MotoGP : Titik Balik 2017, Kembali ke Fitrah, Kembali Berkompetisi Ketat !

credit motogp.com

Motul TT Assen 2017 di TT Circiut Assen berlangsung pada tanggal 25 Juni 2017, dimana umat muslim sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Hari kemenangan setelah berjuang berpuasa di bulan Ramadhan, juga jadi hari kemenangan bagi “the absolute masterclass” Valentino Rossi. Minal aidin walfaidzin, Mohon maaf lahir batin, permohonan maaf juga mungkin disampaikan Maverick Vinales pada tim dan fansnya karena dia gagal finish kali ini. Penuh drama, #DutchGP bisa jadi titik balik persaingan di musim 2017 ini akan kembali menarik.

Sebelum GP Belanda dimulai, poin klasemen dipimpin Vinales dengan 111 poin disusul Dovizioso yang melejit berkat menang 2 kali berturut-turut di Mugello dan Catalunya dengan 104 poin, dibawahnya ada Marquez (88 poin), Pedrosa (84 poin) dan Rossi (83 poin). Sesi free practice dikuasai rider yang berbeda-beda, sehingga hasil race agak sulit diprediksi. Sesi kualifikasi menempatkan Johann Zarco di pole position untuk pertama kalinya di kelas MotoGP, sementara langganan pole, Vinales terlempar ke grid 11 dan Pedrosa di grid 12, sementara Marquez meraih hasil cukup baik di grid 2.

credit motogp.teamtech3.fr

Balapan dimulai, seperti biasanya Zarco memulai start dengan baik dan mendapat hole shot di tikungan pertama, diikuti Marquez dan Rossi. 9 lap berjalan, ketiganya mulai meninggalkan rombongan di belakangnya, dan tepat pada lap 10 Rossi berhasil menyusul Marquez, lalu menyusul Zarco pada lap berikutnya untuk memimpin jalannya balapan. Perebutan posisi pertama cukup seru karena Zarco masih menguntit Rossi, bahkan sempat bersenggolan saat Zarco berusaha menusuk dari dalam tikungan. Di lap ini juga Vinales yang berusaha merapat ke barisan depan dengan menyusul Redding dan Dovi, terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. Dovi dapat durian runtuh, karena bisa mengkoreksi posisi dan mendekat ke posisi 3 besar. Lap 20 Dovi malah bisa melesat ke posisi 2 dibelakang Rossi, tapi tidak bertahan lama karena Petrucci ternyata makin beringas saat trek mulai ditetesi air hujan hingga bendera putih dikibarkan tanda rider boleh mengganti motor dengan setingan basah di pit, tapi rider masih pede gaspol karena kondisi trek belum licin. Petrucci sempat menyusul Rossi di lap 22, tapi dengan kelihaian late braking Rossi bisa kembali memimpin balapan. 4 lap terakhir, Crutchlow sempat merangsek ke pertarungan 3 besar, tapi kalah nekat dengan Marquez yang betot gas di tikungan terakhir dan finish tipis di depan Crutchlow. Di posisi pertama, Rossi juga menang tipis di depan Petrucci yang sedikit kesal karena terhalang Rins yang dioverlap tepat sebelum chicane terakhir. Akhirnya lagu kebangsaan Italia berkumandang di GP Belanda karena Rossi menempati puncak podium, disusul Petrucci dan Marquez.

credit motogp facebook page

Kemenangan Rossi di sirkuit Assen kembali membuat ia layak mendapat gelar King Of Assen, dengan catatan 10 kali kemenangan sepanjang karirnya di berbagai kelas di ajang MotoGP. Sebagai catatan, legenda MotoGP Mick Doohan hanya memenangi 5 kali GP Assen, diikuti Kevin Schwantz dengan 3 kali kemenangan. Assen juga pernah jadi lokasi yang spesial bagi Rossi karena ia pernah meraih kemenangan ke-100 di sirkuit Assen pada tahun 2009.

credit motogp.com

Usai DutchGP, layak disimak bahwa poin klasemen ternyata semakin rapat. Dovi yang finish di posisi 5 dapat tambahan 11 poin dan melesat ke puncak klasemen dengan 115 poin, Vinales tetap di posisi 2 dengan 111 poin, Rossi naik ke posisi 3 dengan 108 poin menyusul Marquez yang mendapat tambahan 16 poin menjadi 104 poin. Super rapat !  Posisi 1 dan 4 hanya selisih 11 poin, Membuat seorang Marquez masih punya peluang memuncaki klasemen, dan Rossi berpeluang besar menyalip poin Vinales jika di seri berikutnya bisa finish di depan Vinales.

Seri-seri selanjutnya bisa dipastikan persaingan akan semakin sengit, karena poin yang rapat bisa membuat motivasi rider makin terpacu untuk meraih poin sebanyak-banyaknya, caioooo!!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s