TIPS : Musim Hujan Datang, Waspada Penyakit Utama Thunder 125 Menyerang

Musim hujan telah tiba, sang “Petir” yang biasanya muncul di musim hujan justru bisa mengalami masa-masa terburuk di saat musim hujan seperti ini. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa di musim hujanlah penyakit-penyakit bawaan yang sebelumnya bisa diabaikan malah bisa tiba-tiba “kambuh”. Salah satu yang paling menghantui pemilik Suzuki Thunder adalah sepul yang gosong, koq bisa?

P_20151110_140722_HDR (845 x 475)

1. Sembarang pasang variasi kelistrikan

Komponen aftermarket / variasi yang memerlukan listrik dari aki kadang terpasang secara asal-asalan, entah itu dipasang sendiri atau di bengkel. Sembarang sambung ke kabel bodi atau soket tanpa ditutup dengan baik & rapat, terkena air lalu korslet.

Selain pemasangan, pemilihan komponen variasi juga bisa menyebabkan sepul cepat gosong, diantaranya komponen yang menuntut arus listrik yang besar, contohnya lampu dengan watt besar yang membebani pengisian, lampu-lampu tambahan seperti foglamp atau lampu sorot yang juga menambah beban pengisian, klakson berwatt besar, lampu kolong neon, dan lain-lain.

2. Sembarang potong-sambung kabel bodi

Pemasangan variasi kelistrikan yang sembarangan umumnya memotong kabel bodi sembarang juga, atau diselipkan secara asal ke soket kabel bodi yang bisa memicu korslet. Meskipun ada sekring tapi jalur pengisian dari sepul dan kiprok berada di antara sekring dan kunci kontak, maka sekalipun sekring putus tetap ada imbas ke sepul jika korsleting terjadi saat kondisi mesin sedang hidup.

3. Soket sepul, kiprok dan aki tersiram air bertekanan tinggi

Setelah terkena hujan atau banjir, kondisi motor yang kotor akan memancing pemiliknya untuk segera mencuci motor, dan cara tercepat untuk mencuci motor adalah ke tempat cuci motor yang mengunakan semprotan air bertekanan tinggi. Bukan pilihan yang tepat, karena tempat cuci seperti itu umumnya tidak mempedulikan kondisi dan spek motor, asal semprot saja tanpa memperhatikan spot-spot yang sensitif dan tidak boleh tersemprot air bertekanan, untuk Thunder spot itu ada di area sekitar kiprok dimana disitu ada soket-soket pengisian dan area komstir dimana disitu biasanya ada bungkus kabel yang terkelupas karena gesekan dan tarik ulur dari gerakan setang dan shock depan.

4. Kurang kontrol oli

Oli jadi salah satu komponen yang krusial dalam menjaga keawetan sepul, karena sepul Thunder terendam oli. Oli yang membawa gram besi dari gesekan antar komponen mesin bisa merusak sepul karena gram besi bisa mengikis lapisan email di kawat gulungan sepul. Maka dari itu penggantian oli harus rutin dengan melihat volume oli, kondisi oli yang ditandai warna yang berubah, dan filter oli.

5. PENGETESAN SEPUL YANG SALAH

Sepul Thunder yang bertipe fullwave tidak memiliki jalur yang terhubung langsung ke massa / ground, seluruh kabel yang berjumlah 3 buah terhubung ke kiprok. Cara mengetes sepul dengan mengkorsletkan ke massa adalah cara yang salah, karena itu sama saja membuat kumparan menerima kejutan listrik yang besar yang bisa membakar lapisan email kawat kumparan.

This entry was posted in SHARE and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to TIPS : Musim Hujan Datang, Waspada Penyakit Utama Thunder 125 Menyerang

  1. Achmad says:

    Kira-kira kiprok Tiger lokal masih bisa gak kalo di pasang pada motor thunder 125..? Misalkan kiprok tiger di paksa di pasang pada thunder 125 adakah pengaruh pada spull nya..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s