HOWTO : Memasang Kapasitor Sebagai “Life Support” Accu Motor

12991804_10201631399143302_100304627_o

Kapasitor (atau kondensator) adalah komponen elektronika yang bisa menstabilkan arus listrik. Beberapa varian sepeda motor sudah menggunakan kapasitor sebagai alat bantu untuk instrumen kelistrikan, yang biasanya disebut dengan capasitor bank, diantaranya Suzuki Skywave dan Yamaha Vixion. Apakah motor lain bisa memasang kapasitor juga? tentu bisa. Dengan memasang kapasitor maka sistem kelistrikan motor akan lebih stabil dan beban accu lebih ringan dari lonjakan arus dari pengisian dan keluaran arus yang besar seperti starter elektrik.

Sebelum memasang kapasitor, perlu ditentukan dulu kapasitas kapasitor yang cocok dipasang di motor. Karena motor saya Suzuki Thunder 125 yang berarus fullwave DC maka kapasitor yang akan dipasang pararel dengan accu harus mempunyai kapasitas yang lebih besar dari spek accu yaitu 12 V 7 Ah. Untuk kapasitasnya, berdasarkan yang pernah saya baca yaitu untuk 1 ampere arus minimal perlu 1000 mikrofarad (Correct Me If I’m Wrong, agak lupa tentang teori ini :p ). Maka kapasitor yang cocok adalah yang lebih besar dari 12 V dan 7000 mf, dengan patokan itu kapasitor yang saya pilih adalah 50 V 10.000 mf.

13016587_10201631399263305_226951834_o

Untuk kapasitor, lebih besar tentu lebih baik, namun biasanya kapasitor berkapasitas besar juga berukuran besar hingga perlu space lebih banyak di kompartemen accu, maka saya memilih kapasitor yang sesuai kebutuhan saja.

Kapasitor dipasangkan secara pararel ke accu, maka dari itu posisi positif dan negatifnya tidak boleh terbalik. Umumnya ada petunjuk positif dan negatif di badan kapasitor, tapi jika tidak ada petunjuk maka penanda strip warna abu-abu bisa dipakai sebagai patokan posisi kaki negatif.

12980966_10201631399383308_1981851085_o

Untuk pemasangan hanya perlu kabel secukupnya dan skun bulat untuk konektor ke accu.

12992049_10201631399783318_100310764_o

Untuk memudahkan pemasangan, saya memilih warna kabel yang berbeda, merah untuk positif dan hitam untuk negatif. Positif kapasitor dipasangkan ke kutub positif accu, negatif kapasitor dipasangkan ke kutub negatif accu.

13016555_10201631401183353_975044814_oSelesai. Selamat mencoba 😀

Iklan
Pos ini dipublikasikan di HOWTO dan tag . Tandai permalink.

6 Balasan ke HOWTO : Memasang Kapasitor Sebagai “Life Support” Accu Motor

  1. beni berkata:

    Gan kalau di pasang ke Rx s atau king apa bisa kan sistimy
    Ac and pengaruhny apa???

  2. E Risdiyama berkata:

    Mohon pencerahan nya mas, motor saya kalo lg langsam lampu nyala semua trs nyalain sein suka langsung mati motornya. Tapi kalo posisi gas di blayer ga mati, tapi lampu depan kaya ikut ngedip kalo sein nyala. Apakah cara ini bisa membantu masalah di motor thunder saya?

    • mochyuga berkata:

      Bisa aja, tp mungkin cuma sementara atau ga maksimal, soalnya kalo diliat dr gejalanya kayanya akinya udah bermasalah, sebaiknya dicek & dibenerin dulu

  3. E Risdiyama berkata:

    Kalo saya ganti aki baru nya pake yg ampere lebih rendah dari standar nya ga masalah kan mas? posisi skrg saya pake aki binter mercy 10A cuma beli seken starter pagi kuat normal cuma itu aja masalah nya yg di atas

  4. Ping balik: SHARE : Salah Kaprah Fungsi Part Pendukung Kelistrikan Motor, Harus Diluruskan ! | DO & SHARE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s