TIPS : Belajar “Hampir” Jatuh Dari Motor (Know Your Limit)

Kali ini saya akan memposting tips tentang belajar hampir jatuh dari motor. Kenapa “hampir”? well, siapa yg mau jatuh dari motor, sekalipun itu saat sedang belajar naik motor? hehehe. Kata kuncinya adalah “know your limit”.

Artikel ini mungkin berguna untuk anda yang sedang belajar motor, atau anda yang ingin meningkatkan kemampuan bersepeda motor. Sediakan waktu luang untuk mencoba tips-tips berikut, mungkin akan berguna saat anda turun ke “rimba” jalan raya🙂

1. Know Your Limit – Menjaga Keseimbangan

Hal pertama dan utama yang harus dikuasai pengendara sepeda motor adalah menjaga keseimbangan, terutama saat kecepatan rendah. Dalam kecepatan tinggi motor akan berjalan stabil karena adanya gaya inersia, tapi jika berjalan pelan maka gaya gravitasi akan menarik motor ke tanah. Jika anda mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangan, maka anda akan mengalami kesulitan juga saat menjalankan sepeda motor di jalan, resiko mudah jatuh makin besar.

bike-crash

Dalam tahapan belajar atau jika ingin meningkatkan skill, cara melatih keseimbangan yang umum dilakukan adalah dengan berjalan pelan selurus dan sepelan mungkin dengan jarak tertentu. Latihan ini akan melatih tubuh untuk menyatu dengan sepeda motor, rileks dan mengikuti gerak gerik motor tanpa memaksanya untuk mengikuti pergerakan yang kita inginkan, hal ini akan berguna saat kita berada dalam kondisi akan jatuh dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

narrow plank (otomotifnet)

Latihan kedua yaitu melewati rintangan dengan cara zig-zag, pada latihan ini akan terasa jika tubuh kaku maka pergerakan motor juga akan susah dikendalikan, sebaliknya jika tubuh rileks dan luwes mengikuti gerakan motor maka motor tidak gampang jatuh.

zig-zag

2. Know Your Limit – Cari Tahu Batasan Tingkat Pengereman

Sebelum belajar ngebut, belajarlah mengerem. Pengereman yang baik adalah kombinasi dari rem depan dan rem belakang, dominan rem depan karena gaya atau inersia dari gerakan sepeda motor akan bertumpu ke depan saat motor direm. Tapi, musti diperhatikan bahwa fungsi rem bukan untuk menghentikan seketika, tapi memperlambat hingga berhenti.

braking

Maksudnya? Sepakem apapun sebuah perangkat rem, pasti membutuhkan beberapa saat untuk menghentikan motor. Jika rem ditekan seketika, apalagi saat kecepatan tinggi, maka bukannya berhenti tapi beresiko sliding (karena grip ban hilang seketika) atau jatuh (karena ban terlalu mencengkram). Bayangkan suatu kondisi dimana anda berlari cepat, tapi berhenti seketika? Badan bisa limbung, malah mungkin jatuh. Begitu pula dengan sepeda motor.

stoppie failed

Belajar mengerem bisa diawali dengan mempelajari kekuatan rem depan dan belakang sepeda motor. Coba mengerem dengan rem depan saja, rem belakang saja, kombinasi rem depan dan belakang, dengan kekuatan menekan rem yg lembut hingga keras. Dengan mengetahui kekuatan rem maka anda bisa menentukan intensitas kekuatan rem yang dibutuhkan untuk menghentikan motor tercepat tanpa jatuh atau limbung. Jika sudah terbiasa, belajar panic-braking dan belajar mengerem di kondisi yang tidak ideal seperti jalan basah atau berpasir.

Stage_ABS_M_TippsBremsen_1_w734Belajarlah dalam kecepatan rendah dan kecepatan sedang, yang penting tempat belajar musti lapang dan sepi sehingga anda tidak mengganggu orang lain atau pengguna jalan lain. Jika anda sudah berhasil mengenal tingkat atau kekuatan pengereman motor anda maka anda bisa menghindari kemungkinan terjatuh dari motor karena teknik pengereman yang salah.

2. Know Your Limit – Cari Tahu Tata Cara dan Batasan Menikung

lean

Dalam kecepatan rendah menikung mungkin mudah dilakukan, tapi pada kecepatan sedang dan kecepatan tinggi menikung akan lebih sulit karena adanya gaya sentrifugal dan gaya inersia. Sebelum belajar menikung dalam kecepatan tinggi, belajarlah counter-steering dahulu. Counter-steering adalah pergerakan arah setang berlawanan arah dengan arah tikungan sesaat sebelum menikung. Counter-steering akan membantu anda untuk menikung dengan luwes, tidak kaku. Jika saat belajar counter-steering anda akan merasakan atau bahkan sengaja menggerakkan setang berlawanan arah dan merasa canggung, tapi saat sudah terbiasa maka anda tidak akan merasakannya karena sudah terbiasa.

327560_95295

Yang perlu diperhatikan dan dipelajari dalam teknik2 menikung diantaranya bagaimana tata cara menghadapi tikungan, bukan “harus cepat” tapi sebisa mungkin tidak kaku dan tidak mengganggu konsentrasi pengendara lain karena jika pengendara lain sampai jatuh karena gerak-gerik anda dan kemudian membentur anda, anda juga bisa jatuh. Selain itu, perhatikan juga batasan kemiringan motor, baik itu dari sisi skill pengendaranya atau kondisi motornya itu sendiri, sehebat apapun pengendara mampu memiringkan motornya tapi jika saat menikung footstep atau bagian CVT menggesek aspal tentu akan sangat mengganggu dan bisa mengakibatkan jatuh.

382986_326279834066728_100000541420381_1236947_1979469717_n

This entry was posted in TIPS and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s