SHARE : Troubleshoting Suzuki Thunder 125 “Redjagur”, Masalah Komplikatif di Area Head Cylinder

Artikel kali ini membahas mengenai motor saya, si “Redjagur” Suzuki Thunder 125 yang +/- 4 bulan lamanya tidak dihidupkan mesinnya karena sedang dalam tahap modifikasi.

ABCD0003 (800 x 600)

Saat ini kondisinya sedang tes running sebelum finishing (pengecatan), dan mesin yang sudah lama tidak dihidupkan pun coba dinyalakan, setelah sebelumnya diisi oli baru, karbu dan busi dibersihkan terlebih dahulu, dan api busi dicek. Ternyata mesin tidak bisa menyala dengan normal, tidak mau idle di rpm rendah tapi musti dichoke, awalnya saya kira wajar saja mengingat mesin sudah lama dihidupkan, tapi setelah mesin panaspun kondisinya masih sama, tidak mau idle di rpm rendah, di rpm tinggi pun “irama” rpm terdengar tidak normal. Ada apa gerangan?

Dengan berbekal rasa penasaran, langkah awal yang saya lakukan adalah bongkar karburator. Benar saja, ternyata karet vakum skep ada yang sobek, padahal sebelumnya tidak, namun memang terlihat sudah melar. Ok, karet vakum langsung diganti yang baru. Test running lagi, gejala masih sama, pilotscrew diotak-atik setelannya, masih sama. Pilot jet diganti ke ukuran 17,5 malah brebet dan makin susah hidup. Bongkar lagi skep dengan tujuan ingin setel ulang jarum skep, ternyata karet vakum sobek lagi! Loh koq?

Iseng searching di Google, penyebab karet vakum sobek masih berkisar disebabkan absennya elemen filter udara yg membuat debu kasar masuk ke karbu dan merobek karet vakum. Hmm, padahal selama percobaan running filter udara tidak saya lepas, apa mungkin karena saya tidak membersihkan karbu dengan baik?

Masalah di karbu standar saya tinggalkan sementara, dan karbu diganti dengan karbu Keihin PD26 (karbu Honda Tiger) yang sudah pernah saya pakai sebelumnya. Ternyata, gejalanya masih sama! Malah dapat sedikit “kejutan” saat gas dibuka full, ada loncatan api di mulut karbu :O Hmm, sepertinya masalahnya bukan di karbu, dan akhirnya kembali saya konsultasi dengan mekanik yang sudah dipercaya. Analisisnya, munculnya api di mulut karbu bisa disebabkan setelan klep di rocker arm yang terlalu rapat, atau jalur porting bocor (perlu skir klep). Percobaan pertama, setelan klep direnggangkan, ternyata masih sama juga, berarti musti bongkar head nih😦

Head dibongkar, kondisi klep dan siting klep diteliti, bagian punggung klep memang penuh kerak, akhirnya diputuskan untuk skir klep. Dan ternyata

ABCD0016

bibir klep cacat

Bagian bibir klep yang bertemu dengan siting klep ternyata ada yang tidak rata. Konsultasi dengan mekanik, katanya kemungkinan karena adanya karat dari air atau embun yang mengendap di jalur port selama mesin tidak dihidupkan. Dari bagian yang tidak rata itulah ledakan api di dalam silinder bisa “bocor” sampai ke mulut karbu, dan mesinpun tidak dapat idle dengan normal.

Tes kebocoran port:

ruang bakar diisi bensin, didiamkan beberapa saat

ruang bakar diisi bensin, didiamkan beberapa saat

bensin rembes ke lubang port

bensin rembes ke lubang port

Jadi, kesimpulannya:

1. Kondisi mesin yang tidak bisa idle normal, selain disebabkan oleh karburator, bisa juga disebabkan jalur porting yang bocor dan perlu skir klep.

2. Jalur porting yang bocor bisa membuat karet vakum karbu sobek/bolong.

3. Dalam kondisi ekstrim, jalur porting yang bocor bisa memunculkan api di mulut karbu (jika jalur in yang bocor), di lubang knalpot (jika jalur ex yang bocor), atau keduanya.

4. Jika motor akan ditinggalkan dalam waktu yg cukup lama dalam kondisi lembab, sebaiknya teteskan sedikit oli ke bagian dalam port & klep untuk mencegah timbulnya karat di area tersebut.

5. Konsultasi dengan mekanik terpercaya agar dapat diagnosis yang lebih spesifik.

 

-to be continued-

This entry was posted in SHARE and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to SHARE : Troubleshoting Suzuki Thunder 125 “Redjagur”, Masalah Komplikatif di Area Head Cylinder

  1. D'R says:

    Wah nambah lagi ilmu nih Kang😀
    Kalau pake karbu tiger ko bisa ketahuan ada apinya? Apa open filter?
    Anak Fu pernah mengalami kejadian karet vakum karbunya sering sobek bahkan ancur katanya, baru ganti langsung sobek, berarti penyebabnya bisa jadi dari klep in yg bocor jadi api busi membakar tuh bensin yg ada di karbu beserta karet vakumnya😀 . Ciri2 sobek karet vakumnya gmn Kang? Apa kaya karet kebakar gt leleh?

    • mochyuga says:

      Pas tes pake karbu tiger filternya memang ga kepasang kang. Tentang karet vakum, sobeknya biasa di lipetan karet, kondisi karet keliatan melar kaya yang udah dipake lama padahal baru ganti

  2. machalesana says:

    cara netesinnya apa mesti bongkar head dlu?😀
    mas tanya mas bengkel suzuki rekomended dimana yah daerah jakarta ?
    saya pgen cek tensionernya, bengkel resmi depok ga ada yg bener

    • mochyuga says:

      pasti dibongkar dulu dong :p duh kalo jakarta saya kurang tau, referensi dari temen2 klub biasanya pada punya bengkel rujukan sendiri2 & kebanyakan bengkel umum. depok bisa ke Sopongiro atau Cappunk Motor, alamat bisa searh di google

  3. azizyhoree says:

    jossssss keep serrrrrrrr mas bro , ane juga udah beberapakali menangani pasien gludug petir 125 , next akan saya share juga proses restorasi nya 😀

  4. kimong_aja says:

    Wah bahas operasi.petir lagi neh. Kebtulan petir ane baru di bongkar ganti ring piston ama skir ulang klep. Mau tanya ukuran stelan klep in & out nya setelah di skir main di angka berapa ya om. Haturnuhun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s