TIPS : Panduan Bongkar Karburator Mikuni BS26SS (Suzuki Thunder 125, Yamaha Byson)

cuk

Suzuki Thunder 125 menggunakan karburator tipe vakum bermerk Mikuni dengan kode BS26SS. Masih banyak yang belum mengerti sistem kerja karburator tersebut, bahkan di level bengkel pun masih banyak yang salah kaprah, terbukti dengan masih banyaknya kesalahan pemasangan part-part vital seperti pilotscrew, karet vakum, jarum skep, dan lain-lain. Panduan ini juga bisa digunakan saat anda ingin membersihkan karbu secara total.

Berikut penjelasan langkah-langkah bongkar pasang karburator Mikuni BS26SS disertai foto :

Alat-alat yang dibutuhkan :

obeng plus besar, obeng min besar, kunci ring 8mm, kunci pas 12mm (atau kunci inggris kecil), dan obeng min kecil

obeng plus besar, obeng min besar, kunci ring 8mm, kunci pas 12mm (atau kunci inggris kecil), dan obeng min kecil

4

pilih obeng min dengan ujung yang tebal, bukan lancip

Tips dan trik menggunakan obeng untuk membuka jetting :

obeng jangan digenggam erat, cukup gunakan jari

obeng jangan digenggam erat, cukup gunakan jari

posisi obeng tegak lurus, jangan miring

posisi obeng tegak lurus, jangan miring

 

Urutan membongkar karburator :

1. Melepas kabel gas

lepas mur bawah setelan kabel gas, tarik setelan ke atas hingga terlepas, lepas kabel gas ke arah bawah

lepas mur bawah setelan kabel gas, tarik setelan ke atas hingga terlepas, lepas kabel gas ke arah bawah

2. Melepas kabel choke

lepas pengunci kable choke dengan kunci pas 12mm, tarik keluar pengunci choke

lepas pengunci kable choke dengan kunci pas 12mm, tarik keluar pengunci choke

urutan bagian dalam kabel choke, kabel - per - piston choke

urutan bagian dalam kabel choke, kabel – per – piston choke

3. Melepas skep dan karet vakum

78

4. Melepas jarum skep

lepas pelat penahan jarum skep menggunakan obeng plus

lepas pelat penahan jarum skep menggunakan obeng plus

urutan part di dalam skep, jarum skep - ring pastik - clip - ring besi - per - pelat penahan

urutan part di dalam skep, jarum skep – ring pastik – clip – ring besi – per – pelat penahan

5. Melepas bak pelampung dan pelampung

1011

6. Melepas pilot jet

pilot jet

melepas pilot jet, gunakan obeng min

7. Melepas main jet dan nosel

lepas main jet menggunakan obeng min, lepas nosel menggunakan kunci ring / sok 8 mm

lepas main jet menggunakan obeng min, lepas nosel menggunakan kunci ring / sok 8 mm

lepas nosel dan jet needle

lepas nosel dan jet needle

8. Melepas pilot screw

lepas pilot screw menggunakan obeng min

lepas pilot screw menggunakan obeng min

urutan bagian dalam pilot screw, ring karet - ring besi - per - screw

urutan bagian dalam pilot screw, ring karet – ring besi – per – screw

9. Melepas air jet

posisi air jet di moncong luar karbu, buka menggunakan obeng min kecil

posisi air jet di moncong luar karbu, buka menggunakan obeng min kecil

Setelah semua bagian terlepas, silakan bersihkan lubang-lubang di badan karbu menggunakan carb cleaner. Bagian yang “haram” terkena semprotan carb cleaner diantaranya adalah skep dan karet vakum, ring karet pilot screw, ring karet nosel, dan sil karet di piston choke.

Artikel selanjutnya akan membahas mengenai langkah pasang dan seting karburator ini, ditunggu ya🙂

This entry was posted in TIPS and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to TIPS : Panduan Bongkar Karburator Mikuni BS26SS (Suzuki Thunder 125, Yamaha Byson)

  1. Bhoedi says:

    ribet gan, kalo pe24 ato karbu biasa ribet kaya gitu juga ga?

  2. indragede says:

    ditunggu artikel selanjutnya gan.. ane baru dapet hibah thunder125.. bisa nyala bisa jalan tapi brebet di putaran atas.. ane mau coba2 bongkar sendiri aja..

  3. dino says:

    Tadi aq bongkar karbu vakum byson tapi gak banyak yang di otak atik cuma liat karet vakumnya aja,,, tapi pas pasang lagi choke nya gak fungsi

  4. iceboy1 says:

    Nanya gan.

    1. Karbu ane dudukan Pilot Jetnya slek. Jadi pilot jet gak bisa kenceng. Gimana cara akalinnya ya ?

    2. Gimana setting biar konsumsi BBMnya irit.

    Thanks.

    • mochyuga says:

      1. paling drat ulang pake yg dratnya lebih gede terus pilot jetnya ganti pake tipe lain yg punya drat lebih gede tp ukuran lubangnya tetep sama
      2. yg jelas komponen tempat bensin lewat dicekik, ganti pilot & main jet ukuran kecil, ganti needle jet ukuran kecil atau jet needle disetel turun biar celah lubangnya mengecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s