MotoGP : Catalunya, Sirkuit Tak Bertuan

credit : motogp.com

Seri VII MotoGP 2017 berjudul Gran Premi Monster Energy de Catalunya bertempat di Circuit de Barcelona – Catalunya. Tanah Catalunya yang terletak di bagian utara Spanyol ini sering dijadikan lokasi tes pra musim maupun tengah musim bagi tim-tim MotoGP karena sirkuit ini punya karakter yang lengkap, memiliki tikungan chicane dan u-turn yang bisa diatasi sasis fleksibel Yamaha, tikungan parabolic yang dikuasai kestabilan Honda, dan straight lumayan panjang yang didominasi Ducati. Ini membuat kekuatan tim, pabrikan, maupun pembalap cukup merata di sirkuit ini, yang menjadikan sirkuit ini “tak bertuan”. Berikut data dan fakta mengenai sirkuit Catalunya :

  • 2016 menunjukkan kekuatan semua pabrikan merata. Yamaha melalui Valentino Rossi memenangkan balapan, Honda dengan Marc Marquez menempati pole position, Suzuki yang ditunggangi Vinales mencetak fastest lap, sementara Ducati milik Dovizioso meraih top speed tertinggi. 2016 bisa jadi data pembanding yang cukup valid karena layout sirkuit ini baru saja diubah setelah kecelakaan mendiang Luis Salom.
  • Di Era MotoGP, Yamaha bisa saja disebut dominan karena memenangi balapan di Catalunya sebanyak 9 kali, disusul Honda dengan 4 kemenangan, lalu Ducati dengan 2 kemenangan. Namun jika dipecah lagi berdasarkan 3 era yaitu era 990 cc (2002-2006), 800 cc (2007-2011), dan 1000 cc (2012-sekarang) maka untuk era 990 cc didominasi Yamaha dengan 3 kemenangan, era 800 cc dikuasai Honda dengan 3 kemenangan juga, dan era 1000 cc milik Yamaha dengan 4 kemenangan, tapi berbagi podium bersama Honda dengan raihan 8 podium sementara Yamaha hanya 7 podium.
  • Valentino Rossi pemegang jumlah kemenangan terbanyak di Catalunya dengan 6 kali juara, 1 kali diatas Honda dan 5 kali diatas Yamaha. Disusul Jorge Lorenzo dengan 4 kemenangan bersama Yamaha, diikuti Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang masing-masing meraih 1 kemenangan diatas Honda. Tapi untuk pencetak pole position dan fastest lap didominasi Honda, di era 1000 cc Honda meraih 4 kali pole position dan 3 kali fastest lap, disusul Suzuki yang mencetak 1 kali pole dan fastest lap, sementara Yamaha hanya sekali meraih fastest lap tanpa pernah meraih pole. Ducati dominan meraih top speed sebanyak 3 kali, disusul honda 2 kali selama era 1000 cc.
  • Di era MotoGP 1000 cc, podium dikuasai 4 orang pembalap dari tim utama Honda dan Yamaha. Walau jarang menang, Dani Pedrosa tercatat paling konsisten menapaki podium di Catalunya, Dani selalu naik podium di posisi 2 dan 3. Lorenzo dan Rossi sama-sama 3 kali podium di posisi 1 dan 2, Marc juga 3 kali podium, hanya Dovizioso rider diluar tim utama yang sempat sekali naik podium di 2012 bersama Yamaha.
  • Sirkuit Catalunya yang berada di Barcelona Spanyol jadi home-race bagi Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang berasal dari Spanyol. Secara keseluruhan (MotoGP, GP250, GP125) Lorenzo meraih 5 kemenangan, Pedrosa 3 kemenangan, dan Marquez 2 kemenangan. Tapi penguasa podium tertinggi justru dimiliki foreign asal Italia, Valentino Rossi dengan 10 kemenangan. Pembalap tuan rumah lainnya yaitu Maverick Vinales hanya sekali menang pada tahun 2012 di kelas Moto3. Rookie MotoGP 2017 Johann Zarco yang berasal dari Perancis pernah menang 2 kali di kelas Moto2 2015-2016.
  • Tahun ini Rossi bertahan di Yamaha, Lorenzo pindah ke Ducati, sementara Pedrosa dan Marquez tetap di Honda. Vinales menemani Rossi di Yamaha.

credit : motogp.com

Berdasarkan data dan fakta diatas, kans terbesar bisa jadi dimiliki Valentino Rossi, terbukti tahun kemarin Rossi masih sanggup menapaki puncak podium. Marquez dan Pedrosa juga berpeluang menang disini, dengan catatan Honda bisa membuat mereka melejit kedepan, sudah jadi rahasia umum jika kedua rider ini bisa menang sempurna jika bisa melesat meninggalkan lawan-lawannya. Kandidat juara dunia 2017, Maverick Vinales juga punya kans besar untuk menang karena didukung motor Yamaha yang terbukti bagus di Catalunya. Sementara si kuda hitam Johann Zarco juga bisa mengancam para seniornya untuk berebut posisi di podum, ditambah Ducati yang semakin bagus di tangan Andrea Dovizioso.

Dari sisi psikologis, Rossi wajib menang disini untuk mendongkrak rasa percaya dirinya setelah gagal di le Mans dan Mugello, begitu juga Marquez yang sama-sama jatuh di le Mans dan Pedrosa yang gagal secara menyakitkan di Mugello, untuk mengejar Vinales yang makin dominan di puncak klasemen pembalap. Jika Rossi, Pedrosa dan Marquez gagal di Catalunya maka peluang juara dunia akan dipegang oleh Vinales yang mempunyai motivasi dan determinasi serupa Lorenzo, yang bisa konsisten menang jika tidak ada gangguan.

Jadi siapakah yang akan menang di #CatalanGP 2017?

credit : motogp.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s