SHARE : Troubleshooting Seputar Karburator Suzuki Thunder 125

191204-hal13_tips_pilihkarbu_bo(1)Sekian lama saya berkecimpung di forum-forum sepeda motor terutama yang membahas mengenai Suzuki Thunder 125, permasalahan di seputar karburator merupakan salah satu “trending topic” dimana pertanyaan mengenai karburator hampir setiap hari muncul dari member yang berbeda dengan permasalahan yang berbeda-beda. Apa saja permasalahan yang paling sering muncul? Berikut rangkuman permasalahan yang paling sering muncul disertai dengan solusi yang mungkin dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Informasi ini akan terus diupdate jika ada masalah-masalah dan pemecahan masalah yang baru.

No Permasalahan Bagian yang harus diperiksa
 1 Brebet, filter udara terpasang
  • Bersihkan karbu
  • Bersihkan busa filter udara
  • Cek setelan pilotscrew, standarnya 2,5 putaran
  • Cek pengapian, ganti busi jika kotor
  •  Cek tegangan aki, charge aki jika drop
  • Cek baut-baut terminal aki, kencangkan jika longgar
 2 Brebet, filter udara tidak dipasang
  • Bersihkan karbu
  • Pasang lagi filter udara, minimal model open-filter variasi
 3 Gas telat naik
  • Bersihkan karbu
  • Bersihkan filter udara
  • Cek karet vakum, ganti jika sudah melar/sobek
  • Bersihkan skep, gunakan lap bersih, jangan digosok terlalu keras
  • Cek kerenggangan setelan klep, standarnya di kisaran 0.05
 4 Gas menggantung / telat turun
  • Bersihkan karbu
  • Bersihkan filter udara
  • Cek piston choke, bersihkan jika berkarat atau kotor
  • Bersihkan skep, gunakan lap bersih, jangan digosok terlalu keras
  • Kerenggangan setelan klep in kurang pas, standarnya di kisaran 0.05
  • Cek intake manifold, ganti bila sudah retak-retak
  • Cek karet joint filter udara, kencangkan jika longgar
 5 Langsam naik-turun sendiri
  • Bersihkan karbu
  • Cek skep, jika lapisan teflon terkikis sebaiknya ganti skep
  • Cek setelan pilotscrew, standarnya 2,5 putaran
  • Cek intake manifold, ganti bila sudah retak-retak
  • Cek karet joint filter udara, kencangkan jika longgar
 6 Langsam normal, digas ngempos atau mati
  • Bersihkan karbu
  • Cek intake manifold, ganti bila sudah retak-retak
  • Cek karet vakum, ganti jika sudah melar/sobek
  • Cek jarum skep, ganti jika sudah terkikis atau cacat
  • Cek main-jet, jangan sampai terlepas dari dudukannya
 7 Mesin susah hidup
  • Bersihkan karbu
  • Cek intake manifold, ganti bila sudah retak-retak
  • Cek setelan pilotscrew, standarnya 2,5 putaran
  •  Cek piston choke, bersihkan jika berkarat atau kotor
  • Cek pilot-jet, jangan sampai terlepas dari dudukannya
  • Cek kerenggangan setelan klep, standarnya 0.05
 8 Langsam tidak normal, digas ngempos
  •  Bersihkan karbu
  • Cek intake manifold, ganti bila sudah retak-retak
  • Cek setelan pilotscrew, standarnya 2,5 putaran
  • Cek jarum skep, ganti jika sudah terkikis atau cacat
  • Cek piston choke, bersihkan jika berkarat atau kotor
  • Cek kerenggangan setelan klep, standarnya 0.05
This entry was posted in SHARE and tagged , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to SHARE : Troubleshooting Seputar Karburator Suzuki Thunder 125

  1. andy says:

    thanks infonya..sangat bermanfaat.saya mau tanya,bagaimana dgn setingan untuk pengaplikasian karbu yg lain yg juga vakum,seperti punya yamaha byson untuk dipakai di thunder…ditunggu infonya..

    • mochyuga says:

      byson karbunya sama persis sama karbu thunder, jadi untuk penyeseuaian tinggal ganti pilot jet, main jet, air jet, jarum skep & setel ulang pilotscrew

  2. D'R says:

    Boleh nambahin karbu Gl100 gak?😀

    • mochyuga says:

      share aja kang di kolom komen, ntar saya masukin ke postingannya🙂

      • D'R says:

        Karbu Gl100 di thunder125 pemasangan tentu harus pakai adaptor atau manifold khusus agar bisa di pasang di thunder karena moncong karbu Gl100 menggunakan 2 baut, yg biasa gabung di forum2 thunder pasti udah tau. Untuk jetingnya Pj standar ukuran 40, Mj ukuran 105 klip jarum skep di posisi paling bawah, pilot screw 2 putaran. Itu setingan yg dapat di thunder saya posisi filter terpasang. Di thunder lain kemungkinan bisa beda, tp itu bisa di buat acuan. Makasih Kang Yuga 😀

  3. giw89 says:

    kang kebetulan karbunya sama nih,,sy mw nanya klo knalpot bau bensin katanya setting karbu terlalu boros yah?? yang harus dioprek yg mananya nih?? heheh gk ngerti ane,,pgn bisa

    • mochyuga says:

      kalo karbu standar sih ga mungkin ujug2 boros kalo ga ada kerusakan. yang bisa disetel di karbu thunder cuma pilotscrew & setelan langsam, stelan pilotsrew 2,5 – 3 putaran, langsam di 1300-1500 rpm (musti disetel pas mesin hidup & panas). kalo setelan udah pas tapi masih keborosan, coba cek jarum skep, kalo ada cacat segera ganti

  4. sammie says:

    kang,saya baru ganti karbu king dengan karbu satria fu ori di thunder saya.saya dapet karbu fu.ya bekas dengan kondisi minus jarum skep+per.pj sama mj sudah ganti baru sesuai spek ori (pj 12.5, mj 110)berikut jarum skepnya dari repair kit merek ‘kawa’.per skep saya beli ori ‘sgp’.kondisi karet vakum bagian luar-bawah sudah direkondisi dilapisi lem poliurithane sejenis lem berbahan dasar silikon merk ‘aquaseal’ yang biasa untuk nambal pakaian selam demi menghindari kebocoran halus dan tetep rigid. kondisi botol skep teflonnya sebagian sisi sudah aus karena pemakaian.setelah dicoba,motor bisa hidup tapi setelan angin susah dapat.sempat di tes jalan tarikan lumayan khas karbu vakum.tidak ada gejala brebet di putaran atas dan bawah.rasanya normal saja.masalahnya setelah dipakai/dicoba beberapa saat ,gas tidak mau langsam/rpm tertahan tidak mau turun(saat digas/lepas rpm tertahan di atas 2000rpm).coba digas2 lagi,rpm baru mau turun tapi mesin langsung mati,kecuali jika stang gas di karbu di tahan pake tangan.kira2 apa masalahnya ya,gan.saya bermaksud ganti karbu konvensional ke vakum untuk tujuan efisiensi bbm.mohon bantuan dan sarannya.terimakasih

    • mochyuga says:

      coba karet vakumnya diganti baru dulu deh, soalnya kalo rekondisi begitu ga ada jaminan bakal normal, bisa jadi karetnya jadi terlalu kaku/berat jadi gerakan skep terhambat, makanya gasnya ngegantung

      • sammie says:

        Kang,karet+piston skep sudah saya ganti baru ori sgp dan saya lumasi dgn minyak singer.motor bisa hidup setelah pilot screw diputar 2,5 – 3 putaran awal dan skrup langsam diputar agak banyak.masalah yang kurang lebih sama muncul setelah beberapa kali kali betot gas rpm ga mau turun/ngegantung dan cenderung tinggi (diatas 2000rpm).setelah skrup langsam diputar/diturunkan rpm mau turun tapi kemudian langsung bablas turun sampai koit.perlu diketahui mixscrew karbu sudah tidak ada ring karetnya sebagai pengganti saya beri ring besi 2 biji.apakah ini ada pengaruhnya juga dengan sulitnya mencari setelan angin bensinnya? nuhun,kang

      • mochyuga says:

        pastinya, o-ring karet itu kan ibarat penyumbat biar campuran udara ama bensin buat kebutuhan langsam ga bocor. kalo sampe bocor, ya mati mesinnya karena kurang supply gas bakar

      • sammie says:

        Kang,cuk di karbu tidak saya fungsikan/matikan.saya tutup pakai baut dilubang/rumah piston cuknya.sekalian nanya lagi kang,gimana cara mendeteksi kerusakan piston cuk.kali aja masi ada kaitan dengan quote saya diatas hehe..:)..nuhun,kang

      • mochyuga says:

        piston choke yg rusak bisa diliat dari karet yg di sekeliling jarumnya, udah mendem atau sobek jadi ada kebocoran. kalo choke mau ditutup, piston & pernya sebaiknya ga dibuka, jadi pistonnya tetep nutup jalur choke, kalo cuma pake baut aja tetep bisa bocor di sela2 drat baut

    • sammie says:

      nanya lagi kang,saya sudah coba subtitusi o ring karet mixture screw dari repair kit karbu,tapi cepet ancur stelah coba di pasang dan dikencang-kendorkan/dipurter2 mixture screwnya.untuk bagian cuk yang terindikasi bermasalah setelah saya bongkar ‘rumah cuk’ di karbu fu-nya keliatan seal karetnya udah pada gepeng dan dari awal beli cuk karbu tidak dilengkapi per hanya tinggal piston cuknya saja.kira2 ada trik atau bisa diakalin gak ,kang kondisi di karbu fu saya tsb.nuhun

  5. Santo says:

    Mau tanya ya mass.

    Posisi idle Rpm 1200 , kalau lagi jalan ,terus tekan kopling full. Rpm 1500 .
    Kalau lagi posisi idle digas sampai rpm 4000 knalpot nembak (suara ledakanya kecil tapi bikin risih) apa stelan anginya belum pas ya ?
    Motor saya satria fu , masih ori semua ,habis diservis ,dibersihin karburatornya malah jadi kaya gitu .. ! Makasi ..

  6. om admin,mau tanya ni,,ane pengguna thunder rakitan 2007, apa ya masalah pada karbu nya, ketika di gas gak mau mentok, cuman baru sampai setengah gas motor sudah brebet,begitupun pas di ajak lari,ketika gas udah setengah motor tidak lagi nambah kecepatan,,larinya segitu aja seperti ketahan, karet vacum jebol udah saya ganti tapi tetap aja gak berubah,udh hampir semua bengkel di wilayah saya saya coba, stel bengkel sana stel bengkel sini, sama aja,gak berubah,
    apa isi” karbu nya ada yang rusak atau gimana, tapi kalo ada yg rusak kok bengkel” tidak menyaran kan ganti isian,, mohon bantuan nya om,,apa saya harus ganti karbu atau karbu itu masih bisa di perbaiki,,

    • mochyuga says:

      jarum skepnya udah dicek? jarum skep cacat bisa bikin brebet & skep nyangkut juga

      • berarti jarum skep lecet bisa bikin nyangkut ya om,jarum skep itu jadi satu gak sama vacum nya om,,oke dah ane coba ke bengkel suruh cek smua,,
        ada tips gak om gimana caranya biar org awam itu tau kerusakan atau cacat semisal seperti jarum skep,,biar ane bisa ikut merhatiin gitu om,,
        mksih om tanggapannya.

      • mochyuga says:

        pastinya, jarum skep cacat bisa diliat kasat mata koq, kalo ga mulus, ada baret2, ada coak, dll berarti musti diganti. jarum skep nempelnya di skep tapi bisa dilepas, ada sekrup peenguncinya di bagian dalem skep

      • om barusan ke bengkel (bengkel yg belom di datengin sebelumnya) ane suruh bongkar karbu dia gak mau,setelah denger penjelasan dan permasalahan motor ane, kata dia itu “cdi nya limit klo gas belom mentok udah brebet mesin nya”, gak bisa di apa apain lagi, malah di saranin ganti cdi, kata dia pke cdi shogun 110 yg gak make rpm,
        nah itu gmana om,,,
        maaf om banyak taya ane bingung motor gak mau di ajak lari,,
        makasih om sebelum nya,,

      • mochyuga says:

        big no, pindah ke bengkel lain, bengkel yang taunya cuma “ganti” dan “ganti” tanpa mau nganalisis lebih lanjut cuma mau simpelnya aja, jangan mau

      • wah siap om, brarti agak ke kotaan dikit ni nyari benkel nya, brarti masih seputar karbu kan om masalah nya, makasih om skali lagi, hee ane suka banget ama ni motor,selain ini motor pertama, tpi dri baru sampe skarang blom pernah rusak mesin,,
        terimakasih saran dan masukan nya,,
        smoga makin sip ini web nya, trutama untuk pecinta Thunder 125,
        salam petir

  7. dikdik999 says:

    Saya pake si Guntur 2006, dulu waktu masih karbu vakum pernah rewel gara2 motor sering mberebet terus suka bensin banjir, 4 bulan kemarin saya ganti dengan karbu king akhirnya jadi enak tarikan ringan tenaga maknyus, tapi akhir2 ini mmbrebet lagi, seperti abis bensin, padahal sudah servis, trus kuras tangki bensin dudah, siapa tau kotor dari tanki, tapi tetep 1-2 hari mbrebet lagi. tolong kasih pecerahannya, terima kasih

    • mochyuga says:

      Cek busi dulu, kalo item berarti karbunya perlu disetel ulang, atau perlu ganti part karbu yg aus, kalo karbu kw kemungkinan emang cepet aus jeroannya

  8. ahyan says:

    Kalo diputaran tengah kaya ad yg mengganjal kemudian naik gasnya boz, motor thunder.

  9. Dika Taslim says:

    Mau tanya ni kang.

    Saya punya permasalah pada karbu motor thunder, yang mana bensinnya sering banjir. Itu apa ya permasalahannya ?

  10. Nafis says:

    Om, mau tny donk,. .karburator saya klo langsam oke. Tp klo d gas ndut ndutan trus keluar asap hitam,. .(vakum set baru ganti, klo d raba pas posisi di gas, piston skep naik turun, tidak naik penuh)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s