang menghubungkan kabel di panel kanan dan panel kiri.  Selamat mencoba.

Contoh skema pemasagan relay di Thunder 125

Contoh skema pemasagan relay di Thunder 125


Iklan
Pos ini dipublikasikan di HOWTO dan tag . Tandai permalink.

190 Balasan ke HOWTO: Memasang Relay untuk Lampu Motor

  1. Dhanny berkata:

    nais inpoh kang……
    he he eh e… ngomong2 tema wpnya kita seragam nih… hihihihi

    • mochyuga berkata:

      sama-sama kang…
      berbagi ilmu, itung-itung nambah pahala…heheheh

      abis theme ini yang paling sangar kang..heheh

      • Joe Art Birulangit berkata:

        ok..tu ide kang, tapi saya belum paham jalur positifnya, apa langsung ke aki (+) atau dari jalur lain..mohon kang dibantu..biar jangan bingung…hehehehehe

  2. cohan berkata:

    bro, itu skema kedua khusus matic yah? kalau buat skywave kira2x sama gak? tapi yg bikin bingung di skema kedua, mana yg ke aki + ?

    • mochyuga berkata:

      skema kedua khusus kelistrikan jenis AC, yang ciri2nya lampu depan menyala HANYA saat mesin sudah dihidupkan. kalau skema kedua ga ada jalur ke aki, karena memang tidak memakai arus dari aki.
      kalau skywave kan kelistrikannya DC ya, (CMIIW) jadi bisa pake skema yang pertama, dan dibuat 2 buah untuk lampu kiri dan kanan, kan skywave lampunya dua… 🙂

  3. aidil zulhani berkata:

    sblumx salam kompak bro… bro gue mau nanya lampu HID jauh gue ga bsa digunakan tapi yg dekat msh nyala kira2 masalahnya apa ya? n gmana solusinya… mhn bntuannya bro… maksih

    • mochyuga berkata:

      salam juga bro… hmmm, mungkin bisa dilihat relaynya dulu (kalo bro pake skema relay kaya saya ya), kalau pakai relay terpisah untuk jalur lampu dekat-jauh, bisa saja relay untuk jalur lampu jauhnya putus atau sumber listrik dari aki terputus. periksa kabel-kabelnya dan cek relaynya pakai multitester. kalau tidak ada masalah, cek ballast HID apakah masih bekerja normal atau tidak. untuk cek ballast lebih baik ke bengkel / penjual paket HID yang bro pakai, biasanya ada garansi, semoga membantu

  4. aidil zulhani berkata:

    ok bro… mksh sarannya smoga bsa membantu….

  5. Anak_manja2010 berkata:

    kalau ada rangkaian relay untuk mobi boleh juga tuch,,tankl

    • mochyuga berkata:

      rangkaiannya kurang lebih sama bro, lagian kalo mobil bawaan pabriknya juga udah pake relay jadi efeknya kurang signifikan, dibandingkan kalau dipasang di motor 🙂
      thanks udah mampir 🙂

  6. ardi berkata:

    Juragan, mau tanya nih
    untuk kelistrikan AC (Motor Jupiter Z) bisa gak kl pake relayyg kaki 4 ?
    trus setiap lampu harus dipasang relay ya ?

    makasih byk atas jawabannya 🙂

    • mochyuga berkata:

      bisa aja, pake yang skema AC. jupiter z lampunya dua ya ? kalo bisa pasang rangkaiannya di bagian yg sebelum dicabang, tapi kalo ribet & ga mau ngerusak jalur kelistrikan aslinya, bisa aja dibikin 2, 1 skema buat masing2 lampu. pake sebelah aja juga ga haram koq 🙂

  7. ardi berkata:

    oh jd bisa ya, kmrn gw udah nyoba pke skemanya, tp pas mau ngidupin lampu jauh gak bisa..
    apa perlu tambah relay lg ? jd byk bgt dong ?

    mksh jwbnnya 🙂

    • mochyuga berkata:

      yang ga nyala lampu jauhnya aja ya ? lampu deketnya tambah terang ga ?
      diperiksa lagi aja bro, jalur2nya udah bener belum, kalo ada kabel yg kebalik relaynya bisa ga berfungsi 🙂
      kalau jalurnya udah bener tapi relaynya masih ga nyala, kabel yg dari sakelar ke kaki relay no.86 diputus terus kabelnya dua-duanya dari kaki no.86 & sakelar disambung ke ground (rangka)
      selamat mencoba bro, thanks udah mampir ke blog saya 😀

      • ardi berkata:

        iya, lampu jauhnya aja..
        gw pake relay yg kaki 4 (kbtulan kmrn slh beli, jd pke yg kaki 4)
        utk terang kyknya gak terlalu berasa deh, mngknkah salah pemasangannya ?
        pemasangannya gini

        30 = positif aki (gw sambung kabel kontak)
        86 = ground
        87 = ke lampu (deket)
        85 = kabel sblm lampu (deket)

        nah, kabel yg lampu jauhnya masih posisi std
        ada yg salah kah ?
        aku pake relay 4 kaki..
        apa harus pake yg 5 kaki ?

        mksh jawabannya 🙂
        info blognya bguna bgt 🙂

  8. mochyuga berkata:

    ga pake sakelar tambahan ya bro ?
    hmm, kalo skemanya kaya gitu sepertinya fungsinya beda dengan skema saya ya 🙂
    kalau skema AC saya fungsinya adalah untuk menghidupkan lampu dekat dan jauh secara bersamaan, kalau skema yg bro pasang itu sifatnya menambah supply listrik ke lampu dari aki ya ?
    sebenarnya relay kaki 4 & 5 kurang lebih sama bro, hanya berbeda di kaki outputnya saja (kaki 87), relay kaki 5 kaki 87nya ada dua, relay kaki 4 kaki 87nya ada 1, bisa saja pakai relay kaki 4 terus kabel outputnya dicabang dua 🙂

  9. ardi berkata:

    yup..
    gw pake saklar bawaan motor utk ngidupin lampu.

    kurang lebih gitu, jd suplay daya ke lampu lbh gde, otomatis lampu lbh terang, tp kok kyknya gak ada prbhn signifikan..
    oh, jd fungsi relay disini utk ngidupin 2 lampu jauh deket..
    hoho
    ok bro, makasih banyak info-nya..
    bguna bgt 🙂

  10. hernawan berkata:

    bagaimana skema memasang relay lampu shogun 125 …………………….?

  11. mochyuga berkata:

    bro hernawan, gini lho penjelasannya, jadi cara kerjanya beda dengan rangkaian pada umumnya, skema AC diatas berfungsi untuk mengaktifkan lamu dekat dan jauh secara bersamaan, saat lampu jauh diaktifkan dan saklar on, maka lampu dekat dan jauh menyala bersamaan. kenapa sumbernya (30) diambil dari lampu jauh ? karena saya ingin karakter kelistrikan AC masih ada, yaitu, semakin besar putaran mesin nyala lampu semakin terang, jika diiambil dari aki maka nyala lampu terus stabil seperti DC, sayang aki bebek kebanyakan kan kurang besar amperenya takutnya tidak kuat untuk “mengangkat” nyala lampu 🙂
    kabel kaki 86 bisa saja dibuang ke ground, tapi kaki sakelar juga harus dibuang ke ground 🙂
    kebetulan yang pernah saya coba skema seperti ini dan berhasil 🙂
    semoga membantu bro 🙂 terima kasih sudah berkunjung ke blog saya 🙂

    • izal berkata:

      salam kenal mass broo
      saya sebelumnya mau tanya nih
      langsung aja yaa mass broo

      ane dah coba tips dari nt tapi kok gk ada ngarunya yaaa ketika saklar tambahan di nyalakan

      motor ane vega r mas brooo

  12. hery berkata:

    minta skema buat lampu thunder donk bos….
    thx.

  13. akang berkata:

    bro mau minta skema buat motor gl pro dong supaya ky tigerr plus ap aj yg hrs d sediakan mksh sukses slalu

    • mochyuga berkata:

      hmm, kalau ingin mirip tiger sepertinya harus urut kelistrikan dulu bro, saya kurang tahu skema kelistrikan gl pro, tapi kalau hanya ingin mengaplikasikan lampu on saat mesin mati saja, bisa saja dengan cara by-pass jalur lampu dari aki langsung, tapi kondisi aki harus fit dan mencukupi kebutuhan 🙂

      terima kasih sudah mampir di blog saya, sukses juga untuk anda

  14. budi berkata:

    mas sowry nih mw tanya…..gak apa2 kan….
    fungsi saklar disitu sebagai apa ya?setau saya 85 dan 86 itu koil,,, klo posisinya kayak gtu apa iya bisa bergerak koilnya?
    tx ya

    nice inpoh nh web nya,,, bermanfaat banget

    • mochyuga berkata:

      sakelar itu sebagai penggerak koilnya mas ;p
      sebenarnya bisa saja kabel dari kaki 86 dibuang ke ground, tapi kaki dari sakelar juga harus dibuang ke ground juga 🙂

  15. Mau tanya pada gambar pertama sisi mana yang LAMPU dan SAKLAR ?
    Kalau pakau relay yang mempunyai kaki 87a cukup pakai 1 relay saja untuk mengatur lampu jauh dekat.
    http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/kamus/

    Terimakasih,
    salam,
    bengkelsepedamotor

    • mochyuga berkata:

      oh iya ya saya lupa nyantumin, maaf 🙂
      yang lampu di bagian kiri, yang ke soket kabel bodi yang sebelah kanan

      makasih udah mampir ya, blognya om mantap om 🙂

  16. bustomi berkata:

    mau tanya kalo … masa di nomor yg mana ya

  17. kausaraji berkata:

    wah gitu ma sudah encer kanggg

  18. jef berkata:

    salam kenal mas brow…
    mo nannya thunderkan cuma pakai 1 lampu kepala…
    yang di gambarkan itu memakai 2 lampu.. mohon pencerahanya bro.. hatur nuhun

    • mochyuga berkata:

      maaf kangbro sebenernya saya lupa mencantumkan soket tersebut disambung kemana 🙂 jadi yang soket sebelah kanan gambar itu disambung ke soket yang ada di kabel bodi, sementara soket yang sebelah kiri disambung ke soket yang ke lampu, begitu bro 🙂 jadi sebenarnya cuma satu saja lampunya, sistemnya bolt-on agar tidak merusak jalur kelistrikan yang original.. semoga membantu kangbro

  19. yulius berkata:

    gan utk arus AC d motor jupi z
    pke relay kaki4 nomor 85&86 blh lgsg d sambungin ga? (jd ga pke saklar)
    sistem pemasangannya paralel ya gan ? jd ga ad kabel yg d putus kan ??
    tolong pnjelasannya yg lbh mendetail gan

    • mochyuga berkata:

      sebetulnya mungkin skema yang saya buat tersebut salah gan, karena ternyata ada yang nyoba dan ga berfungsi dengan baik, jadi kalaupun mau lepas sakelar kaki 85 harus disambung ke trigger yang mengaktifkan fungsi koil relaynya ,contohnya bisa disambung ke kabel lampu dekat atau jauh, sementara kaki 86 dibuang ke groud. Jadi maksud saya memasang secara pararel & pake sakelar adalah, sewaktu2 fingsi relai bisa dinon-aktifkan dan nyala lampu bisa normal lagi (dekat jauh bekerja terpisah seperti standarnya) segera akan saya ubah gambar skemanya, mudah2an dengan penjelasan gambar bisa lebih dimengerti 🙂 thanks atas kunjungannya ke blog ane gan 🙂

  20. mochyuga berkata:

    gambarnya udah di-update, semoga lebih jelas 🙂

  21. abal46 berkata:

    bos mau tanya klo skema bwt cs1 gmna ?
    soalnya lampu saya kurang terang nih…

  22. Pipit Purwadi berkata:

    Salam kenal n makasih untuk skema relaynya. Saya udah pasang lampu H4 di Honda CB saya, tapi belum pake relay. kemungkinan saya mau coba skema yang pertama, tapi apakah bisa menggunakan relay 5 kaki untuk mengirit membeli 2 relay? karena kalo pake skema pertama kan harus beli 2 relay 4 kaki, kan boros dong?
    kalopun pake relay 5 kaki bisa untuk menggantikan relay yang 4 kaki, boleh nggak digambarin skemanya, hehehehe… trims one more time…

    • mochyuga berkata:

      mungkin bisa (saya jawab “mungkin” karena saya sendiri belum coba).
      jadi, pasang relaynya sebelum sakelar lampu dekat-jauh. akan saya coba upload skemanya segera.
      btw thanks sudah berkunjung di blog saya bro, CB anda keren abis 🙂

  23. Pipit Purwadi berkata:

    ok bro, makasih ya. n jangan lama-lama upload skemanya yach….

  24. Pipit Purwadi berkata:

    makasih buangetsss yah mas bro…
    akan segera saya coba dalam waktu dekat…..

  25. Axel berkata:

    bro..motor ane scorpio z th 2009, mau pasang relay dong bisa tolong butkan skemanya..? tapi kalo nginjek rem jadi redup, harus ganti arus DC ga..? ada alamat yang bis ane datengin gak..? ane tinggal di Jakarta Utara neh..sekalian minta alamatnya bro…
    satu lagi mau tanya apa untungnya pake kelistrikan DC..?

    • mochyuga berkata:

      bro, untuk scorpio Z bisa pakai skema pertama atau yang terakhir. jika lampu ikut redup saat lampu rem menyala, musti dicek lagi komponen kelistrikannya, contuhnya kondisi aki, sepul, kiprok dan lain-lain. tapi jika hal tersebut sudah dirasakan sejak motor masih baru, coba aja ganti bohlam lampu belakang dengan tipe LED, walaupun bohlamnya banyak tapi arus yang dibutuhkan sedikit.
      mohon maaf untuk alamat workshop di daerah jakarta saya kurang hafal bro, kebetulan domisili saya di bandung. mungkin bisa cari info dari komunitas scorpio di jakarta utara.

      kelebihan kelistrikan model DC adalah supply arus selalu stabil, terutama untuk perangkat penerangan seperti lampu depan, jadi ga perlu gantung gas tinggi biar lamu depan nyalanya terang. untuk yang sistem kelistrikan full-DC kelebihannya komponen kelistrikan dan kabel2 lebih aman dari kelebihan arus.
      trims atas kunjungannya ke blog saya

  26. rangga berkata:

    bang,.. mau tanya nie?? motor w honda supra X 100cc
    w mau nerangin lampunya bsa ga yua?? caranya gmana sia? dah w cari di goggle ga ada satupun yg bsa jelasin cara memperterang lampu depan supra x 100cc. w dah ganti lampu apa aja smuanya sama aja ga bsa bikin terang. sampe w ganti batok sonic tetep aja hasilnya padahal dah ganti2 smua lampu.

    tolong bantuanga dunz.. motor saya supra x 100cc pake batok sonic. bales yua ke sini atau email saya rangga_cokiber@yahoo.co.id.

    makasih bang

    • mochyuga berkata:

      bisa dong bang, kalo supra yang sistem kelistrikan lampunya masih AC bisa pasang skema kedua, atau kalo mau lebih maksimal bisa pasang model skema pertama.
      kalo masih kurang puas, saran saya pasang aja kapasitor bank, ga usah yang terlalu gede, yang 5000 atau 10000 mikro farad juga udah cukup. kapasitor dipasang dengan cara pararel ke aki, jangan lupa pasang sakelar biar bisa dimatiin waktu motor mati, pasang sakelarnya di jalur kabel negatif aja biar aman. kalo udah pasang kapasitor dan kondisi aki juga sehat, bisa pasang skema relay model pertama pasti lebih maksimal.
      semoga membantu, terima kasih kunjungannya ke blog saya

  27. gundalatong berkata:

    numpang print ya mas yuga….penasaran ud 1 th pasang kok baru 6 bulanan ud ngedrop akinya padahal ud pasang kyk gitu. makanya mau dicek dulu.. thx berat ya.

  28. abank zamzam berkata:

    gan…numpang tanya nich..klo skema yang ke dua bisa dipake di honda fit x pa gak ya?
    saya denger klo pengen lampu motor maksimal juga bisa pake 2 kiprok…bener gak?
    trus untuk relay…kira2 alat pa ja yang perlu disiapin?
    thanks gak…
    met kenal…

    • mochyuga berkata:

      met kenal juga gan…

      bisa aja gan pake dobel kiprok, fungsinya untuk multiplasi supply listrik dari sepul untuk seluruh bagian kelistrikan, cocok banget kalo mau pake bohlam HID atau Halogen watt gede buat motor sport, & kalo pake aki yang amperenya gede buat ngedukung perangkat kelitrikan tambahan itu. Tapi kalo masih pake kelistrikan & lampu standar pake relay juga udah cukup koq gan, selama kondisi aki masih fit 🙂

      alat2 nya kalo ane pake tang lancip buat masang soket/skun nya & juga buat ngupas bungkus kabel, cutter/gunting sama selotip kabel yg item
      selamat mencoba gan

  29. khendil berkata:

    salam kenal mas broo….
    ane mau tanya kalo skema yang relay kaki lima buat arus AC kedua arus nyala dua2nya lampu bisa idup gk ???
    apa harus satu2 ??

    • mochyuga berkata:

      salam kenal juga bro
      mohon maaf kalo saya kurang ngerti pertanyaan anda, apa lampunya dua atau dua filamen dalam sau lampu
      yg jelas, dengan skema tersebut kalo posisi sakelar tambahan on dan lampu jauh diaktifkan, maka 2 filamen dalam 1 lampu (filamen ampu dena dan filamen lampu jauh) menyala bersamaan, yang artinya sama dengan menggunakan dua lampu bersamaan, jauh dan dekat.
      tapi jika lampu dekat yang diaktifkan, nyaa lampu kembali normal, hanya lampu dekat yang menyala

  30. agustian saputra berkata:

    salam knl bro ………….

    w mau tanya kenapa skema double relay gk di pasang fuse setau w kalo gk di pasang fuse arus dari baterai bakal tekor ……… drop

    kalo di tambahin fuse bisa gk

    • mochyuga berkata:

      tentu bisa bro…

      tapi IMHO ya, menurut saya fungi fuse/sekering itu lebih sebagai pengaman kalo terjadi short circuit alias konsleting maka sekekring akan terputus lebih dulu daripada kejadian berantai selanjutnya. sekering dipasang di kabel sumber listrik dari aki ke kaki 30 relay.
      kalo di skema diatas pasangnya di kabel merah sebelum ketemu relay.

  31. Cahyo berkata:

    Salam kenal..
    Mas mau tanya… (maaf sebelumnya masi awam) motor punyaq scorpio Z yang masi pake kelistrikan standart AC. yang saya tanyakan kl mau diubah kelistrikan DC gmn ya cara detilnya (skemanya) ? soalnya mau tak pasang lampu H4 nie katanya sih lebih bs stabil kalau DC(gak tergantung gas gede)…pengen nyala terang seperti mobil tp gak buat tekor aki..hehe
    thank u sebelumnya mas…

    • mochyuga berkata:

      salam kenal juga masbro…
      sebenernya saya kurang bisa menjelaskan secara detil karena memang belum pernah ngotak-ngatik kelistrikan scorpio, tapi secara umum untuk ngerubah kelistrikan AC menjadi DC berkutat di sekitaran sepul dan kiprok. suply listrik dari sepul yang semula terpisah antara kebutuhan lampu & kelistrikan lainnya jadi digabung semuanya. selanjutnya ganti kiprok yang memang buat kebutuhan supply arus DC, kalo buat scoprio kayanya pake kiproknya tiger atau thunder 250. pelengkapnya, bisa dengan ganti aki yang punya ampere lebih besar biar cukup buat menampung arus yang besar. terakhir tinggal ubah jalur kabel untuk lampu yang asalnya dari sepul dipindah ke aki.

  32. Cahyo berkata:

    hehe makasi mas..
    kl yang dirubah cuma kelistrikan lampu depan aja gmn mas??apa sama dengan skema DC di atas?kl punya gambaran tu yang dirubah kabel mana aja? hehe maap banyak nanya…trims

    • mochyuga berkata:

      justru yang saya share itu tentang ngerubah kelistikan lampu depan aja mas 🙂
      simpelnya, ngerubah sumber arus lampu depan yang asalnya dari sepul dipindah ke aki, biar lampu depan bisa nyala terus seperti layaknya kelistrikan DC. kalopun mau pake skema relay yang diatas, buat scorpio bisa aja pake skema yang DC, toh aki original masih mumpuni koq, asal selalu ingat untuk memastikan lampu dalam keadaan mati sebelum nyalain elektrik starter, semata-mata biar setrum di aki ga kesedot dobel karena kebutuhan buat elektrik starter arusnya gede banget

  33. duin berkata:

    thanks mas bro, pake foto-foto contoh dipasang di motor biar lebih jelas

  34. Cahyo berkata:

    Ok terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat ini..semoga teman2 yang masi baru tau seperti saya…jd tambah ngerti…
    Thanks mas…

  35. rizky arif berkata:

    bang kalo pake 3 relay yapa pengaplikasiaannya n skemanya lo dipasang di honda tiger??ap dengan 3 relay tambah terang dan aki gk tekor makasih dan mohon balasannya ya

    • mochyuga berkata:

      setahu saya, penggunaan 3 buah relay seperti yang tercantum di situs saft7.com , relay ketiga berfungsi untuk pendukung kerja passing lamp / lampu tembak, jadi tidak ada hubungannya dengan menambah supply listrik ke lampu.

  36. anto berkata:

    salam kenal yha gan..
    ane mau nanya nih, klo motor di pasang accu 24v.. apakah lampu’a akan meledak atau malah jadi terang.. dan saklarnya di pasang relay..
    mohon petunjuk.. trimakasih

    • mochyuga berkata:

      bukan cuma lampu gan, CDI, spidometer, dll yg pake kelistrikan dari aki juga ikut meledak…..
      sistem kelistrikan motor2 sekarang rata2 didesain 12 volt, mulai dari sistem pengisiannya hingga perangkat kelistrikan yang terpasang di motor. multiplasi tegangan pada arus DC, karena perangkat kelistrikan yang bersumber dari aki pasti merupakan arus DC, pasti akan menimbulkan kerusakan pada perangkat kelistrikan tersebut, berbeda dengan arus AC. dan, sekalipun keliatrikan pada motor menggunakan arus AC (lampu redup saat stationer) tapi rectifier/kiprok mensortir tegangan dari sepul hingga hanya 12 volt saja. jadi akan percuma jika menggunakan aki 24 volt pada sistem yang didesain untuk 12 volt.
      saran saya, lebih baik gunakan aki dengan teganagn 12 volt tapi dengan ampere lebih tinggi, misalnya 3,5 Ah menjadi 5 atau 7 Ah. jika memiliki 2 buah aki dengan spek 12 volt 3,5 ampere maka bisa dipasang secara pararel hingga hasilnya tetap 12 volt 7 ampere.
      rangkaian seri : tegangan (volt) bertambah, arus (ampere) sama
      rangkaian pararel : tegangan sama, arus bertambah

  37. yhuda berkata:

    bro mau pasang relay buat scorpio thun 2005 ane udah pke h4 yg 60 w caranya gmna??? soalnya pnya ane blom pke relay.

    • mochyuga berkata:

      untuk detil pengerjaannya bisa dilihat disini bro :
      http://ysc.web.id/2010/01/modif-lampu-scorpio-jadi-h4/

      nah kalo bahan-bahannya udah ada, untuk pemasangan relaynya tinggal bikin rangkaian yang pertama (rangkaian relay DC) di posting saya ini. sedikit tambahan untuk pemasangan kiprok tiger, karena kakinya 5 maka kabel positif-negatif dari output kiprok langsung disambung ke aki agar pengisian maksimal.

      semoga membantu bro.

  38. satrio berkata:

    wah blognya sangat membantu bro 😀

    oya klo pngen lampunya dibuat model ala ninja 250 yg lampu deket kiri nyala, lampu jauh kanan nyala tetapi lampu deket tetep nyala gitu bisa gak bro?
    motor saya sdah full DC

    • mochyuga berkata:

      simpelnya sih dipisah aja kabelnya, jalur deket ke kiri & lampu jauh ke kanan, tapi nyalanya gantian hehehehe
      kalo mau lampu deket tetep nyala saat lampu jauh aktif, bisa pake jalur relay sistem bypass, aktivasi relay (kaki 85-86 relay) diambil dari sakelar lampu jauh, saat lampu jauh aktif arus mengalir ke 87, nah kabel 87 ini disambung ke kabel lampu deket di kiri jadi lampu deket tetep nyala saat lampu jauh aktif

      thanks atas kunjungannya bro 🙂

  39. Helmi berkata:

    terima-kasih banyak tuk Ilmu ug di-share bro Moch. Yoga, ada yg ingin sy tanyakan jika ingin pasang relay pada kelistrikan lampu motor honda karisma (AC) agar lampu jauh & dekat hidup bersamaan yg digunakan relay kaki 5. Dalam hal ini relay tersebut Relay kaki 5 seri (Boch) ataukah Relay kaki 5 NO/NC

    Terima-kasih

    • mochyuga berkata:

      Pake yang 5 kaki biasa bro, yang kakinya 87-87, jadi nantinya waktu relay aktif ada arus dobel yg mengaktifkan lampu dekat & jauh bersamaan, sementara jika relay tidak aktif hanya lampu jauh yang menyala karenalampu jauh masih tetap mendapat arus dari kabel kelistrikan orinya.

      semoga membantu bro

  40. irfan berkata:

    mas kalo mega pro tahun 2008 pakai skema yg mana……? salam kenal dari wong indramayu

  41. Hari permadi berkata:

    gan ane bingung nih motor ane udah ane ganti jalur listrik nya jd langsung dr aki ke relay trs ke lampu,,tp ane kagak pake saklar gan jd otomatis pak kontak oon langsung nyala gan,,
    eh tp malah jd ngedrop tuh akinya,,kira2 solusinya gmn gan biar aki aman n lampu jg maknyos..
    kirim email ke sini ya haripermadiaja2@yahoo.com
    thx ya gan ditunggu infonya ^^

    • mochyuga berkata:

      waduh, ane harus tau dulu skema yg agan sekarang pake tuh jalurnya kemana, biar ane bisa tau salahnya dimana hehehe
      btw skema sakelar yg pertama juga ga pake sakelar lho gan, untuk mengaktifkan relaynya masih pake sakelar kelistrikan ori biar ga ribet & rapi hehehe

  42. mochyuga berkata:

    satrio :

    bisa dibikinin skemanya gak bro? gak ada gambaran sma skali nih stelah baca berulang2 hehe

    bisa, silakan dicek gambarnya bro :

    relay dekat-jauh terpisah

    semoga membantu

  43. mangohan berkata:

    artikel yg sangat membantu om, cuma ane punya kendala setelah mencoba beberapa variasi penggunaan relay, sekarang ane punya relay 4 kaki, 5 kaki (87+87) sama relay 5 kaki pemutus (87+87a).
    motor ane vixion, ane mo pasang dua lampu yg single beam
    nah ane pengennya kalo lampu dekat ON yang nyala salah satu
    tapi kalo lampu jauh ON yang nyala dua duanya
    bisa minta tolong skema relaynya om supaya bisa seperti yg ane inginkan ketika lampu jauh or dekat nya ON?

    • mochyuga berkata:

      bisa banget brader 🙂 tinggal liat gambar yang diatas bro, skemanya sih saya bikin atas permintaan bro satrio yang lampu depannya 2, tapi bisa koq diaplikasikan ke 1 bohlam, jadi yang buat lampu dekat ya ke kabel lampu dekat & yang lampu jauh ke kabel lampu jauh

      semoga membantu bro, terima kasih kunjungannya ke blog saya 🙂

      • mangohan berkata:

        makasih om reply nya 😀 kebetulan ane pake dua bohlam juga tapi di kedua bohlam ane cuma ada dua kabel om
        skema diatas itu kalo LO nya ON : nyala salah satu dan kalo HI nya ON : nyala dua duanya om?
        ane coba kenapa salah satu lampu nyala terus om lalu kalo ane ON kan lampu jadi pindah nyala yg satunya lagi, saklar HI dan Lo nya ga pengaruh om 😦
        atau ane salah sambungin kabel ya?
        maaf kalo merepotkan om :malu:

        – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

        sorry om kalo replynya telat banget 😦
        ternyata setelah ditelurusi ada kesalahan di gambar itu, harusnya relaynya bukan tipe NO/NC tapi tipe 5 kaki biasa yang kaki 87nya ada dua, semoga membantu

  44. zammy berkata:

    mas bsa tolongn ane gak….ane mnta skema cara pemasangan relay lmpu bwt beat donk…
    bsa d. email ke….zami.suhaimi@gmail.com

  45. akbar berkata:

    kang… klo sekema posting jalur relay buat motor supra seperti apa ya … saya minta skema nya ya … cz mtr saya kan g pke relay . jd ceritanya saya mau pasang relay biar terang gtu lampunya … mhn bantuannya kang .. treima kasih .. hatur nuhun

  46. ndorobei berkata:

    Salam kenal semua : mo ikutan nih,.. kayaknya penting jga !!
    gini, peraturan sekarang untuk motor siang lampu utama harus nayala !
    pusing juga,. dinyalakan terus,.. rumah vektor leleh,.. dibikin sklar (stnadar) lupa kena 100rb… (apes)
    dilangsung ke aki,.. tekor,.. akinya !
    utak utik,… lumayan sih dari hasil seach sana sini ! dapet ilmu juga,.. gw pakek Vegi 2005.. ! listrik udah gw ganti ke DC lumayan ! gw pakek double kiprog, ama kasih kapasitor bank rakitan sndiri pada positif kontak.
    lumayan,.. bagus, aki engga tekor,..

    * posisi lampu kan On/nyala ,.. berhubung pemakaian udah berjalan 2th,.. (udah masanya ganti aki kale) ini kalo kita tekan double stater lampu udah mulai redup sedikit.
    * cuma ga mo akalin begini,.. ! :
    *Bagaimana caranya bikin,.. posisi lampu menala,.. tapi pada saat kita tekan tolmbol double statel, lampu itu mati dulu. dan lampu kembali menyala setalah kita lepas tombol tersebut (terlepas behasil atau tidak itu menyin nyala atau tidak)
    * gw udah search kmana2 lum ada yg posting dan bahas itu skema rangkaiannya !
    * dari kawan kawan di sini syukur syukur ada yg bisa bantu atau punya imginasi yg tinggi untuk utak utik nya,.. gw ucapin terimakasih buanget…

    tanks all..
    mohon di kabari kesini ieisch_ndorobei@hotmail.com pabila ada artikel terkait yg ada !

    • mochyuga berkata:

      agak ribet sepertinya bro, tapi bisa aja 🙂
      pake relay 5 kaki, kaki 30 & 87A memutus rangkaian kabel positif lampu, sementara kaki 85 dan 87 memutus kabel positif tombol starter, kaki 86 ke ground.
      Logikanya sih, dalam keadaan kontak on lampu memang pangsung menyala tapi jika starter ditekan arus ke lampu diputus sementara dan dipindahkan ke rangkaian kabel starter, jika starter kembali dimatikan arus kembali ke lampu depan.
      semoga membantu

  47. iwan berkata:

    berarti saklar lampu jauh – deketnya g fungsi dong, buat skema yg ke 2 ya….kan relay nya ngegabungin lampu jauh-deket……

    • mochyuga berkata:

      prinsip kerja sebenarnya adalah kalo sakelar on-off relay diaktifkan dan posisi sakelar lampu di lampu jauh, maka kedua filamen lampu (dekat & jauh) menyala bersamaan, tapi kalo lampu dekat on lampu jauh tidak ikut menyala karena trigger relaynya ada di rangkaian lampu jauh
      gitu loh masbro 🙂

  48. Marv berkata:

    Mantaaabh..

  49. dank berkata:

    matap gan infonya.terang benderang sukses terus.

  50. suerland berkata:

    Mau tanya master Relay.,
    rencanaya saia mau pasang projie di motor tapi yang single beam karna dananya terbatas terpaksa dengan bantuan hologen philips H1 55W untuk bohlam low beam, sementara yang high beam mau pake reflektor lampu tembak H3 55W philips juga.
    tolong bantu bikin skemanya ya master, saia ga ngerti kelistrikan 😀 kelistrikan motor masih standart blom ada yang dirubah hanya mengandalkan aki standart motor jupiter MX
    oya satu lagi apakah aki motor kuat angkat beban lampu 55Wx2 secara bersamaan jika high beam nyala beberapa detik saja.,
    thanks master mohon bimbingannya

    • mochyuga berkata:

      weleh, ga enak ah jangan sebut master, saya masih belajar juga koq hehe
      wah kalo ngomongin projie udah lain cerita brader, kalo cuma sekedar pasang relay aja ga kuat, “supply&demand”nya udah beda. sebisa mungkin modif kelistrikan ke DC dan pasang aki lebih besar. gunanya buat menyokong hidupnya si projie itu sendiri.
      jujur kalo ubahan projie di jupiter mx, saya pribadi belum pernah melakukan secara langsung, makanya daripada salah mending langsung nanya ke ahlinya aja ya bro, cek disini :

      http://kotsk.wordpress.com/2010/11/21/fw-yamaha-bebek-skutik/

      kalo udah fullwave baru deh bisa dipasang projienya.

      tapi, selain itu ada juga yang pasang anti-tekor biar ga ngerubah alur arus AC standar, artinya kelistrikan standar ga diapa-apain, cuma pasang anti-tekor & rangkaian relay mirip rangkaian pertama yg tercantum di posting disini. selebihnya tinggal pasang aja.
      BTW lampunya HID bukan? kalo HID kan butuh pasang ballast tuh, nah nanti pasang ballastnya diantara rangkaian ati-tekor & relay sama lampu.

      kalo masalah daya, hitung bareng2 yuk :
      (2*55watt)/12volt = 9,167 ampere
      sementara aki standar cuma 5 ampere kan? tentu kalo cuma mengandalkan aki standar pasti ga kuat. buat 1 bohlam aja sebenernya udah mepet banget, makan arus 4,5 ampere. makanya kalo memang pengen pasang projie, kalo bisa kelistrikannya diubah dulu deh ke sistem fullwave, atau alternatif lain bisa pake bohlam halogen yang wattnya lebih kecil, 25watt atau maksimal 35watt.
      semoga membantu 🙂

  51. suerland berkata:

    belum pake HID master, saia baru pake hologen H1 yang 55W

  52. suerland berkata:

    kalo pake jalus aslinya lampu utama bisa ga dipasangin H1 langsung

    • mochyuga berkata:

      pake jalur asli sih sebenernya masih bisa, cuman ya itu tadi, kebutuhan buat “ngangkat” lampu 55wattnya cukup ga? hehehe
      untuk kelistrikan sistem AC, kan kalo watt lampu ditambah malah makin redup, karena supply arus dari sepul dibatasi sesuai kebutuhan bohlam standar. kalo digas tinggi baru bisa terang 🙂
      bukan berarti kelistrikan standar ga bisa buat kebutuhan lampu watt tinggi, tapi sebaiknya sih ngambil arus DC aja biar stabil, digas pelanpun masih terang 🙂

      • suerland berkata:

        ok master makasih infonya 😀
        oya kalo pasang relay itu setelah saklar ato sebelum saklar ya, kalo cuma pasang relay 1 aja bisa ga master biar lebih singkat gitu
        sama satu lagi, kalo sudah FW dipasang di jalur aslinya headlamp ato tetep harus ke aki langsung

  53. dank berkata:

    bos mau tanya nie ane setelah ikutin skema yang ke 2 knpa ko malah jd redup yah tp memang lampu jauh dekatnya nyala bersamaan.kira kira yang salah nya sebelah mn?ane pake relay kaki 5.makasih

    • mochyuga berkata:

      maaf keterangannya belum ditambahkan mas. efektifnya sih kalo rpm lagi tinggi mas, kalo pelan2 ya memang redup hehe makanya saya pasangkan sklar di rangkaiannya jadi bisa dihidup-matikan sesuai kebutuhan

  54. abm berkata:

    untuk megapro lawas yg mana nih mas bro? masang relay posisi tepatnya dimana? bedanya 1 sama 3 apa?

    • mochyuga berkata:

      pasang rangkaian yang pertama juga bisa masbro 🙂
      bedanya 1 sama 3, kalo rangkaian 3 pake 1 relay, lebih efektif sih cuman tetep jalur listriknya kepotong di saklar2, jadi mungkin kalo saklarnya udah berumur (berkarat/jamuran/dll) bisa berpengaruh juga ke hasil akhirnya. kalo rangkaian 1 fungsi saklar cuma sebagai triger relay aja, listriknya langsung dari aki ke lampu

  55. sopandiatep berkata:

    agan agan yang ganteng,,,,ane mau tanya nih,,,,soalnya ane buta elektronik,,jadi ga begitu ngerti…..perbedaan relay 4 kaki sama 5 kaki apa sih,,,,,soalnya kan pada relay 5 kaki ada no 87 ada dua…..tapi di relay 4 kaki 87 cuma satu…..thanks

    • mochyuga berkata:

      relay kaki 5 juga ada dua tipe lho gan, kalo kakinya 87-87 itu sama aja kaya relay 4 kaki, cuman outputnya ada dua (87 & 87), kalo relay 5 kaki yang kakinya 87-87a kaki 87a nya tetap mengalirkan arus walau relay dalam posisi off, saat relay on outputnya pindah ke kaki 87. cmiiw lho ya, agak2 lupa soalnya hehehe

  56. dhani berkata:

    mas, bantuin cara pemasangan saklar high pass beam motor supra x 125??

  57. Henry berkata:

    Salam kenal mas bro sekalian..
    saya mau tanya,, kalau dari rangkaian DC 2 Relay kita mau tambahkan kapasitor gimana ya.. dan type n spect kapasitornya seperti apa ya??
    Thanks…

    • mochyuga berkata:

      kalo pasang kapasitor lebih bagus lagi masbro 🙂
      kalo cuma buat lampu aja ga usah yang gede2, 5000 mikrofarad 35 Vdc juga udah cukup kayanya

  58. Oenyield berkata:

    Kalo buat motor FU, pake skema yang mana Mas, Gan, Bro?

  59. Milanisti berkata:

    slm knal masbro…
    1. motor sy win100…sllu brmslh dgn lampu dpn yg krn kurng terang,,brti sy hrs pke yg rngkaian kedua (AC) kn??
    2. tlg jlskan mksud dri kabel kuning yg ke body & soket lampu itu masbro,,,msih agk bingung jg dgn gmbar itu…
    3. kbetulan sy pny relay 4kaki yg nganggur..ap bsa dpake buat rangk. AC tsbt???

    mhon pnjelasan, masukan / bimbinganny y masbro..
    trmksh.. 🙂

    • mochyuga berkata:

      mohon maaf sebelumnya, skema yang saya buat untuk kelistrikan tipe AC setelah dicoba ternyata kurang efektif dan saya pribadi tidak jadi merekomendasikan rangkaian tersebut. untuk sekarang silakan bisa mencoba rangkaian yang tertara di posting ini, untuk relay 1 buah bisa mencoba rangkaian kedua. kelebihannya lampu bisa menyala terang saat putaran mesin rendah sekalipun karena supply listrik dibantu dari aki. trims

  60. rangga berkata:

    gan,utk ngedptn relayny dmn ya,,,,,,

    di bengkel atau toko2 elek tronik,,,,,

    trus kisaran hargany berapa????

    • mochyuga berkata:

      di bengkel juga ada bro, tapi kalo sulit coba mampir ke bengkel/toko aksesoris mobil, pasti ada. tenang harganya ga mahal koq sekalipun belinya di bengkel mobil 🙂
      untuk relay harganya kisaran 15ribu-30ribu, tergantung merknya.

  61. tea younk berkata:

    tengkyu mas bro atas ilmunya…..w mo cobain dulu y

  62. robert berkata:

    gan… ane mau tanya…

    motor ane jupiter z

    lampu depan ane mati pas service karbu, setelah di cek lagi sama montir ternyata listrik dari spool untuk lampu depan gak ada,, kemungkinan spool rusak (:mewek…) padahal sebelumnya kondisi baik…
    akhirnya diakalin ambil dari aki langsung…, resiko aki tekor,, eh berhasil… nah… pas di jalan ngantor, klakson sama sein gak nyala,, lampu sih nyala…

    kira2 mesti diapain yah gan…?
    trims jawaban dan infonya…

    • mochyuga berkata:

      waduh, kalo ini sih udah masuk trobleshooting bro hehehe

      kalo spool rusak mau ga mau musti diganti bro, soalnya selain ga ada supply ke lampu, supply ke aki juga bisa ikut berkurang dan aki tidak penuh2, akhirnya “tarik-tarikan” arus untuk kebutuhan lampu, sein, klakson, lampu rem, dll semua dari aki, jika aki lemah tentu tidak semuanya bisa menyala, makanya musti diperbaiki dulu spoolnya biar arus ke lampu ada, ke aki juga ada, dan semuanya bisa menyala dengan normal kembali 🙂

  63. ilham berkata:

    salam kenal mas bro..
    Kndsi kelistrikan lampu sy dc tp ktika di atau di klakson lampu utama meredup dan jarum rpm pun ngaco.. Teridentifikasi pnyakitnya kya kelebihan arus yg trpakai.. Kira2 menurt mas bro bsa sembuh g ya pnyakitnya klo di pasang relay.? Mhon pencerahannya..

    • mochyuga berkata:

      kalo gejalanya gitu sih bukan kelebihan arus, tapi kurang tegangan bro, coba akinya dicharge dulu, atau kalo umurnya udah uzur sebaiknya diganti baru aja.
      kalo ternyata memang benar akinya sudah lemah, kalo ditambah pasang relay buat lampu malah makin parah bro, bisa2 klason, sein dan spido redup dan ngaco semua karena tegangannya “kesedot” ke lampu

  64. eko berkata:

    gan mohon pencerahanya ya….
    punyakq mio 1996 lampu sdh pernah tak kasih helogen terang tapi reflektor rusak, tak kasih HID aki tekor. trus enaknya pake lampu apa ya…? apa cukup lampu standart dikasih relay atau lainnya soale sering tak pakai luar kota, sekalian sama skemanya.makasih buanyak atas pencerahanya

    • mochyuga berkata:

      kalo pasang lampu halogen sebisa mungkin jangan pake yg abal2, karena lampu halogen yang murahan memang menghasilkan panas yg berlebih, beda dengan halogen merk phillips (bukan promosi lho ya) atau merk2 terkenal lainnya, terangnya lebih bagus tapi ga menghasilkan panas berlebih. selain itu juga perhatikan wattnya, jangan pakai yg terlalu besar wattnya.
      kalo pasang HID tentu harus didukung perangkat kelistrikan yg mumpuni, diantaranya sepul dan kiprok sistem DC serta aki dengan kapasitas besar agar mampu menampung cadangan listrik lebih banyak.
      kalo buat kelistrikan tipe AC kaya mio mungkin lebih baik dan lebih simpel kalo pasang anti-tekor aja, harganya lumayan murah dan udah banyak bengkel yang jual, atau bisa juga dengan cara pasang capasitor-bank di jalur listriknya biar nyala lampunya stabil. selain itu, kalo ada modal lebih bisa dibelikan kiprok BRT (sekali lagi bukan promo lho ya) biar supply listrik dari sepul lebih maksimal dialirkan ke lampu, lampu pun lebih terang.

      btw, tunggu aja ya beberapa hari kedepan, saya mau coba2 otak-atik kelistrikan sistem AC biar lampunya terang dan stabil, kebetulan ada scorpio di rumah yg bisa dijadikan kelinci percobaan hehehe… nanti hasilnya saya share di blog ini

  65. eko berkata:

    makasih banyak atas pencerahannya, sangat membantu dan bermanfaat bagi banyak orang…………… tak tunggu info secepatnya ha ha ha ha………

  66. eko berkata:

    Gan mau nanya lagi nich…… apa bisa pake kiprok brt sekalian ditambahi anti tekor/power blazing/sejenisnya..? klo emang bisa sebaiknya pake lampu apa….? yg standart ato halogen philips, coz aq mau beli kiprok brt. makasih banyak sebelumnya mudah2 tidak bosan memberi pencerahan pada orang awam

    • mochyuga berkata:

      untuk penggunaan kiprok BRT lebih baik pakai bohlam yang berkualitas bagus karena supply arus keluaran kiprok juga lebih besar, pake halogen phillips juga cocok koq, dan ga perlu lagi pake anti tekor dll karena fungsinya sama2 buat menambahi arus juga, kalo dipasang takutnya arus yg masuk ke lampu malah terlalu besar, malah cepat putus lampunya

  67. Oto Gadget berkata:

    bro mw nanya kalo thunder headlampnya d ganti pake autopal, yg harus d ubah apa aja?????

    boleh minta skema pemasangan autopal k thunder ga?

    oya skalian nanya kalo lampu h4 kan soketnya ada 3, itu urutannya apa aja, mana yg ground, hi lamp, low lamp?

    • mochyuga berkata:

      sebenernya sih gada yg diubah bro, cuma waktu pemasangan besi pengait ring headlamp ke batok headlamp harus ditekuk keluar dulu biar reflektornya bisa mauk ke dalem headlamp thunder, kalo mau simpel sih beli yang udha satu paket aja sama headlampnya, biasanya pake headlamp tiger, sama aja koq 🙂
      tentang kelistrikan, paling ganti soket lampu aja, kalo mau pasang relay tinggal tiru skema diatas, kalo bingung diprint aja artikelnya terus kasiin ke bengkel pasti ngerti hehe
      lampu H4 kaki kiri ground, kaki atas high, kaki kanan low

  68. Oto Gadget berkata:

    mochyuga :
    sebenernya sih gada yg diubah bro, cuma waktu pemasangan besi pengait ring headlamp ke batok headlamp harus ditekuk keluar dulu biar reflektornya bisa mauk ke dalem headlamp thunder, kalo mau simpel sih beli yang udha satu paket aja sama headlampnya, biasanya pake headlamp tiger, sama aja koq
    tentang kelistrikan, paling ganti soket lampu aja, kalo mau pasang relay tinggal tiru skema diatas, kalo bingung diprint aja artikelnya terus kasiin ke bengkel pasti ngerti hehe
    lampu H4 kaki kiri ground, kaki atas high, kaki kanan low

    Thank’s Ya Bro…………..

  69. hamid berkata:

    gan motor ane new smash kmrn nyoba pake rangkaian ke 2 kok dak mau nyala ya lampux, tu apax ya gan??

    kan itu relay di pasang di kabel saklar lampu on/of ke saklar hi/lo lamp kan gan??

    • mochyuga berkata:

      kalo kelistrikan smash kan sistemnya AC bro, sementara yg saya buat rangkaiannya buat kelistrikan DC, mungkin ada perbedaan jalur yg bikin lampunya jaid ga hidup cmiiw
      sebenernya dulu saya pernah bikin skema rangkaian untuk kelistrikan AC tapi ternyata setelah dicoba lebih banyak negatinya daripada positifnya makanya saya hapus lagi, sampe sekarang belum nyba2 lagi buat kelistrikan AC soalnya belum ada motornya buat percobaan hehe

  70. Rony Ardiano berkata:

    mo nanya mas bro,kalo pake lampu H4 yang 100/90 Watt buat motor tiger tampa menggunakan capasitor bank memungkinkan ga ya?

    • mochyuga berkata:

      secara teori sebenernya ga bisa bro, soalnya spesifikasi aki standar tiger kan hanya 7 ampere, sementara jika menggunakan lampu 100W minimal butuh aki dengan spesifikasi 9 ampere, karena 100W / 12V = 8,33 A. pake 9 ampere juga sebenernya pas-pasan, karena masih ada keperluan kelistrikan lainnya seperti untuk pengapian, lampu2 spido, sein, klakson dll

  71. agung berkata:

    Masbro, gimana skema cara menghubungkan kabel-kabel untuk membuat lampu tembak motor (motor supra x125)? Tlng jawabannya dikirim ke email saya: armangtika@gmail.com, thanks sebelumnya masbro atas balasannya

  72. irman nusi berkata:

    met malam mas. aq mau nanya.tentang kelistrikan/lampu motor yang menyala secara otomatis,di mn skarang semua motor terbaru harus demikian, khususnya pada motor yg aq punya,
    yamaha mio GT. pertanyaannya:
    bskah sy merubah rangkaian listrikx menjadi manual dgn menggunakan swith. agar tidak menyala terus.nanti pd mlm hari baru qt gunakan.kalau bisa mohon di bantu gambar rangkaiannya giman..? dan apakah tidak ada pengaruh/efek yg fatal pd motor bila sy merubahnya. mohon d bantu. thankss before.
    irman.nusi@vale.com ini alamat email aq. bs langsng aja.

    • mochyuga berkata:

      jujur saya pribadi belum pernah menganalisa kabel bodi di motor2 yang menggunakan sistem AHO ini, tapi kalo mau simpel sebenarnya bisa saja, tinggal potong kabel sebelum soket lampu, sambungkan ke switch / sakelar jadi lampu bisa dimatikan, tapi saya belum tahu secara spesifik efek sampingnya apa dan dalam jangka panjang akan berakibat apa karena belum pernah mencoba, maaf ya

  73. agus berkata:

    Ok bro. Thanks

  74. waenk berkata:

    bos, terang lampunya seperti gada perubahan,,
    apanya yang salah??

    • mochyuga berkata:

      memang ga akan seterang kalo pake lampu watt besar atau HID hehe.. fungsinya hanya untuk memaksimalkan jalur kelistrikan untuk lampu, jalurnya di by-pass diluar jalur kelistrikan standar.
      jika memang masih kurang terang ada beberapa kemungkinan, pertama relay yang dipakai kualitasnya kurang bagus, kedua kabel yang dipakai juga kurang bagus terutama kabel yang dari aki ke kaki no.30 relay harus pakai kabel yang bagus agar hasilnya maksimal, yang ketiga kemungkinan kondisi akinya juga sudah lemah, yang terakhir kondisi soket lampu sudah harus diganti

  75. pirman berkata:

    Kang kalo pasang lampu tembak di motor scoopy bisa kagak? *maaf ga ngerti tentang listrik hehe

    • mochyuga berkata:

      saya belum tau skema kelistrikan scoopy kang, maaf ya
      mungkin bisa baca artikel di aft7.com tentang bikin lampu tembak di motor bebek, mungkin kurang lebih caranya sama

  76. agus berkata:

    bro,mau tnya?saya punya motor megapro 2005 ketika saya menghidupkan lampu pada ktika malam hari kok akinya gak ngisi kira2 itu apa bro penyebabnya?trus apakah jika pake relay aki bisa ngisi?trims bro sebelumnya.

    • mochyuga berkata:

      untuk relay ini sama sekali ga ada hubungannya sama pengisian bro, fungsi relay hanya sebagai “jalan pintas” dari aki ke lampu, jadi jika aki tekor sebaiknya cek perangkat pengisian diantaranya sepul dan kiprok

  77. Herry Rendra berkata:

    kalau di pasang di motor setipe AC honda. grand . supra x. dll tipe motor ac gmn ? bisa nga .. motor saya honda blade lawas keluaran pertama kali ?? bisa nga .. motor saya juga masih tipe AC !! lampu masih menganut putaran mesin?

    • mochyuga berkata:

      mohon maaf sebelumnya, saya belum riset rangkaian yang pas buat yang AC mas, sebelumnya sih pernah bikin tapi ternyata banyak efek negatifnya jadi saya hapus skema rangkaiannya, maaf ya

  78. mugi berkata:

    Salam masbro,,
    Mas,motor ane H.spacy,,normal klistrikan lmpu ny AC kn y,,
    Lmpu dpan,cm bsa nyla saat msin hidup,,
    Tp,ane udh ubh,lmpu dpan bisa nyla saat msin hidup atw mati,krna + ane lgsg ambil dri aki dgn saklar tmbahan,,
    Skg,kl ane mw pasng relay,pke skema yg 1(2relay) atw skema 2(1relay)
    Nb:pda skema 2,mksd nya rangkaian kabel body lampu,itu yg mna?
    Mhon pnjelsan nya,,hatur nhun,,

    • mochyuga berkata:

      kalo memang udah ambil langsung dari aki, berarti bisa pake rangkaian skema 1 atau 2, toh sama saja. di skema 2 kalo diterjemahkan ke kelistrikan punya anda, berarti disambung ke kabel lampu yang dilangsungin ke aki

      semoga membantu

      • mugi berkata:

        Pada skema 2,ada 1 kabel yg tidak terhubung kmn pun(rangkaian kabel body lampu),itu mksd nya disambungin ke mna gan?

  79. mochyuga berkata:

    mugi :

    Pada skema 2,ada 1 kabel yg tidak terhubung kmn pun(rangkaian kabel body lampu),itu mksd nya disambungin ke mna gan?

    kan udah dijawab, kabel itu disambung ke kabel lampu yang anda langsungin ke aki

  80. ziecide berkata:

    misi gan…bisa share skema relay untuk tiger yang 1 filamen aja yg nyala ketika pencet high beam?biar hemat aki dan reflektor hehe
    maturnuwun..
    ziecide@yahoo.com

    • mochyuga berkata:

      kalo ngerti skema pertama pasti tau koq gimana ngakalinnya hehe… itu kan jalur lampu dekat & jauh terpisah, jadi tinggal copot jalur relay lampu dekatnya aja

  81. darmawand berkata:

    bro kalo buat NJMX gmn tuh

    • mochyuga berkata:

      njmx sistem kelistrikannya masih AC kan ya? ga bisa kalo gitu, untuk kelistrikan AC saya masih belum nemu skema yang pas, tempo hari pernah riset tapi gagal

  82. fajar berkata:

    Buat vixion bsa gak

  83. bang kalo pasang relay buat lampu motor astrea gimana bang

  84. Faisal berkata:

    motor beat bs gak pake rilay

  85. rizki berkata:

    gan, kalau misalnya relay lampu dan relay klakson digabungin jadi satu bisa apa nggak?. kalau bisa tolong dibuatin skemanya. terimakasih

    • mochyuga berkata:

      susah gan, soalnya saklarnya misah, kalo disatuin nanti dua-duanya bunyi bareng, pencet klakson lampu ikutan nyala, nyalain lampu klakson ikut bunyi

  86. ristan berkata:

    Bro punya saya motor new vixion kang gak ada saklarnya cuma ada saklar jauh dekat,trus gimana rangkaianya

    • mochyuga berkata:

      skema yg pertama kan ga nyambung ke saklar, tapi ke soket kabel lampu, yg ada di dalem batok lampu
      tinggal langsung bikin aja sesuai rangkaian skema pertama

  87. mursid berkata:

    Bang kalo astrea grand bisa ga lampu kepalanya dibuat DC, n kalo bisa itu menggunakan relay 4 kaki tipe apaa yaa??
    Makasih

    • mochyuga berkata:

      bisa aja sih, cuman musti diganti semua, jalur lampu lamam dipasang kapasitor dulu baru dipasangi relay, jalur lampu baru langsung ambil dari aki ke relay ke lampu

  88. Ozy berkata:

    Gan saya mau sharing dan tanya ni
    Saya memakai honda tiger mengikuti rangkaian relay yg diatas penerangan motor saya jauh lebih terang d banding bawaaanya
    Yg ingin saya tanyakan
    1.”apakah apabila kontak off relay pun ikut off atau menyala? ”
    Soalnya yg saya gitu gan kontak udah off tapi relay ttep nyala…
    2.”apakah fungsi relay bisa memutuskan arus apabila pertanyaan yg no.1 kontak mati tapi relay ttep nyala
    3.Kalo hal yg saya alami apakah membuat accu motor cepet tekor?
    Terimakasih gan
    Sangat d tunggu jawabannya

    • mochyuga berkata:

      harusnya off, soalnya on offnya relay tetep ikut saklar lampu ori yg bakal mati kalo kontak off. kabel negatifnya ikut ke kabel bodi lagi kan? coba diputus aja pake saklar tambahan

  89. annas berkata:

    Bro saya mau tanya nih .. Motor saya supra fit sudah ganti aki tiger .. Nah saya pasang lampu LED3 sisi langsung ambil dari aki .. Misal saya mau pakai high low di saklar bawaan motor ane .. Gmna ya ??

  90. bagas berkata:

    gan kalo rang kaian masang relay, buat di beat fi, kaya gimana? mau pake lampu HID.

  91. juli iriyadi berkata:

    aku pnya motor fizz R yg sudah gak ada akkinya… aku pengen nyalain lampu utama lampu depan alur kabelnya dari mana saja ya???? mohon di jwb di tng
    gu jwbnya

  92. edi berkata:

    Buat megapro …bisa g bro…slm knl

  93. adrian berkata:

    bro motor saya satria fu, saya pakai skema 1 tetapi lampu tidak hidup jauh dekatnya, itu kenapa ya bro?

    • mochyuga berkata:

      Karena fu skema kelistrikannya masih ac bro, kabel lampu yg dipake buat ke relay arusnya naik turun, ga kuat buat aktifin relaynya makanya lampu gabisa hidup 😉 musti dibikin fullwave dulu, atau minimal pasang kapasitor di kabel kiprok yg ke lampu

  94. Fian berkata:

    bisa liat skema saklar lampu honda GL 100..? makasi admim

  95. Sumad berkata:

    gan untuk yang menggunakan satu relay rangkaian di atas berarti saklar jauh dekatnya masih dilewati high current dong

  96. aditya vanadisa berkata:

    Mas bro…tau rangkaian lampu h4 bwt tiger revo g ??
    Yg pke kapasitor..atopun 2 relay..
    Soale sy btuh pncerahan..bngung saya…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s