SHARE : Komparasi Spesifikasi Suzuki Thunder 125 Dengan “Kembarannya” (1. DR125 S/SE/Z/SM)

“Ditantang” seorang rekan dari grup diskusi Suzuki Thunder 125 di Facebook yang meminta saya untuk membuat artikel mengenai komparasi Suzuki Thunder 125 dengan beberapa tipe motor yang sama-sama menggunakan platform mesin yang sama :

fb

Well, challenge acceptedūüôā

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk membandingkan spesifikasi antar produk terutama spesifikasi mesinnya, karena tiap produk memiliki perbedaan minor di beberapa part, yang mungkin saja bisa diaplikasikan di Suzuki Thunder 125 dengan tujuan meningkatkan performa dan efisiensi dari patform mesin tersebut.

Sebagai pembuka, berikut spesifikasi Suzuki Thunder 125 :

Thunder 125

Thunder 125

MESIN
Jenis 4-tak SOHC
Kapasitas Silinder 124,5 cc
Bore x Stroke 57 mm x 48,8 mm
Perbandingan Kompresi 9,2 : 1
Daya Maksimum 11,28 PS / 9000 rpm
Torsi Maksimum 9,4 Nm / 7500 rpm
Karburator Mikuni BS26SS, tunggal
Transmisi 5 percepatan
Final gear 14 – 45
RANGKA
Berat Kosong 127 kg
Ukuran Roda Depan 80/90-18 4PR
Ukuran Roda Belakang 90/90-18 4PR

Kembaran pertama yang akan dikomparasi adalah generasi DR 125 yang memiliki basic mesin nyaris serupa dengan EN / Thunder 125, diantaranya adalah DR125S, DR125SE, DR-Z125, dan DR125SM, yang kesemuanya adalah motor dengan genre dual-purpose. Berikut perbandingan spesifikasinya :

Keterangan THUNDER 125 DR 125 S DR 125 SE DR-Z 125
Jenis Mesin 4-tak SOHC 4-tak SOHC 4-tak SOHC 4-tak SOHC
Volume Silinder 124,5 cc 124,5 cc 124,5 cc 124,5 cc
Bore x Stroke 57 x 48,8 57 x 48,8 57 x 48,8 57 x 48,8
Rasio Kompresi 9,2 : 1 9,5 : 1 9,5 : 1 9,5 : 1
Daya Maksimum 11,28 PS / 9000 rpm 13 HP / 9500 rpm 12 HP / 9500 rpm 14 HP / 10000 rpm
Torsi Maksimum 9,4 Nm / 7500 rpm 10 Nm / 8000 rpm 10 Nm / 8600 rpm 9 Nm / 7500 rpm
Karburator Mikuni BS26SS Mikuni 22 Mikuni 24 Mikuni VM 20SS
Klep in 25,5 mm  30 mm  30 mm 30 mm
Klep out 22,5 mm  26 mm  26 mm 26 mm
Transmisi 5-speed 6-speed 6-speed 5-speed
Rasio gigi 1 3.000 3.000  3.000  3.000
Rasio gigi 2 1.857 1.857  1.857  1.857
Rasio gigi 3 1.368 1.368  1.368  1.368
Rasio gigi 4 1.143 1.095  1.095 1.143
Rasio gigi 5 0.957 0.913  0.913  0.92
Rasio¬†gigi 6 0.800 ¬†0.800 ¬†–
Rasio final gear 14-45 13-47 16-53 14-51
Berat Kosong 127 kg 102 kg  114 kg 88 kg
Ukuran Roda Depan 80/90-18 2,75-21 80/80-21 70/100-17
Ukuran Roda Belakang 90/90-18 4,10-18 90/90-18 90/100-14

Suzuki DR125S

Suzuki DR12S adalah entry-level bike untuk penyuka enduro. Diperkenalkan pada tahun 1982, mesin DR125S ini nyaris serupa dengan generasi mesin EN, hanya saja tidak ditemui elektrik starter.

1982_DR125S_black_side_450

DR125S 1982

Tipe DR125S juga pernah mengalami upgrade dengan perubahan boks filter yang lebih besar dan desain knalpot yang memaksimalkan putaran tengah, hingga ditemui versi paling “ganas” yaitu DR tahun¬†1985¬†dengan power 14 HP /10000 rpm dan bobot motor dipangkas jadi 97 kg.

1985_DR125_Canada_500

DR125S 1985

DR125S discontinue pada tahun 1994.

Konklusi : Dibandingkan dengan mesin Thunder 125, mesin DR125S memiliki power dan torsi yang lebih besar tapi di range rpm yang lebih tinggi, dengan kata lain memiliki nafas yang lebih panjang, kemungkinan karena didukung oleh rasio kompresi tinggi dan ukuran klep besar, serta transmisi yang lebih banyak dan rasionya lebih ringan.

Suzuki DR125SE

Setelah DR125S discontinue, DR125SE jadi penggantinya. Dengan tampilan yang lebih modern, mesin DR ini justru “dijinakkan” terbukti dengan turunnya power dan torque dibandingkan mesin DR125S. Untuk versi SE sudah ditemui elektrik starter¬†yang¬†posisinya persis seperti mesin EN125.

2002_DR125SE_silver_500

DR125SE

Konklusi : Sama seperti mesin DR125S, mesin DR125SE memiliki power dan torsi yang lebih besar tapi di range rpm yang lebih tinggi. Uniknya power justru menurun dibanding DR125S padahal menggunakan karbu yang lebih besar.

Suzuki DR-Z125

DR-Z125 adalah pure-motocross, dengan tidak ditemuinya lampu-lampu, dudukan spion, maupun plat nomor. Berat total DR-Z juga jauh lebih ringan daripada DR125S ataupun SE, dengan power dan torsi mesin yang lebih besar. Mesin DR-Z125 serupa dengan DR125S, tidak ditemui elektrik starter.

2013-suzuki-dr-z125_600x0w

DR-Z125

Versi lain dari DR-z125 adalah DR-z125L, dengan perbedaan kaki-kaki yang lebih tinggi dengan ban depan lingkar 21 in dan ban belakang 18 in (dengan rasio final gear yang lebih ringan) dan penambahan rem cakram di depan, dengan konsekuensi bobot jadi lebih berat daripada DR-z125.

suzuki-dr-z125l-2_600x0w

DR-Z125 L

Konklusi : Dibandingkan dengan mesin Thunder 125, power mesin DR-Z125 lebih besar tapi di range rpm yang lebih tinggi lagi, sementara torsinya justru lebih kecil, menandakan mesin ini punya range power yang sempit mendekati karakter mesin 2-tak, kemungkinan untuk menyesuaikan muntahan power mesin dengan rasio transmisi yang super ringan khas motocross.

DR125SM

Khusus untuk DR125SM yang bergenre supermoto, spesifikasi mesinnya mirip dengan New Thunder 125 HAK yang beredar di tahun 2011-2015. Perbedaan yang paling mencolok adalah sistem karburasi yang sudah menggunakan fuel injection, sementara Thunder 125 HAK masih menggunakan karburator tipe vakum.

DR125SM

Mesin Thunder 125 HAK

Perbedaan spesifikasi mesin Thunder 125 HAK dengan DR125SM :

Keterangan THUNDER 125 HAK DR 125 SM
Jenis Mesin 4-tak SOHC 4-tak SOHC
Volume Silinder 124,5 cc 124,5 cc
Bore x Stroke 57 x 48,8 57 x 48,8
Rasio Kompresi 9,2 : 1 9,2 : 1
Daya Maksimum 11,28 PS / 9000 rpm 13 HP / 9500 rpm
Torsi Maksimum 9,4 Nm / 7500 rpm 9 Nm / 8500 rpm
Karburator Mikuni BS26SS Fuel Injection
Klep in 25,5 mm  30 mm
Klep out 22,5 mm  26 mm
Transmisi 5 percepatan 5 percepatan
Rasio gigi 1 3.000 3.000
Rasio gigi 2 1.857 1.857
Rasio gigi 3 1.368 1.368
Rasio gigi 4 1.143 1.143
Rasio gigi 5 0.957 0.92
Rasio final gear 14-45 16-50
Berat Kosong 127 kg 121 kg
Ukuran Roda Depan 80/90-18 100/80-17
Ukuran Roda Belakang 90/90-18 130/70-17

DR125SM discontinue pada tahun 2012.

Konklusi : Dibandingkan dengan mesin Thunder 125, power mesin DR125SM lebih besar sementara torsinya justru lebih kecil, kemungkinan agar tidak menghilangkan karakter powerband motocross yang sempit namun disesuaikan dengan keperluan jalan raya seperti karakter supermoto sesungguhnya.

 

Bersambung…

This entry was posted in SHARE and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to SHARE : Komparasi Spesifikasi Suzuki Thunder 125 Dengan “Kembarannya” (1. DR125 S/SE/Z/SM)

  1. agoey says:

    sayang suzuki sini tak memanfaatkan mesin thunder dengan baik… klo sekarang mending dibikin retro bike kayak cafe racer atau scrambler…

    • mochyuga says:

      betul, sekarang jadi sasaran buat modif retro selain keluarga CBūüėÄ
      ngarepnya sih suzuki berani keluar dari zona aman dgn ngeluarin vanvan 125, 125cc retro style tapi udah FIūüôā

  2. setiyakawan says:

    di upgred 4 klep mantap keknya,,, kalo gk salah kayak hyousung

  3. Mads Iskandar says:

    om master. mau tanya gimana meningkatkan performa THUNDER 125 HAK , seperti pada ulasan meningkatkan performa Thunder en125? apakah sama atau beda? trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s