HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !

suzuki-thunder-125

Pemilik Suzuki Thunder 125, terutama tahun produksi 2004-2005 yang tidak memiliki kick-starter kerapkali mengalami masalah dengan kelistrikannya, yaitu pengisian kurang sehingga aki cepat tekor dan sulit distarter. Secara umum, yang kena judge pasti perangkat pengisiannya diantaranya sepul dan kiprok, tapi karena keduanya merupakan perangkat yang saling terhubung satu sama lain maka cukup sulit untuk menentukan bagian mana yang rusak. Kalaupun mau mengganti tentu banyak yang keberatan untuk menggantu keduanya sekaligus, karena harga kedua part tersebut cukup mahal. Jadi, bagaimana caranya menentukan part mana yang mengalami kerusakan?

Kali ini saya berbagi cara-cara mengecek perangkat kelistrikan Suzuki Thunder 125, cara-cara tersebut dikutip langsung dari service manual Suzuki Thunder 125. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri di rumah, asalkan ada perangkat pocket tester atau multimeter (AVOmeter).

1. Pemeriksaan Hasil Pengisian

Hidupkan mesin dan tahan pada putaran mesin 5000 rpm.
Dengan pocket tester / multimeter, ukur tegangan DC antara kutub batere/aki positif dan negatif.

pengisian

Bila nilai tegangan berada dibawah 13,5 volt atau diatas 16 volt, periksa unjuk kerja generator AC (sepul) tanpa beban dan regulator/rectifier (kiprok).

2. Unjuk Kerja Generator AC Tanpa Beban

Lepaskan sambungan / soket ketiga buah kabel dari terminal generator AC (sepul).
Hidupkan mesin dan tahan pada putaran 5000 rpm. Dengan pocket tester, ukur tegangan AC di ketiga kabel.

sepul

Bila tegangannya dibawah 70 volt, artinya generator rusak.

3. Regulator / Rectifier

Gunakan pocket tester (skala x 1K ohm), ukur nilai tahanan diantara kabel-kabel sesuai tabel berikut.

kiprok

ket :
M = kabel merah
H/P = kabel hitam strip putih
H = kabel hitam

Bila tahanan tidak sesuai, ganti regulator / rectifier (kiprok).

 

Itu adalah cara-cara pengecekan berdasarkan buku manual servis Suzuki Thunder 125 keluaran Suzuki. Tapi pada prakteknya ada beberapa hal yang jadi penyebab dari kurangnya pengisian,dah hal-hal ini terkadang terlihat sepele tapi sangat berpengaruh pada proses pengisian pada Thunder 125. Hal-hal tersebut diantaranya :

1.Cek kebocoran arus di kabel bodi

Selain pengecekan komponen-komponen pengisian, kabel bodi juga harus dicek kondisinya, apakah ada bocor arus atau tidak. Gejala bocor diantaranya adalah voltase aki turun jika motor didiamkan dalam waktu yang lama, padahal hasil pengecekan diatas tidak menunjukkan gejala abnormal, dengan kata lain kondisi sepul, kiprok, dan aki masih bagus. Cara pengecekan kebocoran aki adalah sebagai berikut :

Sumber: Motorplus

Sumber: Motorplus

Posisikan kunci kontak di Off, copot kabel negatif aki, ukur menggunakan multitester pada posisi mili ampere (mA). Kabel hitam tester ke kutub negatif aki dan kabel merah tester ke kabel negatif, jika hasil pengukuran lebih dari 0,01 mA maka dipastikan ada kebocoran arus di area kabel bodi. Solusinya adalah pengecekan komponen-komponen kelistrikan dengan cara melepas soket satu persatu sambil tetap diukur kebocorannya hingga ditemui part mana yang menimbulkan kebocoran paling besar. Solusi terakhirnya adalah dengan mengganti kabel bodi dengan yang baru.

2. Kondisi dan kebersihan sekering

Fungsi sekering Thunder 125 sangat krusial karena posisinya ada di jalur pengisian juga, jika kondisi sekering kotor atau berjamur maka pengisian dari kiprok ke aki juga jadi kurang maksimal dan aki cepat tekor juga. Cek kondisi sekring dan soketnya, jika sudah tidak bagus segera ganti, jika kotor segera bersihkan dengan cara disemprot menggunakan penetran. Tips dari beberapa rekan saya, sebaiknya sekring standar yang tipe tabung diganti menggunakan sekring gepeng /sekring kotak karena lebih awet dan tahan guncangan. Tapi usahakan soket sekringnya menggunakan yang bagus agar tidak mudah meleleh, gunakan soket tipe keramik agar awet dan mengurangi resiko kerusakan.

3. Kondisi kabel-kabel dan soket

Periksa kondisi kabel-kabel dan soket dari keluaran sepul, karena posisinya dibawah tangki seringkali soketnya kotor, segera bersihkan. Selain itu terkadang saat kita membongkar pasang bodi/tangki kabel dari sepul ini sering tertarik-tarik, maka dari itu cek juga kondisi kabel di bagian soketnya, jika hampir putus segera perbaiki. Selain kabel dan soket dari sepul, cek juga kabel dan soket dari kiprok. Pengecekannnya sama, bersihkan dan perbaiki jika hampir putus. Pengecekan ini bisa menghemat biaya daripada mengganti unit sepul atau kiprok secara utuh, tentunya dengan catatan kondisi sepul dan kiproknya sudah dicek terlebih dahulu dan hasilnya masih sesuai standar diatas.

4. Kondisi kutub aki dan kabelnya

Perhatikan kondisi kebersihan kutub aki, jika ada serpihan-sepihan putih segera bersihkan dengan air panas, olesi dengan vet/gemuk agar sebuk putih di kutub aki tidak muncul lagi. Untuk perawatan, semprot dengan penetran tapi jangan terlalu banyak. Selain itu cek juga kondisi soket dan kabel yang terpasang ke aki, terkadang kabel merah besar yang terpasang ke aki putus atau hampir putus dari terminalnya karena sering dibongkar pasang, perbaiki segera jika kondisinya hampir putus

5. Kondisi perangkat elektrik starter

Selain masalah pengisian, masalah starter juga menjadi penyebab susah starter di Thunder 125. Tapi sebelumnya cek dulu ciri-ciri kerusakan di perangkat elektrik starter, yaitu biasanya mesin susah menyala saat menggunakan elektrik starter tapi kondisi klakson, sein dan lampu depan masih bisa menyala dengan baik.

Pengecekan kondisi perangkat elektrik starter ada beberapa kondisi :

– Starter menyala dan dinamo berputar tapi tidak kuat menyalakan mesin. Hal ini biasanya disebabkan dari kurangnya tegangan dari aki atau kondisi brush dinamo sudah habis. Cek pengisian dan cek juga kondisi brush dengan cara membongkar dinamo starter, untuk pengecekan dan pembongkaran dinamo starter lebih baik serahkan pada ahlinya

– Dinamo starter tidak berputar tapi terdengar bunyi “ctek” di area bawah jok depan. Kondisi ini menandakan bendik starter masih bagus tapi kondisi aki sudah sangat lemah atau dinamo starternya yang sudah rusak, charge ulang aki dan cek lagi starternya, jika masih sama kondisinya maka lebih baik dinamo starternya diganti saja

– Tidak ada suara sama sekali saat elektrik starter dinyalakan. Sebelumnya cek dulu sein, klakson dan lampu depan jika masih bisa menyala dengan baik bisa jadi bendik starternya sudah rusak, jika tidak cek kondisi kabel-kabel di dalam panel sakelar kanan setang, buka panel sakelarnya lalu cek kondisi kabelnya terutama kabel tombol starter dan engine cut-off, jika ada yang putus segera perbaiki atau sekalian ganti saja panel sakelarnya. Jika saat pengecekan sein dan klakson menyala tapi lampu depan tidak menyala, cek soket dari panel sakelar setang sebelah kanan, posisi soketnya biasanya dibawah tangki tapi di beberapa tipe Thunder ada yang posisinya di dalam batok lampu, betulkan jika soketnya longgar atau ada kabel yang putus. Jika saat pengecekan sein dan klakson semuanya tidak hidup, cek kondisi sekring, ganti dengan yang baru lalu cek lagi.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di HOWTO dan tag , , . Tandai permalink.

293 Balasan ke HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !

  1. Panji berkata:

    Gan, minta alamat emailnya
    Saya bener bener butuh bantuan seputar masalah thunder 125.
    saya sudah gonta ganti aki, kiprok, sepul, tapi ttep aja masalah klistrikan dan aki tekor terus terjadi.

    Saya domisili di CIlegon dan CIkupa Tangerang

    • risqy fernando berkata:

      mas mau tanya saya punya motor thunder thn 2005 saya ganti sepulnya yang baru kiprok orinya tapi kenapa ya mas kiproknya kok jadi panas saya sampai pinjam kiproknya temen barang kali saya kira kiproknya tapi sama juga panas kira kira apanya ya mas

  2. Arie berkata:

    Mau tanya seputar suzuki thunder 125, saya punya suzuki thunder 125 tiap jalan di rpm rendah selalu ngebrebet tapi klo rpm tinggi ga terlalu kerasa, karbu dah di ganti pake punya rx king busi juga pake yg racing tp tetep aja ngebrebet. Kira2 kenapa ya ?

  3. harun zain berkata:

    Mantap Bro, thanks atas infonya” Tipe-X Palembang

  4. yono berkata:

    saya sudah cobe segala petunjuk yang bos sarankan tadi tapi tetap saja motor saya gak mau hudup,,,,,,,,,, ada gak jalan lain selain dari pada itu yang lebih simple lagi

    • mochyuga berkata:

      jika semua aspek kelistrikan dan pengapian sudah dicek tapi motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan besar klepnya bengkok atau ring piston rusak. monggo dicek dulu… tidak ada cara yang lebih simpel daripada dicek langsung, bukan hanya menerka

  5. Muhammad Fitra berkata:

    tau harga kiproknya gak gan?..

  6. Ilyas Agger berkata:

    Bro, mau tanya thundie saya thn 2005 (non Engkol), motor gak mau nyala indikator bensinnya alias tidak ada kontak kelistrikan, kalau hidup itu jg cuma sebentar aja gejalanya motor ngebrebet kalau gas dinaikan dan kehilangan tenaga dan langsung terlihat turunnya indikator bensin yg artinya hilang listrik (kunci kontak belakangan ini agak susah). bengkel langganan bilang ini bisa jadi manipolnya (pipe assy, intake) yg sudah rusak dan memang sudah retak2 tapi saya ragu karena kehilangan listrik tsb. Pertanyaannya apakah memang kunci kontaknya yg harus diganti atau manipolnya?. bro email atau share disini juga boleh & kalau boleh no hp ya krn biar jelas dan mau tanya lsg.

    • mochyuga berkata:

      hilangnya listrik kemungkinan besar disebabkan kondisi sepul yg udah ga fit, biasanya udah gosong, sekalipun aki disetrum full cuma bertahan sebentar aja, ga lama pasti drop lagi kelistrikannya. makanya cek dulu aja kondisi sepulnya, kalo belum gosong cek akinya apa udah minta diganti atau belum. tentang pengecekan pengisian kelistrikan udah saya jelaskan panjang lebar diatas ya, langsung dipraktekkan aja..

      tentang brebet, mungkin memang dari manifoldnya, tapi kalo kondisi kelistrikan memang drop ya bakal bikin brebet juga soalnya api busi ga gede, karbu disetel iritpun tetep bensinnya ga kebakar semua karena api businya kecil, akibatnya brebet dan tenaganya hilang.

      makanya paling pas sih cek dulu pengisiannya, kalo terbukti abnormal cek part2nya kaya sepul, aki, & kiprok. kalo semua udah normal baru gani namifold & seting ulang karbunya

  7. Salman berkata:

    Mas Brur MochYuga… tengkiyu banyak tipsnye… kebetulan banget,, petir ane (2005) juga udah 2 bulan bedebu doang niy,,, kaga’ idup,, cuman ane belon brani praktekin sendiri niy brur, motor ane kalo didorong siy masih bisa… cuman kalo udah 2 bulan ga’ diidupin mesti kepuncak dolo’ niy nyari turunan yang curam….hehehehe…. kalo ga’ begitu cape’ bener ;(

    • mochyuga berkata:

      sama-sama mas, kalo nyoba ngukur-ngukur doang pake mulitmeter bisa kali, itung-itung belajar mas hehe
      kalo 2 bulan didiemin baiknya sih kabel akinya dilepas aja, kadang seminggu ga dipanasin pun suka berat starternya lho, kebetulan thunder saya juga 2005 problemnya juga sama, tapi alhamdulillah setelah ganti sepul baru dan aki baru sekarang greng lagi, PRnya cuma kabel bodi yang udah berantakan kayanya musti diganti baru juga biar makin tokcer hehe

  8. ma'a berkata:

    anna punya thunder 2005 udah hampir 6 bulan ga nyala karena dah males susah idup di biarin, kalo mau idup harus di carger dulu baru bisa di starter, setelah dipake besoknya ga mau idup lagi di charger lagi idup lagi dan ber ulang-ulang. ada saran buat permasalahan motor anna mohon sarannya!

    • mochyuga berkata:

      coba sepul sama akinya diganti yang baru dulu bro, insyaallah sembuh penyakitnya hehe

    • harun berkata:

      Bro,numpang dikit nih,adek aku jg punya motor tander yg doubel starter,tp kalo di pakek bentar ja mati kira2 jarak 1kilo mati,klo mau d idupin lg nunggu adem dlu,kira2 masalahnya Dmn mas bro

      • mochyuga berkata:

        mesin panas banget ga? kalo panas banget apalagi ditambah suara berisik segera ganti oli & filter olinya. kalo ga terlalu panas cek sauran bensin lancar atau engga, masalahnya biasanya di tutup tangki, lubang pernafasannya mampet jd bensin ga turun ke karbu makanya mesin mati

  9. ma'a berkata:

    kalo ganti ma aki kering ga pa2 suhu?

    • mochyuga berkata:

      ga apa-apa sih, asal siap aja sama resikonya hehe

      aki basah : kalo ngedrop, dipake jalan masih bisa keisi lagi setrumnya
      aki kering : kalo ngedrop ya wasallam

      kalo thunder non-kick pake aki kering terus akinya tiba-tiba ngedrop berarti motor bakal ga bisa jalan sama sekali karena supply listriknya bener-bener ngambil dari aki
      bayangkan kalo aki ngedrop di tengah-tengah perjalanan jauh, jauh dari bengkel, jauh dari pemukiman, artinya anda harus dorong motor dengan jarak yang jauh, sudah siapkah dengan resiko itu? πŸ™‚

  10. surahmanade berkata:

    sore gan . , mau tanya ttg starter
    ane punya thunder 2005 tanpa kick,
    pas ane statrer tuh cuma bunyi ctek ctek di bawah jok, dinamo starter nya juga g muter, sekalinya muter tapi g hidup, trus busi udah ganti baru , di cek juga busi masih keluar listrik

    pertanyaanya itu masalah di apanya ?? mohon penjelasannya
    apa mungkin aki saya udah jelek ?

    • mochyuga berkata:

      bisa jadi aki lemah, coba dikuras dulu dan setrum ulang, bisa langsung ke tukang aki biar sekalian dicek kondisi akinya, kalo memang udah jelek lebih baik diganti daripada nantinya bakal merusak sepul.
      selain itu bisa juga gara-gara brush dinamo starter udah abis karena terkikis, musti diganti yang baru

  11. mantray berkata:

    anna punya thunder 125 thn 2005 sering mati kalo di pake ngebut tapi suka hidup lagi terus berulang tiap di pake ngebut kira kira apanya bro mohon sarannya,,,,

  12. hendra berkata:

    gan, thunder ane kalo di gas gk ada tenaga nya .

    part2 kayak aki, kiprok , spull udah ganti semua belom lama. ( paling lama setahun )

    dari knalpot juga gk ngebul kok.

    itu kira2 kenapa ya gan ?

    tanjakan gk kuat.
    pas jalan kalo ngelepas kopling itu respon nya lama banget.

  13. Kurniawan Setiabudi berkata:

    Mas tau harga Spul thunder 125cc?
    SEbelumnya terima kasih pencerahanya, jadi tau soal masalah kelitrikan thuder 125.

  14. lucky berkata:

    hallo gan
    minta bantuannya
    saya pnya mtr thunder 125 non kick
    saya bingung dengan kelistrikannya,
    kenapa lampu besar saya tiap motor dalam keadaan nglangsam lampunya redup, tp kalau saya gas lampu nyala terang padahal setau saya lampu mtr thunder kan langsung ambil dari aki.
    nah saya coba beli lampu fareasi namanya strobo biar kaya police gtu gan hehehe
    saya cobanyalain lampu srobo saya langsungkan ke aki, mesin motor dalam keadaan mati lampu strobo kiri kanan menyala (normal) ,tp kalau motor keadaan menyala lampu strobo yang hidup cuman kanan aja,.
    kerusakan apanya ya gan tolong d bantu,
    trimss,,

  15. thor berkata:

    Yg No.1 pemeriksaan hasil pengisian dan no.2 kan penjelasannya utk mesin hidup bro,nah klo dlm kondisi mesin mati/tdk hidup/didorong jg ghdup g tdk hidup gmn ya cara ngeceknya,klo dibongkar otomatis oli jg hrus dikosongkan dlu kan ya.. mksh bro pnjelasannya.

  16. thor berkata:

    Yg No.1 dan no.2 kan penjelasannya utk mesin hidup bro,nah klo dlm kondisi mesin mati/tdk hidup/didorong jg ghdup gmn ya cara ngeceknya,klo dibongkar otomatis oli jg hrus dikosongkan dlu kan ya.. mksh bro pnjelasannya.

    • mochyuga berkata:

      no 1 jelas ga bisa dilakukan jika mesin mati
      no 2 bisa dilakukan dengan cara cek fisik langsung. buang oli, bongkar mesin, buka sepul dari dudukannyad i dalam blok kiri, bersihkan oli yang menempel, lehat kondisi fisiknya jika ada komparan yang hangus berarti kemungkinan besar unjuk kerja sepul sudah tidak maksimal lagi

      • darul berkata:

        thunder ane ko sebelom ganti klep di stater mudah, trus stelah ganti klep di stater ga bisa.. kudu di dorong baru nyala knapa ya…. trus klaksonya g bunyi tp klo gas gede baru bisa bunyi klaksonya… minta solusinya om…..

  17. D'R berkata:

    Kang kenapa yah kalau di buku panduan sekring thunder ada 2 sedangkan aslinya cuma 1. Terus pakenya yg benar berapa ampere? 10 atau 15? Kalau di Beres di saranin pake yg 10A tapi thunder yg udah KS pakenya yg 15A, saya pernah pake yg 15A karena yg 10A lg gk ada, ehh… Akinya tekor mulu. Emang pengaruh kepengisian yah Kang Ampere sekring? Trus kalau rumah sekring kotak keramik harganya berapa yah? Saya pengen ganti karena sekring bulet sering copot kepalanya jd harus di lem dulu kalau mau di pasang biar aman gk gampang copot. Makasih sebelumnya, maaf udah ngerepotin.

    • mochyuga berkata:

      harusnya 15A, bengkel nyaranin pake 10A mungkin biar cari aman, kalo konslet sedikit langsung putus sekringnya jadi lebih aman. ga ada pengaruh ke pengisian wong sekring statusnya cuma pengaman aja. rumah sekring kotak keramik harganya 30-50ribuan, carinya di bengkel mobil biar dapet yang bagus

  18. Bro Ane mau tanya , tentang thunder ane yang non-kick stater . saya bingung , stater dan lampu semua mati , sedangkan klaksonnya masih nyala suaranya klakson masih besar / Normal …
    itu ada masalah apa ya bro —

    MOHON BANTUANNYA BRO

    • mochyuga berkata:

      cek kabel-kabel di dalem panel saklar setang yang kanan dan soketnya yg warna hitam di bawah tangki, biasanya gara-gara kabel negatifnya putus. kalo putus mending ganti baru aja panel saklarnya

      • tadi sudah di cek dan bisa hidup lagi , waktu ane test kelancaran listrik . ternyata lancar2 saja , tp saat ane gas agak kencengan , kabel kontak motornya mala kebakar dan motornya jadi mati semua , di kabel kontak nya kabelnya gosong kebakar , tp pada bagian kabel lain gak ada yang bekar , sudah ane coba , menyambungkan kabel langsung ( ngambil pengapian atas ) tetap saja gak mau nyala ?? ….
        itu terjadi kesalahan dimna ya bro ??, ane bingun takutnya nanti mala gak bisa tahun baruan . jika terjadi kesalah di kabelnya dan ane mau ganti semua kabel nya kira2 berapa ya harganya

      • mochyuga berkata:

        pasti ada konsleting, sekring masih kepasang ga? harusnya kalo sampe ada konslet pasti sekring duluan yang putus, kalo dilangsungin jelas bakal kebakr kabel bodinya. klo kabel bodi set kisaran 250ribuan, kunci kontak ori (harus satu set sama tutup tangki & kunci jok) kisaran 300ribuan. kalo kabel bodi lokal 80-100ribuan, kunci kontak lokal kisaran 50-80ribuan

  19. nata berkata:

    Slm kenal gan,,mau tanya neh,,,szk thunder saya abis nyala trus dimatiin,,,lalu di idupin lg susah gan idupnya,,,kira2 apa ya gan?mohon pencerahannya gan,,,,

    • mochyuga berkata:

      paling mudah cek businya dulu, kalo kondisinya udah kotor mending diganti baru aja. kalo masih juga berarti udah waktunya servis, kalo umur motor udah diatas 3 thun & belum pernah servis besar mending servis besar + skir klep sekalian

  20. peter berkata:

    Cek karbu aja gan mungkin banjir!! Klo gak busi kotor

  21. zainal berkata:

    salam kenal gan… mo tanya kalo 1 set dinamo starter harganya kisaran brp??

  22. Charles berkata:

    Permisi mas …saya mau tanya kalo thunder 2005 bisa d modif pake kick stater gk….
    d jual gk aksesoris’a…

  23. Alfian berkata:

    permisi mas saya mau tanaya thunder ane ada kick starternya, karbu ganti pe 26, busi iridium, pas di starter ga mau nyala cuma bunyi ctek2 di bawah jok, tapi lampu nyala normal, klakson juga bunyi normal, padahal paginya starter nosmal eh 2 jam berikutnya gak bisa nyala

    • mochyuga berkata:

      kalo dikickstarter nyala ga mas? mungkin dr dinamo starter atau kabel dinamo starternya, dicek aja mas kabelnya terus dites jg dinamo starternya mungkin ada yg putus

      • Alfian berkata:

        yang itu udah beres gan ternyata busi, mau nanya kalo pe 26 di thunder spuyer yang pas ukuran berapa ya sama posisi jarum di mana?

      • mochyuga berkata:

        hemm jujur belum pernah nyeting karbu PE26 buat thunder nih, tapi kalo PWL26 di thunder standar punya temen pasnya pake pj 35, mj 112, klip jarum skep di posisi ke4 dr atas, coba aja setelan begitu, nanti liat busi lagi, kalo pinggirannya item gedein bukaan setelan angin, kalo bagian tengah busi yg item berarti setelan jarum skep belum pas atau mj masih kegedean

      • Alfian berkata:

        itu pake spuyer motor apa ya mas, kira2 sama ngga kalo di pasang di ni karburator

      • mochyuga berkata:

        beli spuyer aftermarket merk kitaco mas, kalo nyari kanibal dr karbu lain ga ada yg ukuran segitu πŸ™‚ kalo PE sih bentuk spuyernya sama ama PWL bisa saling tuker

  24. ary w berkata:

    Siang gan, kl spul – kiprok – aki & koil nya baru tp posisi lampu utama nyala kl mau klakson / sein kanan & kiri selalu ngedip & klakson gak da bunyi nya. Mohon solusi nya dari agan agan? Trims

    • mochyuga berkata:

      itu sih biasanya pertanda setrum aki lemah, waktu ganti aki dicharge dulu ga akinya? kalo voltase aki normal & pengisian jg normal berarti bisa jadi kabel bodi ada yg konslet (positif ke positif) coba dicek dulu terutama area kabel bodi yg deket komstir, rawan bermasalah disitu

  25. mas boleh minta email, whatsapp, atau nomer hp nya? ada yang mau tanyain tentang sepul dan aki motor thunder saya mas T.T rusak terus, kalau boleh minta tolong whatsapp/sms saya di 085780182184 atau email : toppcomptech@gmail.com ya mas.. makasi sebelumnya..

  26. hary berkata:

    Gan,,mau tanya…kalo dinamo stater putarannya terbalik itu faktor apa ya? Tapi kalo rangkaiannya sendiri dari aki ke bendik sudah benar?mohon solusinya

  27. D'R berkata:

    Kang apa bedanya sih aki kering biasa sama aki Motobatt? Bukannya ke 22nya menggunakan cairan berupa gel untuk merendam sel2 di dalam akinya. Trus Motobatt cocok gk buat thunder?

    • mochyuga berkata:

      aki kering masih pake cairan asam sebagai elektrolitnya, cuma cairan asam itu menyerap ke elemen absorbant glass mate (AGM) yg jadi separator di kutub positif sama negatif aki. sementara aki gel memang pake bahan serupa gel yg lebih kental dari cairan asam biasa sebagai pengganti cairan asamnya, tapi masih berupa cairan, beda sama aki kering yg cairannya menyerap ke AGM jadi semacam kanebo lah hehe
      kalo menurut saya sih, berdasarkan berbagai pertimbangan, buat thunder lebih cocok pake aki gel daripada aki kering, jadi motobatt bisa aja dipake di thunder, cuman buat jaga2 cari yg speknya lebih tinggi dari aki bawaan thunder, aki thunder kan 8Ah, minimal pake yg 9 Ah biar ga overharge, soalnya kalo sampe overcharge ya sama aja ama aki kering, kembung, dibuang deh hehe

  28. sadam berkata:

    untuk thunder 2005 ku ,,mantap banget info nya..saya udah 3 bln jalanin trik tambah socket dari kiprok lsg ke aki tanpa ada masalah sama sekali..saya mau tanya..kalo kita nyalain lampu sen.lampu lain ko rada redup ya..trus rada2 ikut goyang atau ngedip alus gitu..knapa ya..dan bahaya gak..tanks sbelumnya..

    • mochyuga berkata:

      itu biasanya pertanda voltase aki udah mulai melemah, coba dicek dulu aja. pengeekan kondisi aki sebaikny dilakukan dengan alat khusus, biasanya ada di toko aki

      • Agi Muffi berkata:

        pa mau nanya kalau busi nya hitan terus sering mati businya mesin panas jadi satu hari teh kalaw pake motor itu harus bawa dua apanya ya pak

  29. Dede scoot berkata:

    Om lampu depan matanya dua”nya nyala ga sih?

  30. Dede scoot berkata:

    Klo saya kontakin lampunya dpn dua”nyala saya pake lampu yg kakinya tiga soalnya saya make vering ninja. wattnya 35watt

  31. D'R berkata:

    Kang kalau pake aki 10Ah punya thunder250/Binter mercy di thunder125 cocok gak? Coz lbh murah harganya : D

    • mochyuga berkata:

      cocok koq, banyak yang pake malah terutama buat thunder non-KS, soalnya kiprok thunder non-ks sama dgn kiprok thunder 250 jadi masih sanggup buat melayani pengisian aki 10 Ah

      • D'R berkata:

        Tapi denger2 posisi (+) dan (-)nya beda yah Kang ama aki thunder 125?

      • mochyuga berkata:

        bener banget, jadi buat kabel negatif ground (kabel item gede dari kutub – aki ke baut blok mesin) posisinya dipindah, tinggal cari baut blok mesin yg deket aja. cara ini lebih aman daripada nyambung kabel tambahan

  32. D'R berkata:

    Makasih banyak Kang

  33. byrandals berkata:

    Gan mw sharing n tanya.. motor ane klo pke CDI standar tu gk mw hidup, cuz apinya kecil n merah warnanya, pdahal udah ganti baru jg cdi n koilnya.. Tp setelah ane cangkok cdi pke cdi shogun kebo baru bisa nyala ni motor krna apinya gede n biru warnnya.. Mlahan ane pke 2 cdi shogun skrg.. Motor jd enteng n gk brebet, kArbu ane gnti jg pke pe 28.. Trs kira2 ni nnti brmslah gk gan dg sistem klistrikan n mesinnya gan..? Mhon pencerahannya gan.. Mksh

    • mochyuga berkata:

      Kalo terbukti bisa jalan normal ya gapapa, cuman musti lebih teliti lh sama gejala-hejala ug ditunjukkan mesin terutama di rpm tinggi, kalo ada pincang (missfire) atau brebet dll mending dicek ulang. Kalo kelistrikan sih ga masalah, sama-sama DC-CDI koq

    • mohamad SYARIP berkata:

      sy cb modif sendiri buat spul jln, cdi honda grand masil maxsimal gan

  34. Putra berkata:

    Biaya ngerubah thunder 2004 agar ad kick starter, kira2 habis berapa gan.
    Tankz bnget,

  35. yaskur berkata:

    Met maleem gan minta solusinya gan thunder saya kalo lagi jalan trus nyalain lampu mesin jadi mati tapi kalo gak pakai lampu gak apa, aki dalam kondisi oke. Apa antara kiprok atau spul nya yaa mohon pencerahan nya dong trims

    • mochyuga berkata:

      thundernya taun berapa? kalo generasi awal (2004-2006 awal) kemungkinan besar dari kabel bodi, kalo yg generasi kedua kemungkinan besar dari kiprok

  36. deka berkata:

    Gan saya mau minta tolong nih,,,thunder saya awal nya lupa cek air aki karna pake trik om mochiguya,,skarang mati gak mau hidup,,kalo lampu2 dan klakson sih nyala,,,saya dah cas aki lg,,karna air aki gak sampe kering banget,,cuma tinggal stengah aja,,motor saya gak ada api nya !,,busi dah baru,,coil dah di coba ke mtr smash masih kluar api biru,,tapi cdi blm tau,,yg saya mau tanya slain cdi apa yg harus di cek kalo thundr gak ada api nya,,tkut dah beli cdi malah blm nyala..trus ada yg bilang spul nya,,,kalo cara cek spul normal gak nya gmana tapi dalam keadaan mati dan tanpa alat khusus kaya multitester,,,makasih om,,,,

    • mochyuga berkata:

      cek sepul dalam kondisi mati, satu-satunya cara musti buka blok mesin kiri, cek kondisi fisik sepulnya kalo ada gulungan yang gosong berarti sepul musti diganti.
      untuk pengecekan pengapian, sebelumnya perlu dipastikan lampu-lampu & starter eletrik nyala ga? kalo semua ga nyala bisa jadi penyebabnya dari sekring, kalo lampu-lampu nyala tapi starter ga nyala berarti kemungkinan besar kabel dari saklar engine cut-off ada yang putus, kalo kondisi semuanya normal tapi ga ada api busi kemungkinannya tinggal 2, CDI atau pulser yang mati

      • deka berkata:

        Kondisi stater,listrik,dan klakson semua
        normal,,,tapi saya cek kabel cdi yg menuju ke coil
        yg 2 kabel itu,yg satu ada strum nya,,brarti kan cdi
        masih bagus ya om,? Tapi kok di pasangin koil lg
        masih gak ada apinya,,,awal mati nya di parkiran
        bukan pada saat jalan,,pas di cek air aki nya tinggal
        seperempat,,,skarang blm nyala jg,,
        Apa spul yg mati pengaruh ke pengapian yg gak ada jg? Tanks sbelumnya om….

      • mochyuga berkata:

        Pasti, karena pengapian motor modern yg menggunakan cdi pasti butuh arus listrik baik dari sepul ataupun dari aki, beda sama motor yg masih pakai platina.

  37. deka berkata:

    Om kalo cek cdi kabel yg ke koil yg 2,salah satu nya masih ada strum nya gmana,,masih bagus gak cdi nya,,,

  38. Sambo berkata:

    Gan ap bsa ngadain pengapian pada busi motor tander tanpa aki……..lw bisa gimana caranya yea……tlong yea

    • mochyuga berkata:

      Secara teknis ga bisa, kelistrikan thunder skemanya DC dimana aki jadi jantungnya kelustrikan. Kalo dicabut, ya ga bisa hidup

      • thunderia berkata:

        Eh,masa? Thunder ane kick starter,dicopot akiny msh jalan…,lampu besar dan sign hidup. Prasaan jalur listrik msh standar

  39. D'R berkata:

    Kang Yuga penyebab
    spull thunder gosong/
    mati apa aja yah? Trus
    penyebab yg paling
    sering terjadi apa? Trus
    knp spull thunder gk se awet motor lain yg sama
    menganut kelistrikan
    DC? Apa dari bahannya yg
    kurang bagus atau dari
    sistem karjanya atau
    dari kitanya yg gk faham cara/trik merawatnya?
    Makasih Kang Yuga, rada
    panjang habis saya
    penasaran ko saipul
    thunder sering masalah. Udah bnyak nanya salah tempat lg, hehe.. πŸ˜€ jd malu di omelin lg ama si Akang Yuga πŸ˜€

    • mochyuga berkata:

      Berdasarkan pengalaman dari beberapa temen, kebanyakan penyebab utama gosongnya sepul adalah telat ganti oli atau penggunaan oli yg ga cocok, dengan kondisi oli yang kotor atau kekentalannya berkurang atau volumenya yg berkurang kondisi sepul bakal panas berlebih terutama kalo motor masih sering digeber di rpm tinggi.
      penyebab kedua, faktor perawatan. soket dan sambungan kabel punya umur pakai, apalagi kalo jarang dibersihkan dan dicek maka aliran listrik jadi kacau, tegangan bailk dari kontrol kiprok yg harusnya dibagi merata jadi terbeban di satu gulungan, disitulah biasanya mulai muncul gosong
      penyebab selanjutnya, modifikasi kelistrikan. saat beban kelistrikan ditambah kerja sepul juga tambah berat, proses kontrol tegangan di kirpok justru malah berimbas balik ke sepul

  40. wahid berkata:

    Gan cara ngecek CDI tanpa stater bs g klo pake aci doang

  41. rijal berkata:

    mau nanya gan, klau speedometr dan rpm mati, apanya ya yg rusak…mohon infox gan…makasih

  42. santos berkata:

    salam kenal mas,, saya mau nanya, kenapa ya motor sya kalau dihidupin suka nyetrum kalau dpegang bodynya? dan setrumnya lumayan besar.

  43. Eko berkata:

    Ediisi stres berat gan, sya pnya thunder 2005 non kick. Stiap saya nyalain pke doble starter mesin ga mw hidup. Itu maslah d apanya gan? Busi pa cdi. Prnah busi saya lpas trs sya nyalakan doble stater tdk kluar bunga api. Busi kondisi baru. Mhon pncerahanny.

  44. Dody berkata:

    Gan tander ane thun 2004,2006 pengapian mati total sdah ganti spul baru cdi baru coil baru di bawa ke bengkel malah di acak2 jalur’a jadi bingung mw balikin tolong gan gambarkan rangkaian pengapian’a krim ke emailku ya gan d2kaja@gmail.com

  45. adi berkata:

    Misi gan motor saya suzuki tunder125 kalau jalan sering mogok dan kipprok nya jadi panas dan susah nyala mohon apa solusinya

    • mochyuga berkata:

      kiprok panas sih wajar, kerja komponen kiprok memang bakal menimbulkan panas, makanya kiprok ada sirip2nya buat pelepas panas. masalah sering mogok, penyebabnya bisa macem2, bisa dari pengapian atau masalh karburasi, sebaiknya cepet2 servis besar ke bengkel suzuki

  46. D'R berkata:

    pengecekan tegangan spull tester negatif ke body yah Kang?

  47. Pras Perkasa berkata:

    mau tanya mas, thunder ane tahun 2004 tanpa engkol .. kemarin itu mati total gak bisa distater sama sekali terus ane bawah ke bengkel akinya distrum eh tetep gak bisa nyala akhirnya ane putusin buat belui aki baru tapi kenapa ya kok kadang saat dibuat jalan pelan kayak gak dapet gas gitu trus gasnya ditarik lebih dalem baru nyantol .. kira2 itu kenapa ya > oh ya ada tips gak buat ngerawat motor satu ini ? soalnya kan gak ada kick staternya jadi kayaknya kelistrikannya kudu dijaga bener2 heheh πŸ˜€ oh ya sekali lagi kira2 ada cara gak buat ngakalin saat kondisi gak bisa distatrer gitu tapi bisa nyalain mesinnya, semacam dikereta gitu (didorong) … makasih mas maaf banyak nanya πŸ˜€

    • mochyuga berkata:

      cek pengisiannya dulu mas, aki baru kalo sepul udah amsiong ya tetep tekor jg heheh..
      tentang perawatan sih sebenernya simpel, ganti oli jangan sampe telat & ga perlu pake oli “racing2an” biar sepul ga gampang gosong, perawatan kelistrikan yg penting kondisi sekring dipantau soalnya itu satu2nya gerbang yg ngasih kode kalo ada masalah di kelistrikan, lampu redup atau starter ga kuat langsung periksa kelistrikan ke bengkel, jangan ditunda2.
      buat nyalain motor non-ks ada dua cara pertama didorong dengan kondisi masuk gigi 2 atau 3 tapi koplingnya ditarik, pas udah didorong agak kenceng langsung lepas koplingnya, kalo mesin nyala mainin aja gasnya sambil netralin lagi. cara kedua bisa ditarik kaya nyalain mesin kompresor, masukin gigi 4 atau 5, pasang standar tengah, puterin ban belakang sekuat tenaga ntar mesinnya bisa nyala koq πŸ™‚

  48. khairun berkata:

    Mas,kalo sepulnya di ganti pake yg lokalan kira2 harganya berapa?dan tahan lama ga?terus kalo kita ganti sendiri sepulnya kira2 ribet dan susah ga?mohon petunjuknya master,trims

    • mochyuga berkata:

      sepul lokal kalo ga salah sekitar 150ribuan mas, masalah daya tahan sih untung2an, kalo dapet yg bagus ya bisa tahan kaya ori, tapi kalo dapet yg jelek belum setahun jg bisa memble hehe… yang penting perawatannya mas, ganti oli & filter oli rutin biar sepulnya ga kepanasan & cepet gosong. kalo mau ganti sendiri gampang koq tinggal buka blok kiri aja, tapi musti punya obeng getok soalnya baut sepulnya agak susah dibuka & ngencenginnya jg harus kenceng

  49. khairun berkata:

    Ok kang yuga tengyu,ow iya kang kalo di bandung bengkel bagus buat service thunder daerah mana ya?

    • mochyuga berkata:

      kalo langganan saya sih di bengkel suzuki sanggar mas jaya bypass sebrang metro, deket kawaluyaan. atau kalo mau yg bisa kompromi sama part2 lokalan biar irit bisa ke daerah caringin belakang pasar deket borma, ada bengkel langganan club thunder bandung disitu

  50. khairun berkata:

    Ok kang yuga trims

  51. Pras Perkasa berkata:

    mas mau tanya lagi, kemarin thunder ane mogok lagi, pas di cek kelistrikannya ternyata pas bagian spul katanya gk nyala atau gk ada listriknya gitu tapi kl akinya uda distrum maksimal bisa nyala lagi, apa itu tanda kl spulnya uda rusak ya ? oh ya kata tukang servisnya juga mungkin kena dynamo staternya … apa emang seperti itu ya ? mungkin mas yuga tahu dari ilustrasi saya kemungkinan yg paling besar itu kena apanya ? hehe dan kira2 harga dinamo stater sampai berapa ya ? makasih

    • mochyuga berkata:

      satu2nya cara yang paling efektif sebenernya musti dibongkar mas hehe… siapin oli pengganti & paking blok kiri, buka blok kiri & cek sepulnya, kalo gosong berarti memang harus diganti
      masalah dinamo starter, perlu dipastikan dulu kalo sepul & aki sehat, kalo sehat tapi dinamo tetep berat muternya baru dicek dinamonya. harga dinamo starter yg ori sekitar 400ribu

      • Pras Perkasa berkata:

        mas mau tanya kemarin saya ganti total dimulai dari aki,sepul,kiprok hingga dynamo stater, tapi sayangnya karena dana gk cukup saya beli dynamo stater yang gk ori cz kl dipaksaain pake yang lama masih tetep aja gk mau nyala staternya karena kata montirnya dynamo staternya uda gosong atau gimana gitu jadi kl pun diganti platina bosterlnya tetep gk ngefek dan gk bertahan lama, hmm kira2 dynamo stater yg gk ori bertahan berapa lama ya mas ? atau mungkin ada kiat merawatnya biar tetap awet heheh πŸ˜€ oh ya kl pake dynamo stater gk ori pertama stater kayak kasar git bunyinya apa emang gitu ya ? makasih

      • mochyuga berkata:

        dinamo starter yg ori ataupun ga ori sebenernya perawatannya sama, kalo mesin susah hidup jangan distarter terus2an, kasih jeda 5-10 detik biar jeroan dinamo ga panas. kelemahan dinamo yg ga ori, magnetnya gampang lepas jadi berisik, kalo saran saya sih dikanibal aja, magnet sama tabung magnetnya tetep pake yg ori, jeroannya pake yg ga ori gapapa

      • Pras Perkasa berkata:

        kalau dikanibal gitu gak masalah ta mas ? gak pengaruh ama dalemannya ? susah gak ngekanibalin gitu hehe maksih

      • mochyuga berkata:

        masalah bongkarnya serahkan aja ke mekanik biar ga ribet, selama ini saya pake dinamo kanibalan udah hampir satu tahun ga masalah tuh

      • Pras Perkasa berkata:

        ok mas yuga terima kasih banyak

  52. royguardia berkata:

    gan, klo kiprok thunder 2005 denger2 cocok diganti dengan kiprok tiger ya gan? apabila sesuai dengan kiprok tiger, keluaran tahun berapa ya tigernya?

    • mochyuga berkata:

      ga bisa, tiger dari generasi awal 94 sampe revo semua kiproknya masih 1 phase, sementara thunder semua sistemnya 3 phase, jadi ga bisa pake kiprok tiger. thunder 2005 kiproknya persis punya thunder 250, alternatif yg murahnya bisa pake kiprok punya minerva atau triseda roda 3

  53. aldi berkata:

    numpang nanya mas.
    saya punya thunder 2007.
    mtor kyaknya fit. tpi slahnya klekson,sein,starter gk nyala mas. lampu blkng nyala tp pas d rem lmpunya tetap gak nyala mas. itu yg slah apanya mas?

  54. Pras Perkasa berkata:

    Maaf mas mau nanya lagi, tadi pagi ane ngalamin masalah yang berbeda lagi .. motor ane baunya sangit gosong gitu trus ane kira olinya yang minta ganti, uda ane ganti trus pas ane stater malah banyak asap di bagian bawah jok, pas ane buka ternyata kiproknya yg gosong, trus ane cepet matiin mesin + lepas aki takut kl kebakaran .. masalah kayak gitu apa kiproknya ya yang bermasalah ? atau ada kabel2 yang kurang pas ? tp pas ane pegang kiproknya panas banget … mohon pencerahannya, terima kasih

    • mochyuga berkata:

      kiprok panase sebenernya wajar, komponen di dalem kiprok bakal panas waktu kiproknya bekerja makanya di badan kiprok dikasih sirip2 pelepas panas. tapi kalo sampe kebakar sih biasanya gara2 konsleting

      • Pras Perkasa berkata:

        meskipun kiprok bukan ora mas ? dan juga kl gk salah kata mekaniknya mungkin kiprok ini punya thunder yg ada engkolnya jadi kl yg gk ada engkolnya gk cocok, apa memang beda gitu mas ya ? maaf kl banyak nanya πŸ˜€

  55. aryo berkata:

    salam kenal mas saya punya masalah dengan thunder saya nie pengapian kadang hilang kondisi spull,koil.kiprok,aki baru semua trs kiprok panasnya berlebih kira kira apanya ya mas motor saya thunder tanpa engkol terima kasih..

    • mochyuga berkata:

      kiprok sih emang bakal panas kalo lagi ngisi setrum dari sepul ke aki. kalo pengapian sering ilang musti blusukan ke kabel bodinya, dicek semua terutama kabel dari cdi ke koil warna kabelnya putih sama oranye, & dari pulser ke cdi kabelnya warna biru, kabel hijau dari pulser langsung buang ke massa atau sambung ke kutub negatif aki

  56. Salam kenal Gan, ane punya Thunder 125 th 2008, belakangan ini kalau mesin nyala trus digas, lampu gede meredup, tapi sen , lampu rem dan lain2 normal.thanks sebelumnya

  57. Pras Perkasa berkata:

    Mas mau tanya, apa benar kl pake kiprok gk ori itu bener2 gk bisa bertahan lama ? dan juga apa memang beda antara kiprok thunder yang ada engkol sama yang tidak ada engkolnya ? karena kemarin ganti kiprok yang gk ori tapi baru 2 hari uda berasap dan katanya masalah kiprok itu tadi, kl konsleting sepertinya nggak karena sempat dibawah ke bengkel dengan kondisi tanpa kiprok tapi gk berasap.. mohon bantuannya ya mas sekali lagi πŸ™‚ terima kasih

  58. ihwan atirmizi berkata:

    Saya punya thunder 2006 udah sya ganti kiprak udah ganti aki 10 amper ttep aki tekor apanya ya

  59. ade widjaya berkata:

    Mas bro saya pnya tundher 125 thun 2008 trus kbel body ude acak”an saya pngen ganti baru.,. Kira” ganti yang baru brapa,, untuk hrga yg lokal ama yg ori brapa.,. Posisi saya d cikarang bekasi… ntuk respon ke pin bbm saya or nope jah ya..
    Pin bbm : 54B9DDAC
    NOPE: 083877049363

    Thx….:-)

  60. aziz berkata:

    Gan tanya. Aku punya thunder 125 th.2005. Aki baru. Tapi ada berapa hari aki jadi tekor. Dorong idup, buay jalan jauh mau ngisi dg terbuktinya bila mesin mati bisa di start langsung. Tapi pas di biarin lama drop lagi. Solusinya. Apakah harus ganti kabel bodi? Cuz sempat salah pasang soket pelampung BBM ke Rem belakang jdi bunyi bntar lngsung tak cabut, trus ya gitu deh jadi drop mulu. Tespen di plus aki dan Kunci off, soket kabel bodi yang ke rem belakang dua2nya jadi negatif. Tapi salah satunya redup. Gimana gan? Butuh solus

  61. Fariz berkata:

    Mas saya mau nanya besi pegangan buat spion saya.kan patah satu ribet klo pake satu spion .. mau beli baru ada ga mas ? trus tau ngga harganya ?
    trus juga lampu spion depan saya udh patah .. klo ganti baru harganya berapa ya mas ?
    terima kasih

  62. bayu berkata:

    mas, ada link buat ganti aki 125 pake yg 10 Ah?

    • bayu berkata:

      bantuin dunk mas. dimohon dengan sangat

      • mochyuga berkata:

        langsung pasang aja koq mas, ga repot, bengkel kecil jg pasti bisa πŸ™‚ cuma tinggal pindahin skun massa di mesin ke posisi yg lebih deket sama aki soalnya posisi terminalnya kebalik, negatifnya jd di kiri, kabel massanya kurang panjang

  63. andik pemadi berkata:

    gan saya mau tanya.
    thunder 125.saya susah hidup.dan saya udah ganti aki kering.cdi.koil.kiprok.dan swit stater..tpi susah untuk hidup.wktu di stater dinamu berputar menggerakan piston naik turun hingga berkali kali dan karbu normal tpi msin susah hidup…kira kira apanya ya gan…

    • mochyuga berkata:

      kalo kelistrikan normal pengapian oke, tapi mesin ga mau hidup kemungkinan kompresi bocor, perlu cek langsung dgn cara bongkar head, diliat klep & ring pistonnya

  64. bhoncel berkata:

    Mikum,,,mas maaf ane mw tanya ane kan punya thunder,,itu knpa y kalo lampu di idupin mesin jadi mati,,

  65. harun berkata:

    Klo tander double starter g pakek aki masalah gak bro

    • mochyuga berkata:

      sepul jadi gampang kebakar. kalo ga mau pake aki atpi pengen aman, musti ngerubah semua jalur kelistrikanmulai dari sepul, kiprok, cdi, & jalur setrum lampu. daripada repot, mending pasang capasitor bank buat gantiin aki, lebih aman & enak bosa disembunyiin di bodi belakang karena bentuknya kecil

  66. harun berkata:

    Tander klo ganti karburator bagusnya pakek apa bro

  67. yasa berkata:

    Bos mau tanya,kalo thunder 125 th 2004 suaranya berisik di kop/blok seher,tp kadang2 ilang,kayak bunyi kamrat berisiknya ! Oli nya rajin ganti pdhl! Apa kira2 itu ya? Tks sblmnya!

  68. Radyt Hidayat berkata:

    gini bos…sy pnya thunder 2005 yg tnpa kick-stater aki seering ngedrop…pdahal kiprok n spull dah di gantiii apa tu kendalalnya….?

  69. roni berkata:

    Mau tanya kang Yuga, kiprok nya thunder apa bisa pake kiprok dr motor yg lain, kl bisa pake kiproknya motor apa ya?? terima kasih

  70. Juntak berkata:

    Aq pusing motor thunder. Baru 2 minggu batere di beli sekang gak bisa di stater

  71. deny darmadi berkata:

    Gan kalo thundr saya di starter gak bisa idup tpi kalo di dorong barv idup knapa yah?tks infonya

  72. Milwan berkata:

    Gan kl tunder gua dipanasin itu posisi langsam kadang langsamnya kecil kadang ngegede sendiri kenapa ya, saya make karbu king

  73. anang berkata:

    Mau tanya gan, pada motor thunder pada koil itu ada dua soket itu yg dari cdi posisinya disebelah mananya?

  74. sammie berkata:

    ijin nanya,kang.iseng2 coba ganti arang dinamo starter karena elektrik starter sudah mulai ‘berat’.setelah arang diganti dan dinamo dipasang kembali dan kemudian dicoba pencet tombol starter,terdengar bunyi kaya suara korslet…drrrrrrrttt..drrrrrrrtt..saya tidak yakin asal suara spertinya dari bendik starter ato dari dinamonya.kalo habis diajak jalan motor mau distart pake elektrik tapi selang beberapa saat kemuadian kumat lagi.kira2 apa masalahnya,ya kang?sebelumnya dicek voltase aki masi diatas 12,5v.lampu2,klakson nyala normal.mathurtengkyu

    • mochyuga berkata:

      kalo bendik pasti asal suaranya di area bendik alias deket aki, kalo suaranya dari dinamo kemungkinan ada yg salah pasang, urutan posisi ring yg didalem dinamo kalo salah pasang atau ga kepasang bisa bikin dinamo jd bunyi kasar

  75. Irvan berkata:

    Bang……ane mw numpang nanya nich bang……thunder 2007 non kick stater,ane dah ganti spull,kiprok,cdi sama coil yg baru………..awal nya ane ceck api…..ada…..tpi kecil api nya,trus ane ganti aki GM 5 Z…..yg baru,api nya jdi ilang……..tpi klakson bagus………….jdi apa kendala nya ya bang………..d tnggu ya bang jawaban nya……mksih bnyak atas waktu nya bang

  76. trikaz berkata:

    mas numpang tanya kok thunder 2004 tanpa kickstaterq gbsa nyala ya.pdhl pengapian bensin ada pengapian
    dari busi juga ada listriknya.cuma klau kabel ke 3 dari sepul menuju kiprok di cabut malah hidup tapi karbu meledak ngluarin api. tolong
    infonya mas pdhl busi baru kiprok baru sepul baru

  77. latif supriadi berkata:

    bang saya punya thunder 125 non kick saya punya kendala di stater bang kalo di stater itu belet bang susah gk mau nyala kira2 knapa ya bang

  78. Junaedi berkata:

    Mas, mau nanya nih. Lampu depan motor thunder saya ngak menyala, padahal gak putus. Lampu sein dan part listrik lainnya normal…. Yang aneh itu di indikator lampu jauhnya menyala terus….biar dipindakan untuk lampu dekat, tetap saja indikator lampu jauhnya menyala…. masalahnya kira-kira di mana ya?

  79. Desky berkata:

    Mau tanya nih, motor thunder saya mogok. sudah saya cek kelistrikan dan pengapiannya ada semua. Kompresi udah ada, waktu itu saya kasih oli diruang bakar tapi masih susah nyalanya.
    Solusinya agan2

  80. imron febri h berkata:

    Mas thundher saya tahun 2012 sekarang mati tidak ada setrumnya. Itu kenapa ya Mas? Padahal saya sudah ganti oli pakai oli SGP suzuki malah mati tidak ada setrumnya. Sudah saya cek kiprok hidup, CDI hidup, koil hidup, spulnya juga hidup. Apakah oli juga memengaruhi!!

  81. mohamad SYARIP berkata:

    met kenal, sy penggemar thunter punya 2005 dh du rbh pk kick stater, tk ada kendala tk jln pelan/cepat, cman krn dh di rbah pake spul jalan (api normal), problemnya gmana spy aki tetap isi kiprok yg co2k apa? trim

  82. Achmad berkata:

    Kalo mau pake kiprok tiger lokal pada motor thunder 125,..kira-kira cocok gak ya,.apa dampak nya kalo motor thunder 125 memakai kiprok Tiger lokal..?

  83. Achmad berkata:

    Kira-kira kiprok Tiger lokal masih bisa gak di pasang pada thunder125..? Misalkan di paksa di pasang kiprok tiger ada pengaruh nya gak sama spull..?

  84. Hilmi berkata:

    Lumayan tambah ilmu hehe

  85. ivan berkata:

    Mt mlm gan ne saya pnya thunder 2005. Tanpa engkol. Ada masalah ne pengapiannya mati. Itu kira2 gejalanya apa ya gan. Thanks

    • mochyuga berkata:

      cek kabel2 cdi, koil sama sepul, pastiin ga ada yg fopot atau putus. kalo masih ga ada api sama sekali kemungkinan cdi mati, coba ganti cdinya

  86. Ato Heryanto berkata:

    Om mau nanya, ane baru dapet motor thunder yang tahun 2008, nah pas ane cobain lancar semua tuh dengan kondisi aki soak
    Eh pas dibawa jarak 1 kilo motor brebet terus langsung mati, udah gitu ngga mau langsung nyala, ada 10 kali nyala mati terus, sampe akhirnya mati total, nah ane bawa ke bengkel terdekat tuh, katanya pengapiannya ilang, minta ganti CDI
    Harga CDI kira kira berapa ? Terus kira kira apa aja yang harus di cek sampe kembali normal lagi, untuk mesin sih masih bagus, cuma rante keteng doang yang minta ganti, karbu udah pake yang punya rx king
    Makasih om sebelumnya

    • mochyuga berkata:

      kalo cdi sampe mati, yang dicek musti semuanya, mulai dr sepul, kabel bodi, koil, aki ganti. harga cdi 500 ribu, tapi kalo saran saya sih cek sepulnya dulu, kalo gosong coba ganti sepulnya dulu sekalian benerin akinya, soalnya kalo aki soak + sepul gosong udah pasti ga ada api, belum tentu cdinya yang mati

  87. Tuasrinjani berkata:

    Om thunder saya g bisa nyala dah d gnt spul gnt aki tp masih lom bisa nyala kira2 pa nya y cdi pke brt

  88. Wong jowo berkata:

    Permisi mas saya mau nnya : saya pnya thunder tahun 2005, tp klistrikannya sering bermasalah. Saya fikir2 ??? klo kabel kick starternya di pindahin ke sepull ap masih bisa nyala motornya saat di hidupin ??? Mohon bantuannya mas ??? Trima kasih.

  89. agus widagdo berkata:

    Mas thunder 125 tahun 2011 mati gk ada pengapianya….sudag ganti cdi,spul,kiprok,coil tp msh belum ada pengapianya…tolong minta solusinya gimana?

  90. agus widagdo berkata:

    Iya yg mati pengapianya aja……lampunya nyala,reting nyala

  91. agus widagdo berkata:

    Sudah di cek saklar engine stop nya tidak ada yg putus…..
    Sampai sekarang msh belum ada pengapianya…

  92. Susiulawati berkata:

    Menurut hemat saya thunder 125 yang non kick starter produk percobaan, yang bikin repot pemakainya, mestinya pabrik pembuatnya harus mohon maaf dan harus ditarik, kasihan konsumen pada ngeluh. trims

    • mochyuga berkata:

      yg merasa direpotkan& ngeluh adalah yg belum biasa piara motor dgn sistem kelistrikan full dc kaya moge, toh sekarang setelah pada ngerti ngerawatnya malah pada awet tuh πŸ™‚

  93. aguzt berkata:

    bos kalo thunder 2007 mau dipasang ampere bensin variasi yg kabel 5 gimana caranya?

  94. Bung chriz berkata:

    Gan mohon bantuannya…motor sy thunder 125 2007…motor mati total, hk ada api dari koil, koil ganti baru, cdi jg baru, spul jg diganti baru, aki baru, kok tetep masih gk keluar api yah? Sblmnya sy dorong sktr 2km. Sy iseng starter hidup..tapi klo didiamim lama mati lagi…mohon solusinya gan…

    • mochyuga berkata:

      kalo mati total sampe ke lampu2nya, kemungkinan sekringnya longgar atau kunci kontaknya udah ga beres.
      kalo lampu2 masih bisa nyala normal tapi pengapian ga ada, kemungkinan saklar engine stop yg di kanan setang perlu dibenerin

  95. seloguntur berkata:

    thundher ane lahir 2008,akhir2 ini sering banget pada saat stop kontak off,klakson nyala sendiri….jadi bikin kaget aja malem2 ato saat di tinggal kerja klakson nyala sampek lama banget,seperti kemarin nyala hampir setengah jam,kira2 letak konsleting nya dimana ya bro…..

    • mochyuga berkata:

      Klakson (atau perangkat kelistrikan lainnya) bisa nyala waktu kontak off biasanya ada konslet di kabel positif aki yg ke kunci kontak, kalo di thunder kabel kontaknya kabel warna merah, bisa konslet ke kabel positif klakson, kemungkinan posisi konsletnya di kabel yg deket klakson / dibawah lampu depan / diatas mesin, cek aja di bagian situ

  96. Yusril berkata:

    Mnta solusi gan..motor sya tunder yg da enggkol ma statr ny..sya dah beli spul baru tapi cdi ny shogun punya api dari cdi da tapi pas masuk ke koil api nya hilang mnta solusi gan

  97. metusala berkata:

    minta solusi kenapa motor saya thunder 2005 nga bisa nga jadi stater nya padahal kalo di dorong mesin hidup kira kira apa ya masalanya…?

  98. Ping balik: Seputar Problem Pada Suzuki Thunder 125/250cc – STOG – Suzuki Thunder Online Group

  99. indra berkata:

    kang motor thunder saya gk ada api sama sekali,kira kira gmna cara ngatasinya kang..???

  100. Tofa berkata:

    Thunder th 2006 mtor saya jalan tiba2mati ngk ad percikan api trus saya bwa k bengkel d jamper pake aki bisa hidup. Emng thunder 2006 kl ngk ad aki d engkol ngk nyala mas businya ngk ad percikan api ,. Kmungkinan yg rusak apnya

  101. anwar berkata:

    mas bro thunder saya kluatan 2005,klau dstater ngelos knpa y…

  102. yusuf berkata:

    Saklar motor sy

  103. yusuf berkata:

    Bisakh saklar mati hidup thunder di sambung langsung

  104. slamat malam motor saya thunder th 2006
    mas saya mau tanya nih kira” apanya yah di motor saya klau jalan trus nyalakan lampu malam dan pas jalan 15 menit motor kyaknya mau mati tiba”,mksih sblumnya mas

  105. aming berkata:

    Kang sekarang kondisi motor Kalo mesin mati pas nyalain lampu depan gimana, kira2 ada masalah dimanya ya?
    Catatan: gejala pertama aki cepet tekor, kalo lampu (H4) di nyalain klakson aga redup, stater ga bisa. Tapi kalo di matiin, klakson jalan lancar, statee juga bisa.

  106. Bimo berkata:

    Kalo aki thunder 2005 harusnya yg berapa A ya? Saya pake yg 15A aman ga??
    Tadi saya abis cas aki sekali stater langsung nyala eh beberapa jam kemudian cuman bunyi cetek cetek sama suara crecesscrecess crecesscrecess

    • mochyuga berkata:

      Sekring bawaan memang 15 A koq, jadi aman. Masalah starter, coba cek dulu voltase akinya, kalo kurang dari 11 volt kemungkinan aki udah minta diganti atau sepul yang udah lemah

  107. muhammadidil berkata:

    Gan. Motor thubder saya tiba2 mati dijalan, terus tidak mau hidup2 lagi. Setiap kali coba dihidupkan motornya tidak mau nyala, bahkan dinaminya tidak besuara. Yang bersuara hanya bagian bulat sambungan dari aki ke dinamo. Apa pengapiannya bermasalah? Tolong beri solusi gan.

  108. Memo berkata:

    bro.. mau tanya ini.. thunder 2008 udah 3 bulan ini tarikan ngk da, udah ganti kainklose.. tp kadang kencang… kadang ngk da tarikannya…tanjakan dikit aja harus masuk 1 dan 2.. tp kl ge bagus.. tanjankan tinggi masuk 3 dan 2 sanggup..
    itu masalah dimana ya?

  109. ady berkata:

    nanya gan.
    thunder 2006, lampu depan redup, klakson kecil bunyinya, padahal aki baru cas.
    kalo kunci on, lampu gak nyala, klakson juga.
    kalo lagi nyala, di gas lampuna redup, gak di gak gas lampu tambah terang (2x terangnya)
    starter tangan juga gak fungsi.
    masalahnya apa n apa solusinya?

    • mochyuga berkata:

      aki baru dicas harusnya semua oke, coba cek sekring mungkin putus, kalo ga putus coba cek lagi voltase akinya, kalo drop lagi kemungkinan sepul udah kena, pengisian lemah

  110. UmarUmar berkata:

    mohon bantuannya gan thundie kick stater pengapian kok kaya telat gitu ya.. saat diselah api baru muncul setelah diselah dan hanya 1 kali percikan, hidup juga susah, sampai mau sengkleh kaki dan kalau hidup gas harus ditahan, kalau dilepas langsung mati, gas tiba2 sering naik sendiri. karbu pakai rx king. mohon solusinya gan…

  111. UmarUmar berkata:

    untuk cara ngecek pulsernya gimana ya…mungkin bisa dibantu informasinya..

  112. Handoyo berkata:

    Hallo mas broo.thuder thn 2007 saya ga bisa hidup.sy cek pengapian nya kadang normal terkadang kecil.bahkan ga ada sma sekali,masalah pada komponen mana tuh?

  113. Ilo berkata:

    Hallo mas bro… Mi nanya nie.. Gimana cr ps@ng sound booster pada thunder???
    Thanks…. Sblumnya mas bro

  114. Purnawan berkata:

    Maaf gan,numpang tny,knp regulator/kiprok thunder 2005 kabel (-)>hitam putih keluar api?apakah kiproknya rusak atau yg lain…makasih sebelumny

  115. dusun jitu berkata:

    Maaf gan mau tanya motor thunder 2005 ane kalau gak ada strum ke busi salah satu kabel yang ke koil harus di konslet dulu sampai ada percikan api di kabel busi, baru deh motor mau nyala, kira kira apanya ya gan ? terimakasih sebelumnya

    • mochyuga berkata:

      Kemungkin ada kabel bodi yg putus di dalem. Yg dikonsletin kabel yg atas atau bawah? kalo yg atas bisa dijumper ke kontak langsung, kalo yg bawah jumper ke cdi yg warna kabelnya sama

      • tedi berkata:

        Gan mau nanya, motor saya thunder 2006 yg ada engkol nya, ketika pakai aki motor hidup tapi ketika aki lemah motor ga hidup, kenapa ya gan?? Dan apa yg harus di ganti

      • mochyuga berkata:

        Memang gitu, thunder kan pengapiannya DC, bergantung ke kondisi aki, aki tokcer pengapian bagus, aki tekor pengapian memble πŸ™‚ apalagi 2006 yg masih pake CDI denso japan. Ganti aki baru aja biar normal lagi

  116. Arif Darmawan berkata:

    Kalo yg dilakukan Om Dusun Jitu itu maksudnya dikonsletin dari kabel mana ke mana ya?sy lagi rebuild motor thunder 2005,hampir semua komponen kelistrikan sy perbarui,tapi belum muncul percikan juga di kabel busi…frustrasi nih hehe..makasih Om Yuga..

  117. tedi berkata:

    Gan mau nanya, motor saya thunder 2006 yg ada engkol nya, ketika pakai aki motor hidup tapi ketika aki lemah motor ga hidup, kenapa ya gan?? Dan apa yg harus di ganti

  118. tedi berkata:

    Eh bukan mati gan, tetep idup mesin mah cmn pas masuk gigi brebet, trus jika aki yg saya pake di pindah ke motor vixion, motor vixsion tetap hidup, jadi saya harus ganti spul apa aki??

    • mochyuga berkata:

      tadi mati :p
      kalo aki oke, berarti kemungkinan pulser sepul, buat ngeyakinin cek dulu aja, cara ngeceknya ada di artikel, kalo bener kondisinya ga sesuai standarnya berarti langsung ganti aja sepulnya

  119. heru berkata:

    Tanya Gan…Motor saya Thunder tahun 2012, setelah konci kontak on mesin gak mau di hidupkan baik di engkol maupun electric starter. Kalau diperhatiin posisi ampere bensinnya belum bergerak penuh ke kanan..
    Tapi setelah setelah tunggu beberapa saat ampere bensinnya bergerak di posisi yg pas mesin baru mau hidup. Ini memang karakter thunder atau ada masalah kelistrikan ya? Tolong saya gan kalo ada solusi buat masalah ini…Thanks Gan.

  120. Rian berkata:

    Mas brooo mau tanya saya punya thundeer 2008…… Tiba” mati g ad setrum… sya kntak jja g ad setrum… Sebelum mati total… Saat motor nyala tiba” mati… Ternyata di kontaknya mati sendiri… Gmn solusinya mas brooo

  121. tedi berkata:

    Bro mau bertanya lagi, kmrin saya sudah ganti spull sama kirpok, tapi tetap aki dalam seminggu soak, sehingga jadi brebet jika di gas, dan jika kabel dri kiprok yang menuju aki di lepas motor sama sekali ga mau nyala, itu kenapa ya bro??

    Kan harusnya meski ga pake aki motor harusnya bisa nyala kan??

    • mochyuga berkata:

      Spulnya ori bukan? coba dicek lagi, soalnya kemaren jg ada yg pm saya kondisinya kaya gitu, taunya pas dibongkar sepulnya gosong parah gara2 konslet

      • tedi berkata:

        Ori bang,,
        Oh iya bang memang bner kan harusnya bisa nyala meski tanpa aki klo spull dan kiprok bagus??
        Atau tetep mati klo aki di cabut,

  122. syahrul andi berkata:

    om mau tanya jalur sama warna kabel thunder 125 motor saya bingung apanya bermasalah klau kondisi hidup tiba” mati sendiri saya sudah ganti spul sama kiprok ori tapi masih juga

  123. syahrul andi berkata:

    makasih pak, jadi memang panas yah tapi wajar yah saya pegang panas cuman tidak sampai panas sekali, cmn tadi saya cek ada longgarsedikit ini sudah saya kencangin

  124. syahrul andi berkata:

    pak mau nanya klau kabel yg dari kiprok langsung saya sambung ke aki yg kabel (+)merah dan (-)hitam Les putih tidak papa yah ?

  125. syahrul andi berkata:

    trimakasih sebelumnya pak, maaf saya bertanya lagi yg kabel dari sepul khn ada 5 semua 3kabel warna kuning jadi satu soket, trus 2 kabel ada biru sama ijo itu jalur kemana yah sama mana yg positif mana yg negatif trumakasih sebelumnya saya thunder thun 2008

    • mochyuga berkata:

      buat dibilang mana “positif” mana “negatif” sebenernya susah, soalnya buat sepul fullwave multiphase (sepul thunder 3 phase) 3 kabel output sepul yg kabel kuning itu semuanya bisa jd negatif bisa jd positif, arusnya AC kaya steker listrik rumah jd dibolak balik jg keluar arus semua, makanya cara pengecekannya harua pake alat ukur, ga boleh dikonsletin ke rangka/massa, bakal gosong lilitan sepulnya. yg kabel biru sama hijau itu cuma kabel ke “saklar” pengapian yaitu pulser, dua2nya ga keluar arus jd ga ada positif negatifnya

      • syahrul andi berkata:

        trimakasih motor saya saya klau makin panas kiproknya langsung brebet mau saya bikin jalur cmn bingun sama yg di skematik yg om punya jalur dari cdi khn di thunder 125 thun 2008 ada 7 yg berfungsi, skrng ikutkan yg dari diagram kelistrikan di stater g keluar listrik dari busi, sedangkan sambung 12v dan ke bodi sudah yg ke coil sudah juga masih ada yg kurang saya pikir

  126. syahrul andi berkata:

    maaf gan yah lagi bingun apa bikin motor saya lama dibpakai mulai brebet trus kiprok kelewat panas makin lama dipakai jalan gejala brebet muncul dan bisa mati sendiri, saya masih bingung apa ada yg salah sambung kabel yg dari sepul yg dua kabel satu soket itu warna ijo dan biru tujuannya ke cdi yah? apakah di kabel ijo di sambung ke bodi juga? klau di sambung idup, tapi waktu itu yg dari cdi tidak saya sambung kabel hijau ada stripnya, pulser yg biru aja saya sambung ke cdi, sedangkan di petunjuk dari soket CDI itu ijo dan biru sambungan ke pulsernya nah disitu dicabang yg ijo ke cdi sma ke bodi

  127. Tofik Hidayat berkata:

    Mas saya mau tanya,, saya abis bongkar blok mesin motor thunder th 2005 .. Setelah dipasang lagi secara benar, pengapian juga normal. Kok di stater ga nyala” ya motornya.. Kirakira kenapa ya mas?? Apa yang perlu di cek lagi? Tolong bantu di jawab ya mas.. Makasih sebelumnya…

    #Thunder 2005

    • mochyuga berkata:

      top magnet sama top noken as musti klop, kalo melenceng mesin ga idup gara2 kompresinya ga dapet. biasanya klep jg mesti disetel lagi kalo abis bongkar mesin

  128. Dokoraihan berkata:

    Mas klo misalnya cek spul tander apakh harus d creskan ke body..

  129. yusuff berkata:

    Mas gi mna cara cek pengapian dr spul ya .

  130. John berkata:

    Gan, thunder saya gak bsa hidup sama sekali kalau aki nya terpasang, dan semua panel juga gak hidup, kecuali indikator N aja.. Kalau di lepas akinya, sekali kick lansung nyala. Kira kira itu masalahnya dimana ya gan?

  131. rahmet berkata:

    sorry masbro mau tanya , saya ganti cdi pake shogun kebo sama coil aftermarket , kalo posisi stasioner motor langsam , tapi kalo di gas di rpm tinggi motor brebet .
    kira2 apanya ya

  132. rahmet berkata:

    sorry masbro mau tanya , saya ganti cdi pake shogun kebo sama coil aftermarket , kalo posisi stasioner motor langsam , tapi kalo di gas di rpm tinggi motor brebet .
    kira2 apanya ya
    thanks masbro

  133. dwi siswanto berkata:

    Maap bos mau tanya q pnya Thunder 2008 kmrin dah ganti spul n kiproknya tp aki selalu kering kehabisan air dlm durasi 3 hari ,yg paling parah q dh ganti aki sebayak 4 kali dlm 2 blan ini yg terakhir akinya kering bau menyengat dan melempung bsar kyak mau meletus kira2 klu gt itu penyakitnya di mna ya bos?????( Apakah spul,kiprok,kabel atau akinya slh beli) mksih tlg infonya bos

  134. febri berkata:

    Numpang nnya mas bro …thunder 2008 ane suka nyetrum dibagian keran tengki sama tutup bensin klo udah di oper gigi tpi(klo posisi netral ga nyetrum mskipun mesin nyala jg)kira2 dimna mslahnya?semenjak ga pake aki mtr anenya skitar 3blan….tlong infonya mas br…trim

  135. joe berkata:

    Mau tanya omYuga,pengapian thunder saya bermasalah nih…baru 2 minggu ini motor saya pegang,dan pengapian sering hilang,setelah saya check dan saya perhatikan sepertinya pengapian telat,letupan api-nya setelah putaran magnet berhenti…itu sekiranya apa uang bermasalah ya? Sebelumnya motor normal,aki,kiprok,sepul part baru semua…salam dan terimaksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s