HOWTO : Mengecat Bodi Sepeda Motor Menggunakan Cat Semprot (Spray Paint)

Cat bodi sepeda motor yang awalnya kinclong dan menarik, seiring waktu akan memudar, mulai kusam, ditambah juga cacat sana sini karena gesekan. Mengecat ulang bodi motor agar kembali fresh tentu idaman semua pemilik motor, tapi cat yang bagus seperti standar pabrikan tentu akan memakan biaya yang cukup mahal. Alternatifnya, bisa dengan menggunakan cat semprot kalengan, seperti cat Pylox, Rj London, Samurai, Diton, MTR, dan lain-lain, hampir semua merk menyediakan beragam warna cat, bahkan ada yang warnanya standar pabrikan seperti Yamaha Red, Honda Purple, Kawasaki Green, hingga Red Ferrari😀

Spray paint

Cat semprot kaleng

Tapi, seperti halnya mengecat dengan menggunakan kompresor, mengecat menggunakan cat semprot tentu perlu perlakuan khusus juga, diantaranya adalah sebagai berikut :

PREPARASI

Sebelum proses mengecat, bahan yang akan dicat harus dipersiapkan sedemikian rupa agar hasil akhir cat bisa sempurna. Tahapan persiapan diantaranya :

  • kupas cat yang sudah kusam, untuk bahan besi bersihkan cat bawaan dengan menggunakan paint remover atau soda api hingga bersih. untuk bahan plastik, gunakan amplas semi kasar untuk mengupas vernis dan cat sebelumnya agar cat baru bisa menempel sempurna. Bersihkan dengan air sabun

    kupas cat hingga dasar

    kupas cat hingga dasar

  • jika bahan sudah bersih, perhatikan permukaan media yang akan dicat, jika ada bagian yg tidak rata sebaiknya didempul dan amplas hingga rata.
  • naik cat epoxy/surfacer. ini adalah tahap awal pengecatan, semprotkan surfacer hingga menutup rata tapi tidak perlu sampai tebal, jika ada bagian yang kurang rata segera dempul lagi, amplas menggunakan amplas no 1000 dan media air yang dicampur sabun colek, lalu semprotkan surfacer lagi hingga mulus sempurna. untuk bodi plastik yang permukaannya seperti kulit jeruk, gunakan surfacer yang khusus untuk bodi plastik agar hasil cat tidak pecah-pecah
cat surfacer

cat surfacer

  • amplas lagi seluruh permukaan bodi dengan amplas no 1000 dan air sabun.

PENGECATAN

Setelah media bodi motor yang akan dicat sudah terlapisi surfacer dengan sempurna, saatnya dicat sesuai keinginan. Pengecatan sebaiknya tidak dilakukan dibawah sinar matahari langsung, tapi di lokasi yang cukup teduh dengan udara yang tidak lembab. Tahap pengecatan bisa berbeda-beda tergantung warna yang dipilih :

  • untuk warna cat solid, bisa langsung disemprot ke media bodi motor. semprotan awal tidak perlu langsung tebal, tipis dulu lalu biarkan kering kira-kira 10 menit baru semprot lapisan selanjutnya, begitu seterusnya, cat baru akan terlihat rata di lapis ke 3-5 lapisan.
semprot... semprot

Semprot… semprot…

  • untuk cat candytone / transparan, gunakan cat primer sesuai anjuran, cat merk Diton dan Aerox menyediakan cat primer yang sesuai untuk cat candytone tertentu agar warnanya sesuai yang diinginkan. Proses pengecatan sama seperti cat solid, diulang hingga 3-5 lapis, berlaku untuk cat primer dan candynya. khusus cat bunglon juga perlu diberi primer tertentu agar efek bunglonnya sesuai keinginan.
Candytone + Primer Aerox

Candytone + Primer Aerox

  • untuk cat di bagian lain, gunakan cat primer sesuai peruntukannya, misal untuk bahan alumunium seperti behel, cover footstep, dan velg casting harus menggunakan primer khusus alumunium, seperti cat Samurai dgn kode WA*** (Wheel Alloys)
  • untuk bagian yang terkena panas, gunakan cat khusus anti panas. Sebaiknya tidak dilapis clear karena clear tidak tahan panas, bisa meleleh
  • jika cat warna sudah selesai, terakhir lapisi dengan clear / vernis agar cat bisa lebih awet. Clear cas semprot ada beberapa tipe, contohnya merk Samurai ada Clear biasa, Clear K1K** (excellent gloss), Clear K1KT** (twinkling clear / clear metalik), dan yang paling bagus Clear 2K01 yang memiliki hardener untuk daya tahan lebih lama. Melapis clear bisa langsung agak tebal, tapi tetap perhatikan jangan sampai terlalu tebal, bisa meleleh / bleber.
finish clear

Selesai pengecatan

FINISHING & PERAWATAN

Tahap yang tidak kalah penting adalah perawatan cat. Untuk bodi yang baru dicat, sebaiknya didiamkan 1-2 hari agar cat bisa kering sempurna sebelum dipasang di motor. Hingga waktu sekitar 2 minggu sebaiknya tidak kontak dengan cairan kimia, seperti bensin dan obat poles. Lebih dari itu sudah bisa diperlakukan seperti cat bawaan, karena cat sudah keras sempurna. Selamat mencoba !

Duo kinclong Kumbang & Capung karya om Erry

Duo kinclong Kumbang & Capung karya om Erry

*credit artikel for om Bhpc Ei (Erry ST), thanks tips & triknya om🙂

https://www.facebook.com/groups/187105455601?view=permalink&id=10157423424625602

This entry was posted in HOWTO and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to HOWTO : Mengecat Bodi Sepeda Motor Menggunakan Cat Semprot (Spray Paint)

  1. Pingback: HOWTO : Membuat Motif Cat Sederhana Menggunakan Cat Semprot dan Masking | DO & SHARE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s