SHARE : Thunder 125 V1 dan V2-3, Topspeednya Koq Beda?

Suzuki Thunder 125 yang dipasarkan di Indonesia terdiri dari beberapa versi, diantaranya versi pertama (V1) yaitu Thunder 125 tanpa kickstarter dan panel indikator kotak, versi kedua (V2) yang mengunakan kickstarter dan panel indikator bulat, versi ketiga (V3) merupakan versi refeshment dari V2 dengan beberapa minor change tapi tetap masih menggunakan panel indikator bulat yang sama dengan V2, dan versi terbaru adalah New Thunder 125 dengan panel indikator semi digital.

Thunder 125 V1

Thunder 125 V1

Thunder 125 V2

Thunder 125 V2

Thunder 125 V3

Thunder 125 V3

New Thunder 125

New Thunder 125

Dalam berbagai forum diskusi, banyak pemilik Thunder V1 yang terheran-heran dengan pencapaian topspeed Thunder V2 & V3 yang kadang bisa sampai 130-135 km/jam sementara Thunder V1 hanya sekitar 110-115 km/jam. Padahal dari segi mesin tidak ada ubahan berarti yang menyebabkan performa mesin meningkat, data spesifikasinya pun masih sama dengan Thunder V1 yaitu 11,5 HP @ 9000 rpm. Fakta lainnya yang saya alami sendiri adalah Thunder saya (Thunder V1, 2005) yang posisinya ada di belakang Thunder milik teman (Thunder V2, 2007) ternyata menunjukkan kecepatan yang berbeda, teman saya bilang Thundernya sampai 110 km/jam sementara saya yang posisinya dibelakang/mengejar hanya mencatatkan kecepatan sekitar 90 km/jam. Lho?

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata memang ada perbedaan di panel speedometer Thunder V1 dan V2-3. Di speedometer Thunder V1, angka speedometer hanya sampai 120 km/jam, sementara speedomoter Thunder V2-3 sampai 160 km/jam :

v1 & v2Jika foto tersebut digabungkan menjadi satu, akan terlihat bahwa skala angkanya jauh berbeda

2Karena posisi angka nolnya berbeda, coba disamakan dulu dengan memutar gambar panel speedometer bulat

3Tetap, skala angka speedometernya berbedašŸ™‚

Jika perangkat sensor dan perangkat di dalam speedomoter masih sama, berarti jika speedometer kotak menunjukkan angka 100 km/jam maka di kecepatan (real) yang sama speedometer merah akan menunjukkan angka 130 km/jam. Berarti benar bahwa topspeed Thunder V2-3 bisa sampai 130 km/jam sementara Thunder V1 hanya 110 km/jam, dan pengalaman saya memacu kendaraan 90 km/jam sementara teman saya sampai 110 km/jam, kecepatan realnya ternyata sama sajašŸ™‚

Bagaimana dengan New Thunder? Untuk New Thunder sedikit agak susah karena sensornya berbeda dan sistemnya sudah digital, satu-satunya cara untuk membandingkannya adalah dengan tes jalan berdampingan lalu bandingkan angka speedometernya.

This entry was posted in SHARE and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to SHARE : Thunder 125 V1 dan V2-3, Topspeednya Koq Beda?

  1. paijo says:

    saya punya thunder 125 2006 v3, yg pakai euro II. dulu sewaktu mesin masih standart cuma mentok 110km/h. tapi setelah dilakukan ubahan sana-sini sekarang bisa tembus 130-140km/h.

    dulu juga pernah punya thunder v1 2005, mesin sih masih standart cuma ganti karbu RX-King kw super merk MIC. nah cuma mentok 110km/h. tapi herannya saya pernah test adu kebut lintasan lurus 500 meter sama megapro primus, kok thunder v1 saya menang ya? padahal cuma mentok 110km/h, nah tapi megapro primusnya katanya udah 120km/h.
    nah loh berarti sesungguhnya thunder v1 itu lebih kenceng dari thunder v2 seterusnya. Tapi sayangnya saya kurang suka karena harus extra merawat kelistrikan, jadi saya jual dan sekarang saya beli bekas thunder 2006 udah pakai kick starter.

    menurut saya kelemahan thunder v1 hingga sebelum new thunder itu adalah getarannya tinggi, itu yg bikin capek. tapi semua itu sudah direvisi di new thunder mulai 2011 hingga sekarang.

Leave a Reply

