SHARE : Piston Valve (Skep) Mikuni BS26SS vs BS30, Ternyata Hampir Sama

Seminggu berlalu setelah mengalami nasib buruk malpraktek servis karbu dan mengoperasi pilot jet yang rusak, hari minggu kemarin saya memutuskan untuk servis total karburator Yami (Yamaha Scorpio) karena meskipun kinerja karbu sudah normal masih sedikit kesulitan saat start, mesin tidak langsung greeng tapi butuh 2-3 kali tekan tombol starter baru mau hidup😦

Akhirnya karbu pun dibongkar total, skep dan karet vakum dipisahkan dari badan karbu, komponen-komponen dalam karbu dilepas dan bagian dalam karbu dibersihkan. Saat akan merakit kembali, tiba-tiba teringat sebuah posting di grup Facebook Yamaha Scorpio tentang substitusi karet vakum karbu Scorpio yang harganya selangit (karena musti dibeli sepaket dengan skepnya) diganti dengan karet vakum karbu Thunder 125 yang harganya lebih murah. Wah menarik nih, kebetulan saya punya karbu keduanya, ya sudah langsung bongkar saja😀

Karbu Scorpio yang merknya Mikuni BS30 memang sama merknya dengan karbu Thunder, sama-sama Mikuni tapi tipenya berbeda, karbu Thunder tipenya BS26SS dengan venturi yang lebih kecil daripada karbu Scorpio yang venturinya 30 mm, sesuai nama tipenya🙂 Skep karbu Thunder dilepas dari “sarangnya”, skep karbu Scorpio juga diambil untuk dicoba ditukar karet vakumnya, tapi tidak bisa karena karet vakum Scorpio ternyata terpasang paten dengan skepnya, pantas tidak dijual terpisah😦 Waduh, sedikit kecewa sih, tapi dicoba saja dipasang langsung dengan skep karbu milik Thunder, hasilnya :

Ternyata lingkar luarnya sedikit berbeda, jadi bibir karet vakum Thunder tidak plek terpasang di alur vakum karbu Scorpio, wah berarti tips tukar-pakai karet vakum Thunder ke karbu Scorpio HOAX nih :p

Tapi, dari eksperimen ini saya malah menemukan hal menarik lainnya, bahwa ternyata skep karbu Thunder Scorpio dan karbu Thunder hampir sama lho ! Silakan perhatikan foto-foto berikut:

030120153458

Kiri skep Scorpio, kanan skep Thunder

030120153457

diameter skep scoprio 25 mm

diameter skep Scorpio 25 mm

Diameter skep Thunder juga 25 mm

Diameter skep Thunder juga 25 mm

Tinggi skep Scorpio 43,5 mm

Tinggi skep Scorpio 43,5 mm

Skep Thunder ternyata sama juga

Skep Thunder ternyata sama juga

Skep Thunder dipasang di karbu Scorpio

Skep Thunder dipasang di karbu Scorpio

Perbandingan, skep Scorpio dipasang di karbu Scorpio

Perbandingan, skep Scorpio dipasang di karbu Scorpio

Skep Scorpio dipasang di karbu Thunder

Skep Scorpio dipasang di karbu Thunder

Perbandingan, skep Thunder dipasang di karbu Thunder

Perbandingan, skep Thunder dipasang di karbu Thunder

Itu persamaannya antara skep karbu Scorpio dan skep karbu Thunder. Selain persamaan tersebut, ternyata ada perbedaannya juga, diantaranya:

1. Skep karbu Thunder ada coakan berbentuk kotak di badan skep, sementara skep karbu Scorpio mulus bulat seluruhnya

030120153458

Ada coakan kotak di skep Thunder (kanan)

2. Lengkungan air-passage di dasar skep berbeda, air-passage skep Thunder lebih besar dan dalam

030120153474

Coakan air-passage skep Thunder (kiri) lebih besar dan dalam

3. Bagian atas skep vakum Thunder ada stopper, jadi bagian atas skep Thunder lebih tebal daripada skep Scorpio

Skep Thunder (kiri) ada stoppernya, Skep Scorpio rata

Skep Thunder (kiri) ada stoppernya, Skep Scorpio rata

0301201534534. Model pengunci jarum skep juga berbeda, pengunci di skep Scorpio modelnya satu baut besar di tengah, lebih simpel daripada pengunci di skep Thunder yang berbentuk pelat yang diikat 2 baut

Pengunci Scorpio satu baut besar, pengunci Thunder 2 baut kecil

Pengunci Scorpio satu baut besar, pengunci Thunder 2 baut kecil

This entry was posted in SHARE and tagged , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to SHARE : Piston Valve (Skep) Mikuni BS26SS vs BS30, Ternyata Hampir Sama

  1. abdiDANI says:

    Sharingna mantep om… Hatur tengkyu

  2. D'R says:

    pengunci jarum skep pio mirip skep fu, rata2 karet vakum yamaha emang nyatu kang, jd harus di sobek dulu orinya bias bisa di copot, kemudian pasang karet punya thunder.

    • mochyuga says:

      tapi tetep kayanya ga bisa disubstitut kang, lingkar diameter luar karet vakum thunder lebih kecil dari lingkar got vakum di karbu pio🙂 masa musti ditarik dulu biar melar😦

  3. D'R says:

    kalau di paksa di pasang walaupun gk nempatin got di karbu trus di lem kira2 msh bisa gk Kang Yuga? Kasusnya sama kaya karet vakum thunder jg bnyk yg bilang bisa pake karet vakum fu padahal ukurannya jauh bgt bedanya.

    • mochyuga says:

      not recommended ah😀 masalahnya kan diameter yg beda, tau sendiri kan “nyawa”nya karbu vakum ya di vakum, kalo diakal2in malah ngeri hehe..

      masalah itu jg saya lagi selidiki nih, emang beda sih dari cantolannya aja kan udah beda, sayang ga punya karbu FUnya jadi ga bisa bikin artikelnya, udah pernah nyanggah di bikerspit tapi ga ada yg bales komen😦

  4. jebhe says:

    klo karbu pio dipasang ke thunder bisa ga ya?

  5. Mas,maaf mau nanya nih.. Untuk skep Thunder ini sama gak ya dengan skep karbu Byson? Dan pnp gak kalau dipasang ke karbunya Byson? Kalau diliat kan kayanya tipenya sama ya.. Makasih mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s