HOWTO : Membuat Motif Cat Sederhana Menggunakan Cat Semprot dan Masking

Artikel sebelumnya sudah membahas mengenai cat ulang bodi motor menggunakan cat semprot, tips tersebut dibahas mengenai pengecatan uni-colour alias satu warna, bagaimana jika ingin warnanya lebih variatif?

GSX250FX style wannabe

GSX250FX style wannabe

Bodi motor saya yang awalnya putih polos ingin ditambah grafis minimalis jadi dua warna seperti Suzuki GSX250FX diatas. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

KONSEP DAN PERSIAPAN

Sebelum mulai, perlu konsep yang matang terlebih dahulu sebelum menentukan model grafis apa yang akan diaplikasi, seperti contohnya saya ingin meniru grafis Suzuki GSX250FX diatas. Jika sudah fix, mulai dengan membentuk masking grafis menggunakan stiker bodi (stiker polet) dan selotip kertas. Bagian yang ditutup adalah bagian yang tidak akan kita cat dan dibiarkan sesuai warna yang sudah ada. Grafis minimalis yang besar-besar seperti ini perlu ketelitian saat masking, yaitu harus simetris antara kanan dan kiri karena jika tidak simetris akan terlihat jelas, terutama yang satu bidang seperti tangki.

Masking

Masking / polet penutup bidang yang tidak dicat

Jika tahap masking sudah selesai, selanjutnya adalah pengamplasan permukaan yang akan dicat dengan amplas halus no 1000 lalu dibersihkan.

PENGECATAN

Tahap selanjutnya adalah pengecatan. seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, pengecatan warna mesti dilakukan bertahap, lapis demi lapis tipis hingga akhirnya catnya merata. Lapisan pertama jangan langsung tebal, untuk menghindari cat meleleh / bleber.

Lapis pertama

Lapis pertama

Lapis pertama, tipis saja

Lapis pertama, tipis saja

Lapis kedua, warnanya mulai rata tapi belum sesuai keinginan

Lapis kedua

Lapis ketiga,  warnanya sudah rata

Lapis ketiga

Lapis ketiga, sudah rata dan mengkilat

Untuk warna ini ternyata cukup 3 lapisan sudah  terlihat bagus dan rata, jadi satu buah cat kaleng berukuran 300ml sudah cukup. Tunggu sekitar 1 jam hingga cat kering sentuh, agar cat tidak mengelupas saat masking dibuka.

Masking sudah dibuka

Masking sudah dibuka

Masking sudah dibuka

Masking sudah dibuka

Bodi motor dipasang kembali dan dibiarkan semalaman hingga cat lebih kering lagi. Kenapa dipasang? karena jika bodi motor disimpan di bidang yang rata seperti di atas meja atau kursi maka kemungkinan esok harinya akan ada debu yg menempel di atas permukaan cat, seperti debu yang menempel diatas furnitur dll.

Bodi dipasang

Bodi dipasang untuk menghindari debu

Esok harinya, di suhu udara yang sama, lap halus permukaan bodi jika ada debu lalu langsung semprot clear untuk melindungi seluruh lapisan dan sambungan cat antara merah dan putih. Diamkan lagi semalam sebelum akhirnya seluruh bodi bisa dicuci dengan hanya air bersih saja.

Dan akhirnya,

Jpeg Jpeg Jpeg

Selamat mencoba!

This entry was posted in HOWTO and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s