SHARE : Belanja Online, Pilih Online Shop yang Mana?

online-shopping-illustration_23-2147519062

Belanja online adalah salah satu alternatif belanja yang muncul untuk memudahkan pembeli, tinggal buka situs, pilih barang, bayar, lalu tunggu dikirim. Online shop semakin menjamur, membuat calon pembeli memiliki banyak pilihan untuk berbelanja. Setiap online shop menawarkan kelebihannya masing-masing dan kemudahan serta program promo untuk memancing konsumen berbelanja di online shop tersebut. Dari segi keamanan, beberapa online shop juga menawarkan jaminan keamanan transaksi, namun untuk situs yang tidak memberikan fitur keamanan yang cukup maka peran pembelilah yang harus bisa menentukan akan bertransaksi dengan siapa dan bagaimana, seperti yang sebelumnya saya tulis di tips transaksi jual beli online yang aman.

Berikut beberapa situs toko online yang bisa dijadikan pertimbangan:

2856415_20140418015447

Forum Jual Beli Kaskus

Situs berbasis komunitas ini menerapkan iklan seperti iklan baris, proses jual beli lebih “humanis” dengan adanya interaksi langsung antara pembeli dan penjual. Kesepakatan harga, proses transaksi dan pengiriman barang bisa dilakukan sesuai kesepakatan bersama. Tingkat kepercayaan penjual juga tergantung dari komunitas yang memberikan good & bad rating point dengan “cendol” dan “bata”, semakin banyak cendol maka penjual tersebut memiliki rating yang baik, begitu juga sebaliknya. Bertransaksi di situs ini lebih baik dilakukan secara COD, atau hanya dilakukan dengan penjual yang memang sudah dipercaya saja.

fb-image200x200

OLX.co.id

Sama halnya dengan FJB Kaskus, situs jual beli OLX juga menerapkan iklan seperti iklan baris; foto, harga, keterangan barang, dan kontak wajib dicantumkan dalam pembuatan iklan di OLX. Sistem pengawasan tergolong lemah, banyak peluang penipuan di situs ini, maka dari itu pihak OLX menyarankan agar proses jual beli dilakukan secara COD (Cash On Delivery) alias bertemu langsung antara pembeli dan penjual. Situs ini cocok bagi anda yang masih suka berbelanja konvensional dengan interaksi langsung antara penjual dan pembeli, contohnya pembelian barang-barang bekas layak pakai, pilih-pilih barang, tawar menawar, sepakat lalu COD.

logo-bukalapak_20160302_152723

Bukalapak.com

Situs jual beli BukaLapak menerapkan sistem layaknya rekening bersama, dimana proses jual beli barang tidak secara langsung antara penjual dan pembeli, namun melalui sistem, pembayaran dari pembeli masuk ke sistem Bukalapak, lalu pihak Bukalapak menyampaikan pesanan ke penjual, baru kemudian uang pembayaran disampaikan ke penjual, jadi proses keamanan transaksi cukup aman. Pada situs ini harga yang dicantumkan sudah fix tidak bisa ditawar, namun umumnya ada program promo, diskon atau kupon/voucher yang bisa didapat pembeli untuk mendapatkan harga yang lebih murah, selain itu juga ada program pembayaran dengan sistem cicilan bekerja sama dengan bank tertentu. Situs ini cocok bagi anda yang berbelanja tanpa ribet, pilih barang,  hitung total pembayaran, bayar/transfer, lalu tunggu barang datang.

Tokopedia

Tokopedia.com

Sama halnya dengan Bukalapak, Tokopedia juga berperan layaknya rekening bersama, jadi proses transaksi bisa dipastikan aman, karena jika ada kesalahan atau pembatalan dari penjual, uang pembelian tidak hangus tapi jadi saldo di Tokopedia yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk transaksi berikutnya. Kelebihannya, Tokopedia ini menawarkan proses pembayaran melalui gerai Indomaret layaknya berbelanja umumnya, jadi jika anda tidak memiliki rekening atau tabungan tetap bisa membeli barang di Tokopedia dengan mudah tanpa perlu transfer.

Elevenia.co.id

Elevenia.co.id

Elevenia juga menawarkan kemudahan pembayaran melalui Indomaret, dan peran Elevenia juga seperti rekening bersama, menjadi perantara antara pembeli dan penjual. Namun sayangnya berdasarkan dari beberapa testimoni bahwa ongkos kirim di Elevenia ini tergolong mahal, tapi pilihan kembali ke tangan anda, mungkin ada barang-barang yang hanya bisa ditemukan di Elevenia. Selain itu juga ada program-program diskon yang bisa dipakai untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Blibli.com

Blibli.com

Blibli juga menawarkan konsep rekening bersama, dimana pembeli membayar melalui sistem sebelum disampaikan ke penjual. Di situs ini ditawarkan opsi pembayaran di tempat sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan hanya berlaku untuk beberapa item saja. Untuk fitur lainnya kurang lebih sama dengan Bukalapak, Tokopedia dan Elevenia.

Lazada.co.id

Lazada.co.id

Lagi-lagi toko online yang juga menawarkan konsep rekening bersama untuk keamanan transaksi, serta memberikan kemudahan pembayaran dengan metode pembayaran langsung di Indomaret, metode ini memudahkan pembeli yang mungkin tidak mempunyai rekening atau lebih suka membayar secara cash selain cara bayar di tempat. Lazada memberi opsi bayar di tempat untuk beberapa item, jadi layaknya jual beli konvensional, pesan, tunggu barang datang, lalu baru dibayar secara cash.

MatahariMall.com

MatahariMall.com

Matahari Mall juga menawarkan kemudahan dan keamanan transaksi layaknya rekening bersama. Barang yang dipesan bisa dikirim langsung ke alamat anda atau diambil di toko / Elocker yang tersedia di beberapa tempat sehingga anda tidak perlu membayar ongkos kirim, namun hanya terbatas untuk pemesanan barang dibawah 2 kg.

Bhinneka.com

Bhinneka.com

Situs ini cocok bagi anda yang mencari barang-barang elektronik terutama peripheral komputer dan gadget karena barangnya cukup lengkap, selain itu Bhinneka juga menjual barang lainnya seperti toko online lainnya. Proses pembayaran tidak ada promo cicilan seperti toko online lain namun tetap ada diskon dan program poin yang bisa digunakan untuk mendapat potongan harga dari barang tertentu.

logo

JakartaNotebook.com

Sama halnya dengan Bhinneka, Jakarta Notebook atau lebih dikenal dengan Jaknot juga mengedepankan jual beli barang-barang elektronik, selain tentunya barang lainnya juga. Kelebihannya, situs ini mempunya toko fisik di beberapa kota, diantaranya Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung. Situs jaknot menyediakan keterangan stok barang di toko fisik tersebut, jadi anda bisa bertransaksi langsung di toko fisik selama stok barang di toko tersebut masih ada. Situs ini cocok bagi anda yang mencari barang-barang pendukung alat elektronik seperti peripheral dan aksesori komputer, gadget, dan kamera karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan toko online lainnya.

Jadi, online shop mana yang anda pilih untuk berbelanja online?

This entry was posted in SHARE and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s