FIXIT : Problem Solving Modem MOBI Pantech PX-500

Bloggers, saya mau sharing pengalaman pribadi nih…..

selama hampir setahun terakhir, saya mengakses internet dengan menggunakan jasa Mobile-8 dengan produknya berupa modem broadband CDMA Pantech PX-500 MOBI. Awalnya sih lancar-lancar saja, bahkan saya sanggup update status tiap hari di facebook….kikikikkiikik…🙂

Modem MOBI

namun memasuki bulan kesebelas, mulai ditemui masalah. konektor mini-usb sering ngadat sehingga koneksipun tersendat-sendat… ditambah dengan informasi dari beberapa teman yang sama-sama menggunakan produk modem ini, memang ditemui masalah yang sama pada konektornya. Tanpa pikir panjang, sayapun membawa modem ini ke service center di salah satu mall elektronik di Bandung…. namun apadaya teman, garansi yang seharusnya satu tahun ternyata sudah tidak bisa dipakai lagi, malah pihak service center menawarkan perbaikan dengan cost nyaris Rp. 300.000,00. Waks, itu sih sudah hampir seharga modemnya…..

Akhirnya kreatifitas berbumbu kenekatanlah yang saya coba…. Saya buka kotak pembungkus modem dengan melepas 2 buah sekrup + di bagian bawah. Bodi modem ini terdiri atas 2 bagian atas dan bawah. Tips saya, anda harus sangat hati-hati saat membuka bodi modem ini..! Perangkat didalamnya sangat-sangat sensitif. Apa sebab? Karena ternyata konektor mini-usb sama sekali tidak terhubung ke PCB. dan yang lebih mengejutkan lagi, konentor tersebut terhubung hanya menggunakan 4 helai kabel yang terpisah satu sama lain…!

Dan yang mengejutkan lagi, konektor mini-usb sepertinya hanya menempel saja di bodi modem, hanya direkatkan lem plastik tembak yang sangat rentan sekali terkena guncangan. Dan ternyata memang disitulah masalahnya. Saya menemukan sebuah kabel yang terlepas dari konektornya (sekali lagi maaf ga ada gambarnya).
Dan solderpun beraksi…. kabelpun kembali terhubung dengan konektornya. Terakhir, adalah mencari cara agar konektor mini-usb dapat terpasang paten di bodi modem, tentunya untuk mencegah terputusnya kabel dari konektor. Tips ini juga bisa dipraktekkan oleh para pengguna modem ini, tentunya untuk mencegah timbulnya masalah seperti ini dikemudian hari. Solusinya mudah saja koq, tinggal bermodalkan lem super. Teteskan saja lem di bagian kaki konektor (ada 4 buah). Setelah lem kering, tambah lagi dengan lem a*bon di sekitar konektor agar konektor lebih paten menempel pada bodi modem. Beres…!

Dan akhirnya sayapun kembali bisa berselancar di dunia maya, dan berbagi tips ini dengan anda semua… Selamat mencoba..!

note : masalah ini baru ditemui pada Modem Pantech PX-500 dengan konektor usb, untuk sementara belum ditemui masalah pada modem model PCMCIA.

This entry was posted in FIXIT and tagged . Bookmark the permalink.

10 Responses to FIXIT : Problem Solving Modem MOBI Pantech PX-500

  1. SANGA says:

    bro bisa dikasih poto yang jelas gak, itu 4 kabel disolder di titik2 mana saja?

    pliiis, trima kasih sebelumnya.

    • g-g says:

      Boleh diinfokan pak, saya juga sedang ada masalah dengan modem mobi. untuk konektor di mini usb pada modem sudah rusak. dan saya minta tolong untuk posisi setiap kabel terpasang di titik mana
      terima kasih

      • mochyuga says:

        mohon maaf sebelumnya, saya tidak punya kamera yang cukup bagus untuk mengambil foto rangkaiannya, mungkin nanti akan saya buatkan yang berbentuk grafik saja ya ?

  2. adib Abdulah says:

    ya pak, grafiknya saja, tq sebelumnya

  3. ober says:

    modem saya lampunya kuning terus..gimana soulusinya ?

  4. gintar says:

    saya punya kendala yg sama dgn modem ini,saya sertakan gambarnya tolong dibantu mas..

  5. gintar says:

    saya punya kendala yg sama dgn modem ini,saya sertakan gambarnya tolong dibantu mas.. ini gambarnya
    http://www.4shared.com/photo/i2Kr_1KZ/USB_modem_pantech.html

  6. gintar says:

    tolong kirim ke emailku ya mas gintarp@yahoo.com

  7. pitat says:

    met kenal TS. bisa dikasih gambar koneksi kabel ke pinoutnya gak?
    pitat.haengph@gmail.com

  8. alkoksida says:

    mas saya punya kendala yang sama juga dengan modem mobi punya saya, semua kabel terputus dan saya g tau mau nyolderin kabelnya yang ari pcb ke kabel usb nya tolongin saya mas kalau ada potonya tolongin kirim ke alkoksida@rocketmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s