SHARE : Review “Duo Racun” yang Hits di Suzuki Thunder Facebook Online Group

rasio & noken as thunder

Saat ini modifikasi mesin  jadi salah satu menu yang dipilih pemilik sepeda motor, diantaranya untuk memenuhi kepuasan akan pencapaian performa mesin yang lebih tinggi atau hanya untuk mengimbangi beban atau bobot motor yang bertambah karena modifikasi seperti pemasangan ban dan velg yang besar, ubahan bodi, dan lain-lain. Suzuki Thunder 125 yang selama ini sering disasar sebagai motor yang dimodifikasi memang memiliki 1 kekurangan : tenaga mesin yang moderat untuk kelas sport naked, karena kapasitas mesinnya yang 125 cc. Opsi bore-up dan stroke-up memang bisa jadi pilihan, namun biaya yang dikeluarkan untuk ubahan tersebut cukup besar, apalagi jika ingin optimal maka semua sektor perlu disentuh, mulai dari porting, klep, noken as, dan lain-lain yang tentunya bisa membuat biaya makin membengkak. Untuk yang tidak ingin memilih kedua opsi itu, sekarang ada tawaran mengoptimalkan spesifikasi mesin Thunder standar dengan ubahan 2 part saja, yaitu :

1. Noken as Jhon Speed

Jhon Speed yang ditukangi Bang Tophe ini menawarkan noken as (camshaft) yang diracik untuk memaksimalkan mesin Thunder yang over-bore. Menurut bang Tophe, yang diatur ulang adalah angka overlap dan LSA noken as hingga buka tutup klep lebih optimal untuk rpm tinggi, yang merupakan keunggulan mesin over-bore.

Noken as Jhon's Speed

Noken as Jhon Speed

Banyak testimoni positif mengenai noken as ini di grup facebook Suzuki Thunder, daintaranya power dan topspeed bertambah. Pengujian di Thunder milik saya yang full standar (mesin standar, karbu standar, knalpot standar) juga menunjukkan hasil yang positif mengenai power di putaran mesin atas, tarikan di gigi 4 dan 5 lebih berisi, namun sayangnya sepertinya torsi sedikit berkurang karena saat bertemu tanjakan yang biasa saya lalui menuju rumah terasa sedikit kewalahan hehe… Sesuai dengan teori ubahan noken as, bahwa untuk mendapatkan power yang maksimal maka torsi memang sedikit dikorbankan :) Mungkin jika dipadu dengan rasio kompresi yang ditingkatkan dan spesifikasi knalpot yang bisa memancing torsi, kekurangan ini bisa diminimalisasi😀 tapi jika sehari-hari anda jarang melalui tanjakan curam maka part ini masih layak untuk dijejalkan ke mesin standar.

Jadi, plusnya : power bertambah, topspeed naik sekitar 5-10 km/jam. minusnya : torsi berkurang.

Bagi anda yang berminat dengan noken as ini silakang hubungi Bang Tophe Mekanik DBC atau sambangi bengkel Jhon’s Speed di area Tangerang Selatan.

Bang Tophe

Bang Tophe

2. Rasio Gigi Jems Sparraw

Bang Jems Sparraw adalah salah satu rekan saya di komunitas Thunder yaitu Kaskus Thunder Riders, beliau membuka workshop di rumahnya di area Bekasi, workshop tersebut nampaknya khusus menukangi motor-motor bermerk Suzuki. Untuk rasio gigi ini sebetulnya merupakan “kelinci percobaan” yang diberikan untuk Thunder saya untuk dites di mesin yang masih full standar. Pemasangan rasio ini cukup rumit karena harus turun mesin.

Rasio gigi Jems Sparraw

Rasio gigi Jems Sparraw

Berdasarkan hasil percobaan pada Thunder standar, hasilnya sangat positif. Dengan kondisi standar tidak lagi ditemui overturen di putaran mesin atas, dimana biasanya terasa seperti ingin pindah gigi lagi. Dengan putaran mesin yang sama, topspeed yang diraih bisa lebih tinggi seakan sudah memakai rasio gigi ke-6. Torsi tidak hilang karena rasio gigi rendah masih sama seperti standarnya, jadi ini lebih cocok untuk kebutuhan yang seimbang antara torsi dan power🙂

Jadi, plusnya : topspeed naik sekitar 5-10 km/jam. minusnya : pemasangan rumit.

Bagi anda yang berminat dengan rasio gigi ini, silakan hubungi Alm Jems Sparraw atau sambangi workshopnya di area Bekasi.

Bang Jems

Bang Jems

This entry was posted in SHARE and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to SHARE : Review “Duo Racun” yang Hits di Suzuki Thunder Facebook Online Group

  1. agoey says:

    masih setia ya bang..sama thundernya… jrang2 nih..🙂

  2. dandi says:

    Om Yuga, gear ratio yg di tes ini apakah masih tetap 5 speed atau ada penambahan jd 6 speed? Thx

  3. Alann says:

    om kira2 bajet abis berapa tuh om buat masang si duo racun ke ntun 05 ane ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s