SHARE : Artikel Komparasi Suzuki Thunder 125 vs. TVS Max 125 (Motorplus), Banyak Fakta Menarik!

Tabloid Motor Plus edisi no 817 yang terbit 28 Oktober 2014 membahas komparasi antara Suzuki Thunder 125 dan sang pendatang baru TVS Max 125 yang memiliki genre cukup unik, sport cruiser dengan aroma dual-purpose.

img174Artikel dengan header “Jepang VS India” ini membahas komparasi diseluruh lini, diantaranya posisi riding, handling & braking, dam unjuk performa mesin. Yang menarik adalah bagian unjuk performa mesin, banyak fakta-fakta menarik yang membuat saya jadi penasaran untuk menggali info mengenai motor baru ini. Berikut diantaranya:

1. Bore & stroke Thunder 125 dan TVS Max 125 sama

imgTVS Max memiliki bore 57 mm dan stroke 48.8 mm, sama persis dengan Thunder 125. Hal ini mengingatkan saya mengenai sebuah artikel di blog proleevo yang menjelaskan mengenai sejarah kerjasama antara Suzuki, Hyosung, dan TVS. Sama halnya dengan Hyosung, TVS juga pernah memiliki kerjasama langsung dengan Suzuki, sehingga beberapa line-up produksinya memiliki kemiripan terutama di area mesin. Jadi, apakah TVS Max ini adalah “saudara jauh” Thunder 125?

2. Unjuk performa mesin menunjukkan karakter yang berbeda

Meskipun spesifikasi bore & stroke sama, tapi setelah diuji menggunakan mesin dynotest ternyata hasilnya menunjukkan bahwa TVS Max memiliki karakter yang berbeda dengan Thunder 125.

untitledPower maksimal Max 125 adalah 7.531 HP / 7.850 rpm, sementara Thunder 125 powernya 8.074 HP / 8.950 rpm. Power maksimal Max muncul di putaran mesin yang lebih rendah, tapi puncak tenaganya hanya erbeda 0.5 HP saja. Selain itu, Max juga memiliki torsi yang lebih besar daripada Thunder. Dari keterangan ini bisa disimpulkan bahwa Max mempunya karakter yang lebih bertenaga di rpm bawah, berbanding terbalik dengan Thunder yang tenaganya baru muncul saat putaran mesin tinggi. Data lainnya yaitu hasil pengujian akselerasi semakin memperkuat kesimpulan tersebut, bahwa Max memiliki akselerasi yang lebih baik daripada Thunder 125.

3. Faktor-faktor yang membedakan karakter mesin

Dari keterangan diatas dan berbagai keterangan mengenai spesifikasi kedua motor tersebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan karakter mesin yang memiliki bore & stroke sama ini, diantaranya adalah:
– rasio kompresi, Max 125 rasio kompresinya 9.4 : 1, Thunder 9.2 : 1
– rasio transmisi, Max memiliki 4 tingkat percepatan, Thunder 5 tingkat percepatan
– bobot kendaraan, berat kosong Max (114 kg) lebih ringan daripada Thunder (130 kg)
Sementara beberapa faktor yang mungkin berbeda juga diantaranya adalah:
– spesifikasi pengapian, pengapian yang lebih besar akan menghasilkan torsi yang lebih besar juga
– spesifikasi noken as, umumnya akan mengikuti rasio kompresi dan pengapian

komparasi2

Dari beberapa data diatas, bisa disimpulkan bahwa mesin yang memiliki stroke pendek pun sebetulnya dapat dirancang agar menghasilkan torsi yang besar, namun tentunya memiliki konsekuensi lain yaitu tenaga puncaknya muncul di rpm yang lebih rendah juga.

This entry was posted in SHARE and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to SHARE : Artikel Komparasi Suzuki Thunder 125 vs. TVS Max 125 (Motorplus), Banyak Fakta Menarik!

  1. Pingback: SHARE : Cylinder Head TVS Max 125, Calon Incaran Thunder 125 | DO & SHARE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s