Share : Suzuki Thunder 150 Fi, Versi Stroke Up Thunder 125, Karakter Mesin Berbeda

thunder-fi-vietnam-1_3Beberapa waktu yang lalu, Suzuki merilis generasi terbaru dari varian EN yaitu Suzuki Thunder 150 Fi dan Thunder 150S Fi. Launching yang dilakukan di negara Vietnam ini sempat menghebohkan dunia otomotif Indonesia karena diduga varian ini akan menjadi pengganti Thunder 125 HAK yang telah dipasarkan semenjak tahun 2011. Peta persaingan kelas sport entry level memang mengarah ke kubikasi mesin 150 cc seperti yang sudah diisi oleh Honda dengan varian Verza dan New Megapro, serta Yamaha dengan Vixion dan Byson. Thunder 125 HAK yang dipandang sudah outdated memang diharapkan akan mendapat upgrade berupa penambahan kapasitas mesin dan aplikasi perangkat injeksi, seperti halnya Thunder 150 Fi ini.

Berikut spesifikasi Thunder 150 Fi:

thunder-fi-vietnam-6

Spesifikasi Suzuki Thunder 150Fi

Jika dibandingkan dengan Thunder 125, maka maka ada beberapa spesifikasi mesin yang sama dan yang berubah, diantaranya :

1. Bore sama, yaitu sama-sama 57 mm
2. Stroke berbeda,  Thunder 150 stokenya 58.6 mm, Thunder 125 strokenya 48.8 mm
3. Rasio kompresi juga berbeda, Thunder 150 rasio kompresinya 8.9 : 1, Thunder 125 rasio kompresinya 9.2 : 1
4. Daya maksimum Thunder 150 8.8 kW / 8000 rpm, daya maksimum Thunder 125 11,5 PS / 9000 rpm
5. Torsi maksimum Thunder 150 11 N.m / 6000 rpm, daya maksimum Thunder 125 9,4 N.m / 7500 rpm
6. Thunder 150 memiliki transmisi dengan 6 percepatan, Thunder 125 transmisinya 5 percepatan

Berdasarkan keterangan tersebut, Thunder 150 bisa dibilang merupakan “versi stroke-up” dari Thunder 125, karena langkah pistonnya lebih panjang namun diameter pistonnya tetap sama. Yang menarik adalah bahwa daya maksimumnya tidak berbeda jauh, Thunder 150 memiliki daya maksimum 8.8 kW atau 11.8 DK, Thunder 125 memiliki daya maksimum 11.5 PS atau 11.3 DK, berarti bedanya hanya 0.5 DK saja. Torsi puncaknya beda cukup jauh, Thunder 150 11 Nm sementara Thunder 125 hanya 9.4 Nm. Selain itu, torsi dan daya maksimum Thunder 150 juga muncul di putaran mesin yang lebih rendah, artinya karakter mesin akan berbeda dengan Thunder 125 dimana Thunder 125 memiliki karakter akselerasi lambat tapi semakin berisi tenaganya di putaran atas, sementara Thunder 150 ini akan memiliki akselerasi yang melejit dengan torsi melimpah namun dicurigai akan mengalami “nafas cepat habis” di putaran tinggi.

dyno

Ilustrasi grafik dyno Thunder 125 vs Thunder 150

Karakter mesin seperti itu memang lebih cocok untuk kondisi jalan di Indonesia yang jarang memanjakan putaran tinggi namun cenderung bermain di putaran bawah dan menengah. Thunder 150 akan menjadi pesaing berat Honda Verza yang memiliki karakter mesin yang sama.
Namun sayangnya dari beberapa testimoni eks penunggang Thunder 125 yang pindah ke Verza, mereka mengaku kurang puas dengan karakter mesin seperti itu karena mesin seperti cepat kehabisan nafas. Jadi, akankah karakter mesin seperti itu akan memikat para penunggang Thunder 125 untuk pindah ke Thunder 150?

This entry was posted in SHARE and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Share : Suzuki Thunder 150 Fi, Versi Stroke Up Thunder 125, Karakter Mesin Berbeda

  1. D'R says:

    thunder 150 Fi dan thunder 150S Fi beda apanya Kang Yuga? Velg atau apa?

  2. Bhoedy says:

    Kalo misal t125 bisa strokeny sama kaya gitu, paketan yang dibeli apa aja bro? Misal stang seher, trus apalagi gitu..?

    Beli gearbox/gearset t150 yang 6 percepatan kayana bakalan mantep tuh?

    • mochyuga says:

      untuk naik stroke pakai punya thunder 150 sepertinya perlu banyak yang dibeli, mulai dari kruk as & stang piston, blok silinder, baut blok silinder, piston, rantai keteng, & mungkin sama noken as juga. itu baru perkiraan aja lho ya🙂

  3. paijo says:

    sepertinya senadainya masuk ke indonesia akan dilengkapi dengan kick starter😀

  4. master barong says:

    mungkin kompresi T150FI perlu dinaikkan ke 9,5:1 – 10:1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s