SHARE : Beragam Konsep Modifikasi Street Custom

Artikel ini pernah saya  tulis di suatu forum online khusus roda dua, saya share ulang disini semoga bermanfaat🙂

========================================================================

Pernah dengar tentang Japs Style ? Secara harfiah Jap Style atau Japanese Style adalah gaya yang keJepang-Jepangan. Dalam dunia roda dua, japstyle dianggap sebagai salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang memiliki ciri khas bergaya klasik dan retro.

Namun, masih ada beberapa pihak yang “kurang sreg” mengenai penamaan “japstyle” tersebut, karena penggunaan kata japstyle dinilai terlalu umum dan memang tidak memiliki pakem atau aturan tertentu yang menjadikan suatu motor disebut japstyle, karena di Jepangnya sendiri para modifikator masih mengikuti pakem-pakem modifikasi sesuai genre tertentu atau memang sudah memiliki ciri tersendiri dan sudah mendunia hingga ditahbiskan sebagai suatu gaya modifikasi. Contohnya sebagai berikut :

1. Bratstyle
Bratsytle bukanlah suatu genre modif, namun merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style, ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya. Maka dari itu, nama Bratsyle menjadi booming sebagai suatu gaya modifikasi karena kekhasan gaya modifikasinya. Dalam perkembangannya, saat ini bengkel modifikasi Bratstyle juga merambah gaya scrambler dan tracker klasik.

Bratsyle

Bratsyle


2. Heiwa

Sama halnya dengan bratsyle, Heiwa juga merupakan workshop modifikasi yang bertempat di Jepang. hasil karya dari workshop ini memiliki ciri khusus, diantaranya tangki yang cenderung flat dan kecil serta wadah komponen kelistrikan di bawah jok yang memiliki bentuk yang unik. Biasanya memodifikasi motor cc kecil dan menengah. Gaya modifikasi Heiwa banyak diadaptasi oleh pemilik motor-motor cc  kecil dan menengah di negara-negara lain selain di Jepang, termasuk di Indonesia.

Heiwa

Heiwa

3. Cafe Racer
Cafe racer merupakan suatu pakem modifikasi yang dianut para biker di negeri2 Eropa saat awal kemunculan motor-motor cc besar Eropa (Norton, Triumph, dll) yang mengisi waktu luangnya dengan balapan dari cafe ke cafe (rest area). Tampilan motor para “racer” ini pun terinspirasi dari tampilan motor balap yang sebenarnya pada zaman itu, yaitu setang clip-on atau setang standar yang dibalik untuk mendapatkan posisi riding yang merunduk, buntut tawon dan aksesoris lainnya seperti visor atau half-fairing. Ciri khasnya pun sampai merembet ke para racer, yang biasanya menggunakan jaket kulit dan disebut Rockers.

Caferacer

Caferacer

4. Tracker
Gaya Tracker berasal dari motor dual-purpose yang bisa dipakai di segala medan, yang merupakan cikal bakal dari motor jenis trail yang didesain untuk merambah segala medan. Hampir semua pabrikan motor Jepang memproduki motor tipe tracker di tahun ’70 hingga ’90an awal, contohnya Suzuki dengan line-up TS, Yamaha dengan line-up DT, Honda dengan line-up XL, dan Kawasaki dengan line-up KE.

Tracker

Tracker

5. Scrambler
Gaya Scrambler pada umumnya mirip sekali dengan gaya tracker, ground clearence tinggi, bodi minimalis, ban tipe semi-trail, dll. Satu ciri khas yang membedakan scrambler dan tracker, adalah pada scrambler menggunakan knalpot yang melingkar ke atas mesin, mirip seperti trail pada masa kini.

Scrambler

Scrambler

6. Flat Tracker / Dirt Tracker
Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Basis motornya umumnya dari motor jalanan dan motor tracker yang dimodifikasi. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing. Motor balap di ajang flattrack tidak memiliki rem depan.

Flattrack

Flattrack

7. Board Tracker
Berasal dari sebuah ajang balap di trek tanah yg rata, booming lagi semenjak builder Chicara Nagata menjuarai kontes showbike internasional. Gaya boardtracker lebih “klasik” karena basisnya dari motor-motor sebelum masa Perang Dunia ke-1. Desain boardtracker benar-benar mengekspos tiap detail dari sepeda motor seperti bagian mesin, sasis, dan suspensi.

Boardtrack

Boardtrack

8. Street Tracker
Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya mirip tracker namun didesain untuk keperluan jalan raya. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran streettracker, seperti Suzuki Grasstracker dan Honda FTR. Gaya streettracker ini juga banyak diaplikasi oleh para modifikator di Indonesia. Gaya inilah yang seling disalah artikan sebagai gaya “japstyle”, disebabkan basis motor Jepang seperti Suzuki Grasstracker yang sedang booming di Jepang jadi identik sebagai motor yang mewakili gaya Jepang atau Japstyle.

Streettracker

Streettracker

9. Choppy Cub & Street Cub
Di Jepang, selain motor tipe sport juga ada motor dengan basis rangka underbone atau di Indonesia lebih dikenal dengan motor “bebek”. Untuk tipe motor underbone atau cub ini juga laris dimodifikasi dengan gaya yang nyleneh, yang booming adalah gaya Choppy cub dan Street cub. Gaya Choppy cub mengaplikasi pakem modif chopper, diantaranya pemotongan rangka dan bodi, posisi duduk yang cenderung lebih rendah dari standarnya, dan setang yang didesain cenderung meninggi. Gaya streetcub jauh lebih simpel karena ubahannya cendering sedikit, umumnya desain setang dibuat lebih simpel dan instrumen lampu juga dimodifikasi minimalis. Dalam perkembangannya, desain streetcub ini diolah sedikit lebih ekstrim contohnya dengan penggunaan ban tipe dual-purpose bahkan ban trail dan penggunaan knalpot yang menekuk keatas mesin seperti gaya scrambler.

Choppycub

Choppycub

Streetcub

Streetcub

10. Sinners & SoCal
Sedikit “melancong” ke luar Jepang. Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika. Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan menambahkan “bumbu” setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar, membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan. Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan salah satu “chapter” dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada umumnya.

Sinners

Sinners

Socal

Socal

11. Hotrod

Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.

Hotrod

Hotrod

This entry was posted in SHARE and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s