HOWTO: Memasang Relay untuk Lampu Motor

Tren penggantian lampu depan menggunakan HID dan halogen yang lebih terang dari lampu standar memang sedang marak. Tapi, harganya yang mahal hanya bisa dijangkau oleh sebagian kalangan saja. Lalau, bagaimana caranya menambah terang lampu dengan biaya yang lebih murah? Gunakan saja relay. Relay yang dipasang pada rangkaian kelistrikan lampu motor akan membuat lampu menjadi lebih terang, karena relay menyingkat arus listrik dari accu/aki dan mengurangi kekurangan arus yang tersedot ke rangkaian kelistrikan kabel body motor.

Bagaimana aplikasinya? Dibawah ini adalah contoh skema rangkaian relay untuk lampu utama

Skema relay lampu DC

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Skema tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kelistrikan DC, yang cirinya adalah lampu bisa dinyalakan tanpa menyalakan mesin terlebih dahulu, contohnya Suzuki Thunder dan Honda Tiger.  Lampu jauh dan dekat menggunakan relay yang terpisah, jadi jika ingin menggunakan salah satu lampu saja (misalnya lampu jauh saja untuk mencegah aki tekor) tinggal merangkai relay untuk lampu jauh saja. Relay yang digunakan adalah relay dengan 4 kaki. Untuk kelistrikan tipe AC seperti bebek dan matic dengan ciri lampu baru menyala saat mesin hidup, maka rangkaian ini berguna untuk menambah supply listrik dari aki juga, kelebihannya dalam putaran mesin rendah lampu tetap menyala terang, dan untuk tipe bohlam lampu bisa menggunakan yang wattnya lebih besar daripada standarnya.

Berikut adalah foto beberapa komponen yang akan digunakan :

Relay 4 kaki

*diambil dari saft7.com

Spesial request dari bro Pipit Purwadi, bisakah menghemat jumlah relay, dengan kata lain hanya menggunakan satu buah relay ?

bisa saja, jika melihat dari jalur kelistrikan terutama di jalur kabel lampu utama.

kurang lebih rangkaiannya akan seperti berikut :

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Pemasangan relay dilakukan di bagian jalur kabel sebelum sakelar lampu dekat dan jauh. Contohnya, jika sakelar on-off lampu ada di bagian panel setang sebelah kanan sementara sakelar lampu dekat-jauh ada di panel setang sebelah kiri, maka rangkaian relay dipasang pada kabel yang menghubungkan kabel di panel kanan dan panel kiri.  Selamat mencoba.

Note: sebelumnya saya membuat skema rangkaian khusus untuk kelistrikan tipe AC, namun setelah dicoba ternyata kurang efektif dan juga berpotensi merusak reflektor lampu karena watt lampu jadi terlalu besar dan bohlam lampu menjadi terlalu panas. Maka dari itu skema tipe AC yang pernah saya share disini akhirnya saya hapus karena tidak direkomendasikan, mohon maaf. Untuk skema relay kelistrikan tipe AC sedang saya kembangkan lagi, mohon kesabarannya, terima kasih.

About these ads

163 thoughts on “HOWTO: Memasang Relay untuk Lampu Motor

  1. bro, itu skema kedua khusus matic yah? kalau buat skywave kira2x sama gak? tapi yg bikin bingung di skema kedua, mana yg ke aki + ?

    • skema kedua khusus kelistrikan jenis AC, yang ciri2nya lampu depan menyala HANYA saat mesin sudah dihidupkan. kalau skema kedua ga ada jalur ke aki, karena memang tidak memakai arus dari aki.
      kalau skywave kan kelistrikannya DC ya, (CMIIW) jadi bisa pake skema yang pertama, dan dibuat 2 buah untuk lampu kiri dan kanan, kan skywave lampunya dua… :)

  2. sblumx salam kompak bro… bro gue mau nanya lampu HID jauh gue ga bsa digunakan tapi yg dekat msh nyala kira2 masalahnya apa ya? n gmana solusinya… mhn bntuannya bro… maksih

    • salam juga bro… hmmm, mungkin bisa dilihat relaynya dulu (kalo bro pake skema relay kaya saya ya), kalau pakai relay terpisah untuk jalur lampu dekat-jauh, bisa saja relay untuk jalur lampu jauhnya putus atau sumber listrik dari aki terputus. periksa kabel-kabelnya dan cek relaynya pakai multitester. kalau tidak ada masalah, cek ballast HID apakah masih bekerja normal atau tidak. untuk cek ballast lebih baik ke bengkel / penjual paket HID yang bro pakai, biasanya ada garansi, semoga membantu

    • rangkaiannya kurang lebih sama bro, lagian kalo mobil bawaan pabriknya juga udah pake relay jadi efeknya kurang signifikan, dibandingkan kalau dipasang di motor :)
      thanks udah mampir :)

  3. Juragan, mau tanya nih
    untuk kelistrikan AC (Motor Jupiter Z) bisa gak kl pake relayyg kaki 4 ?
    trus setiap lampu harus dipasang relay ya ?

    makasih byk atas jawabannya :)

    • bisa aja, pake yang skema AC. jupiter z lampunya dua ya ? kalo bisa pasang rangkaiannya di bagian yg sebelum dicabang, tapi kalo ribet & ga mau ngerusak jalur kelistrikan aslinya, bisa aja dibikin 2, 1 skema buat masing2 lampu. pake sebelah aja juga ga haram koq :)

  4. oh jd bisa ya, kmrn gw udah nyoba pke skemanya, tp pas mau ngidupin lampu jauh gak bisa..
    apa perlu tambah relay lg ? jd byk bgt dong ?

    mksh jwbnnya :)

    • yang ga nyala lampu jauhnya aja ya ? lampu deketnya tambah terang ga ?
      diperiksa lagi aja bro, jalur2nya udah bener belum, kalo ada kabel yg kebalik relaynya bisa ga berfungsi :)
      kalau jalurnya udah bener tapi relaynya masih ga nyala, kabel yg dari sakelar ke kaki relay no.86 diputus terus kabelnya dua-duanya dari kaki no.86 & sakelar disambung ke ground (rangka)
      selamat mencoba bro, thanks udah mampir ke blog saya :D

      • iya, lampu jauhnya aja..
        gw pake relay yg kaki 4 (kbtulan kmrn slh beli, jd pke yg kaki 4)
        utk terang kyknya gak terlalu berasa deh, mngknkah salah pemasangannya ?
        pemasangannya gini

        30 = positif aki (gw sambung kabel kontak)
        86 = ground
        87 = ke lampu (deket)
        85 = kabel sblm lampu (deket)

        nah, kabel yg lampu jauhnya masih posisi std
        ada yg salah kah ?
        aku pake relay 4 kaki..
        apa harus pake yg 5 kaki ?

        mksh jawabannya :)
        info blognya bguna bgt :)

  5. ga pake sakelar tambahan ya bro ?
    hmm, kalo skemanya kaya gitu sepertinya fungsinya beda dengan skema saya ya :)
    kalau skema AC saya fungsinya adalah untuk menghidupkan lampu dekat dan jauh secara bersamaan, kalau skema yg bro pasang itu sifatnya menambah supply listrik ke lampu dari aki ya ?
    sebenarnya relay kaki 4 & 5 kurang lebih sama bro, hanya berbeda di kaki outputnya saja (kaki 87), relay kaki 5 kaki 87nya ada dua, relay kaki 4 kaki 87nya ada 1, bisa saja pakai relay kaki 4 terus kabel outputnya dicabang dua :)

  6. yup..
    gw pake saklar bawaan motor utk ngidupin lampu.

    kurang lebih gitu, jd suplay daya ke lampu lbh gde, otomatis lampu lbh terang, tp kok kyknya gak ada prbhn signifikan..
    oh, jd fungsi relay disini utk ngidupin 2 lampu jauh deket..
    hoho
    ok bro, makasih banyak info-nya..
    bguna bgt :)

  7. bro hernawan, gini lho penjelasannya, jadi cara kerjanya beda dengan rangkaian pada umumnya, skema AC diatas berfungsi untuk mengaktifkan lamu dekat dan jauh secara bersamaan, saat lampu jauh diaktifkan dan saklar on, maka lampu dekat dan jauh menyala bersamaan. kenapa sumbernya (30) diambil dari lampu jauh ? karena saya ingin karakter kelistrikan AC masih ada, yaitu, semakin besar putaran mesin nyala lampu semakin terang, jika diiambil dari aki maka nyala lampu terus stabil seperti DC, sayang aki bebek kebanyakan kan kurang besar amperenya takutnya tidak kuat untuk “mengangkat” nyala lampu :)
    kabel kaki 86 bisa saja dibuang ke ground, tapi kaki sakelar juga harus dibuang ke ground :)
    kebetulan yang pernah saya coba skema seperti ini dan berhasil :)
    semoga membantu bro :) terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :)

    • hmm, kalau ingin mirip tiger sepertinya harus urut kelistrikan dulu bro, saya kurang tahu skema kelistrikan gl pro, tapi kalau hanya ingin mengaplikasikan lampu on saat mesin mati saja, bisa saja dengan cara by-pass jalur lampu dari aki langsung, tapi kondisi aki harus fit dan mencukupi kebutuhan :)

      terima kasih sudah mampir di blog saya, sukses juga untuk anda

  8. mas sowry nih mw tanya…..gak apa2 kan….
    fungsi saklar disitu sebagai apa ya?setau saya 85 dan 86 itu koil,,, klo posisinya kayak gtu apa iya bisa bergerak koilnya?
    tx ya

    nice inpoh nh web nya,,, bermanfaat banget

    • sakelar itu sebagai penggerak koilnya mas ;p
      sebenarnya bisa saja kabel dari kaki 86 dibuang ke ground, tapi kaki dari sakelar juga harus dibuang ke ground juga :)

    • oh iya ya saya lupa nyantumin, maaf :)
      yang lampu di bagian kiri, yang ke soket kabel bodi yang sebelah kanan

      makasih udah mampir ya, blognya om mantap om :)

  9. salam kenal mas brow…
    mo nannya thunderkan cuma pakai 1 lampu kepala…
    yang di gambarkan itu memakai 2 lampu.. mohon pencerahanya bro.. hatur nuhun

    • maaf kangbro sebenernya saya lupa mencantumkan soket tersebut disambung kemana :) jadi yang soket sebelah kanan gambar itu disambung ke soket yang ada di kabel bodi, sementara soket yang sebelah kiri disambung ke soket yang ke lampu, begitu bro :) jadi sebenarnya cuma satu saja lampunya, sistemnya bolt-on agar tidak merusak jalur kelistrikan yang original.. semoga membantu kangbro

  10. gan utk arus AC d motor jupi z
    pke relay kaki4 nomor 85&86 blh lgsg d sambungin ga? (jd ga pke saklar)
    sistem pemasangannya paralel ya gan ? jd ga ad kabel yg d putus kan ??
    tolong pnjelasannya yg lbh mendetail gan

    • sebetulnya mungkin skema yang saya buat tersebut salah gan, karena ternyata ada yang nyoba dan ga berfungsi dengan baik, jadi kalaupun mau lepas sakelar kaki 85 harus disambung ke trigger yang mengaktifkan fungsi koil relaynya ,contohnya bisa disambung ke kabel lampu dekat atau jauh, sementara kaki 86 dibuang ke groud. Jadi maksud saya memasang secara pararel & pake sakelar adalah, sewaktu2 fingsi relai bisa dinon-aktifkan dan nyala lampu bisa normal lagi (dekat jauh bekerja terpisah seperti standarnya) segera akan saya ubah gambar skemanya, mudah2an dengan penjelasan gambar bisa lebih dimengerti :) thanks atas kunjungannya ke blog ane gan :)

  11. Salam kenal n makasih untuk skema relaynya. Saya udah pasang lampu H4 di Honda CB saya, tapi belum pake relay. kemungkinan saya mau coba skema yang pertama, tapi apakah bisa menggunakan relay 5 kaki untuk mengirit membeli 2 relay? karena kalo pake skema pertama kan harus beli 2 relay 4 kaki, kan boros dong?
    kalopun pake relay 5 kaki bisa untuk menggantikan relay yang 4 kaki, boleh nggak digambarin skemanya, hehehehe… trims one more time…

    • mungkin bisa (saya jawab “mungkin” karena saya sendiri belum coba).
      jadi, pasang relaynya sebelum sakelar lampu dekat-jauh. akan saya coba upload skemanya segera.
      btw thanks sudah berkunjung di blog saya bro, CB anda keren abis :)

  12. bro..motor ane scorpio z th 2009, mau pasang relay dong bisa tolong butkan skemanya..? tapi kalo nginjek rem jadi redup, harus ganti arus DC ga..? ada alamat yang bis ane datengin gak..? ane tinggal di Jakarta Utara neh..sekalian minta alamatnya bro…
    satu lagi mau tanya apa untungnya pake kelistrikan DC..?

    • bro, untuk scorpio Z bisa pakai skema pertama atau yang terakhir. jika lampu ikut redup saat lampu rem menyala, musti dicek lagi komponen kelistrikannya, contuhnya kondisi aki, sepul, kiprok dan lain-lain. tapi jika hal tersebut sudah dirasakan sejak motor masih baru, coba aja ganti bohlam lampu belakang dengan tipe LED, walaupun bohlamnya banyak tapi arus yang dibutuhkan sedikit.
      mohon maaf untuk alamat workshop di daerah jakarta saya kurang hafal bro, kebetulan domisili saya di bandung. mungkin bisa cari info dari komunitas scorpio di jakarta utara.

      kelebihan kelistrikan model DC adalah supply arus selalu stabil, terutama untuk perangkat penerangan seperti lampu depan, jadi ga perlu gantung gas tinggi biar lamu depan nyalanya terang. untuk yang sistem kelistrikan full-DC kelebihannya komponen kelistrikan dan kabel2 lebih aman dari kelebihan arus.
      trims atas kunjungannya ke blog saya

  13. bang,.. mau tanya nie?? motor w honda supra X 100cc
    w mau nerangin lampunya bsa ga yua?? caranya gmana sia? dah w cari di goggle ga ada satupun yg bsa jelasin cara memperterang lampu depan supra x 100cc. w dah ganti lampu apa aja smuanya sama aja ga bsa bikin terang. sampe w ganti batok sonic tetep aja hasilnya padahal dah ganti2 smua lampu.

    tolong bantuanga dunz.. motor saya supra x 100cc pake batok sonic. bales yua ke sini atau email saya rangga_cokiber@yahoo.co.id.

    makasih bang

    • bisa dong bang, kalo supra yang sistem kelistrikan lampunya masih AC bisa pasang skema kedua, atau kalo mau lebih maksimal bisa pasang model skema pertama.
      kalo masih kurang puas, saran saya pasang aja kapasitor bank, ga usah yang terlalu gede, yang 5000 atau 10000 mikro farad juga udah cukup. kapasitor dipasang dengan cara pararel ke aki, jangan lupa pasang sakelar biar bisa dimatiin waktu motor mati, pasang sakelarnya di jalur kabel negatif aja biar aman. kalo udah pasang kapasitor dan kondisi aki juga sehat, bisa pasang skema relay model pertama pasti lebih maksimal.
      semoga membantu, terima kasih kunjungannya ke blog saya

  14. numpang print ya mas yuga….penasaran ud 1 th pasang kok baru 6 bulanan ud ngedrop akinya padahal ud pasang kyk gitu. makanya mau dicek dulu.. thx berat ya.

  15. gan…numpang tanya nich..klo skema yang ke dua bisa dipake di honda fit x pa gak ya?
    saya denger klo pengen lampu motor maksimal juga bisa pake 2 kiprok…bener gak?
    trus untuk relay…kira2 alat pa ja yang perlu disiapin?
    thanks gak…
    met kenal…

    • met kenal juga gan…

      bisa aja gan pake dobel kiprok, fungsinya untuk multiplasi supply listrik dari sepul untuk seluruh bagian kelistrikan, cocok banget kalo mau pake bohlam HID atau Halogen watt gede buat motor sport, & kalo pake aki yang amperenya gede buat ngedukung perangkat kelitrikan tambahan itu. Tapi kalo masih pake kelistrikan & lampu standar pake relay juga udah cukup koq gan, selama kondisi aki masih fit :)

      alat2 nya kalo ane pake tang lancip buat masang soket/skun nya & juga buat ngupas bungkus kabel, cutter/gunting sama selotip kabel yg item
      selamat mencoba gan

  16. salam kenal mas broo….
    ane mau tanya kalo skema yang relay kaki lima buat arus AC kedua arus nyala dua2nya lampu bisa idup gk ???
    apa harus satu2 ??

    • salam kenal juga bro
      mohon maaf kalo saya kurang ngerti pertanyaan anda, apa lampunya dua atau dua filamen dalam sau lampu
      yg jelas, dengan skema tersebut kalo posisi sakelar tambahan on dan lampu jauh diaktifkan, maka 2 filamen dalam 1 lampu (filamen ampu dena dan filamen lampu jauh) menyala bersamaan, yang artinya sama dengan menggunakan dua lampu bersamaan, jauh dan dekat.
      tapi jika lampu dekat yang diaktifkan, nyaa lampu kembali normal, hanya lampu dekat yang menyala

  17. salam knl bro ………….

    w mau tanya kenapa skema double relay gk di pasang fuse setau w kalo gk di pasang fuse arus dari baterai bakal tekor ……… drop

    kalo di tambahin fuse bisa gk

    • tentu bisa bro…

      tapi IMHO ya, menurut saya fungi fuse/sekering itu lebih sebagai pengaman kalo terjadi short circuit alias konsleting maka sekekring akan terputus lebih dulu daripada kejadian berantai selanjutnya. sekering dipasang di kabel sumber listrik dari aki ke kaki 30 relay.
      kalo di skema diatas pasangnya di kabel merah sebelum ketemu relay.

  18. Salam kenal..
    Mas mau tanya… (maaf sebelumnya masi awam) motor punyaq scorpio Z yang masi pake kelistrikan standart AC. yang saya tanyakan kl mau diubah kelistrikan DC gmn ya cara detilnya (skemanya) ? soalnya mau tak pasang lampu H4 nie katanya sih lebih bs stabil kalau DC(gak tergantung gas gede)…pengen nyala terang seperti mobil tp gak buat tekor aki..hehe
    thank u sebelumnya mas…

    • salam kenal juga masbro…
      sebenernya saya kurang bisa menjelaskan secara detil karena memang belum pernah ngotak-ngatik kelistrikan scorpio, tapi secara umum untuk ngerubah kelistrikan AC menjadi DC berkutat di sekitaran sepul dan kiprok. suply listrik dari sepul yang semula terpisah antara kebutuhan lampu & kelistrikan lainnya jadi digabung semuanya. selanjutnya ganti kiprok yang memang buat kebutuhan supply arus DC, kalo buat scoprio kayanya pake kiproknya tiger atau thunder 250. pelengkapnya, bisa dengan ganti aki yang punya ampere lebih besar biar cukup buat menampung arus yang besar. terakhir tinggal ubah jalur kabel untuk lampu yang asalnya dari sepul dipindah ke aki.

  19. hehe makasi mas..
    kl yang dirubah cuma kelistrikan lampu depan aja gmn mas??apa sama dengan skema DC di atas?kl punya gambaran tu yang dirubah kabel mana aja? hehe maap banyak nanya…trims

    • justru yang saya share itu tentang ngerubah kelistikan lampu depan aja mas :)
      simpelnya, ngerubah sumber arus lampu depan yang asalnya dari sepul dipindah ke aki, biar lampu depan bisa nyala terus seperti layaknya kelistrikan DC. kalopun mau pake skema relay yang diatas, buat scorpio bisa aja pake skema yang DC, toh aki original masih mumpuni koq, asal selalu ingat untuk memastikan lampu dalam keadaan mati sebelum nyalain elektrik starter, semata-mata biar setrum di aki ga kesedot dobel karena kebutuhan buat elektrik starter arusnya gede banget

  20. Ok terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat ini..semoga teman2 yang masi baru tau seperti saya…jd tambah ngerti…
    Thanks mas…

  21. bang kalo pake 3 relay yapa pengaplikasiaannya n skemanya lo dipasang di honda tiger??ap dengan 3 relay tambah terang dan aki gk tekor makasih dan mohon balasannya ya

    • setahu saya, penggunaan 3 buah relay seperti yang tercantum di situs saft7.com , relay ketiga berfungsi untuk pendukung kerja passing lamp / lampu tembak, jadi tidak ada hubungannya dengan menambah supply listrik ke lampu.

  22. salam kenal yha gan..
    ane mau nanya nih, klo motor di pasang accu 24v.. apakah lampu’a akan meledak atau malah jadi terang.. dan saklarnya di pasang relay..
    mohon petunjuk.. trimakasih

    • bukan cuma lampu gan, CDI, spidometer, dll yg pake kelistrikan dari aki juga ikut meledak…..
      sistem kelistrikan motor2 sekarang rata2 didesain 12 volt, mulai dari sistem pengisiannya hingga perangkat kelistrikan yang terpasang di motor. multiplasi tegangan pada arus DC, karena perangkat kelistrikan yang bersumber dari aki pasti merupakan arus DC, pasti akan menimbulkan kerusakan pada perangkat kelistrikan tersebut, berbeda dengan arus AC. dan, sekalipun keliatrikan pada motor menggunakan arus AC (lampu redup saat stationer) tapi rectifier/kiprok mensortir tegangan dari sepul hingga hanya 12 volt saja. jadi akan percuma jika menggunakan aki 24 volt pada sistem yang didesain untuk 12 volt.
      saran saya, lebih baik gunakan aki dengan teganagn 12 volt tapi dengan ampere lebih tinggi, misalnya 3,5 Ah menjadi 5 atau 7 Ah. jika memiliki 2 buah aki dengan spek 12 volt 3,5 ampere maka bisa dipasang secara pararel hingga hasilnya tetap 12 volt 7 ampere.
      rangkaian seri : tegangan (volt) bertambah, arus (ampere) sama
      rangkaian pararel : tegangan sama, arus bertambah

  23. bro mau pasang relay buat scorpio thun 2005 ane udah pke h4 yg 60 w caranya gmna??? soalnya pnya ane blom pke relay.

    • untuk detil pengerjaannya bisa dilihat disini bro :

      http://ysc.web.id/2010/01/modif-lampu-scorpio-jadi-h4/

      nah kalo bahan-bahannya udah ada, untuk pemasangan relaynya tinggal bikin rangkaian yang pertama (rangkaian relay DC) di posting saya ini. sedikit tambahan untuk pemasangan kiprok tiger, karena kakinya 5 maka kabel positif-negatif dari output kiprok langsung disambung ke aki agar pengisian maksimal.

      semoga membantu bro.

  24. wah blognya sangat membantu bro :D

    oya klo pngen lampunya dibuat model ala ninja 250 yg lampu deket kiri nyala, lampu jauh kanan nyala tetapi lampu deket tetep nyala gitu bisa gak bro?
    motor saya sdah full DC

    • simpelnya sih dipisah aja kabelnya, jalur deket ke kiri & lampu jauh ke kanan, tapi nyalanya gantian hehehehe
      kalo mau lampu deket tetep nyala saat lampu jauh aktif, bisa pake jalur relay sistem bypass, aktivasi relay (kaki 85-86 relay) diambil dari sakelar lampu jauh, saat lampu jauh aktif arus mengalir ke 87, nah kabel 87 ini disambung ke kabel lampu deket di kiri jadi lampu deket tetep nyala saat lampu jauh aktif

      thanks atas kunjungannya bro :)

  25. terima-kasih banyak tuk Ilmu ug di-share bro Moch. Yoga, ada yg ingin sy tanyakan jika ingin pasang relay pada kelistrikan lampu motor honda karisma (AC) agar lampu jauh & dekat hidup bersamaan yg digunakan relay kaki 5. Dalam hal ini relay tersebut Relay kaki 5 seri (Boch) ataukah Relay kaki 5 NO/NC

    Terima-kasih

    • Pake yang 5 kaki biasa bro, yang kakinya 87-87, jadi nantinya waktu relay aktif ada arus dobel yg mengaktifkan lampu dekat & jauh bersamaan, sementara jika relay tidak aktif hanya lampu jauh yang menyala karenalampu jauh masih tetap mendapat arus dari kabel kelistrikan orinya.

      semoga membantu bro

  26. gan ane bingung nih motor ane udah ane ganti jalur listrik nya jd langsung dr aki ke relay trs ke lampu,,tp ane kagak pake saklar gan jd otomatis pak kontak oon langsung nyala gan,,
    eh tp malah jd ngedrop tuh akinya,,kira2 solusinya gmn gan biar aki aman n lampu jg maknyos..
    kirim email ke sini ya haripermadiaja2@yahoo.com
    thx ya gan ditunggu infonya ^^

    • waduh, ane harus tau dulu skema yg agan sekarang pake tuh jalurnya kemana, biar ane bisa tau salahnya dimana hehehe
      btw skema sakelar yg pertama juga ga pake sakelar lho gan, untuk mengaktifkan relaynya masih pake sakelar kelistrikan ori biar ga ribet & rapi hehehe

  27. artikel yg sangat membantu om, cuma ane punya kendala setelah mencoba beberapa variasi penggunaan relay, sekarang ane punya relay 4 kaki, 5 kaki (87+87) sama relay 5 kaki pemutus (87+87a).
    motor ane vixion, ane mo pasang dua lampu yg single beam
    nah ane pengennya kalo lampu dekat ON yang nyala salah satu
    tapi kalo lampu jauh ON yang nyala dua duanya
    bisa minta tolong skema relaynya om supaya bisa seperti yg ane inginkan ketika lampu jauh or dekat nya ON?

    • bisa banget brader :) tinggal liat gambar yang diatas bro, skemanya sih saya bikin atas permintaan bro satrio yang lampu depannya 2, tapi bisa koq diaplikasikan ke 1 bohlam, jadi yang buat lampu dekat ya ke kabel lampu dekat & yang lampu jauh ke kabel lampu jauh

      semoga membantu bro, terima kasih kunjungannya ke blog saya :)

      • makasih om reply nya :D kebetulan ane pake dua bohlam juga tapi di kedua bohlam ane cuma ada dua kabel om
        skema diatas itu kalo LO nya ON : nyala salah satu dan kalo HI nya ON : nyala dua duanya om?
        ane coba kenapa salah satu lampu nyala terus om lalu kalo ane ON kan lampu jadi pindah nyala yg satunya lagi, saklar HI dan Lo nya ga pengaruh om :(
        atau ane salah sambungin kabel ya?
        maaf kalo merepotkan om :malu:

        - – - – - – - – - – - – - – - – - – -

        sorry om kalo replynya telat banget :(
        ternyata setelah ditelurusi ada kesalahan di gambar itu, harusnya relaynya bukan tipe NO/NC tapi tipe 5 kaki biasa yang kaki 87nya ada dua, semoga membantu

  28. kang… klo sekema posting jalur relay buat motor supra seperti apa ya … saya minta skema nya ya … cz mtr saya kan g pke relay . jd ceritanya saya mau pasang relay biar terang gtu lampunya … mhn bantuannya kang .. treima kasih .. hatur nuhun

  29. Salam kenal semua : mo ikutan nih,.. kayaknya penting jga !!
    gini, peraturan sekarang untuk motor siang lampu utama harus nayala !
    pusing juga,. dinyalakan terus,.. rumah vektor leleh,.. dibikin sklar (stnadar) lupa kena 100rb… (apes)
    dilangsung ke aki,.. tekor,.. akinya !
    utak utik,… lumayan sih dari hasil seach sana sini ! dapet ilmu juga,.. gw pakek Vegi 2005.. ! listrik udah gw ganti ke DC lumayan ! gw pakek double kiprog, ama kasih kapasitor bank rakitan sndiri pada positif kontak.
    lumayan,.. bagus, aki engga tekor,..

    * posisi lampu kan On/nyala ,.. berhubung pemakaian udah berjalan 2th,.. (udah masanya ganti aki kale) ini kalo kita tekan double stater lampu udah mulai redup sedikit.
    * cuma ga mo akalin begini,.. ! :
    *Bagaimana caranya bikin,.. posisi lampu menala,.. tapi pada saat kita tekan tolmbol double statel, lampu itu mati dulu. dan lampu kembali menyala setalah kita lepas tombol tersebut (terlepas behasil atau tidak itu menyin nyala atau tidak)
    * gw udah search kmana2 lum ada yg posting dan bahas itu skema rangkaiannya !
    * dari kawan kawan di sini syukur syukur ada yg bisa bantu atau punya imginasi yg tinggi untuk utak utik nya,.. gw ucapin terimakasih buanget…

    tanks all..
    mohon di kabari kesini ieisch_ndorobei@hotmail.com pabila ada artikel terkait yg ada !

    • agak ribet sepertinya bro, tapi bisa aja :)
      pake relay 5 kaki, kaki 30 & 87A memutus rangkaian kabel positif lampu, sementara kaki 85 dan 87 memutus kabel positif tombol starter, kaki 86 ke ground.
      Logikanya sih, dalam keadaan kontak on lampu memang pangsung menyala tapi jika starter ditekan arus ke lampu diputus sementara dan dipindahkan ke rangkaian kabel starter, jika starter kembali dimatikan arus kembali ke lampu depan.
      semoga membantu

  30. berarti saklar lampu jauh – deketnya g fungsi dong, buat skema yg ke 2 ya….kan relay nya ngegabungin lampu jauh-deket……

    • prinsip kerja sebenarnya adalah kalo sakelar on-off relay diaktifkan dan posisi sakelar lampu di lampu jauh, maka kedua filamen lampu (dekat & jauh) menyala bersamaan, tapi kalo lampu dekat on lampu jauh tidak ikut menyala karena trigger relaynya ada di rangkaian lampu jauh
      gitu loh masbro :)

  31. Mau tanya master Relay.,
    rencanaya saia mau pasang projie di motor tapi yang single beam karna dananya terbatas terpaksa dengan bantuan hologen philips H1 55W untuk bohlam low beam, sementara yang high beam mau pake reflektor lampu tembak H3 55W philips juga.
    tolong bantu bikin skemanya ya master, saia ga ngerti kelistrikan :D kelistrikan motor masih standart blom ada yang dirubah hanya mengandalkan aki standart motor jupiter MX
    oya satu lagi apakah aki motor kuat angkat beban lampu 55Wx2 secara bersamaan jika high beam nyala beberapa detik saja.,
    thanks master mohon bimbingannya

    • weleh, ga enak ah jangan sebut master, saya masih belajar juga koq hehe
      wah kalo ngomongin projie udah lain cerita brader, kalo cuma sekedar pasang relay aja ga kuat, “supply&demand”nya udah beda. sebisa mungkin modif kelistrikan ke DC dan pasang aki lebih besar. gunanya buat menyokong hidupnya si projie itu sendiri.
      jujur kalo ubahan projie di jupiter mx, saya pribadi belum pernah melakukan secara langsung, makanya daripada salah mending langsung nanya ke ahlinya aja ya bro, cek disini :

      http://kotsk.wordpress.com/2010/11/21/fw-yamaha-bebek-skutik/

      kalo udah fullwave baru deh bisa dipasang projienya.

      tapi, selain itu ada juga yang pasang anti-tekor biar ga ngerubah alur arus AC standar, artinya kelistrikan standar ga diapa-apain, cuma pasang anti-tekor & rangkaian relay mirip rangkaian pertama yg tercantum di posting disini. selebihnya tinggal pasang aja.
      BTW lampunya HID bukan? kalo HID kan butuh pasang ballast tuh, nah nanti pasang ballastnya diantara rangkaian ati-tekor & relay sama lampu.

      kalo masalah daya, hitung bareng2 yuk :
      (2*55watt)/12volt = 9,167 ampere
      sementara aki standar cuma 5 ampere kan? tentu kalo cuma mengandalkan aki standar pasti ga kuat. buat 1 bohlam aja sebenernya udah mepet banget, makan arus 4,5 ampere. makanya kalo memang pengen pasang projie, kalo bisa kelistrikannya diubah dulu deh ke sistem fullwave, atau alternatif lain bisa pake bohlam halogen yang wattnya lebih kecil, 25watt atau maksimal 35watt.
      semoga membantu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s