SHARE : Bersihkan Filter Udara, RPM Atas Kembali Plong..!

filter

Membersihkan atau mengganti filter udara adalah salah satu item dalam servis rutin yang dilakukan di bengkel resmi maupun umum. Bagi biker yang jarang melakukan servis rutin (termasuk saya) kegiatan membersihkan filter udara jadi sering terlupakan, padahal filter udara jadi satu elemen penting dalam menentukan performa optimal mesin. Mengapa demikian? karena udara adalah bagian dari proses karburasi dan pembakaran, jika filter udara terhambat maka debit udara yang masuk jadi sedikit, proses pembakaran kurang sempurna hingga power yang dihasilkan juga tidak optimal.

Sebelum membersihkan perlu diketahui bahwa ada 4 tipe bahan filter udara, bahan busa, bahan kertas, bahan kapas, dan bahan stainless steel. Untuk filter udara bahan kertas dan kapas sebaiknya tidak dibersihkan tapi langsung diganti, karena elemen kertas dan kapas bisa hancur jika dibersihkan dengan menggunakan bensin atau kompresor. Interval penggantian filter udara bahan kertas dan kapas adalah 15.000-20.000 km. Untuk filter udara bahan busa seperti pada Suzuki Thunder 125 hanya diwajibkan melakukan pemeriksaan dan pembersihan setiap 2.500 km.

Jadwal perawatan berkala filter udara

Jadwal perawatan berkala filter udara

Untuk prosedur pembersihan udara juga tercantum di buku pedoman pemakaian dan perawatan Thunder 125, seperti berikut:

img215

img216

Nah, berbekal panduan tersebut, saatnya praktek yuk 🙂

Buka cover bodi samping kiri

Buka cover bodi samping kiri

Lepas corong filter udara dari boksnya

Lepas corong filter udara dari boksnya

Lepas busa filter udaranya, siapkan bensin dalam wadah

Lepas busa filter udaranya, siapkan cairan pembersih dalam wadah

rendam busa dalam wadah, tekan dan peras berkali-kali sampai pasir halus di filter luntur

rendam busa dalam wadah, tekan dan peras berkali-kali sampai pasir halus di filter luntur

kotoran berupa pasir halus luntur di cairan pembersih

kotoran berupa pasir halus luntur di cairan pembersih

keringkan busa filter lalu tetesi sedikit oli mesin

keringkan busa filter lalu tetesi sedikit oli mesin

Setelah membersihkan busa filter udara, yang saya rasakan adalah power di rpm atas terasa lebih plong, karena debit udara yang masuk untuk proses karburasi jadi lebih lancar. Tapi, melepas filter udara untuk tujuan mendapat debit udara yang lebih banyak sangat tidak disarankan, terbukti dari banyaknya kotoran berupa pasir halus yang tersaring filter udara. Jika filter dilepas maka pasir halus itu bisa masuk ke dalam mesin dan meng”amplas” permukaan piston, ring piston dan liner berakibat oli masuk ke ruang bakar dan ngebul. Jadi jangan lupa bersihkan /ganti filter udara ya..! 🙂

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di SHARE dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s