SHARE : Side Gap Plug, Busi Standar Berasa Racing !

Busi adalah salah satu ujung tombak pengapian dalam mesin pembakaran dalam, baik 2 tak maupun 4 tak. Beragam tipe busi yang ditawarkan produsen mulai dari busi standar hingga busi performa tinggi seperti busi racing jadi pilihan untuk dipakai di motor harian. Tapi, busi yang memiliki spesifikasi tinggi tentunya tidak murah, seperti busi dengan elektroda platinum yang harganya 2-3 kali lipat busi standar, busi iridium yang yang harganya 8-10 kali lipat busi standar, dan lain-lain. Apa yang ditawarkan busi tipe ini? Diantaranya adalah api busi yang lebih besar dan fokus, karena elektroda yang dipakai mempunyai ujung yang lebih lancip. Nah, selain melancipkan elektroda, ada cara lain yang bisa membuat api busi lebih fokus terutama di busi standar, yaitu dengan membuatnya menjadi Side Gap Plug.

Apa itu Side Gap Plug? Adalah busi yang memiliki celah antara elektroda dengan ground di samping, bukan di tengah seperti busi biasanya. Kelebihannya adalah api busi jadi lebih fokus, karena loncatan api busi hanya menuju satu titik yaitu di samping, bukan ground tengah busi standar yang memiliki penampang lebar yang membuat api busi loncat-loncat. Ini adalah contoh busi standar yang sudah diubah menjadi side gap plug :

Jadi teknisnya, untuk mengubah busi standar menjadi side gap tinggal potong saja ground elektroda busi hingga sebatas bagian samping elektroda. Jangan terlalu pendek, karena akan menyulitkan saat akan mengatur celah busi yang musti tetap dipertahankan seperti ukuran celah busi standar yaitu kisaran 0,6-0,7 mm.

Berikut perbandingan pengapian antara busi standar dan side gap :

Dari video diatas, bisa dilihat bahwa untuk busi standar meskipun apinya biru tapi sedikit lebih tipis dan posisinya loncat-loncat, tidak berada pada satu titik. Sementara untuk busi yang sudah diubah menjadi side gap, api businya lebih fokus ke satu titik dan lebih tebal, walau warna api businya tidak biru, mungkin karena kondisi businya sudah tidak baru lagi? entahlah, mungkin nanti akan dicoba lagi membuat busi side gap menggunakan busi yang sama-sama baru hehe..

Mau mencoba?

Iklan
Pos ini dipublikasikan di SHARE dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke SHARE : Side Gap Plug, Busi Standar Berasa Racing !

  1. thamim berkata:

    mantapzzz bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s