TIPS : Tools Recommended untuk “Ngebengkel”

man-working-on-motorcycle

Saat ini banyak pemilik sepeda motor yang memilih untuk mengoprek motornya sendiri daripada menyerahkannya ke bengkel, apalagi pengerjaan-pengerjaan kecil seperti pemasangan part-part variasi, bersih-bersih karbu, dan lain-lain.  Untuk kegiatan “ngebengkel” ini tentunya musti dilengkap dengan peralatan yang memadai, diantaranya yang paling penting adalah tool-kit untuk membongkar beragam part. Berikut beberapa tookit yang saya rekomendasikan untuk keperluan bengkel rumah, diantaranya :

1.  Multi-wrench

Kunci multi-wrench ini bisa mewakili beragam ukuran kunci ring, jadi anda tidak perlu membeli kunci ring sebanyak satu set yang biayanya lebih mahal dan memakan banyak tempat.

e3294525-516f-4bd1-806d-7486a198cde6multi wrench

2. Kunci Inggris

Kunci inggris bisa menggantikan  beragan ukuran kunci pas, jadi anda tidak perlu membeli kunci pas satu set untuk membuka beragam ukuran baut dan mur. Untuk keperluan bengkel rumah cukup menggunakan kunci inggris ukuran kecil atau sedang.

987097_kunciinggris

Alternatif lainnya bisa menggunakan kunci inggris ala “swiss army”, dimana di dalam gagangnya tersedia banyak tool yang berguna seperti gunting, pisau gergaji, dan pembuka botol.

21062

3. Kunci L

Bisa beli satu set atau satuan juga bisa, karena motor-motor disini jarang ada yang menggunakan baut L, jadi cukup beli seperlunya saja.

1374309352_529873487_1-Kunci-L-Set-Chrome-C-56-61-Magelang

JIka ingin membeli kunci L satu set, sebaiknya beli kunci L lipat, agar tidak muda tercecer dan tidak memakan tempat.

Kunci L Set Lipat 8 pcs_20130201140938

4. Obeng

Untuk obeng disarankan membeli obeng dengan kepala yang bisa diganti-ganti dan memiliki beberapa ukuran untuk berbagai keperluan. Tapi hati-hati kepalanya tercecer ya, karena ukurannya kecil jadi mudah tercecer dan hilang, sebaiknya pasang magnet kecil di wadah penyimpanan kepala obengnya.

Tekton-2841-screwdriver-bits

5. Kunci busi

Alat ini tentu wajib dimiliki, biasanya toolkit standar bawaan motor sudah menyediakan kunci busi yang sesuai jadi tidak perlu beli baru.

6. Tang jepit-potong

Alat ini juga perlu dimiliki untuk keperluan memotong dan memasang kabel, kawat, dan lain-lain. Khusus untuk keperluan memotong dan mengupas kabel, perlu juga alat khusus kupas kabel agar hasilnya rapi.

7. Fuller gauge

Alat ini sangat berguna untuk menyetel celah kerenggangan klep pada motor 4-tak. Selain itu alat ini juga berguna untuk mengukur celah kerenggangan elektroda busi.

8. Sigmat / jangka sorong

Alat ini sebetulnya hanya alat bantu, tapi sangat berguna juga untuk keperluan pengukuran berbagai komponen.

Itu adalah beberapa alat yang saya rekomendasikan, selain menghemat tempat karena satu kunci memiliki beberapa fungsi, juga menghemat biaya karena harga satu alat tentu lebih murah daripada harga satu set alat tertentu. Namun jika anda berniat untuk investasi dan memiliki modal banyak, tentu saya sarankan untuk membeli toolkit lengkap seperti ini :

image_16854

Tentu saja, biaya yang anda keluarkan lebih besar juga hehe..

Selamat ngebengkel !

This entry was posted in TIPS and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to TIPS : Tools Recommended untuk “Ngebengkel”

  1. D'R says:

    Multy wrench harganya berapa Kang? Hehe😀

  2. thundra_men says:

    mas kalo 1 set toolbox gtu kena berapa mas? trus itu import cina ato yang lain? n carinya dimana? kira2 di ace hardware ada ga ya?

    • mochyuga says:

      tergantung kelengkapannya, yang kunci set doang (pas-ring-soket set) kisaran 600ribuan, yang mirip gambar diatas kisaran 800ribuan, yang kompit sama bor listrik kisaran 1,5 jutaan, yang kompit sama rak geser (professional kit) bisa sampe 5 jutaan, merknya juga buatan eropa.
      ace hardware pasti ada dan bayak pilihan merk, tinggal pilih yang sesuai budget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s