HOWTO : Memasang Karburator Satria 120R ke Suzuki Thunder 125

Karbu. Lagi-lagi Karbu. Yap, pencarian akan karbu “pengganti” untuk Suzuki Thunder 125 tidak akan penah berhenti, karena pertanyaan tersebut selalu muncul di grup Facebook Suzuki Thunder. Pilihan (dan keluhannya) memang bermacam-macam, ada yang mudah dipasang tapi susah diseting, ada yang mudah diseting tapi pemasangannya lumayan sulit, dan lain-lain. Kali ini karburator yang saya coba adalah karburator Suzuki Satria 120R yaitu Keihin VM20, kenapa? Karena spesifikasinya mirip dengan karburator Suzuki DR-Z125 yang punya basic mesin serupa Thunder 125 seperti yang tertulis di artikel sebelumnya. Lantas, mudahkah pemasangannya?

template-copy

PERSIAPAN

Sebelum memasang karburator Mikuni VM20 ke Thunder 125, diperlukan beberapa part tambahan, diantaranya kabel gas Satria 120R, intake manifold Satria 120R, dan air hose Honda Beat (bisa pakai air hose motor lain asal ukurannya sesuai moncong karbu satria dan air hose thunder).

img_20161212_163426

Untuk intake manifold dan air hose tidak perlu yang ori, karena part ini akan dipotong dan yang dipakai hanya sebagian kecil saja.

Budget yang perlu disiapkan :
– Karburator Satria : 300-350 ribu (ori SGP baru), 125-150 (ori copotan / non-ori baru)
– Kabel gas Satria : 20 ribu (non-ori)
– Intake manifold Satria : 20 ribu (non-ori)
– Air hose Beat : 5 ribu (non-ori)

Intake manifold dipotong sebatas klem

Intake manifold dipotong sebatas klem

img_20161212_163534

Air hose dipotong sebatas moncong

Yang terpakai adalah klem intake dan moncong air hose

Yang terpakai adalah klem intake dan moncong air hose

Hasilnya

Hasilnya

PEMASANGAN

Untuk pemasangan tidak ada kesulitan dan tidak ada ubahan di motor, tinggal pasang kabel gas satria (PnP di holder gas thunder), copot karbu ori dan pasangkan karbu satria yang sudah dipasangi klem intake dan moncong air hose seperti diatas. Hasilnya :

img_20161205_143343

img_20161207_124248

Klem intake satria dimasukkan ke intake manifold Thunder, moncong air hose Beat dimasukkan ke air hose bawaan Thunder, mudah sekali.

PEMAKAIAN

Review pemakaian selama kurang lebih 2 minggu, tidak ditemui masalah yang berarti. Putaran gas sangat enteng, bahkan lebih enteng dari saat memakai karbu ori, tapi tidak ditemui gejala gas menggantung/nyangkut saat panas maupun hujan lebat sekalipun. Langsam stabil, tanjakan curam gaspun masih bisa stabil, tidak turun seperti saat menggunakan karbu vakum. Setingan karbu masih bawaan karbu, tidak ada yang diubah sama sekali karena tidak ditemui gejala brebet atau ngempos. Konsumsi bahan bakar belum diukur secara pasti, tapi jadwal pengisian bahan bakar masih rutin seperti biasa saat menggunakan karbu ori, jadi kemungkinan besar konsumsi bahan bakar tidak jauh beda dengan karbu ori, ditambah elektroda busi masih coklat kering.

Busi Denso U20ESR-N kondisi coklat kering

Busi Denso U20ESR-N, elektroda & keramik coklat kering

KESIMPULAN

Untuk kondisi mesin Thunder 125 yang masih full standar dan knalpot standar juga, karbu ini cocok sekali. Jadi untuk yang mencari alternatif pengganti karbu ori, karbu ini sangat cocok untuk pemakaian harian tanpa harus bongkar-pasang lalu trial-error seting ulang karbu yang njelimet seperti pada karbu lainnya. Selamat mencoba!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di HOWTO dan tag , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke HOWTO : Memasang Karburator Satria 120R ke Suzuki Thunder 125

  1. agoey berkata:

    keren nih tipsnya…. 👍

  2. Taufik berkata:

    Karbu Satria 120R ini berarti bisa di pasang ke Suzuki SPIN 125 ya om ?

  3. agung berkata:

    Josss,thanks tips nya sangat bermanfaat

  4. Teuku Fahmi berkata:

    Pilot jet dan main jet nya bawaan karbu satria120 ya om? Harus ganti ke standar thunder ga?

  5. thamim berkata:

    kalo udah porting ploish gmn bro ? apa harus di setting lagi karbu satrianya

    • mochyuga berkata:

      Kemungkinan iya, soalnya kalo udah porting kan lobangnya tambah gede, kalo ga diborosin mungkin bakal tekor. coba aja disetel dulu dr jarum skepnya diborosin setelannya bertahap, kalo masih tekor berarti mesti ganti main jet lebih gede

  6. Cenlung berkata:

    Bagaimana cara setting ya gan, mohon bantuannya tq

    • mochyuga berkata:

      ga diseting apa2, langsung pasang, setelan angin 1 putaran itu aja yg disetel, spuyer & jarum skep ga ada yg diganti, masih bawaan karbu satrianya

  7. herry_potter berkata:

    Om tanya, kabel gasnya pakai yang ori Thunder 125 atau ganti Satria 120R?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s