HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !

suzuki-thunder-125

Pemilik Suzuki Thunder 125, terutama tahun produksi 2004-2005 yang tidak memiliki kick-starter kerapkali mengalami masalah dengan kelistrikannya, yaitu pengisian kurang sehingga aki cepat tekor dan sulit distarter. Secara umum, yang kena judge pasti perangkat pengisiannya diantaranya sepul dan kiprok, tapi karena keduanya merupakan perangkat yang saling terhubung satu sama lain maka cukup sulit untuk menentukan bagian mana yang rusak. Kalaupun mau mengganti tentu banyak yang keberatan untuk menggantu keduanya sekaligus, karena harga kedua part tersebut cukup mahal. Jadi, bagaimana caranya menentukan part mana yang mengalami kerusakan?

Kali ini saya berbagi cara-cara mengecek perangkat kelistrikan Suzuki Thunder 125, cara-cara tersebut dikutip langsung dari service manual Suzuki Thunder 125. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri di rumah, asalkan ada perangkat pocket tester atau multimeter (AVOmeter).

1. Pemeriksaan Hasil Pengisian

Hidupkan mesin dan tahan pada putaran mesin 5000 rpm.
Dengan pocket tester / multimeter, ukur tegangan DC antara kutub batere/aki positif dan negatif.

pengisian

Bila nilai tegangan berada dibawah 13,5 volt atau diatas 16 volt, periksa unjuk kerja generator AC (sepul) tanpa beban dan regulator/rectifier (kiprok).

2. Unjuk Kerja Generator AC Tanpa Beban

Lepaskan sambungan / soket ketiga buah kabel dari terminal generator AC (sepul).
Hidupkan mesin dan tahan pada putaran 5000 rpm. Dengan pocket tester, ukur tegangan AC di ketiga kabel.

sepul

Bila tegangannya dibawah 70 volt, artinya generator rusak.

3. Regulator / Rectifier

Gunakan pocket tester (skala x 1K ohm), ukur nilai tahanan diantara kabel-kabel sesuai tabel berikut.

kiprok

ket :
M = kabel merah
H/P = kabel hitam strip putih
H = kabel hitam

Bila tahanan tidak sesuai, ganti regulator / rectifier (kiprok).

 

Itu adalah cara-cara pengecekan berdasarkan buku manual servis Suzuki Thunder 125 keluaran Suzuki. Tapi pada prakteknya ada beberapa hal yang jadi penyebab dari kurangnya pengisian,dah hal-hal ini terkadang terlihat sepele tapi sangat berpengaruh pada proses pengisian pada Thunder 125. Hal-hal tersebut diantaranya :

1.Cek kebocoran arus di kabel bodi

Selain pengecekan komponen-komponen pengisian, kabel bodi juga harus dicek kondisinya, apakah ada bocor arus atau tidak. Gejala bocor diantaranya adalah voltase aki turun jika motor didiamkan dalam waktu yang lama, padahal hasil pengecekan diatas tidak menunjukkan gejala abnormal, dengan kata lain kondisi sepul, kiprok, dan aki masih bagus. Cara pengecekan kebocoran aki adalah sebagai berikut :

Sumber: Motorplus
Sumber: Motorplus

Posisikan kunci kontak di Off, copot kabel negatif aki, ukur menggunakan multitester pada posisi mili ampere (mA). Kabel hitam tester ke kutub negatif aki dan kabel merah tester ke kabel negatif, jika hasil pengukuran lebih dari 0,01 mA maka dipastikan ada kebocoran arus di area kabel bodi. Solusinya adalah pengecekan komponen-komponen kelistrikan dengan cara melepas soket satu persatu sambil tetap diukur kebocorannya hingga ditemui part mana yang menimbulkan kebocoran paling besar. Solusi terakhirnya adalah dengan mengganti kabel bodi dengan yang baru.

2. Kondisi dan kebersihan sekering

Fungsi sekering Thunder 125 sangat krusial karena posisinya ada di jalur pengisian juga, jika kondisi sekering kotor atau berjamur maka pengisian dari kiprok ke aki juga jadi kurang maksimal dan aki cepat tekor juga. Cek kondisi sekring dan soketnya, jika sudah tidak bagus segera ganti, jika kotor segera bersihkan dengan cara disemprot menggunakan penetran. Tips dari beberapa rekan saya, sebaiknya sekring standar yang tipe tabung diganti menggunakan sekring gepeng /sekring kotak karena lebih awet dan tahan guncangan. Tapi usahakan soket sekringnya menggunakan yang bagus agar tidak mudah meleleh, gunakan soket tipe keramik agar awet dan mengurangi resiko kerusakan.

3. Kondisi kabel-kabel dan soket

Periksa kondisi kabel-kabel dan soket dari keluaran sepul, karena posisinya dibawah tangki seringkali soketnya kotor, segera bersihkan. Selain itu terkadang saat kita membongkar pasang bodi/tangki kabel dari sepul ini sering tertarik-tarik, maka dari itu cek juga kondisi kabel di bagian soketnya, jika hampir putus segera perbaiki. Selain kabel dan soket dari sepul, cek juga kabel dan soket dari kiprok. Pengecekannnya sama, bersihkan dan perbaiki jika hampir putus. Pengecekan ini bisa menghemat biaya daripada mengganti unit sepul atau kiprok secara utuh, tentunya dengan catatan kondisi sepul dan kiproknya sudah dicek terlebih dahulu dan hasilnya masih sesuai standar diatas.

4. Kondisi kutub aki dan kabelnya

Perhatikan kondisi kebersihan kutub aki, jika ada serpihan-sepihan putih segera bersihkan dengan air panas, olesi dengan vet/gemuk agar sebuk putih di kutub aki tidak muncul lagi. Untuk perawatan, semprot dengan penetran tapi jangan terlalu banyak. Selain itu cek juga kondisi soket dan kabel yang terpasang ke aki, terkadang kabel merah besar yang terpasang ke aki putus atau hampir putus dari terminalnya karena sering dibongkar pasang, perbaiki segera jika kondisinya hampir putus

5. Kondisi perangkat elektrik starter

Selain masalah pengisian, masalah starter juga menjadi penyebab susah starter di Thunder 125. Tapi sebelumnya cek dulu ciri-ciri kerusakan di perangkat elektrik starter, yaitu biasanya mesin susah menyala saat menggunakan elektrik starter tapi kondisi klakson, sein dan lampu depan masih bisa menyala dengan baik.

Pengecekan kondisi perangkat elektrik starter ada beberapa kondisi :

– Starter menyala dan dinamo berputar tapi tidak kuat menyalakan mesin. Hal ini biasanya disebabkan dari kurangnya tegangan dari aki atau kondisi brush dinamo sudah habis. Cek pengisian dan cek juga kondisi brush dengan cara membongkar dinamo starter, untuk pengecekan dan pembongkaran dinamo starter lebih baik serahkan pada ahlinya

– Dinamo starter tidak berputar tapi terdengar bunyi “ctek” di area bawah jok depan. Kondisi ini menandakan bendik starter masih bagus tapi kondisi aki sudah sangat lemah atau dinamo starternya yang sudah rusak, charge ulang aki dan cek lagi starternya, jika masih sama kondisinya maka lebih baik dinamo starternya diganti saja

– Tidak ada suara sama sekali saat elektrik starter dinyalakan. Sebelumnya cek dulu sein, klakson dan lampu depan jika masih bisa menyala dengan baik bisa jadi bendik starternya sudah rusak, jika tidak cek kondisi kabel-kabel di dalam panel sakelar kanan setang, buka panel sakelarnya lalu cek kondisi kabelnya terutama kabel tombol starter dan engine cut-off, jika ada yang putus segera perbaiki atau sekalian ganti saja panel sakelarnya. Jika saat pengecekan sein dan klakson menyala tapi lampu depan tidak menyala, cek soket dari panel sakelar setang sebelah kanan, posisi soketnya biasanya dibawah tangki tapi di beberapa tipe Thunder ada yang posisinya di dalam batok lampu, betulkan jika soketnya longgar atau ada kabel yang putus. Jika saat pengecekan sein dan klakson semuanya tidak hidup, cek kondisi sekring, ganti dengan yang baru lalu cek lagi.

About these ads

133 thoughts on “HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !

  1. Panji April 21, 2013 / 17:56

    Gan, minta alamat emailnya
    Saya bener bener butuh bantuan seputar masalah thunder 125.
    saya sudah gonta ganti aki, kiprok, sepul, tapi ttep aja masalah klistrikan dan aki tekor terus terjadi.

    Saya domisili di CIlegon dan CIkupa Tangerang

  2. Arie July 28, 2013 / 01:09

    Mau tanya seputar suzuki thunder 125, saya punya suzuki thunder 125 tiap jalan di rpm rendah selalu ngebrebet tapi klo rpm tinggi ga terlalu kerasa, karbu dah di ganti pake punya rx king busi juga pake yg racing tp tetep aja ngebrebet. Kira2 kenapa ya ?

    • mochyuga August 5, 2013 / 03:36

      filter udara masih dipasang? kemungkinan besar filter udaranya udah kotor. atau intake manifold ada retak-retak tipis

  3. harun zain August 2, 2013 / 20:16

    Mantap Bro, thanks atas infonya” Tipe-X Palembang

    • mochyuga August 5, 2013 / 03:37

      sama-sama bro, salam buat rekan2 TIPE-X

      BTMC Bandung reg. 182 :)

  4. yono September 2, 2013 / 12:19

    saya sudah cobe segala petunjuk yang bos sarankan tadi tapi tetap saja motor saya gak mau hudup,,,,,,,,,, ada gak jalan lain selain dari pada itu yang lebih simple lagi

    • mochyuga September 3, 2013 / 17:55

      jika semua aspek kelistrikan dan pengapian sudah dicek tapi motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan besar klepnya bengkok atau ring piston rusak. monggo dicek dulu… tidak ada cara yang lebih simpel daripada dicek langsung, bukan hanya menerka

  5. Ilyas Agger September 18, 2013 / 09:54

    Bro, mau tanya thundie saya thn 2005 (non Engkol), motor gak mau nyala indikator bensinnya alias tidak ada kontak kelistrikan, kalau hidup itu jg cuma sebentar aja gejalanya motor ngebrebet kalau gas dinaikan dan kehilangan tenaga dan langsung terlihat turunnya indikator bensin yg artinya hilang listrik (kunci kontak belakangan ini agak susah). bengkel langganan bilang ini bisa jadi manipolnya (pipe assy, intake) yg sudah rusak dan memang sudah retak2 tapi saya ragu karena kehilangan listrik tsb. Pertanyaannya apakah memang kunci kontaknya yg harus diganti atau manipolnya?. bro email atau share disini juga boleh & kalau boleh no hp ya krn biar jelas dan mau tanya lsg.

    • mochyuga September 18, 2013 / 17:04

      hilangnya listrik kemungkinan besar disebabkan kondisi sepul yg udah ga fit, biasanya udah gosong, sekalipun aki disetrum full cuma bertahan sebentar aja, ga lama pasti drop lagi kelistrikannya. makanya cek dulu aja kondisi sepulnya, kalo belum gosong cek akinya apa udah minta diganti atau belum. tentang pengecekan pengisian kelistrikan udah saya jelaskan panjang lebar diatas ya, langsung dipraktekkan aja..

      tentang brebet, mungkin memang dari manifoldnya, tapi kalo kondisi kelistrikan memang drop ya bakal bikin brebet juga soalnya api busi ga gede, karbu disetel iritpun tetep bensinnya ga kebakar semua karena api businya kecil, akibatnya brebet dan tenaganya hilang.

      makanya paling pas sih cek dulu pengisiannya, kalo terbukti abnormal cek part2nya kaya sepul, aki, & kiprok. kalo semua udah normal baru gani namifold & seting ulang karbunya

  6. Salman September 28, 2013 / 19:51

    Mas Brur MochYuga… tengkiyu banyak tipsnye… kebetulan banget,, petir ane (2005) juga udah 2 bulan bedebu doang niy,,, kaga’ idup,, cuman ane belon brani praktekin sendiri niy brur, motor ane kalo didorong siy masih bisa… cuman kalo udah 2 bulan ga’ diidupin mesti kepuncak dolo’ niy nyari turunan yang curam….hehehehe…. kalo ga’ begitu cape’ bener ;(

    • mochyuga September 29, 2013 / 05:53

      sama-sama mas, kalo nyoba ngukur-ngukur doang pake mulitmeter bisa kali, itung-itung belajar mas hehe
      kalo 2 bulan didiemin baiknya sih kabel akinya dilepas aja, kadang seminggu ga dipanasin pun suka berat starternya lho, kebetulan thunder saya juga 2005 problemnya juga sama, tapi alhamdulillah setelah ganti sepul baru dan aki baru sekarang greng lagi, PRnya cuma kabel bodi yang udah berantakan kayanya musti diganti baru juga biar makin tokcer hehe

  7. ma'a November 8, 2013 / 23:19

    anna punya thunder 2005 udah hampir 6 bulan ga nyala karena dah males susah idup di biarin, kalo mau idup harus di carger dulu baru bisa di starter, setelah dipake besoknya ga mau idup lagi di charger lagi idup lagi dan ber ulang-ulang. ada saran buat permasalahan motor anna mohon sarannya!

    • mochyuga November 10, 2013 / 03:57

      coba sepul sama akinya diganti yang baru dulu bro, insyaallah sembuh penyakitnya hehe

  8. ma'a November 11, 2013 / 21:42

    kalo ganti ma aki kering ga pa2 suhu?

    • mochyuga November 11, 2013 / 23:57

      ga apa-apa sih, asal siap aja sama resikonya hehe

      aki basah : kalo ngedrop, dipake jalan masih bisa keisi lagi setrumnya
      aki kering : kalo ngedrop ya wasallam

      kalo thunder non-kick pake aki kering terus akinya tiba-tiba ngedrop berarti motor bakal ga bisa jalan sama sekali karena supply listriknya bener-bener ngambil dari aki
      bayangkan kalo aki ngedrop di tengah-tengah perjalanan jauh, jauh dari bengkel, jauh dari pemukiman, artinya anda harus dorong motor dengan jarak yang jauh, sudah siapkah dengan resiko itu? :)

  9. surahmanade November 19, 2013 / 17:34

    sore gan . , mau tanya ttg starter
    ane punya thunder 2005 tanpa kick,
    pas ane statrer tuh cuma bunyi ctek ctek di bawah jok, dinamo starter nya juga g muter, sekalinya muter tapi g hidup, trus busi udah ganti baru , di cek juga busi masih keluar listrik

    pertanyaanya itu masalah di apanya ?? mohon penjelasannya
    apa mungkin aki saya udah jelek ?

    • mochyuga November 19, 2013 / 18:07

      bisa jadi aki lemah, coba dikuras dulu dan setrum ulang, bisa langsung ke tukang aki biar sekalian dicek kondisi akinya, kalo memang udah jelek lebih baik diganti daripada nantinya bakal merusak sepul.
      selain itu bisa juga gara-gara brush dinamo starter udah abis karena terkikis, musti diganti yang baru

      • surahmanade November 19, 2013 / 18:50

        ok mksih gan, ane cek besok

  10. mantray December 2, 2013 / 20:40

    anna punya thunder 125 thn 2005 sering mati kalo di pake ngebut tapi suka hidup lagi terus berulang tiap di pake ngebut kira kira apanya bro mohon sarannya,,,,

    • mochyuga December 17, 2013 / 05:50

      coba aja dicek satu-satu part yg disebut di artiel diatas

  11. hendra December 8, 2013 / 09:54

    gan, thunder ane kalo di gas gk ada tenaga nya .

    part2 kayak aki, kiprok , spull udah ganti semua belom lama. ( paling lama setahun )

    dari knalpot juga gk ngebul kok.

    itu kira2 kenapa ya gan ?

    tanjakan gk kuat.
    pas jalan kalo ngelepas kopling itu respon nya lama banget.

    • mochyuga December 17, 2013 / 05:54

      sepertinya masalahnya bukan dari part kelistrikan tapi dari part mesin

  12. Kurniawan Setiabudi December 18, 2013 / 19:39

    Mas tau harga Spul thunder 125cc?
    SEbelumnya terima kasih pencerahanya, jadi tau soal masalah kelitrikan thuder 125.

    • mochyuga December 20, 2013 / 14:38

      di katalog harga eceran tertingginya 285ribu

  13. lucky December 21, 2013 / 15:39

    hallo gan
    minta bantuannya
    saya pnya mtr thunder 125 non kick
    saya bingung dengan kelistrikannya,
    kenapa lampu besar saya tiap motor dalam keadaan nglangsam lampunya redup, tp kalau saya gas lampu nyala terang padahal setau saya lampu mtr thunder kan langsung ambil dari aki.
    nah saya coba beli lampu fareasi namanya strobo biar kaya police gtu gan hehehe
    saya cobanyalain lampu srobo saya langsungkan ke aki, mesin motor dalam keadaan mati lampu strobo kiri kanan menyala (normal) ,tp kalau motor keadaan menyala lampu strobo yang hidup cuman kanan aja,.
    kerusakan apanya ya gan tolong d bantu,
    trimss,,

    • mochyuga December 25, 2013 / 05:43

      cek kondisi kabel bodi

  14. thor December 21, 2013 / 18:58

    Yg No.1 pemeriksaan hasil pengisian dan no.2 kan penjelasannya utk mesin hidup bro,nah klo dlm kondisi mesin mati/tdk hidup/didorong jg ghdup g tdk hidup gmn ya cara ngeceknya,klo dibongkar otomatis oli jg hrus dikosongkan dlu kan ya.. mksh bro pnjelasannya.

  15. thor December 21, 2013 / 19:01

    Yg No.1 dan no.2 kan penjelasannya utk mesin hidup bro,nah klo dlm kondisi mesin mati/tdk hidup/didorong jg ghdup gmn ya cara ngeceknya,klo dibongkar otomatis oli jg hrus dikosongkan dlu kan ya.. mksh bro pnjelasannya.

    • mochyuga December 25, 2013 / 05:50

      no 1 jelas ga bisa dilakukan jika mesin mati
      no 2 bisa dilakukan dengan cara cek fisik langsung. buang oli, bongkar mesin, buka sepul dari dudukannyad i dalam blok kiri, bersihkan oli yang menempel, lehat kondisi fisiknya jika ada komparan yang hangus berarti kemungkinan besar unjuk kerja sepul sudah tidak maksimal lagi

  16. D'R December 21, 2013 / 23:03

    Kang kenapa yah kalau di buku panduan sekring thunder ada 2 sedangkan aslinya cuma 1. Terus pakenya yg benar berapa ampere? 10 atau 15? Kalau di Beres di saranin pake yg 10A tapi thunder yg udah KS pakenya yg 15A, saya pernah pake yg 15A karena yg 10A lg gk ada, ehh… Akinya tekor mulu. Emang pengaruh kepengisian yah Kang Ampere sekring? Trus kalau rumah sekring kotak keramik harganya berapa yah? Saya pengen ganti karena sekring bulet sering copot kepalanya jd harus di lem dulu kalau mau di pasang biar aman gk gampang copot. Makasih sebelumnya, maaf udah ngerepotin.

    • mochyuga December 25, 2013 / 05:53

      harusnya 15A, bengkel nyaranin pake 10A mungkin biar cari aman, kalo konslet sedikit langsung putus sekringnya jadi lebih aman. ga ada pengaruh ke pengisian wong sekring statusnya cuma pengaman aja. rumah sekring kotak keramik harganya 30-50ribuan, carinya di bengkel mobil biar dapet yang bagus

  17. Nhando BLACRED GOLD December 23, 2013 / 16:59

    Bro Ane mau tanya , tentang thunder ane yang non-kick stater . saya bingung , stater dan lampu semua mati , sedangkan klaksonnya masih nyala suaranya klakson masih besar / Normal …
    itu ada masalah apa ya bro —

    MOHON BANTUANNYA BRO

    • mochyuga December 25, 2013 / 05:54

      cek kabel-kabel di dalem panel saklar setang yang kanan dan soketnya yg warna hitam di bawah tangki, biasanya gara-gara kabel negatifnya putus. kalo putus mending ganti baru aja panel saklarnya

      • Nhando BLACRED GOLD December 26, 2013 / 01:01

        tadi sudah di cek dan bisa hidup lagi , waktu ane test kelancaran listrik . ternyata lancar2 saja , tp saat ane gas agak kencengan , kabel kontak motornya mala kebakar dan motornya jadi mati semua , di kabel kontak nya kabelnya gosong kebakar , tp pada bagian kabel lain gak ada yang bekar , sudah ane coba , menyambungkan kabel langsung ( ngambil pengapian atas ) tetap saja gak mau nyala ?? ….
        itu terjadi kesalahan dimna ya bro ??, ane bingun takutnya nanti mala gak bisa tahun baruan . jika terjadi kesalah di kabelnya dan ane mau ganti semua kabel nya kira2 berapa ya harganya

      • mochyuga December 26, 2013 / 16:04

        pasti ada konsleting, sekring masih kepasang ga? harusnya kalo sampe ada konslet pasti sekring duluan yang putus, kalo dilangsungin jelas bakal kebakr kabel bodinya. klo kabel bodi set kisaran 250ribuan, kunci kontak ori (harus satu set sama tutup tangki & kunci jok) kisaran 300ribuan. kalo kabel bodi lokal 80-100ribuan, kunci kontak lokal kisaran 50-80ribuan

  18. nata January 15, 2014 / 20:50

    Slm kenal gan,,mau tanya neh,,,szk thunder saya abis nyala trus dimatiin,,,lalu di idupin lg susah gan idupnya,,,kira2 apa ya gan?mohon pencerahannya gan,,,,

    • mochyuga February 9, 2014 / 01:37

      paling mudah cek businya dulu, kalo kondisinya udah kotor mending diganti baru aja. kalo masih juga berarti udah waktunya servis, kalo umur motor udah diatas 3 thun & belum pernah servis besar mending servis besar + skir klep sekalian

  19. peter February 5, 2014 / 05:16

    Cek karbu aja gan mungkin banjir!! Klo gak busi kotor

  20. zainal February 9, 2014 / 11:06

    salam kenal gan… mo tanya kalo 1 set dinamo starter harganya kisaran brp??

    • mochyuga February 18, 2014 / 23:17

      SGP 400ribu, merk lokal 150ribuan

  21. Charles February 15, 2014 / 23:49

    Permisi mas …saya mau tanya kalo thunder 2005 bisa d modif pake kick stater gk….
    d jual gk aksesoris’a…

    • mochyuga February 18, 2014 / 23:07

      bisa aja dengan cara pasang part-part dari thunder 2006 yang udah ada kickstarternya, part yg dipasang diiantaranya crankcase tengah bagian kanan, tutup kopling, seperangkat kickstarter, rasio gir drive, gir kickstarter, dan seperangkat rumah kopling

  22. Alfian February 27, 2014 / 11:01

    permisi mas saya mau tanaya thunder ane ada kick starternya, karbu ganti pe 26, busi iridium, pas di starter ga mau nyala cuma bunyi ctek2 di bawah jok, tapi lampu nyala normal, klakson juga bunyi normal, padahal paginya starter nosmal eh 2 jam berikutnya gak bisa nyala

    • mochyuga February 27, 2014 / 14:39

      kalo dikickstarter nyala ga mas? mungkin dr dinamo starter atau kabel dinamo starternya, dicek aja mas kabelnya terus dites jg dinamo starternya mungkin ada yg putus

      • Alfian February 28, 2014 / 04:43

        yang itu udah beres gan ternyata busi, mau nanya kalo pe 26 di thunder spuyer yang pas ukuran berapa ya sama posisi jarum di mana?

      • mochyuga February 28, 2014 / 06:00

        hemm jujur belum pernah nyeting karbu PE26 buat thunder nih, tapi kalo PWL26 di thunder standar punya temen pasnya pake pj 35, mj 112, klip jarum skep di posisi ke4 dr atas, coba aja setelan begitu, nanti liat busi lagi, kalo pinggirannya item gedein bukaan setelan angin, kalo bagian tengah busi yg item berarti setelan jarum skep belum pas atau mj masih kegedean

      • Alfian February 28, 2014 / 07:42

        itu pake spuyer motor apa ya mas, kira2 sama ngga kalo di pasang di ni karburator

      • mochyuga February 28, 2014 / 09:10

        beli spuyer aftermarket merk kitaco mas, kalo nyari kanibal dr karbu lain ga ada yg ukuran segitu :) kalo PE sih bentuk spuyernya sama ama PWL bisa saling tuker

  23. ary w March 2, 2014 / 11:05

    Siang gan, kl spul – kiprok – aki & koil nya baru tp posisi lampu utama nyala kl mau klakson / sein kanan & kiri selalu ngedip & klakson gak da bunyi nya. Mohon solusi nya dari agan agan? Trims

    • mochyuga March 7, 2014 / 11:27

      itu sih biasanya pertanda setrum aki lemah, waktu ganti aki dicharge dulu ga akinya? kalo voltase aki normal & pengisian jg normal berarti bisa jadi kabel bodi ada yg konslet (positif ke positif) coba dicek dulu terutama area kabel bodi yg deket komstir, rawan bermasalah disitu

  24. Taufiq Okta Pratama Putra March 10, 2014 / 01:10

    mas boleh minta email, whatsapp, atau nomer hp nya? ada yang mau tanyain tentang sepul dan aki motor thunder saya mas T.T rusak terus, kalau boleh minta tolong whatsapp/sms saya di 085780182184 atau email : toppcomptech@gmail.com ya mas.. makasi sebelumnya..

    • mochyuga March 15, 2014 / 14:16

      email kesini aja ya : yuga.m.pratama@facebook.com
      kalo sepul rusak terus, paling gara-gara kualitas oli yang kurang cocok. kalo sepul rusak terus, aki juga pasti ikutan rusak karena pengisian ga stabil

  25. hary April 12, 2014 / 23:59

    Gan,,mau tanya…kalo dinamo stater putarannya terbalik itu faktor apa ya? Tapi kalo rangkaiannya sendiri dari aki ke bendik sudah benar?mohon solusinya

    • mochyuga April 13, 2014 / 17:44

      Dinamonya pernah dibongkarkah? Kemungkinan besar bagian magnetnya kebalik pasangnya

  26. D'R April 23, 2014 / 06:57

    Kang apa bedanya sih aki kering biasa sama aki Motobatt? Bukannya ke 22nya menggunakan cairan berupa gel untuk merendam sel2 di dalam akinya. Trus Motobatt cocok gk buat thunder?

    • mochyuga April 23, 2014 / 17:05

      aki kering masih pake cairan asam sebagai elektrolitnya, cuma cairan asam itu menyerap ke elemen absorbant glass mate (AGM) yg jadi separator di kutub positif sama negatif aki. sementara aki gel memang pake bahan serupa gel yg lebih kental dari cairan asam biasa sebagai pengganti cairan asamnya, tapi masih berupa cairan, beda sama aki kering yg cairannya menyerap ke AGM jadi semacam kanebo lah hehe
      kalo menurut saya sih, berdasarkan berbagai pertimbangan, buat thunder lebih cocok pake aki gel daripada aki kering, jadi motobatt bisa aja dipake di thunder, cuman buat jaga2 cari yg speknya lebih tinggi dari aki bawaan thunder, aki thunder kan 8Ah, minimal pake yg 9 Ah biar ga overharge, soalnya kalo sampe overcharge ya sama aja ama aki kering, kembung, dibuang deh hehe

  27. sadam April 23, 2014 / 10:55

    untuk thunder 2005 ku ,,mantap banget info nya..saya udah 3 bln jalanin trik tambah socket dari kiprok lsg ke aki tanpa ada masalah sama sekali..saya mau tanya..kalo kita nyalain lampu sen.lampu lain ko rada redup ya..trus rada2 ikut goyang atau ngedip alus gitu..knapa ya..dan bahaya gak..tanks sbelumnya..

    • mochyuga April 23, 2014 / 16:54

      itu biasanya pertanda voltase aki udah mulai melemah, coba dicek dulu aja. pengeekan kondisi aki sebaikny dilakukan dengan alat khusus, biasanya ada di toko aki

  28. Dede scoot April 23, 2014 / 23:35

    Om lampu depan matanya dua”nya nyala ga sih?

    • mochyuga April 26, 2014 / 11:37

      maksudnya deket & jauh? ya engga lah, deket ya deket, jauh ya jauh

  29. Dede scoot April 23, 2014 / 23:47

    Klo saya kontakin lampunya dpn dua”nyala saya pake lampu yg kakinya tiga soalnya saya make vering ninja. wattnya 35watt

    • mochyuga April 26, 2014 / 11:38

      kalo lampu variasi ya memang begitu, kalopun mau dibikin picek (sebelah nyala, sebelah mati) bisa aja, tinggal atur-atur perkabelan aja

  30. D'R April 24, 2014 / 14:11

    Kang kalau pake aki 10Ah punya thunder250/Binter mercy di thunder125 cocok gak? Coz lbh murah harganya : D

    • mochyuga April 26, 2014 / 11:36

      cocok koq, banyak yang pake malah terutama buat thunder non-KS, soalnya kiprok thunder non-ks sama dgn kiprok thunder 250 jadi masih sanggup buat melayani pengisian aki 10 Ah

      • D'R April 26, 2014 / 15:11

        Tapi denger2 posisi (+) dan (-)nya beda yah Kang ama aki thunder 125?

      • mochyuga April 26, 2014 / 16:52

        bener banget, jadi buat kabel negatif ground (kabel item gede dari kutub – aki ke baut blok mesin) posisinya dipindah, tinggal cari baut blok mesin yg deket aja. cara ini lebih aman daripada nyambung kabel tambahan

  31. D'R April 26, 2014 / 22:11

    Makasih banyak Kang

  32. byrandals May 4, 2014 / 02:31

    Gan mw sharing n tanya.. motor ane klo pke CDI standar tu gk mw hidup, cuz apinya kecil n merah warnanya, pdahal udah ganti baru jg cdi n koilnya.. Tp setelah ane cangkok cdi pke cdi shogun kebo baru bisa nyala ni motor krna apinya gede n biru warnnya.. Mlahan ane pke 2 cdi shogun skrg.. Motor jd enteng n gk brebet, kArbu ane gnti jg pke pe 28.. Trs kira2 ni nnti brmslah gk gan dg sistem klistrikan n mesinnya gan..? Mhon pencerahannya gan.. Mksh

    • mochyuga May 7, 2014 / 18:19

      Kalo terbukti bisa jalan normal ya gapapa, cuman musti lebih teliti lh sama gejala-hejala ug ditunjukkan mesin terutama di rpm tinggi, kalo ada pincang (missfire) atau brebet dll mending dicek ulang. Kalo kelistrikan sih ga masalah, sama-sama DC-CDI koq

  33. Putra May 10, 2014 / 21:11

    Biaya ngerubah thunder 2004 agar ad kick starter, kira2 habis berapa gan.
    Tankz bnget,

    • mochyuga May 10, 2014 / 23:13

      Kalo pake part-part baru bisa sampe 1,5 – 2 jutaan, kalo pake part seken/copotan paling setengahnya.

  34. yaskur May 21, 2014 / 21:48

    Met maleem gan minta solusinya gan thunder saya kalo lagi jalan trus nyalain lampu mesin jadi mati tapi kalo gak pakai lampu gak apa, aki dalam kondisi oke. Apa antara kiprok atau spul nya yaa mohon pencerahan nya dong trims

    • mochyuga May 23, 2014 / 06:38

      thundernya taun berapa? kalo generasi awal (2004-2006 awal) kemungkinan besar dari kabel bodi, kalo yg generasi kedua kemungkinan besar dari kiprok

  35. deka May 27, 2014 / 12:08

    Gan saya mau minta tolong nih,,,thunder saya awal nya lupa cek air aki karna pake trik om mochiguya,,skarang mati gak mau hidup,,kalo lampu2 dan klakson sih nyala,,,saya dah cas aki lg,,karna air aki gak sampe kering banget,,cuma tinggal stengah aja,,motor saya gak ada api nya !,,busi dah baru,,coil dah di coba ke mtr smash masih kluar api biru,,tapi cdi blm tau,,yg saya mau tanya slain cdi apa yg harus di cek kalo thundr gak ada api nya,,tkut dah beli cdi malah blm nyala..trus ada yg bilang spul nya,,,kalo cara cek spul normal gak nya gmana tapi dalam keadaan mati dan tanpa alat khusus kaya multitester,,,makasih om,,,,

    • mochyuga May 27, 2014 / 22:56

      cek sepul dalam kondisi mati, satu-satunya cara musti buka blok mesin kiri, cek kondisi fisik sepulnya kalo ada gulungan yang gosong berarti sepul musti diganti.
      untuk pengecekan pengapian, sebelumnya perlu dipastikan lampu-lampu & starter eletrik nyala ga? kalo semua ga nyala bisa jadi penyebabnya dari sekring, kalo lampu-lampu nyala tapi starter ga nyala berarti kemungkinan besar kabel dari saklar engine cut-off ada yang putus, kalo kondisi semuanya normal tapi ga ada api busi kemungkinannya tinggal 2, CDI atau pulser yang mati

      • deka May 28, 2014 / 15:02

        Kondisi stater,listrik,dan klakson semua
        normal,,,tapi saya cek kabel cdi yg menuju ke coil
        yg 2 kabel itu,yg satu ada strum nya,,brarti kan cdi
        masih bagus ya om,? Tapi kok di pasangin koil lg
        masih gak ada apinya,,,awal mati nya di parkiran
        bukan pada saat jalan,,pas di cek air aki nya tinggal
        seperempat,,,skarang blm nyala jg,,
        Apa spul yg mati pengaruh ke pengapian yg gak ada jg? Tanks sbelumnya om….

      • mochyuga June 9, 2014 / 13:07

        Pasti, karena pengapian motor modern yg menggunakan cdi pasti butuh arus listrik baik dari sepul ataupun dari aki, beda sama motor yg masih pakai platina.

  36. deka May 28, 2014 / 21:20

    Om kalo cek cdi kabel yg ke koil yg 2,salah satu nya masih ada strum nya gmana,,masih bagus gak cdi nya,,,

    • mochyuga June 9, 2014 / 13:10

      Belum tentu, kabel koil ada dua tuh satu dari cdi & satu dari aki. Bisa aja yg ada tegangannya itu yg dari aki, bukan dari cdi

  37. Sambo June 22, 2014 / 11:15

    Gan ap bsa ngadain pengapian pada busi motor tander tanpa aki……..lw bisa gimana caranya yea……tlong yea

    • mochyuga June 22, 2014 / 15:20

      Secara teknis ga bisa, kelistrikan thunder skemanya DC dimana aki jadi jantungnya kelustrikan. Kalo dicabut, ya ga bisa hidup

  38. D'R July 4, 2014 / 07:03

    Kang Yuga penyebab
    spull thunder gosong/
    mati apa aja yah? Trus
    penyebab yg paling
    sering terjadi apa? Trus
    knp spull thunder gk se awet motor lain yg sama
    menganut kelistrikan
    DC? Apa dari bahannya yg
    kurang bagus atau dari
    sistem karjanya atau
    dari kitanya yg gk faham cara/trik merawatnya?
    Makasih Kang Yuga, rada
    panjang habis saya
    penasaran ko saipul
    thunder sering masalah. Udah bnyak nanya salah tempat lg, hehe.. :D jd malu di omelin lg ama si Akang Yuga :D

    • mochyuga July 6, 2014 / 23:51

      Berdasarkan pengalaman dari beberapa temen, kebanyakan penyebab utama gosongnya sepul adalah telat ganti oli atau penggunaan oli yg ga cocok, dengan kondisi oli yang kotor atau kekentalannya berkurang atau volumenya yg berkurang kondisi sepul bakal panas berlebih terutama kalo motor masih sering digeber di rpm tinggi.
      penyebab kedua, faktor perawatan. soket dan sambungan kabel punya umur pakai, apalagi kalo jarang dibersihkan dan dicek maka aliran listrik jadi kacau, tegangan bailk dari kontrol kiprok yg harusnya dibagi merata jadi terbeban di satu gulungan, disitulah biasanya mulai muncul gosong
      penyebab selanjutnya, modifikasi kelistrikan. saat beban kelistrikan ditambah kerja sepul juga tambah berat, proses kontrol tegangan di kirpok justru malah berimbas balik ke sepul

  39. wahid August 2, 2014 / 19:46

    Gan cara ngecek CDI tanpa stater bs g klo pake aci doang

  40. rijal September 21, 2014 / 08:22

    mau nanya gan, klau speedometr dan rpm mati, apanya ya yg rusak…mohon infox gan…makasih

    • mochyuga September 21, 2014 / 18:54

      kabelnya mungkin putus, diganti aja, kabel speedometer & kabel takometer sekitar 40 ribuan persatuannya

    • mochyuga September 23, 2014 / 23:25

      Mungkin kabelnya putus, tingga diganti aja

  41. santos October 14, 2014 / 15:10

    salam kenal mas,, saya mau nanya, kenapa ya motor sya kalau dihidupin suka nyetrum kalau dpegang bodynya? dan setrumnya lumayan besar.

    • mochyuga October 14, 2014 / 19:00

      itu biasanya ada kebocoran arus di kabel bodinya mas, coba dicek dulu pake metode diatas

  42. Eko October 23, 2014 / 19:08

    Ediisi stres berat gan, sya pnya thunder 2005 non kick. Stiap saya nyalain pke doble starter mesin ga mw hidup. Itu maslah d apanya gan? Busi pa cdi. Prnah busi saya lpas trs sya nyalakan doble stater tdk kluar bunga api. Busi kondisi baru. Mhon pncerahanny.

    • mochyuga October 23, 2014 / 19:57

      kalo di busi ga ada percikan api, kemungkinan besar CDInya rusak

  43. Dody November 18, 2014 / 18:37

    Gan tander ane thun 2004,2006 pengapian mati total sdah ganti spul baru cdi baru coil baru di bawa ke bengkel malah di acak2 jalur’a jadi bingung mw balikin tolong gan gambarkan rangkaian pengapian’a krim ke emailku ya gan d2kaja@gmail.com

  44. adi November 24, 2014 / 10:40

    Misi gan motor saya suzuki tunder125 kalau jalan sering mogok dan kipprok nya jadi panas dan susah nyala mohon apa solusinya

    • mochyuga November 25, 2014 / 01:05

      kiprok panas sih wajar, kerja komponen kiprok memang bakal menimbulkan panas, makanya kiprok ada sirip2nya buat pelepas panas. masalah sering mogok, penyebabnya bisa macem2, bisa dari pengapian atau masalh karburasi, sebaiknya cepet2 servis besar ke bengkel suzuki

  45. D'R January 31, 2015 / 17:45

    pengecekan tegangan spull tester negatif ke body yah Kang?

    • mochyuga February 1, 2015 / 20:46

      engga, ke sesama kabel sepu l lagi, kan AC

      • D'R February 1, 2015 / 23:05

        di bolak balik dari ke 3 kabel itu yah?

  46. Pras Perkasa February 4, 2015 / 10:40

    mau tanya mas, thunder ane tahun 2004 tanpa engkol .. kemarin itu mati total gak bisa distater sama sekali terus ane bawah ke bengkel akinya distrum eh tetep gak bisa nyala akhirnya ane putusin buat belui aki baru tapi kenapa ya kok kadang saat dibuat jalan pelan kayak gak dapet gas gitu trus gasnya ditarik lebih dalem baru nyantol .. kira2 itu kenapa ya > oh ya ada tips gak buat ngerawat motor satu ini ? soalnya kan gak ada kick staternya jadi kayaknya kelistrikannya kudu dijaga bener2 heheh :D oh ya sekali lagi kira2 ada cara gak buat ngakalin saat kondisi gak bisa distatrer gitu tapi bisa nyalain mesinnya, semacam dikereta gitu (didorong) … makasih mas maaf banyak nanya :D

    • mochyuga February 4, 2015 / 12:46

      cek pengisiannya dulu mas, aki baru kalo sepul udah amsiong ya tetep tekor jg heheh..
      tentang perawatan sih sebenernya simpel, ganti oli jangan sampe telat & ga perlu pake oli “racing2an” biar sepul ga gampang gosong, perawatan kelistrikan yg penting kondisi sekring dipantau soalnya itu satu2nya gerbang yg ngasih kode kalo ada masalah di kelistrikan, lampu redup atau starter ga kuat langsung periksa kelistrikan ke bengkel, jangan ditunda2.
      buat nyalain motor non-ks ada dua cara pertama didorong dengan kondisi masuk gigi 2 atau 3 tapi koplingnya ditarik, pas udah didorong agak kenceng langsung lepas koplingnya, kalo mesin nyala mainin aja gasnya sambil netralin lagi. cara kedua bisa ditarik kaya nyalain mesin kompresor, masukin gigi 4 atau 5, pasang standar tengah, puterin ban belakang sekuat tenaga ntar mesinnya bisa nyala koq :)

      • Pras Perkasa February 5, 2015 / 13:13

        terima kasih banyak mas tips2nya saya coba terapkan dulu untuk pengecekan aku dan sepulnya :D sekali lagi terima kasih :)

  47. khairun February 9, 2015 / 20:34

    Mas,kalo sepulnya di ganti pake yg lokalan kira2 harganya berapa?dan tahan lama ga?terus kalo kita ganti sendiri sepulnya kira2 ribet dan susah ga?mohon petunjuknya master,trims

    • mochyuga February 10, 2015 / 11:05

      sepul lokal kalo ga salah sekitar 150ribuan mas, masalah daya tahan sih untung2an, kalo dapet yg bagus ya bisa tahan kaya ori, tapi kalo dapet yg jelek belum setahun jg bisa memble hehe… yang penting perawatannya mas, ganti oli & filter oli rutin biar sepulnya ga kepanasan & cepet gosong. kalo mau ganti sendiri gampang koq tinggal buka blok kiri aja, tapi musti punya obeng getok soalnya baut sepulnya agak susah dibuka & ngencenginnya jg harus kenceng

  48. khairun February 10, 2015 / 16:20

    Ok kang yuga tengyu,ow iya kang kalo di bandung bengkel bagus buat service thunder daerah mana ya?

    • mochyuga February 10, 2015 / 17:57

      kalo langganan saya sih di bengkel suzuki sanggar mas jaya bypass sebrang metro, deket kawaluyaan. atau kalo mau yg bisa kompromi sama part2 lokalan biar irit bisa ke daerah caringin belakang pasar deket borma, ada bengkel langganan club thunder bandung disitu

  49. khairun February 11, 2015 / 09:28

    Ok kang yuga trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s