FIXIT: Operasi Pilot Jet Mikuni yang Rusak

Pilot jet yang hancur

Pilot jet yang hancur

Seperti diketahui sebelumnya bahwa karbu original si Yami (Yamaha scorpio) jadi korban malpraktek di salah satu bengkel umum. Salah satunya adalah kerusakan di kepala pilot jet, sehingga pilot jet tidak bisa dikeluarkan dari tempatnya. Untuk urusan malpraktek sebetulnya sudah saya klaim ke bengkel yang bersangkutan, namun sayangnya garansinya tidak berlaku karena karbunya sudah saya bongkar sendiri, bukan oleh mekanik yang bersangkuan lagi. Ya sudahlah, mungkin ini peringatan untuk saya lebih berhati-hati lagi saat ke bengkel, maklum belakangan saya lebih sering ngoprek sendiri di rumah daripada ke bengkel, jadi lupa kalau di bengkel itu musti teliti memperhatikan mekaniknya hehehe..

Kembali ke topik, untuk memperbaiki pilot jet yang rusak sebetulnya cukup sulit, karena untuk tipe pilot jet Mikuni posisinya menjorok ke dalam lubang jadi cukup sulit untuk diakali. Ada 2 alternatif yaitu dibubut atau dibor, jika dibubut berarti harus dibawa ke tukang bubut, yang berarti perlu keluar sejumlah biaya untuk jasa bubut. Jika dibor, bisa dilakukan dengan gratis dirumah karena bor tangan ada, mata bor yang dibutuhkan juga ada, alternatif ini yang akhirnya saya praktekkan 🙂

Sebelum praktek, perlu disiapkan alat-alat yang dibutuhkan, diantaranya adalah bor listrik, mata bor ukuran 2 mm & 3 mm, dan pilot jet pengganti karena pilot jet yang ada di dalam karbu akan “dirusak”.

Alat dan bahan

Alat dan bahan

Langkah pertama, bongkar seluruh part di bagian dalam dan luar karbu, diantaranya adalah skep dan vakum, main jet, air jet, choke, pelampung, dan perangkat air-cut valve & accelerator pump jika ada, pokoknya semua part karbu dibongkar.

Pisahkan semua part karbu

Pisahkan semua part karbu

Selanjutnya siapkan mata bor 2 mm di bor yang akan dipakai. Sebelum mulai “ngebor”, perlu diperhatikan bahwa PROSES PENGEBORAN JANGAN DILAKUKAN TERBURU-BURU, kesalahan fatal sering terjadi karena terburu-buru hingga drat yang ada di badan karbu ikut tergerus, itu jangan sampai terjadi!

Tempatkan karbu di posisi yang mantap dan tidak mudah bergerak-gerak sekalipun tidak dipegang tangan, karena kedua tangan nanti digunakan untuk menstabilkan posisi bor tangan. Posisi bor harus tegak lurus dengan karbu, tempatkan mata bor tepat di tengah-tengah pilot jet yang rusak, patokannya adalah lubang tengah di pilot jet. Bor secara perlahan, jika di bor ada pengatur kecepatan, set di kecepatan yang rendah. Bor sedikit demi sedikit, sambil diintip apakah hasil bor masih lurus, jika melenceng segera dibetulkan.

Proses pengeboran

Proses pengeboran

Posisi bor harus tegak lurus

Posisi bor harus tegak lurus lubang

Jika hasil bor awal sudah cukup dalam, saatnya ganti ke mata bor 3 mm. Untuk yang ini lebih hati-hati lagi, karena hasil bor akan lebih dekat ke drat pilot jet. Tetap lakukan hal yang sama yaitu bor sedikit demi sedikit, sekali-kali angkat bor dan intip hasil pengeboran sambil dibuang serpihan bekas bornya. Jangan khawatir jika serpihannya makin banyak karena pilot jet tersebut memang akan dihabiskan alias dirusak. Pilot jet akan mudah habis tergerus karena bahannya kuningan, berbeda dengan badan karbu yang terbuat dari alumunium. Jika pengeboran berhasil, maka saat pilot jet habis tergerus mata bor akan terasa mentok, hentikan pengeboran, pindah ke mata obeng min yang ukurannya bisa masuk ke lubang bekas dibor. Perlahan putar obeng hingga sisa pilot jet bisa dilepas dari badan karbu. Jika berhasil dilepas, sisa pilot jet yg berupa nosel akan terlepas dengan sendirinya. Pilot jet bekas dibor akan terbelah dua jadi seperti ini:

Pilot jet yagn sudah dibor

Pilot jet yang sudah dibor

Perbandingan dengan pilot jet baru

Perbandingan dengan pilot jet baru

Lubang pengeboran tepat di tengah drat

Lubang pengeboran tepat di tengah drat

Itu adalah bukti pengeboran yang berhasil. Cek ulang lubang pilot jet di badan karbu, semestinya drat masih utuh. Setelah itu, bersihkan lubang pilot jet dan lubang-lubang lainnya dengan carb cleaner atau angin kompresor. Setelah bersih, tinggal masukkan pilot jet pengganti ke lubang pilot jet di karbu. Jangan langsung dikencangkan, tes dulu dratnya apa masih mulus atau tidak, jika mulus silakan dikencangkan pilot jetnya.

Lubang pilot jet di karbu sudah bersih

Lubang pilot jet di karbu sudah bersih

Pilot jet baru bisa masuk dengan aman

Pilot jet baru bisa masuk dengan aman

Selamat mencoba!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di FIXIT dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke FIXIT: Operasi Pilot Jet Mikuni yang Rusak

  1. D'R berkata:

    Kok saya baru liat artikel ini yah? 😀

  2. D'R berkata:

    emang baru bikin yah Kang? 😀

  3. Ping balik: SHARE : Piston Valve (Skep) Mikuni BS26SS vs BS30, Ternyata Hampir Sama – DO & SHARE

  4. Fahrul berkata:

    Aku kemaren udah lakukan dan berhasil lakukan cara ini dikarbu mikuni VM28 bawaan Ninja RR untuk saya ganti pilot jet yang baru tapi kok brebet yah bang untuk putaran atasnya apakah gram sisa pengeboran pilot jet tertinggal dan masuk keselah-selah lubang kecil jalur pilot jet.. apakah ada cara untuk mengatasinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s