HOWTO : Seting Langsam Karburator Tipe Vakum

Saya membuat video ini, didasari karena adanya kesalah pahaman di suatu forum tanya-jawab, dimana ada seorang penanya yang menanyakan mengenai cara seting karbu vakum, sementara mayoritas penjawab menjawab dengan jawaban yang sangat umum yaitu tata cara seting langsam di karburator skep konvensional. Padahal berdasarkan dari pengalaman saya pribadi, ada beberapa prosesi yang tidak bisa disamakan antara karburator tipe konvensional dan karburator tipe vakum.

motorplus.otomotifnet.com

foto diambil dari motorplus.otomotifnet.com

Pertama, karburator konvensional rata-rata menggunakan air-screw sebagai pengatur kebutuhan langsam. Fungsi air-screw adalah untuk membuka-tutup jalur udara tambahan yang diperlukan saat kondisi langsam. Sementara itu, di karbu vakum rata-rata mengaplikasikan pilot-screw atau mixture-screw, dimana jalur yang diaturnya bukan hanya berisi udara tapi sudah berupa campuran udara dan bensin, makanya disebut mixture. BerikutΒ  penjelasan mengenai cara kerja karburator tipe vakum yang dituangkan dalam video :

Besar kecilnya volume udara bukan diatur oleh bukaan pilot-screw, tapi besar kecilnya ukuran pilot air jet yang letaknya di moncong karbu, yang bentuknya mirip pilot jet namun ukurannya lebih kecil. Pilot mixture-screw mengatur banyak sedikitnya campuran udara (dari pilot air jet) dan bensin (dari pilot jet). Di video diatas ditunjukkan di menit 1:11

Fungsinya tentu untuk mendukung sistem vakumnya itu sendiri, karena dalam karbu vakum tidak bisa menyetel langsam dengan cara mengangkat skep. Pada karbu konvensional, setelan angin (air-screw) bisa ditutup penuh karena udara masih bisa lolos melalui venturi jika langsam dibuka besar, hingga skep terangkat dan meloloskan udara dari luar venturi dan bensin dari bawah jarum skep masuk ke jalur intake. Tapi pada karbu vakum, setelan langsam dibuka sebesar apapun udara tetap tidak bisa masuk dan bensin tidak bisa melalui jalur jarum skep, karena skep tidak akan terangkat sampai mesin hidup dan ada isapan yang kuat dari piston. Sayang, mesin tidak akan hidup karena satu-satunya jalur dimana campuran bensin-udara bisa masuk, yaitu baut mixture-screw juga ditutup. Tak ada campuran gas, mesin tidak dapat hidup, dan tidak ada isapan yang kuat untuk menarik vakum di karbu,Β  skep tidak akan pernah terbuka, dan mesin pun tidak akan bisa hidup.

Untuk mempertegas pendapat saya, berikut saya sajikan sebuah video mengenai tata-cara seting langsam pada karbu tipe vakum, sekaligus dengan praktek bahwa jika baut mixture-screw ditutup penuh maka mesin tidak akan bisa hidup.

*sorry ’bout the engine sound, rntai ketengnya sudah harus diganti hehehe

Iklan
Pos ini dipublikasikan di HOWTO dan tag , . Tandai permalink.

233 Balasan ke HOWTO : Seting Langsam Karburator Tipe Vakum

  1. touringrider berkata:

    videonya berguna sekali.. mantab.. makasih bro.

  2. marta berkata:

    keren mas …. mantappp

  3. rizmaledi berkata:

    bro kalo buat new mega pro sama gk caranya….melihat nmp juga pake karbu vakuum….tolong pencerahannya

  4. black berkata:

    byson ane walau sdh ditutup masih bisa nyala om ? gmn tuh om penjelasannya… rusak y karbu ane

    • mochyuga berkata:

      belum tentu rusak juga masbro… sekarang saya balik tanya, itu waktu ditutup penuh mesin udah nyala atau belum? kalo pilot screw ditutup penuh saat mesin dalam kondisi nyala ya bisa aja hidup asalkan langsamnya dibikin tinggi jadi katup butterflynya kebuka dan skepnya keangkat…

      tapi kalo dalam keadaan pilot screw ditutup penuh dan distarter mesih bisa nyala, kemungkinan terbesar jarum pilot screwnya udah cacat atau ada kebocoran..

  5. Ki Salim berkata:

    ijin download video dan copy artikel buat belajar setting karburasi sendiri mas bro.. thx

  6. Ping balik: SHARE : Kompleksitas Setting Karburator Tipe Vakum « DO & SHARE

  7. Ayuy berkata:

    Numpang tanya min, bagusnya melakukan penyetelan saat mesin masih dingin, atau pas sudah panas?

  8. irwan berkata:

    nah ini blog namanya…keren mas bro…Thank info nya

  9. rizmaledi berkata:

    Mas bro ane mau share…
    Motor ane new mega pro,kebetulan kemaren ane coba otak atik putaran lansamnya…..putaran rpm ane naikin 3000 terus mixture screwnya ane tutup rapat,… terus ane balikin 3 putaran setelah mentok,rpm ane balikin ke 1500 yg jadi pertanyaan buat ane
    1.waktu di tutup rapat ke rpm 3000 kok gk mati tuch mesin hanya aja rpm turun di kisaran 2700,setau ane setelah baca di ulasan mas/video harusnya mati
    2.motor setelah ane setting lansamnya…dlm keadaan mesin dingin terus ane star,2 menit kemudian jarum rpm terus turun dan mesin motor langsung mati…buat mas bro yg baik hati…ane mau penjelasanya…makasih ya penjelasanya.

    • mochyuga berkata:

      nah, prosesi “naikin langsam terus screw ditutup” kan prosesi kalo pake karbu skep biasa, kalo langsam digedein terus screw ditutup tapi dalam posisi mesin masih hidup wajar aja mesin masih bisa nyala, kan skepnya udah naik. coba kalo mesinnya dimatiin terus screwnya ditutup, nyalain mesin lagi pasti susuah nyala hehe..
      btw prosesi begitu malah bisa ngerusak singkronisasi karbu vakum, seperti yg saya share di artikel berikut : https://mochyuga.wordpress.com/2013/02/22/share-kompleksitas-setting-karburator-tipe-vakum/ bahwa seting karbu vakum memang lebih kompleks daripada karbu biasa

      baiknya, dalam posisi mati, screwnya dibuka kira2 3putaran, langsam diset standar aja jangan dibuka gede, baru hidupin motor. buka screw atau tutup screw sesuai kebutuhan, setingnya waktu mesin udah panas ya, kalo kondisi mesin dingin susah nyala tinggal aktifin cuk aja

  10. rizmaledi berkata:

    thanks buat bro much yuga atas penjelasannya,…..hanya ada sedikit kendala waktu ane setting lansamnya dan ini mungkin bro yuga bisa jelasin buat ane…..
    1.sebelum karbu ane setting,klep in/out ane setting dulu sesuai standart stelan pabrik 0,08/0.12 buat NMP
    2.dlm keadaan posisi mesin mati, mixture screw ane tutup sesuai arah jarum jam,kemudian ane puter balik 2 puteran,kemudin mesin ane hidupkan rpm ane kasih stasionernya di 1500,dlm keadaan hidup….puteran mixture ane buka(tambah lagi) satu puteran,nah disini ane dengerin suara mesin langsung turun otomatis rpm juga turun,kemudian ane tutup lg jd 2 puteran dan rpm stasioner tetap di rpm 1500 dan ane gas poll gk ada suara nembak atau brebet,yg jadi pertanyaanya kenapa waktu mixture ane buka lg 1 puteran…kok rpm mesin turun,bukankah klo di buka 1puteran harusnya naik….klo sewaktu menambah puteran mixture screw,…..rpm mesin langsung turun…..,boleh gk puteran rpmnya di naikin…..maz bro motor ane koilnya pake tirev……. brpa kira2 rpm stasionernya yg pas,kalo standart NMP stasioner RPMnya di manual book 1400 plus minus 100.
    Thanks banget buat bro yuga……

    • mochyuga berkata:

      kalo setelan mixture dibuka terus putaran mesin drop itu wajar masbro, soalnya campuran gas yang masuk volumenya terlalu banyak dan ga tuntas kebakar lentikan api busi, pembakaran yg kurang sempurna membuat dorongan kompresi melemah dan menyebabkan putaran mesin turun.
      btw kalo memang udah ketemu pasnya di dua putaran, kenapa digedein lagi? ya udah set segitu aja hehe

      patokan pas enggaknya nanti bakal ketauan kalo mesin udah panas, detilnya begini :
      1. kalo waktu mesin dingin rpm normal tapi waktu mesin udah panas rpmnya jadi tinggi banget, itu artinya putaran mixture kegedean, kecilin dulu mixturenya baru set ulang setelan langsamnya
      2. kalo waktu mesin dingin rpm normal tapi waktu meisn panas jadi ngempos, biasanya karena setelam mixture terlalu kecil bukaannya, gedein sedikit terus set ualng setelan langsamnya
      3. kalo waktu langsam rpm agak rendah terus waktu panas rpmnya normal, itu berarti setingannya udah pas, ga perlu diapa-apain lagi hehe… hafalin setingan itu sebagai patokan kalo nanti mau seting ulang lagi

      tentang putaran mesin waktu langsam, ikutin aja aturan yang dianjurkan di manual book
      semoga membantu

      • Erha berkata:

        Kayanya kebalik gan, kl megi saya kl dingin stasioner normal kl panas tinggi 1600, posisi mix screw di 3 putaran, lalu saya turunin 1 putaran dan tes jalan normal,saat dingin 1200-1300, panas 1500-1400, kl putaran buka banyak diatas 3 putaran, efeknya saat berhenti rpm drop ke 1000 dan cenderung mati. Btw info agan mantap banget, akhirnya megi saya normal lagi,thanks

      • mochyuga berkata:

        thankyou sharingnya, mungkin memang beda setingan dari bawaannya, tiap tipe motor kan beda2 hehe..

  11. rizmaledi berkata:

    thanks banget penjelasan bro…..ane ksih acung jmpol ki-ka buat ente,moga tanya jawab ini bermanfaat semua pemakai karbu vakum..skali terima kasih….ane tunggu ulasan ente berikutnya.

  12. arie berkata:

    berarti pd karbu vakum air screw di putar ke arah jarum jam sampai menutup campuran akan semakin miskin ya bro?

    • mochyuga berkata:

      yg bener bukan airscrew tapi pilot screw bro πŸ™‚

      dan kalo ditutup makin miskin, tapi pengertian miskinnya beda sama karbu skep biasa, kalo di karbu skep biasa setelan miskin = udara banyak + bensin sedikit, kalo di karbu vakum miskin = udara sedikit + bensin sedikit

  13. throny berkata:

    Lg agak bingung sm byson ane nih bro, sbnrny setingan langsam byson berapa putaran pilot screw sih setelah di putar kanan sampe mentok? (ane pake knalpot freeflow aftermarket) Pdhl wkt seting ane udh dpt putaran tertinggi (menurut ane), tp setelah motor ane bawa lari pd putaran tinggi dan ane cek busi warna elektroda agak putih, beda kalo motor cuma ane bawa jalan pd putaran rendah, warna busi cenderung abu-abu. Jd sbnrny gmn patokan utk dapetin setingan yg pas utk putaran rendah dan putaran tinggi pd byson bro?.. Maklumlah ane baru belajar sedikit soal seting karbu.

    • mochyuga berkata:

      lho, kalau putaran atas kan sudah bukan “tanggung jawab” pilot srew bro, jadi kalaupun pilot screw dibuka besar tetap saja tidak berpengaruh ke rpm tinggi / putaran atas

      untuk putaran diatur oleh setelan jarum skep dan main jet, jadi jika motor dibawa jalan kencang hasilnya busi keputihan, berarti setelan jarum skep kurang boros dan main jet masih kekecilan, musti diganti yang ukurannya lebih besar minimal 1 step

      yang anda maksud “Pdhl wkt seting ane udh dpt putaran tertinggi (menurut ane)” mungkin tesnya waktu posisi motor diam ya? karena dalam posisi diam dengan memainkan gas berbanding dengan dipakai jalan hasil setingan bisa berbeda, karena saat dipakai jalan akan ada beban yang diterima mesin diantaranya beban bobot motor dan pengendara, menyebabkan kerja mesin lebih berat dibandingkan saat posisi diam makanya setingan saat dipakai jalan lebih akurat

  14. throny berkata:

    Maksud ane putaran rpm tertinggi pd saat langsam..jd setingny memang pd saat posisi motor diam.
    Thanks jawabanny bro, bnyk ilmu yg bisa ane ambil dari blog ini.
    Oya, jd posisi jarum skep hrs bagaimana buat dapetin campuran yg agak kaya dari sebelumny? Pantes aja setiap akselerasi pd putaran menengah motor ane selalu tersendat+ mbrebet.

  15. Sony berkata:

    Salam kenal.
    Saya jg pengguna byson, memang banyak keluhan seputar performa si kebo ini, salah satunya yg sangat dominan adalah akselerasi, tarikan spontan selalu mbrebet yg saya rasakan, top speed jg kurang maksimal, berbanding terbalik dgn bodynya yg macho.
    Saya sering dengar utk mendapatkan tarikan yg enak main/pilot jetnya mesti ganti dgn uk 115/17,5.
    Yang mau saya tanyakan apakah bengkel menjual main/pilot jet upgrade khusus buat byson dgn ukuran yg saya sebutkan td? Kalau tdk, main/pilot jet apa yg pnp dgn byson dgn ukuran td?
    Terima kasih sebelumnya.

    • mochyuga berkata:

      salam kenal juga bro
      memang dari segi teknis sepertinya karbu standar byson kurang cocok dengan kapasitas mesinnya, untuk mesin 150cc sepertinya lebih cocok menggunakan karbu dengan venturi 28mm, seperti karbu CS1 atau CBR tipe lama (2 lampu)

      untuk PJ MJ bisa menggunakan merk aftermarket seperti Daytona, Kitaco, AHRS, dll, biasanya tersedia di speedshop. khusus untuk pilot jet, ukuran 17,5 bisa menggunakan bawaan new scorpio z. untuk main jet 115 AFAIK sepertinya tidak ada bawaan motor yang menggunakan ukuran segitu, cmiiw

  16. amato berkata:

    video yg konvensionalnya mana?

  17. cloudhy84 berkata:

    permisi mas bro ane mau tanya juga nih supaya nyetting karbu vacum sendiri, ga nyusahin temen n ga mesti kebengkel cuman buat settingnya, kebetulan saya juga punya FU yang karbunya vakum pastinya.

    jadi untuk setting karbu vakum, mixture screw dan setingan langsamnya mesti ditutup dulu pada posisi mesin mati, trus baru dibuka mixture screwnya sekitar 2 atau 1,5 putaran lalu hidupkan mesin setelah hidup setting gasnya sekitar 1500 RPM dengan memutar baut langsamnya yg ada di karbu, lalu putar lagi mixture screw hingga ketemu langsam yang stabil / tidak mbrebet, jika sudah ketemu stabilkan kembali setingan langsamnya, dan lihat kepala busi untuk mengetahui campuran udara dan BB udah pas atau belum.

    betul kah begitu mas bro ? kalo masih salah atau ada yg kurang mohon penjelasannya lagi ya Mas
    terima kasih sebelumnya

    • mochyuga berkata:

      udah bener koq mas, hanya sedikit saran saja jika ingin berpatokan ke kondisi kepala busi sebaiknya tiap kali sebelum seting businya dibersihkan dulu πŸ™‚

  18. Compax Bikers berkata:

    bro klo bersihkan karbu vakum dengan carb cleaner dengan cara disemprotkan melalui lubang intake/ke lubang busi (tanpa bongkar karbu) kira2 dapat merusak karet vakumnya gk…..sory bro pertanyaan agak melenceng….thanks bro untuk tips cara stel lansam karbu vakum motor ane dah dpt settingannya dari ulasan ente….

    • mochyuga berkata:

      trims atas apresiasinya bro πŸ™‚
      yap, untuk karbu vakum tidak disarankan menggunakan carb cleaner, karena bisa membuat karet vakum melar leblih cepat dari biasanya, setidaknya itu yang saya dan beberapa rekan saya pernah alami, dari sisi teknisnya sendiri saya belum menelusuri lebih jauh, apakah mungkin ada kandungan zat di carb cleaner yg mempengaruhi kelenturan karet vakum, dll. jadi saya memilih menghindari saja, daripada musti beli karet vakum terus hehe

  19. cloudhy84 berkata:

    thanks mas atas jawabannya, tapi ada lagi neh pertanyaan saya, settingan menurut saya udah keteamu, brebet ga ada baik atas maupun bawah, tarikan motor enak, pada saat diam RPM ttp stabil dan jika dibawa jalan di RPM sekitar 5000 trus gas langsung diturunin disertai menekan tuas kopling (agar tidak ada beban mesin) kenapa RPMnya malah turun dibawah dari RPM standarnya Mas, misal 1400 itu malah turun jadi 1100 atu 1000, itu normal ga ya mas ? apa Mixture screwnya masih kurang pas ya settnya ?
    mohon pencerahannya lagi ya mas

    • mochyuga berkata:

      kalo gejalanya seperti itu, bisa jadi penyebabnya bukan dari karbu tapi dari fakor lain, misalnya busa filter udara yg sudah kotor dan menyebabkan isapan udara berasa “telat” dan menyebabkan rpm turun, atau mungkin dari kondisi kampas kopling yang menipis menyebabkan kopling tidak free sepenuhnya saat tuas kopling sudah ditarik penuh sehingga masih ada beban yg menyebabkan rpm turun, dll. jadi banyak faktor lain diluar faktor setingan karbu, baiknya sih dicek satu persatu

      kecuali jika memang sudah yakin betul bahwa gejala itu memang disebabkan setingan karbu, maka sebaiknya trial-error saja sampai dapat setingan yang pas sesuai keinginan, maklum kan tiap motor kondisinya berbeda jadi tidak ada patokan pasti setingan yang pas itu segimana, sesuaikan saja dengan kondisi dan kebutuhan mesin tersebut

    • Riyan Anggoro berkata:

      fu nya dapet brapa puteran mixture screw bang??
      barang kali bisa ane contek πŸ˜€
      kondisi full standard

  20. cloudhy84 berkata:

    sip deh Mas, terima kasih atas pencerahannya

  21. cloudhy84 berkata:

    ada 1 lagi ni mas yg saya lupa, kalo liat bentuk karbu BS26 yang dipakai Thunder 125 sama yang di FU agak berbeda sedikit, dan kemarin waktu saya setting karbu FU saya mengikuti anjuran setting karbu vakum dari buka ke tutup, ternyata malah ga nemu mesin tetep aja RPMnya ga ada perubahan saat screwnya diputar searah jarum jam sedikit demisedikit RPM ga mau turun, turunya malah pas sudah mentok kanan, dan diputar balik lagi RPM baru naik lagi, apakah itu berarti screw tersebut adalah Air Screw bukan Mixture screw ?
    dan apakah karbu vakum meski ber merk dan bertype sama bisa berbeda, maksud saya ada menggunakan Mixture Screw dan ada yang menggunakan Air Screw….
    mohon penjelasannya lagi ya Mas n before mathur Thank You

    • mochyuga berkata:

      karbu Thunder dan karbu FU memang beda, bisa dilihat dari kodenya, karbu Thunder kodenya BS26SS sementara karbu FU kodenya BS26-187. yang mirip karbu Thunder adalah karbu Byson. ada lagi satu tipe yang berbeda yaitu karbu spin/skywave/skydrive, kodenya BS26 saja, jadi untuk karbu Mikuni BS26 memang ada beberapa tipe.

      tentang seting, semuanya kembali ke keadaan mesin dan setingan bagian lainnya, untuk thunder saya sendiri seting klepnya saya buat renggang (suara mesin di video terdengar berisik kan) maka seting yang menurut saa cocok dengan keadaan itu ya seperti itu, mungkin jika setelan klep dibuat rapat setingnya bisa beda lagi, hanya saja say belum sempat mencoba hehe

      mengenai baut setelan saya bisa meyakinkan anda bahwa itu adalah mixture screw, AFAIK saya belum pernah menemukan karbu vakum yang menggunakan airscrew, baik itu karbu vakum berventuri kecil hingga karbu vakum untuk harley semua menggunakan mixture screw.

      Oiya, satu lagi cara paling mudah membedakan airscrew dengan mixture screw adalah, jika airscrew posisinya di depan slide/skep, sementara mixture screw posisinya ada di belakang skep dekat moncong karbu yang menghadap ke mesin.

  22. throny berkata:

    Bro, ada lg yg mau ane tanyain soal jetting.& busi.
    Masalah brebet pada byson sudah teratasi, ane cuma mnaikan ukuran main jet 1 step tanpa mnaikan ukuran pilot jet-ny & tanpa mengubah posisi klip jarum skep ke posisi bawah. Hasil dr perubahan itu aja akselerasi atas & bawah ane rasakan sudah jauh lebih responsif dr sblmny tanpa mbrebet2 gak jelas..tapi warna busi msh mnandakan klo mixture msh kurus.

    Ada sbgian mekanik oprek performa engine mnyarankan spy ane jg menaikan ukuran pilot jet..alasanny mereka bilang pilot jet msh bekerja saat putaran tengah & utk pnggunaan harian (berangkat/ pulang kantor via jalan yg lumayan macet) putaran tengah rasany memang yg paling mndominasi.
    Gmn menurut bro yuga? Apa ane jg perlu naikin ukuran pilot jet atau sbnrny ane cuma hrs nurunin posisi klip jarum skep ke bawah aja? Gmn sih indikasiny klo pilot jet terlalu kecil or terlalu besar?

    Ada jg sebagian mekanik yg bilang ane salah pilih busi (ane pake busi standart NGK, klo gak salah nomor 6EA9). Gmn sih bro cara mngetahui busi yg cocok dg motor kita? Yg ane tau busi ada 2 jenis, panas & dingin berdasarkan nomorny..lalu bagaimana kita mngetahui jenis busi apa yg dibutuhkan motor kita (dlm hal ini byson tentuny, hehe..)

    Atas jawaban bro yuga yg selalu mendetail ane haturkan terima kasih banyak..hehe.

    • mochyuga berkata:

      sebenernya ga ada patokan pasti kalo motor merk A setingan yg enak pj mjnya sekian dll, terutama motor yang menggunakan karbu tipe vakum.
      kenapa? karena tiap motor beda kondisinya, mungkin kalo bro throny baca artikel saya yg judulnya Kompleksitas Seting Karbu Vakum akan mengerti kenapa tiap motor sekalipun merk tipe dan tahunnya sama setingnya bisa berbeda, karena kondisi mesin juga bisa berbeda tergantung perawatan si pemiliknya.

      tentang seting yg pas sesuai kondisi motor anda, kalau setingnya sudah terasa enak dan pas sesuai keinginan, kenapa musti “galau” dengan pendapat mekanik/tuner lain? hehe
      yang jadi patokan mekanik tersebut biasanya berdasarkan pengalaman dan nalar, contohnya mungkin beliau pernah nyeting byson dan dapet setingan yg pasnya segitu jadi beliau menyarankan setingan yg sama, padahal belum tentu setingan tersebut cocok dengan motor anda, ditambah lagi jika anda menanyakannya secara online, well mekanik bukan dukun yg bisa menganalisa kondisi mesin anda dari jarak jauh hehe makanya biasanya mereka menjawab dengan patokan dasar sesuai nalar atau sesuai dengan pengalaman pribadi mereka, mengenai prakteknya anda yang tentukan sendiri setingan mana yang cocok yang sesuai dengan motor anda. jadi jawaban yang diberikan para mekanik tersebut bukan sebuah aturan yang saklek harus dituruti setingnya, sesuaikan saja dengan kebutuhan. dari keterangan yang anda kemukakan, yaitu brebet hilang, akselerasi responsif, busi merah bata, berarti setingnya sudah pas.

      tentang pilihan busi pun, jika outputnya sudah memuaskan kenapa musti diganti? pede aja bro, ga perlu musti mengikuti pendapat orang lain jika ternyata tidak cocok dengan kebutuhan anda hehe
      pada dasarnya, busi standar pabrik atau yang spesifikasinya mendekati bui standar pabrik bisa dibilang yang paling cocok, karena sudah diuji pabrikan dengan segala macam kondisi. jika ada yang menyarankan menggunakan busi dingin, biasanya sih speed-junkie atau turing-ers yang sering memacu mesin hingga limit, unjuk kerja busi dingin memang lebih maksimal saat kondisi mesin panas. tapi jika anda sehari-hari jarang memacu motor hingga kecepatan tinggi atau jarak jauh (diatas 100km) maka tidak perlu menggunakan busi dingin, busi standar atau yang lebih panas yang lebih cocok.
      tentang tipe elektroda (copper/platinum/iridium/dll) hanya perbedaan bahan elektroda saja, saat memilih busi patokannya tetap pada kode busi yang menyatakan heat range dari busi tersebut.

  23. rizmaledi berkata:

    Bro…knapa motor klo dlm keadan stasioner(posisi dipanasin )kira 5 menit,RPM kira2 1400 tiba2 suara mesin melambat kayak mau mati tetapi naik lg rpmnya normal gk seperti itu…..please advicenya bro…thanks

  24. Adam berkata:

    Salam kenal mas montir internet. Saya punya P135 yg karbunya vaccum juga. saya abis stel klep standar, trs bersihin karbu jg. tapi kenapa pas di starter (engkol maupun elektrik) g bisa nyala? saya (g sengaja) menutup filter udara pas start terasa hembusan angin ky knalpot. Note : PJ dan MJ sdh saya gantin pake P180.

  25. Benny berkata:

    Salam kenal. Mas, sy awam soal karburator, sy mau tanya seputar karbu vakum yg pembukaan jarum skep-nya bergantung pada kevakuman dlm silinder, pertanyaan sy apa pengaruhnya kalo spring/per pd skep dipotong sedikit, tujuannya supaya tekanan spring pd skep tidak terlalu kuat sehingga tidak memerlukan kevakuman yg kuat utk membuat jarum skep terangkat, dgn begitu mungkin ada pengaruh positif pd tarikan motor. Mohon koreksi jika salah, tolong penjelasannya jg. Terima kasih sebelumnya.

    • mochyuga berkata:

      salam kenal juga masbro, betul, itu salah satu cara untuk mempercepat angkatan skep dan membuat akselerasi motor jadi lebih cepat, tapi ada batasannya juga, kalo dipotong terlalu banyak nanti skep bisa ngegantung, memang rpm ga akan ikut-ikutan ngegantung seperti di karbu skep konvensional, tapi yang jadi korban adalah karet vakum soalnya bensin yang tertarik dari lubang jet needle bisa-bisa malah muncrat balik ke ruang vakum melalui lubang sirkulasi udara di skep, keseringan kena bensin karet vakum bisa melar dan lama-lama jadi sobek

  26. KEMod berkata:

    maaf mas gan ane mau tanya πŸ˜€

    ane pake motor BeAT dan udah pasti itu pake karbu vakum kan, nah yang ane tanyakan disini gimana cara ngedapatin gas yang stabil.

    oiya sebelumnya ane pake knalpot racing gan seperti ini : http://is.gd/NBrty0

    disaat ane buang gas pada kecepatan tinggi knalpot ane meletup-letup (ga tentu sih pas pelan juga kadang gitu). ini yang di settingnya pilot screw ya gan? terus putaran stasioner nya juga ane setting. biar ga meletup letup itu dikasih berapa putaran ya gan pada pilot screw nya??

    stasioner itu untuk langsam ya mas gan? kalo dimisalkan ane putar terus ke kanan berdampak apa?

    mohon dijawab suhu…..
    terima kasih.

    FYI :
    sebelumnya ane kasih 1 putaran pada pilot screw nya (kekurangan ya itu?) :hammer

    • mochyuga berkata:

      diliat dari leher knalpotnya, yang karakternya terompet begitu biasanya memang minta setingan karbu agak boros biar enak.

      mengatasi letupan knalpot di rpm tinggi coba jarum skepnya disetel boros dulu, pindahkan klip penahan jarum skep ke posisi bawah satu step dari standarnya, kalo ga salah standarnya di posisi tengah cmiiw

      mengatasi letupan knalpot di rpm bawah bisa dengan cara setel pilotscrew. kalo bisa seting pilotscrewnya waktu kondisi mesin panas dulu, patokan awalnya sekitar 2 putaran, bleyer gas sampe 1/4 bukaan berkali-kali secara spontan sambil otak-atik pilotscrew hingga gejala nembak hilang, berarti udah dapet setelan bukaan pilot screw yang pas.
      kalo udah dapet matikan mesin sambil cek kondisi busi, bersihkan jika kotor. kalo mesin udah dingin cek lagi langsamnya, kalo rpm langsam jadi lebih rendah kecilkan bukaan pilotscrew sedikit saja, sekitar 1/8 putaran, tapi jika langsamnya masih normal ga perlu otak-atik pilotscrewnya lagi.

      nah itu juga menjawab pertanyaan selanjutnya tentang dampak dari pilot screw dibuka/diputar ke kanan, semakin dibuka maka pasokan gas saat langsam makin banyak, saat mesin panas sih mungkin ga apa-apa tapi saat mesin dingin biasanya motor bakal susah hidup, makanya bukaan pilotscrew secukupnya saja sesuai hasil dari proses seting diatas. jika bukaan pilotscrew sudha lebih dari 4 putaran berarti ada yg tidak normal dari karbu tersebut, musti diservis atau ganti pilot jet yang lebih besar 1 step.

      selamat mencoba, semoga berhasil hehe

  27. salam kenal masbro..saya bener2 awam tentang karbu..motor saya new jupiter mx ganti dengan knalpot r9 new mugello..saya bawa ke bengkel diganti pilot jet nya naik 1 step..karena saya suka otak atik saya puter2 mixture screwnya..pas saya bawa jadi ga enak bro..cepet naik putaran mesinnya..pertanyaan saya kira2 settingan standard mixture screw untuk karbu vakum dengan knalpot r9 ini brapa ya bro?..ato sebenernya ga perlu naik 1 step ya pilot jetnya..mohon tanggapannya..terima kasih mas bro..

    • mochyuga berkata:

      salam kenal juga masbro..
      kalo yang saya pernah baca di manual booknya sih 2,5 putaran untuk kondisi standar, tapi kalo udah ganti pilot jet biasanya setingannya udah beda sama standarnya, musti dikulik sendiri..
      berdasarkan pengalaman saya, biasanya karbu vakum kalo naik pj satu step mixturescrewnya ditutup sedikit sekitar 1/8 sampe 1/4 putaran, tapi setelan langsamnya dibuka sedikit lebih gede juga. kalo pj pake yang standar cukup buka mixture screw 1/2 – 1 putaran.
      btw ganti pj kan tujuannya biar lebih cepet putaran bawahnya, berarti udah bener dong hehe

  28. oh gitu mas bro..salah dong saya ya..saya pikir karena knalpot sudah free flow jadi saya buka mixturenya sampe 3..wah salah saya..btw mas bro kalo pj standard gaapap tuh bukaan mix screw nya hanya sampe 1 putaran?..kalo frew flow bukannya butuh bahan bakar lebih banyak ya..jadi harusnya dibuka lebih besar?..mohon penjelasan nya..cmiw..hehe..

    • mochyuga berkata:

      waduh maaf mungkin saya kurang jelas ngejelasinnya hehe
      maksudnya kalo pj standar buka misture screw 1/2 – 1 putaran dari patokan standar, atau jadi 3 – 3,5 putaran hehe
      kalo pj naik satu step berarti dari 2,5 putaran dikurangi 1/8 – 1/4 putaran hehe maaf kalo membingungkan

  29. Ayah berkata:

    Salam kenal,,
    Mio saya sudah bore up jadi 150 cc tapi klep masih standar.
    knalpot freeflow
    Yang saya mau tanyakan kenapa mio saya susah sekali langsamnya ,kadang mesin tiba tiba mati bila gas diturunkan ketika lampu merah.
    Pilot jet ukuran 40
    main jet 110
    Apa pilot jetnya kebesaran?
    Trim,s atas jawabannya.

    • mochyuga berkata:

      kondisi busi gimana bro? sebenernya jawaban yang paling tepat sih ada di kepala busi, kalo hitam pekat berarti memang PJnya yang terlalu besar. tapi jika kondisi busi masih baik (cokelat / merah bata) bisa jadi setelan klepnya yang terlalu rapat

  30. Ayah berkata:

    Trim,s bro kepala busi nye memang hitam (setelan basah) biar mesin ga cepet panas (kate mekaniknye).
    klo Pj diturunin satu step jadi 38 ada efeknya ga ke mesin ?
    DI karbu mio ane (kheihin 24) saya cari cari pilot screw nye ga ada bro,
    yg ada cuma setelan gas ame angin,.maaf masih katro….he he he

    • mochyuga berkata:

      di akrbu vakum ga ada setelan angin bro, adanya pilotscrew / mixture screw, memang bentuknya persis setelan angin tapi fungsinya beda.

      untuk mengatasi maslah tersebut solusinya ada 2 :
      1. ganti PJ ke 38, pilot screw dibuka hingga 3 – 3,5 putaran tergantung kebutuhan mesin
      2. PJ tetap 40, pilot screw ditutup 1/4 – 1/2 putaran dari setelan yang sekarang, kalo masih gampang mati setelan langsamnya dibuka sedikit lebih besar

      semoga membantu

  31. Ayah berkata:

    terima kasih, bro. infonya.

  32. Sony berkata:

    Mas, tolong beritahu saya faktor apa saja yg bisa menyebabkan akselerasi kadang brebet + nyendat pada yamaha byson? Saya sudah mencoba segala cara yg saya tau mulai dari seting mixture screw, seting ketinggian pelampung, penggantian pilot ataupun main jet sampai pemotongan per skep seperti yg saya simak pada pertanyaan mas benny, tapi tetap saja tarikan spontan tetap brebet+nyendat, terutama setelah mengurangi/melepas gas agak lama (motor lari di atas 40km/h, persneling 3 ke atas) lalu pelintir gas lg utk akselerasi maka bisa dipastikan tarikan akan brebet+nyendat, beda dg hanya melepas gas sebentar lalu pelintir lg utk akselerasi maka tarikan akan normal-normal saja.
    Apa karakter yamaha byson memang seperti ini? Kalau tidak, langkah apa lagi yg belum saya ketahui yg perlu saya lakukan utk mengetahui dimana sebenarnya penyakit pada akselerasi motor saya ini. Sebelumnya terima kasih banyak atas jawabannya mas..

    • mochyuga berkata:

      ini cuman terawangan aja ya mas, tapi mudah-mudahan bener…
      kayanya sih memang dari karakter si bysonnya sendiri, kalo saya liat kan manifoldnya panjang banget tuh, bisa jadi itu mempengaruhi kevakuman di port & respon dari karbunya sendiri. beberapa hari yang lalu saya pernah baca tentang tips potong manifold byson, katanya memperbaiki respon akselerasi jadi lebih spontan, mungkin bisa dicoba tips tersebut

  33. cloudhy84 berkata:

    Mas bro, saya mau tanya neh, saya ganti PJ yg after market ukuran 17,5 untuk si FU trus waktu saya pasang, udah stel test drive memang enak sih tarikannya cuman karbunya malah berkeringat + knalpot keluar asap hitam so pasti terlalu kaya BB kan, saya stel lagi keringatnya hilang, tapi ada tapinya neh mas, asap hitam ttp ngepul stelan ga ketemu, otomatis mikirnya itu PJ ga cocok buat karbu si FU kan ya mas, akhirnya saya pasang lagi yang orinya, beres ga ada masalah apalagi ngepul.. tapi yang bikin bingung lagi, itu PJ after market dipasang ke motor teman saya malah ga ada masalah, padahal spek motor sama hanya kompresi saja yang naik dengan buang gasket jadi 1 lembar. pertanyaan saya itu masalahnya kenapa ya mas, apa memang PJnya ga cocok atau ada malah lain ?
    mohon pencerahannya ya mas thanks sebelumnya

    • mochyuga berkata:

      sepertinya memang ga cocok deh…
      btw, kalo misalnya bisa tukeran, coba pake karbu punya temen anda yang udah pake pj aftermarket tsb, kalo ternya ga masalah berarti memang karbu anda yang ga cocok dengan pj ukuran segitu, atau mungkin airjetnya udah mampet/cacat, maklum airjet kan kecil banget jadi resiko mampet pasti ada, cek aja dulu

      • cloudhy84 berkata:

        emm… kalo air jetnya mampet otomatis PJ yg orinya juga masalah dong ya mas ?, tapi itu ga ada masalah sama sekali alias normal aja.
        trus andai kata memang mampet bisa dibersihkan ga mas (dicolok pake apa) ?

  34. masbro..saya mw tanya cara setting mixturescrew di new jupiter mx..saya setting nya diputar kekanan sampai mentrok..lalu dibuka hingga 2.5 putaran apa betul seperti itu?..soalnya pas saya ke bengkel katanya bukaan sampai 10 putaran..dan apa effectnya ketika salah putar mixture screw..terima kasih sebelumnya mas bro..

    • mochyuga berkata:

      wah, kalo 10 putaran copot dong sekrupnya bro hehe
      kalo yang pernah saya baca sih, setelan standarnya 2,5 putaran, +/- 1/2 putaran tergantung suhu dan kelembaban udara sekitar tempat tinggal anda.
      tentang seting mixture screw, kalau terlalu besar bukaannya menyebabkan sulit langsam dan pembakaran kurang sempurna yg menyebabkan busi hitam dan keluar asap hitam dari knalpot. kalau bukaan mixture screw terlalu kecil berakibat sulit langsam dan mesin cepat panas, serta muncul suara ledakan-ledakan di knalpot saat tutup gas.

      • pilot jet saya kan naik 1 step..supaya pembakaran sempurna pilot air jet juga harus naik kan ya bro?..saya bisa mendapatkan pilot air jet dengan ukuran yang sudah naik dimana ya bro?..terima kasih sebelumnya..

  35. Sony berkata:

    Bro, apa pengaruhnya pada akselerasi motor kalau pelampung pada karbu vakum di seting terlalu tinggi atau terlalu rendah? Bagaimana seting ketinggian pelampung yg ideal utk karbu vakum macam mikuni?

    • mochyuga berkata:

      untuk seting pelmpung sebenarnya tidak berbeda jauh dengan karbu skep biasa, tinggi pelampung maksimal 90%dari tinggi bak pelampung, jikak diseting terlalu rendah teenu akan menyebabkan pasokan bensin sedikit telat di putaran tinggi

      • sony berkata:

        Apa indikasinya klo bak pelampung terlalu penuh atau kekurangan bensin bro? Apa kita bisa mengetahui tanda2nya? bagaimana tanda/indikasi yg bagus (bak pelampung terisi cukup bensin)? Terima kasih jawabannya.

  36. mochyuga berkata:

    cloudhy84 :

    emm… kalo air jetnya mampet otomatis PJ yg orinya juga masalah dong ya mas ?, tapi itu ga ada masalah sama sekali alias normal aja.
    trus andai kata memang mampet bisa dibersihkan ga mas (dicolok pake apa) ?

    untuk kenaikan PJ yang 2 tingkat (12,5 ke 17,5) memang pasti beda kerasanya, jadi air-jet tersumbat sedikit aja pasti ada bedanya, coba dibersihkan dulu, caranya buka dulu misture screw terus semprot carb cleaner dari lubang miture screw tsb, sekalian bersihkan dengan angin kompressor

    Sahala Rajagukguk :

    pilot jet saya kan naik 1 step..supaya pembakaran sempurna pilot air jet juga harus naik kan ya bro?..saya bisa mendapatkan pilot air jet dengan ukuran yang sudah naik dimana ya bro?..terima kasih sebelumnya..

    harusnya sih begitu, coba dicek di situs sparepart yamaha biasanya ada keterangan ukuran pilot air-jet untuk karbu tersebut, untuk mengganti ukuran yang lebih besar bisa disubstitusi dengan pilot air jet untuk karbu motor lain, misalnya untuk karbu byson atau scorpio

    sony :

    Apa indikasinya klo bak pelampung terlalu penuh atau kekurangan bensin bro? Apa kita bisa mengetahui tanda2nya? bagaimana tanda/indikasi yg bagus (bak pelampung terisi cukup bensin)? Terima kasih jawabannya.

    kalau bak pelampung terlalu penuh indikasi paling gampang tentu ada tanda2 banjir dari lubang pembuangan. jika kurang/pelampung terlalu rendah terasanya di putaran atas, laju motor kurang lancar alias ndut-ndutan karena kurang pasokan bensin.

    sebetulnya agak susah jika menakar tinggi pelampung sudah pas dirasakan dari performa mesin, paling pas sih diukur manual saja saat karbu belum dipasang di motor. caranya sediakan selang bening kecil seukuran lubang pembuangan karbu, buka baut pembuangan, isi bak karbu dengan bensin. nanti ada bensin yang keluar ke selang bening tsb, tempelkan ujung selang ke badan karbu, kalao ketinggian bensin yang ada di dalam selang sudah sejajar dengan sambungan bak karbu berarti setelan pelampung sudah pas.

  37. fengki berkata:

    mas bro,numpang tanya PJ absolute revo klo mau diganti 38 pake punyanya aa ya?dimana yg jual?tks

    • mochyuga berkata:

      di BeRes ada koq, kalo ga salah sampe ukuran 40 juga ada. atau pake pj aftermarket biatan kitaco, belinya ya di bengkel dong bro hehe
      atau kalo susah, tinggal pesan di toko online seperti tokobagus, berniaga, atau kaskus, banyak koq yang jualan pj aftermarket berbagai merk, tinggal pesan, bayar, barangpun dikirim

  38. berry berkata:

    klo saya di motor byson pke 4 putaran penuh ke kiri setelah di putar mentok kanan…apa ini lebih boros bensin? soalnya saya pke metode ini untuk ilangin nembak di knalpot racing

  39. mochyuga berkata:

    putra :

    slm knal mas
    ane mau tya ni kalo scorpi ane pj nya di turuni trus mj a di naikin apa kejadian y?
    berhubung main air jet a udah di gedein.
    thx

    main air jet diganti yg gede memang sebaiknya diimbangi sama main jet yang gede, tapi kenapa pilot jetnya diganti lebih kecil? apa mengejar irit? pada dasarnya ga terllau masalah sih asal turunnya cuma 1 step, paling tinggal seting ulang pilot screwnya biar ga terlalu kering, kalo terlalu kering cenderung bikin panas mesin makin tinggi apalagi kalo sering ketemu macet

  40. Nur berkata:

    mantaf share’a gan

    mtr ane new mx, dlu karbu vakum mx ane prnah rusak mix screw’a ahir’a gk bisa di stel/putar, ane bw ke tukang bubut biar diambil tu baut, stelah itu ane pake mix screw mio krn dlu part new mx ssh bgt gan thn 2011an, ni kmrin ahir’a dpt tu mix srew ori, pas ane pake koq mlh gk enk y settingan’a, mix srew ditutup mesin gk mau mati/ngadat2

    • mochyuga berkata:

      mungkin fisik mixscrewnya beda, coba dicek dulu terutama bagian jarumnya, kalo memang beda berarti kemungkinan besar lubang jalur miture di karbunya udah “rusak” karena kebentur sama bentuk jarum yg beda, kalo gitu sih pake miscrew yg mio aja ga perlu dibalikin ke yg ori lagi

      sedikit curhat, kejadiannya sama persis kaya saya dulu, ganti mixsrew karbu thunder pake mixsrew karbu tiger dgn alasan baut mixscrewnya lebih nongol jadi gampang nyetelnya, eh ternyata bentuk jarumnya beda, misrew thunder runcing sementara yg tiger lebih gendut jarumnya, akhirnya sekarang ga bisa pake mixsrew ori lagi, udah aja lanjut pake mixsrew tiger sampe sekarang hehe

  41. D'R berkata:

    Kang Gmn kabarnya? πŸ˜€
    Saya mau tanya lagi nih, kalau lubang pada skep karbu vakum di perbesar ada efeknya gak yah? Itu loh lubang yg deket needle jet.

    • mochyuga berkata:

      alhamdulillah baik kang πŸ™‚
      wah belum pernah nyoba tuh, soalnya skep karbu vakum mahal2 jadi ragu mau nyobanya heheh
      pastinya bisa ngerubah karakter bukaan skep, cuman ditilik secara teori ada 2 kemungkinan, kalo diliat dari teori velocity kemungkinan besar respon skep jadi lebih cepet naik, tapi kalo teori tekanan udara kemungkinan besar justru malah bikin skep telat naik karena lobang yg lebih gede malah bikin tekanan jadi menurun
      tapi kalo penasaran coba aja, nanti share reviewnya disini ya hehe

  42. bs30 berkata:

    agan mochyuga
    memang luar biasa,
    saya jadi bisa belajar lewat penjelasan dan tanya-jawab di blog ini…
    makasih ya bro…
    saya juga mau belajar nyetting karbu vakum scorpio z saya setelah ubahan noken as durasi tinggi.

    di kondisi standarnya ;
    -klip jarum skep ada di posisi paling atas
    -putaran air screw 3,5
    -pj 17,5
    -mj 110
    -elektroda busi berwarna coklat kelengkeng (hehe)
    -top speed efektif 138km/jam (gir5)

    nah, sekarang
    saya sedang pakai konfigurasi ;
    -klip jarum skep ada di posisi paling bawah
    -putaran air screw 2
    -pj 22,5
    -mj 120
    -elektroda busi berwarna hitam kerak
    -top speed efektif 120km/jam (gir5)
    dengan catatan..
    putaran atas, mulai gir 3 ketahan di 10.000rpm
    dan gir 4 dan 5 rpm mesin kian menurun drastis.

    (padahal dalam kondisi sehat, gir 3 scorpio saya bisa mentok di 11.000rpm)

    nah,
    yang saya bingung adalah
    berapa ukuran pj-mj yang pas,
    posisi klip jarum skep (bawah, tengah, atau atas?),
    dan setelan air screw yang pas supaya tenaga keluar maksimal namun elektroda busi tetap coklat.

    CATATAN :
    saya punya pj scorpio z, ukuran
    17,5 || 20 || 22,5 ||
    saya punya mj scorpio z, ukuran
    110 || 112,5 || 115 || 120 ||

    kalau ada waktu,
    mohon saran dan bantuannya ya agan mochyuga…

    -salam sparing-
    ^_^

    • mochyuga berkata:

      lho koq malah ngajakin sparing, atut ah heheh

      btw makasih jg bro sharingnya, terbukti kan kalo karbu vakum ga bisa gonta-ganti PJ MJ sembarangan dan ga bisa sembarangan diborosin hehe..
      kalo dilihat dari kornologinya sih, coba pasang PJ 17,5 dan MJ 112,5, mixscrew diset sekitaran 2,5-3 putaran, klip jarum skep cukup ditengah aja. nanti share lagi hasilnya disini ya bro πŸ˜€

      • D'R berkata:

        Kang mau tanya lagi nih biar gk tersesat di jalan, hehe πŸ˜€ kira2 kalau pasang tabung di intake manifold semacam tabung YEIS di RX King ada efeknya gak buat karbu vakum? Efek positif tentunya hehee… Anak2 Bajaj pulsar kayanya bnyk yg pake tuh. Makasih sebelumnya.

      • bs30 berkata:

        gak usah atut gan…
        sparing for fun aja kok, gak ada neko-neko an.. hehe
        sparing for brotherhood.

        setelan ini ;
        klip jarum skep posisi paling bawah,
        pj22,5
        mj112,5
        mixture screw 1/2 putaran; hasilnya gir 3 cuma mentok di 10500rpm dan starter engkel di pagi hari, nyaris mustahil hidup.
        warna elektroda busi coklat kering ke putih an
        tarikan bawah tengah-tengah atas flat merata di setiap rpm.

        kalau yang

        setelan ini ;
        klip jarum skep posisi tengah,
        pj17,5
        mj112,5
        mixture screw 3 putaran; hasilnya putaran mesin dari bawah sampai 10.000rpm lancar jaya.., dan starter engkel di pagi hari, relatif mudah hidup, namun stasioner masih naik turun gan..
        warna elektroda busi dan rpm penuh di gir 3 belum saya cek.
        tarikan bawah tengah-tengah atas, jauh lebih padat dan merata tenaganya di setiap rpm.
        tapi kesannya kok masih kurang hot ya, tarikan bawahnya ?

        baiknya putaran mixture screw jadikan 2,5 atau 3,5 nih gan?

        tambahan info :

        dulu waktu pakai noken durasi tinggi dengan desain untuk akselerasi cepat.
        cukup klip di paling atas, pj17,5 || mj110 putaran mixture screw = 4.
        hasilnya elektroda busi coklat ke merah an,
        tarikan bawahnya oke banget, atasnya lumayan,
        buat boncengan di tanjakan dengan bobot penumpang sekitar 130kg, pakai gir 3 nyaris 120km..sambil ketawa.
        gila nya lagi, konsumsi premium saat touring 1:50.

        nah, noken yang sekarang desainnya untuk top speed tinggi..

        jadi mohon bantuannya ya agan mochyuga, untuk milih dan setting ;
        ukuran pj-mj dan posisi klip jarum skep karburator, serta putaran mixture screw yang pas.

      • bs30 berkata:

        mmm,
        jadi apakah kesimpulannya ;

        besar “pilot jet” dan setting putaran mixture screw, hanya berpengaruh pada saat stasioner sampai 1/4 bukaan gas.
        1/4 sampai bukaan gas penuh, diakomodir hanya oleh “main jet”, tanpa dibantu kinerja nya oleh jumlah putaran mixture screw.
        dan . .
        kalau “pilot jet” dan setting putaran mixture screw, tidak ada kaitannya sama sekali di putaran atas ? (dalam hal ini, pencapaian 11.000rpm di scorpio z saya).

        soalnya..
        dulu saya pernah hanya sampai 10.500rpm di gir 3 (dengan 4 putaran mixture screw)..
        dan tanpa ubahan apapun, (kemudian saya ubah jadi 3,5 putaran mixture screw), dan scorpio z saya sukses mencapai 11.000rpm di gir 3 dengan lancar.

        mohon bantuan sarannya ya gan..
        supaya saya bisa paham alur pemodelan sistem dan metodologi perancangan, serta logika program yang tepat.

  43. mochyuga berkata:

    D’R :

    Kang mau tanya lagi nih biar gk tersesat di jalan, hehe :D kira2 kalau pasang tabung di intake manifold semacam tabung YEIS di RX King ada efeknya gak buat karbu vakum? Efek positif tentunya hehee… Anak2 Bajaj pulsar kayanya bnyk yg pake tuh. Makasih sebelumnya.

    wah, belum pernah coba tuh hehe
    tapi kalo ditilik secara teoritis sih efeknya kmeungkinan besar bakal kebalik, kalo di karbu skep biasa fungsinya ngumpulin kelebihan gas bakar di rpm tinggi buat dipake untuk menambah pasokan gas bakar saat dibuka mendadak (intinya menambah akselerasi), kalo di karbu vakum malah jadi menangkap kelebihan gas di rpm rendah, tapi dipakenya kapan? hehe..
    karena di karbu vakum efisiensinya justru terjadi di rpm tinggi, buktinya kadang saat dipake untuk perjalanan jauh motor terasa lebih irit, sementara dipake di perkotaan kadang jadi lebih boros, betul kan?
    lagian YEIS bekerja jauh lebih efektif untuk motor 2-tak, di motor 4-tak ga perlu volume tabung sebesar tabung YEIS karena tekanan baliknya kecil. sistem kerja YEIS di motor 4-tak jg sangat ditentukan oleh spesifikasi karbu, porting, dan klep. jadi mungkin untuk pulsar memang cocok tapi belum tentu cocok juga buat motor lainnya, jadi perlu riset lebih lanjut tentang efek positif negatifnya tergantung spek karbu, porting, sama klepnya.

  44. bs30 berkata:

    karbu vakum scorpio z 2010 (mikuni bs30) dengan settingan ;

    klip jarum skep posisi di tengah,
    pj17,5
    mj112,5
    mixture screw 3 putaran; hasilnya gir 3 cuma mentok di 10500rpm dan starter engkel di pagi hari, agak susah hidup.
    warna elektroda busi kopi susu, yang banyak susu nya.
    tarikan bawah tengah-tengah atas, cukup merata di setiap rpm.

    tapi rpm saat stasioner naik turun, lalu mati mendadak..
    saat saya setting mixture screw jadi 2,5putaran.. semakin menjadi.
    akhirnya sekarang pakai 4putaran..
    tapi butuh 5 menit lebih untuk menstabilkan rpm mesin ke tingkat stasioner normal.

    apa yang harus saya lakukan ?

    naik pj 1 step ?
    turun klip ke posisi paling bawah ?
    atau putar mixture screw diatas 5 putaran ?

    mohon bantuannya gan…

    • mochyuga berkata:

      langsam naik turun tersangkanya udah bukan faktor setingan lagi, tapi kondisi part. coba cek karet vakum bolong atau melar ga, cek permukaan skep ada baret/gores dalem ga, cek baut mixsrew terutama ujung jarumnya, kalo bengkok atau tumpul ganti baru aja, terakhir cek kondisi kebersihan busa filter udara, kalo udah butek segera dicuci atau diganti baru sekalian. semoga membantu

  45. bs30 berkata:

    kalau mendeteksi ukuran main jet dah maksimal caranya gimana gan ?

    dan apakah ukuran pilot jet dan jumlah putaran pada mixture screw, gak ada pengaruhnya sama sekali untuk putaran menengah ke atas ?

    dengan kata lain, putaran menengah ke atas, hanya ditangani oleh main jet saja ?

    • mochyuga berkata:

      pake teknik engine-cut, geber sampai beban tertinggi (gigi 5, rpm masuk limiter), langsung tarik kopling & matiin mesin pake engine cut-off. liat kondisi busi kalo udah merah bata atau kecoklatan berarti main jet udah pas.

      pilot jet masih berpengaruh ke putaran atas, tapi persentasenya kecil banget, mungkin cuma sekitar 5%, apalagi kalo main jet diganti ukuran yg lbeih besar dan setelan jarum skep diborosin, persentasenya makin kecil lagi

  46. ovick berkata:

    gan mau nanya njmx saya kalo dingin langsam tpi udah panas naik turun langsamnya pake kabu vakum 2,5 putaran bensin pertamax..

  47. bs30 berkata:

    gila…
    “pake teknik engine-cut, geber sampai beban tertinggi (gigi 5, rpm masuk limiter), langsung tarik kopling & matiin mesin pake engine cut-off.”

    apa gak meledak hebat tuh knalpot…
    di bunuh mesinnya pas 140km/jam.

    hehe..
    terima kasih, akan saya coba.

  48. bs30 berkata:

    kang mochyuga,

    ikut tanya ya..
    MENYIMPANG DARI TEMA UTAMA,

    scorpio z ane yang model lawas (juni 2010), tentu sistem AC dan masih belum AHO.
    nah itu kenapa “kaki lampu utama” nya gampang meleleh ya ?

    sejak awal beli masih sehat, dan mulai meleleh setelah pemakaian 1 tahun.

    lelehan tenol nya saya soldir ulang dan di campur dengan gondorukem, biar keras..
    namun akhirnya tetep meleleh sampai tahun ketiga ini.. “lampu jauh” nya putus.
    padahal semua perangkat lampu, standar bawaan pabrik.

    tambahan :
    -saya memang seneng dan hoby meraungkan mesin di rpm tinggi 10000-11000rpm di gir 3.
    -saya menggunakan “Kipro-X” keluaran BRT buat mio soul dan scorpio,
    namun saat pakai kiprok standar, “kaki lampu utama” nya juga gampang meleleh.

    ada solusi, supaya fitting dan kaki lampu tak meleleh ?
    atau mungkin wajib ganti lampu ber “watt” lebih tinggi, yang tidak kalah terang, namun yang tidak “melelehkan” reflector bawaan ?
    lampu apakah itu ?

    • mochyuga berkata:

      fiting meleleh umumnya karena pemasangan yg kurang pas atau udah longgar, jadi ada loncatan listrik kaya konsleting terus-terusan yang menimbulkan panas tinggi dan melelehkan fitting. coba cek fiting lampu sama dudukan di reflektornya, kalo udah longgar mending diganti baru atau diakali biar ga longgar.

      btw, kiprox brt buat scorpio udah ada ya? koq saya nyari susah banget sih 😦

      • bs30 berkata:

        sekarang ini, saya dah ganti satu set..
        sekring (15A), fitting set ori, lampu depan ori, kiprok pakai bawaan lagi.

        anehnya ni gan mochyuga..
        di kemasan luar KIPRO-X BRT tertulis :
        “jupiter mx/mio/soul/scorpio”,
        tapi di label dalam kemasan, tertulis :
        “yamaha mio”

        memang dalam 6bulan pemakaian, terasa lampu depan lebih terang..
        namun saya takut ini KIPRO-X bukan untuk scorpio.
        😦

  49. jerk berkata:

    Gan ane dah ngikut Dr awal blog ini , yang mau ane Tanya motor byson ku stelah di bawa ngebut trus di diemin mesin hidup , stasioner e hunting gan naik sampe 1200 turun sampe 800 an tp Ga Mati… Mau stabil di 1000 cm sesaat , Kalo di bawa jalan normal Ga hunting stasioner nya…
    Spesifikasi :
    Mj :115
    Pj :17,5
    Knalpot :SHP
    Busi : NGK iridium
    Fuel : pertamax
    Ais to cylinders head di tutup , kalo utk tarikanya sendiri putaran bawah sampe atas lancar tanpa brebet Dan nembak…
    Oia putaran mixture screw standar byson brapa ya ?
    Stelah pake knalpot aftermarket brapa ?
    Kalo dari indikator busi sendiri merah kehitaman tanpa kerak.
    Sementara yang sy pake skarng 2 putaran Dr keadaan tertutup. Apa perlu jumlah putaranx di kurangi ato di tambah.
    Thanks salam kenal gan.

    • mochyuga berkata:

      stasioner labil biasanya disebabkan kondisi karet vakum yang udah melar atau berlubang, atau permukaan skep yg udah ga mulus, entah tergores,tapisan teflonnya udah tipis atau ilang, dll.
      coba dicek dulu gan

  50. bs30 berkata:

    agan mochyuga,

    cara ngecek ukuran main-jet dah pas dari warna elektroda busi gimana?

    punya saya warnanya masih coklat kopi susu.
    kesannya masih kering. berarti minta dinaikin 1 step lagi ya mj nya ?

    kemudian, tiap cek busi, di pangkal ulir nya terdapat cairan tipis mirip oli..
    dan waktu tes dyno, pas deselerasi..knalpot keluar asap hitam pekat, tanpa gejala nembak.
    itu kenapa ya ?

    -terima kasih, sebelumnya-

    • mochyuga berkata:

      biasanya sih itu gara-gara pj kegedean atau mixscrew kegedean bukaannya. kalo disertai brebet, biasanya dari jarum skepnya ada cacat/gores dalem

      • sorrow berkata:

        mj bawaan main naik 115 ( yg saya pake sekarang 15/115)
        seandainya setingan pas dapat terdengar dari bukaan mixture mesin teriak meninggi karena angin besar, tinggal seting campurannya banyak atau sedikit, dan rpm akan meninggi dan meninggi terussss. nah ini dia dapat…….. pat … pat…. smile πŸ™‚
        dengan mempertahankan vakum originalnya tanpa rombakan apapun

        catatan “karbu vakum kebo lebih mahal beli anginnya dibandingkan beli bensin” hi..hi.. wakwaw… wakakakkak … nuhun kang ilmunya

  51. bs30 berkata:

    oh iya,

    di comment saya diatas..
    warna elektroda “crem” = “coklat cenderung ke putih”

  52. sully berkata:

    gan,krbu vakum sw ane setelan lgsam dh mntok kcil tp ttp g bs d kcilin lg,,awalx cm q bersihin dudukn pilot mixturex,,oy pj prnh ane brsihin pke jarum biar kotorn ddlmx hilang,,apa ada pengaruh dr 2 kjdian td

    • sully berkata:

      gmn klo pj ane kecilin ato gnti baru bisa mmpengaruhi idle yg pas(idle lbh kcil lg),kira2 gmn agar langsam bs dkcilin lg
      nb:saat skrg putaran mesin stabil,udh ok,,cm rda gede lgsamx

      • mochyuga berkata:

        coba cek lagi pilotscrewnya, kalo pengalaman saya sih langsam ga bisa turun itu gara jarum di ujung pilotscrewnya bengkok/patah, jadi seakan2 mirip choke yang kebuka terus, makin panas mesinnya langsamnya malah makin tinggi

  53. D'R berkata:

    Kang tolongin lagi dong! πŸ˜€
    Kemaren saya iseng ganti karbu thunder pake karbu satria fu 2012 akhir. Pj & Mj standar karbu fu tapi putaran bawah ngempos yah? Pokoknya tiap awal gas di buka terasa ngempos. Apakah Pjnya harus naik? Padahal kan ukuran standar Pj & Mj karbu fu sama ama karbu thunder. Apa harus ganti ukuran 15 Pjnya kang? Makasih Kang sebelumnya.

    • mochyuga berkata:

      karbu thundernya masih ada ga? coba pindahin per skepnya karbu thunder ke karbu FUnya

      • D'R berkata:

        owh gt ya kang tar saya coba deh. Trus kalau intake manifold fu di thunder Pnp gk kang? Saya mau beli ragu2 nih takut gak pas masalahnya intake manifold thunder agak longgar di karbu fu. Makasih Kang

  54. Noky berkata:

    mas bro saya mau tanya nie,,, motor ane new scorpio z type karbo vakum .. bunyi ny brebet sama ga bisa langsam trus bensinnya kayanya juga lebih boros dari sebelumnya,,,, mohon penjelasannya mas bro,, thanks sbelumnya..

    • mochyuga berkata:

      sebelum cek karbu, coba cek busa filter udaranya dulu, kalo udah kotor banget coba dibersihin atau sekalian aja diganti pake yg baru.
      kalo karbunya masih standar (belum ganti PJ MJ) kemungkinn besar dari pilotscrewnya atau jarum skpnya ada bagian yg cacact kena goresan

  55. mochyuga berkata:

    D’R :

    owh gt ya kang tar saya coba deh. Trus kalau intake manifold fu di thunder Pnp gk kang? Saya mau beli ragu2 nih takut gak pas masalahnya intake manifold thunder agak longgar di karbu fu. Makasih Kang

    kalo FU sih belum pernah nyoba jadi kurang tau PnP atau engganya. tapi buat alternatif bisa juga pake manifold scorpio, ga PnP juga sih tapi ubahannya cuma tinggal bor ulang lubang baut aja, digedein lubangnya dikit biar posisi bautnya ga miring

    • D'R berkata:

      Kemaren udah saya coba pake per skep bawaan thunder Kang tp malah lbh parah ngemposnya, skep telat naik, emang kalau saya perhatiin Per skep karbu thunder malah lbh keras dari pada punya Fu walaupun udah saya potong 5 ulir. Terus saya penasaran dgn karbu Fu nih kang, di moncong karbu yg menghadap manifold dekat throtle valve itu ada 3 lubang, biasanya kan cuma 2, 1 lubang perangkat Pair dan udh saya tutup, 1 lagi lubang saluran choke nah yg 1 lagi ini lubang apa yah kang? Takutnya pengaruh ke putaran bawah kalau gk di tutup, tp kalau harus di tutup jg caranya gmn, masalahnya lobangnya sama kaya saluran choke jd kalau mau di tutup jg harus dari dalam. Ada yg lupa Kang kalau mesin udah panas ngemposnya berkurang tp tetep berasa kurang bertenaga putaran bawahnya. Makasih sebelumnya Kang.

  56. Tony berkata:

    Mas bro, mau tanya yg dimaksud stelan langsam yg tepat itu apakah jika kondisi udah panas RPM naik-turun 1300-1500 atau RPM tetap di angka 1500 nggak naik dan nggak turun? Motor saya Byson, kalau pilot screw saya buka 3 putaran RPM naik-turun antara 1300-1500..Thank’s before.

    • mochyuga berkata:

      justru sebaliknya, kalo yg pas itu waktu mesin panas bisa stabil, walaupun waktu dingin kadang suka ga stabil tapi kalo waktu dingin kan bisa pake choke.
      coba dulu diset di 2 atu 2,5 putaran, kalo masil labil juga berarti udah waktunya bersihin karbu hehe

  57. bs30 berkata:

    untuk
    me “merah” kan elektroda busi dari kondisi cenderung putih..

    1. naik MJ 1 step
    2. memperbanyak persediaan bensin di mangkuk karbu (tinggikan pelampung)

    mana yang baiknya dilakukan dahulu ya ?

  58. arya berkata:

    mas karbu satria fu saya sering macet dan vacu atw pistongasnya lengket gmna cara ngatasinnya mas…tolong mas solusinya

    • mochyuga berkata:

      koq bisa lengket? kan bahan teflon itu mencegah lengket jadi ga mungkin jadi lengket, kecuali kalo kena campuran kimia lain, contohnya pake carb/engine cleaner yg ga cocok..
      lagian skep macet bukan cuma gara2 lengket aja, tapi kalo salah pasang jarum skep (miring), jg bisa bikin gerakan skep jadi ga lancar, coba cek dulu

      • D'R berkata:

        justru itu gk nembus keluar kang, sekarang gejala ngempos udah berkurang, kayanya pengaruh jg dari intake manifold yg agk longgar, tp kalau mesin mulai nyala bau bensinnya kecium bgt kaya lg di choke, padahal gak di choke, kira2 pengaruh apa kang? Trus kalau pake pilot jet ukuran 15 saya cobain gak mau hidup tuh motor! Hehee… aneh, gk mau banyak2 di kasih minumnya kali. Hehehee… πŸ˜€

  59. jerk berkata:

    @muh yoga , gan ketemu penyakitnya karena pj nya Ga sesuai ternyata… Makanya sulit dapat stasioner.

  60. kudo berkata:

    Mas bro yg baek.. Saya pemakai karbu vakum di p180. Stlh pasang knalpot freeflow,mix screw digedein sampe 4 putaran dr pentok kanan.. Kalo posisi blm panas,dipanteng rpm 2000-2500 mesin batuk (spt kecekik),padahal langsam di 1200a normal, rpm diatas 4000 jg normal…apa yg harus saya lakukan? Sangat dinanti pencerahannya…terimakasih sebelumnya.

    • mochyuga berkata:

      maaf sebelumnya saya kurang tau persis tentang karbu pulsar, tapi jika di karbu tersebut jarum skepnya ada setelannya, coba disetel di posisi yang lebih boros, turun satu klip ke bawah

  61. riv berkata:

    misi,, mau tanya gan, byson ane sering ngadat, gejalanya kaya motor yang kehabisn bensin gitu. jadi pas rpm rendah begitu mau tarik gas mesin tiba2 mati (ga lebih dri 3000rpm). trus mesti ditarik cuk byar bsa hidup lagi. kira2 apa ya masalahnya gan?

    klo lihat warna busi agak putih itu berarti pasokan bensin minim ya gan? cara setting nya gmana ya?

    satu lagi, sebenrnya fungsi dari cuk di karbu byson itu buat apa y gan?

    mohon pencerahannya.. terimakasih

    • mochyuga berkata:

      berdasarkan pengalaman saya sih, gejala gitu biasanya disebabkan karet vakum yg sobek atau bolong, kebetulan karbu byson tipenya sama ama karbu motor saya mikuni BS26
      fungsi cuk di karbu ini yaitu menarik udara di ruang vakum, dengan turunnya tekanan udara di ruang vakum maka skep membuka sedikit, membuat udara masuk dari lubang venturi dan bensin mengucur dari lubang nosel

  62. bs30 berkata:

    agan mochyuga,
    baiknya kalau nyari tingkat campuran proses bakar terbaik, supaya elektroda busi bisa berwarna coklat kemerahan..

    1. pada mixture screw, dimulai dari setelan basah, atau setelan kering dulu ?
    2. sebaiknya putaran mixture screw, disesuaikan dengan berapa putaran ? setengah putaran penuh, atau satu putaran penuh ?
    3. bagaimana cara yang tepat, untuk mengetahui kalau MJ ukuran tertentu, merupakan ukuran paling optimal buat motor berkarbu vakum ?

    dikhawatirkan, kalau terlampau besar ukuran main jet nya, akan membuat pembakaran terlalu basah, membuat busi cepat mati, menumpuk banyak kerak karbon di ruang bakar, dan mengurangi performa mesin untuk pemakaian jangka panjang.

    • mochyuga berkata:

      monggo dibuffer lagi videonya, saya rasa disitu sudah cukup jelas tatacara seting mixscrew, lengkap dengan prakteknya

      seting terbaik tentu harus berpatokan pada setingan standar, apalagi untuk mesin 4-tak dengan karbu vakum. sederhananya, untuk kondisi mesin standar hingga tune-up ringan seting karbu standar masih bisa digunakan, untuk tune-up semi (naik kompresi, porting-polish, upgrade pengapian) spuyer naik satu-dua step juga udah cukup, kalo minta spuer yang lebih boros berartu karbu standar sudah tidak memenuhi kebutuhan mesin, musti diganti pake karbu yang lebih gede. untuk upgrade yg lebih advance (bore-up, stroke-up, dll) silakan simpulkan sendiri πŸ™‚

      oiya satu lagi, kalo udah bolak-balik seting karbu tapi belum enak juga, bisa jadi tersangkanya bukan hanya karbu tapi juga setelan klep. dan riset setelan klep yang pas juga bukan sesuatu yang mudah, karena menentukan kevakuman di area porting yang memperngaruhi kinerja karbu vakum juga

  63. bs30 berkata:

    maksud pertanyaan saya nomor 2 diatas adalah;
    kalau menyesuaikan mixture screw, baiknya dilakukan per setengah putaran, atau satu putaran penuh ?

    (supaya mudah dalam pengecekan warna elektroda busi nya)

  64. Herman Kamase berkata:

    nice info… πŸ™‚

  65. bs30 berkata:

    tanya lagi ah,

    kalau dihadapkan 2 pilihan antara ;
    1. main jet ukuran 125, dengan mix screw 3putaran
    2. main jet ukuran 120, dengan mix screw 4putaran

    sepengetahuan agan mochyuga, dampak ke top speed lebih bagus yang mana ?

    (di asumsikan motor masih bisa mentolerir ukuran main-jet di atas)

  66. primara suthardjana berkata:

    salam kenal ada pengaruh nggak pas distel menutup/membuka dengan botos/irit dan saat betot gas seperti tersendat? thks

  67. agus berkata:

    klo tipe vacum buat njmx itu settingan anginnya brapa putaran ya masbro????
    dan gmna perbedaannya settingan basah dan settingan kering???mohon pencerahannya.

    • mochyuga berkata:

      saya koreksi sekali lagi tidak ada setelan ANGIN, tapi setelan campuran (mixture-screw). standarnya 2,5 putaran. kalao mau diseting basah bukan dari setelan mixsrewnya tapi ganti pilotjetnya denga yg berukuran lebih besar, dibikin kering ya sebaliknya. mixacrew tidak bisa mengatur basah-kering, hanya mengatur banyak-sedikit

  68. D'R berkata:

    Kang emang busa filter udara RX KING PnP di thunder?

  69. D'R berkata:

    Penyebab matic mogok kaya hilang kompresi itu apa yah Kang? Trus penanganannya gmn?

    • mochyuga berkata:

      mohon maaf sebelumnya saya belum pernah troubleshooting motor matic, tapi gejala hilang kompresi bisa disebabkan karena memang hilang kompresi akibat rantai keteng kendor, atau katidakmampuan mesin untuk memeprtahankan langsam, bisa disebabkan karbu kotor, filter udara kotor, atau kopling sentrifugal habis (torsi hilang)

  70. bs30 berkata:

    klip jarum posisi paling atas
    pelampung standar 23mm, sekarang 22mm
    mixscrew 4 3/4putaran
    pj standar 17,5 dan sekarang masih dipakai
    mj standar 110 dan sekarang pakai 125

    dulu pernah pakai sampai ukuran mj 145, mbrebet, dan nahan…
    tapi, busi masih berwarna putih kecoklatan, dan knalpot masih nembak…
    gimana solusinya ya agan, supaya warna elektoda busi ideal dan rpm cepet naik tanpa knalpot nembak?

  71. bs30 berkata:

    apakah
    “LANGKAH UTAMA MEMPEROLEH TOP SPEED LEBIH”
    adalah dengan MJ yang lebih besar ?

    tapi kok di motor saya, pakai MJ yang 2step sampai 3step lebih besar dari standar, malah gak mau lari dan rpm naiknya lambat ?

  72. nirwan berkata:

    malam bro,sy ada kendala ama motor anae yamaha scorpionih,karbunya ko susah banget langsangnya udah di stel malah kl langsang rpm naik trs,kadang2 jg susah bunyi mohon pencerahannya πŸ˜‰

  73. D'R berkata:

    Saya sering lihat motor matic mogok gk mau hidup, saya sendiri jg pernah ngalamin tepatnya di mio tp penyebabnya karena motor jarang di pake, tp bisa hidup lg tuh motor dgn tanpa bongkar apa2, caranya dgn pencet elektrik stater lumayan lama alias di panteng kira2 2 menit lah, Cuma efeknya kan kurang baik buat elektrik stater. Saya ngalamin kejadian ini hampir 3kali kang. Mungkin orang yg maticnya mogok jg begitu kejadiannya, kalau di engkol kaya los, mesin gk respon. Yg bikin saya heran mio kalau jarang pake trus di panasin dari knalpot bagian bawah yg buat pembuangan air sering keluar air kuning berkarat, padahal motor udah lama gk kena air, apakah itu embun dari bensin?

  74. awang berkata:

    bro numpang tanya..
    motor saya minerva megelli,karbunya tipe vakum..
    kemaren saya bersihin&setting karburator saya di bengkel soalnya kalo jalan santai di rpm 5000-6000 motor saya suka ngandat/jalannya kayak nahan2(tapi kalo lebih dari 6000 gak ngandat lagi)..

    lha karburator saya di bikin boros sama mekaniknya biar gak ngandat2 lagi(padahal menurut saya itu setingannya udah terlalu boros), tapi gak ada perubahan,ngandatnya malah jadi d rpm 6000-7000..

    & sehari setelah itu motor saya tiba2 jarum rpmnya naik turun trus motor mati mendadak(di starter cuma bunyi ckikikikik gak mau nyala kayak wktu kehabisan bensin).. saya cek kelistrikan semuanya juga normal..

    kira2 ini masalahnya kenapa ya bro ?? tolong kasih tau dong.. thanks before

  75. toko buku murah berkata:

    What a data of un-ambiguity and preserveness of valuable familiarity about unpredicted emotions.

  76. bs30 berkata:

    kalau di karbu vakum bs30 (scorpio)..

    -setelan celah klep sesuai ukuran (saya pakai “fuller gauge” sendiri)
    -pj masih pakai ori 17,5
    -mj dah naik 1 step 115
    -paj masih ori 90
    -settingan mix screw 4putaran (tanpa ada gejala knalpot nembak, stasioner normal, starter mesin di pagi hari agak susah dan harus pakai choke)
    -klip jarum skep di tengah
    -karet vakum oke
    -mesin hanya mampu teriak agak lama sampai 10500rpm di gir 3 (padahal dulu bisa cepet mentok sampai 11000rpm di gir 3)

    tapi elektroda busi masih cenderung putih kecoklatan, dan dulu pernah coba mj 130 mbrebet putaran atasnya, nembak knalpotnya, dan itupun masih cenderung putih elektroda busi nya.

    minggu lalu, saya coba turunkan posisi klip jarum skep ke bawah, eh malah putaran menengah dan atas mbrebet, knalpot nembak dan elektroda busi menghitam.

    pertanyaan saya, gimana supaya warna elektroda busi jadi merah kecoklatan / mendekati ? apanya yang harus saya setting lagi ya ?

  77. akew berkata:

    om sya mu nanya.
    Karbu saya aneh.
    Stelan angn maunya d buka lebar.
    Trus langsam ga bsa pelan wlopun d cabut baud langsam,langsam tetep kenceng pdahahal karbu bersih.
    Masih ok.

    Knpa ya om.
    Mnta pencrahannya

    • mochyuga berkata:

      karbunya karbu vakum? pertama cek dulu setelan gasnya, mungkin terlalu tegang dan ga ada spelengnya makanya gasnya ngegantung. kemungkinan lain mungkin koin kupu2nya udah aus atau miring jadi lubang venturinya kebuka terus, makanya ga bisa langsam di rpm rendah.

  78. chad berkata:

    mas bro mau tanya soal new mx ane, new mx ane dah bore up 150cc, noken as racing harian, cdi brt dualband n per klep racing, knalpot racing custom, karbunya msh standar bro, setelan pilot screw n langsamnya yg pas gmn ya bro? skrg setelannya nembak2 knalpotnya soalnya ane blg ke mekanik supaya irit bensinnya, dari yg saya tangkap di artikel ini utk new mx yg pake knalpot racing, pilot screw dibuka 3-3,5 putaran ya? terus gimana dengan setting langsamnya? mohon petunjuknya mas bro utk spek motor saya seperti yg saya sebutkan di atas. makasih

    • mochyuga berkata:

      susah rasanya kalau kondisi mesin sudah diupgrade tapi seting karbu masih dibikin irit, apalagi karbu masih standar, pasti ga akan singkron.
      mau ga mau setelan karbu harus diboroskan sedikit untuk mengimbangi spek mesin, toh borosnya setelan karbu akan diimbangi tenaga mesin yang lebih mantap jadi ga perlu bejek gas dalam-dalam.
      untuk karbu standar coba ganti pilot jet 1 step dan main jet 2-3 step lebih besar, pilot screw 3 putaran atau lebih tapi jika setingan pasnya lebih dari 4 putaran berarti pilot jet musti diganti yang lebih besar 1 step lagi dan setelan pilot screw kembali ke 2,5 putaran, begitu seterusnya

  79. wawan sajalah berkata:

    absolute revo nih gan type karbunya apaan.gak ngerti vakum apa konvensional ada videonya gak mw setel langsam biar gak sering mogok.bisa langsung disetel ato dibongkar dulu.

    • mochyuga berkata:

      absolute revo ga ada yg pake karbu vakum koq mas, abs revo lama masih pake karbu konvensional, tipe baru udah pake sistem injeksi πŸ™‚
      buat setel langsam bisa dilakukan tanpa bongkar-bongkar, cukup pake obeng bertangkai panjang, di “todong” dari kisi-kisi sayap bagian kanan, tapi kalo mau sambil diliat karbunya ya mau ga mau musti bongkar bodoi tengah & sayapnya dulu

  80. fristi ridwan berkata:

    mas bro,saya mau nanyak ni..
    sayakan punya new mega pro thn 2011,
    saat di hidupkan dia mau stasioner,tp begitu d gas pada rpm 2,5-3 ko mati kaya telat bensin,jd hrs d bantu dngan cuk..
    jd apakah mukin itu tanda2 klo karet vakum udah rusak…??

    mohon penjelasanya min ..trmksih.

  81. david berkata:

    Knp fu sya klau gas d lpas rpm gak lnsung turun terus langsamnya naik klw mesin udh panas. Putaran mixture screwnya 2,5 dan smuanya masih standar

  82. Ping balik: QUDOWNLOAD » Karbu Mio Error

  83. Adji berkata:

    Gan.? karet vakum honda CS1 ane.rusak. cari karet vakum yg sama untuk di oplos ke Cs1 apa ya gan.? soalnya klw cri yg ORI atw KW di bengkel2 kecil jlas gk ada gan. mhon pencerahanya…

  84. Adji berkata:

    Gan.? karet vakum honda CS1 ane.rusak. cari karet vakum yg sama untuk di oplos ke Cs1 apa ya gan.? soalnya klw cri yg ORI atw KW di bengkel2 kecil jlas gk ada gan. mhon pencerahanya….

  85. Anonymous berkata:

    Motor ane klo digas kenceng Trus lepas bukannya turun, tiba-tiba naik sendiri itu kenapa ya gan?

  86. bob berkata:

    gan motor ane satria fu pake pilot jet 15 knalpot bobokan.udah service.. kalo pagi di karbu kayak nembak kalo di gas, trus g langsam saat udah panas ,tolong di bantu ,,

  87. Alan berkata:

    Om, kalau untuk settingan standard Dtracker 150, untuk mixscrew kasih berapa putaran ? Kondisi knalpot sudah free flow…
    Trims.

  88. touringonline berkata:

    waaa ini nig malah ada videonya, hehehe, saya malah lupa pas praktek gak bikin video

  89. irwanwarriorz berkata:

    klo seting karbu skydrive yang auto coke gt jg y gan..truz lok mw nyeting nya lgsam d kecilin abiz..sky drive ku lok jalan pelan agak berebet..stelan mixture nya 2 putaran

  90. onggi berkata:

    mau nanya nihh,
    motor ane mio garnis
    mesin 130cc
    pj 40
    mj 115
    mixture screw dikasih 3 putaran
    yang jdi masalah nya rpm susah turun pada saat motor di geber diatas 60km/jm
    masalah nya apakah dari bukaan mixture screw atau pada karet vacum yg udh jelek?

  91. Steven Setiadi berkata:

    Bro, mau nanya soal masalah karbu motor thunder 125.
    problem yang saya hadapi gini..

    saat kondisi dingin tidak bisa idle (jika gas ditutup mesin mati, walau choke sekalipun).
    setelah dipanaskan 3 – 5 menit idle udah mulai bisa walau RPM nya masi sangat rendah (+/- 900 – 1000).
    setelah dipakai jalan agak jauh (mesin panas), idlenya normal (rpm 1200).

    setelan gas udah pernah saya coba naikkan sampai rpm 1200 (saat dingin), hasilnya pas mesin panas rpm malah melonjak sampe 2000 an.

    kira-kira masalahnya dibagian mana ya ?

    Note :
    karbu standar thunder 2009, Pilot Jet dan Main Jet ga ada yang diutak atik.
    udah coba ganti skep karbu dan karet skep yang ori masih sama juga

    terima kasih atas pencerahannya πŸ™‚

    • mochyuga berkata:

      intake udah dicek om? bisa jadi intake retak2 halus atau malah udah belah2 makanya susah langsam. cek juga businya, kalo item pekat bisa jadi ada kerusakan di jetting, selain pj mj bisa jg neddle jet & jarum skepnya udah aus

      • Steven Setiadi berkata:

        bagian kepala businya agak putih..settingan air screw 2,5 putaran. apa perlu di turunin lagi putarannya ?
        kalau jarum skep dapet waktu beli skep nya 1 set (karet, skep dan jarum) jadi kemungkinan neddle jet nya yang di ganti ?

      • mochyuga berkata:

        kepala putih, kalo pinggirannya gimana? kalo pinggirannya putih jg puteran pilot screw mertinya ditambah, bukan dikurangin. tapi kalo pinggirannya item berarti memang harus diturunin. kalo bagian tengah putih rata2 emang dari jarum skep. sebelum ganti coba disetel dulu aja, pindahin klip ke posisi paling bawah

      • Steven Setiadi berkata:

        pinggiran busi warnanya hitam, kepala businya ga putih banget sih hanya rada2 putih.
        soal intake masih bagus, ga ada belah/retak.
        dibikin boros ya ?..saya coba dulu tricknya… πŸ™‚
        lupa info juga, udah korter 50 silindiernya

  92. onggi berkata:

    oh iya makasih om
    tpi ini kadang kadang pas rpm bawah di gas dikit suka ada brebet nya
    kira kira apa ya yg jdi pnyebab brebet nya

  93. andy berkata:

    klo rpm atas gak mau naik kayak kebanyakan bensin(mblebeg) dan di pilot screw kluar suara batuk2 dan kalo pilot screw dilepas batuk2nya tambah parah dibagian pilot screwnya itu kenapa ya om? Padahal main jet udah dikecilkan msh jg kayak mblebeg gitu om, malah karbunya batuk2..

  94. andy berkata:

    maaf om, sdh saya gonta-ganti pj hasilnya sama saja dan setelah saya cek businya di elektrodanya putih sedang lingkaranya hitam kering. Kayak mblebeg tapi gak mbrebet..

  95. Steven Setiadi berkata:

    sudah coba turunin klip jarum skep, hasilnya busi hitam (ga basah) walau air screw di buka sampe 4 putaran, penyakit susah idlenya masi sama. apa harus ganti daleman karbunya (repair kit) sama skep & karet skep ?

  96. irwan berkata:

    sky drive ku ud d stel langsm nya…tp kok kdng langsam nya bs kcl sndri y..klo pas jalan g d gas mau mati sndri..it knp y gan

  97. irwan berkata:

    gan,motor ku stelan mixture d tutup kok mesin msh bisa nyala.motor ud mati truz d ttp mixture ny,d nyalain bz.it ap nya yg rusak y gan?

  98. ronggo berkata:

    malam suhu Mochyuga,
    maap nih ane juga numpang nanya..
    satria F ane kog langsamnya susah ya, kalau di nyalahin pasti ni motor kaya naik sendiri lama lama turun trus naik-turun naik-turun gitu.
    sampe karburatornya aku beli yang baru Ori FU juga masih sama aja.
    note: motor ane udah porting polish,paking headnya nya 1 lembar,
    apa gara2 kompresi semakin naik jadi susah langsam ya?
    dulu juga ane pernah beli Intake manifold tapi O-Ringnya bukan standartnya hanya saja di tambahi lem.
    apakah di pengaruhi oleh kompresi atau Intake manifold ya suhu?

    mohon pencerahannya.
    Terimakasih

  99. Steven Setiadi berkata:

    Bung hyuga, isi karburator si thunder udah saya ganti kecuali main jet, karena bawaan asli 105 sedang yang dari repair kit 110,karena ragu ya saya ga ganti.
    Dan masih saja penyakit susah langsam ketika mesin dingin,kalo panas stabil…selain dari karburator kira2 dimana lagi yang harus di cek ?
    juga apakah jika sudah di korter 50 itu PJ harus di naekin ?

    sudah dicoba juga servis besar, skir klep masih sama penyakitnya

    terima kasih banyak atas masukannya πŸ™‚

  100. iceboy1 berkata:

    Gan, kalau melihat video diatas… bisa di simpulkan bahwa.. jika ingin konsumsi BBM irit maka bisa dengan mengecilkan ukuran Main Jet nya ya ? CMIIW πŸ™‚

  101. radjaly berkata:

    sob mau tanya ne,,, kalo karbu jupiter mx standar,, lobang pilot jet dan main jet di bsar kan pngaruh ga’ dg tnagamesin,,,,,???

  102. irwan berkata:

    gan.lok rpm nya lama turun nya..it ap
    nya yang salah y gan??? d gas tinggi bgt rpm nya ..ud 4dtk bru normal rpm nya…

  103. TwoCurious TM berkata:

    halo mas… masih aktif kah mas.? ane mau tanya tanya sedikit. ane servis disarankan ganti karburator untuk thunder 125 ane, gejala nya sih sepele nih mas… kadang kalau mesin dingin harus tarik choke dulu baru bisa hidup, setelah jalan waktu gas kecil power tiba tiba hilang bahkan bisa mati dan harus tarik choke lagi… barusan setting karbu lagi di bengkel langganan dan di setel jarum skepnya ke boros alhasil jika di gas besar2 knalpot keluar asap hitam…. kira2 ada kesalahan di pilot jet kah.?

    • mochyuga berkata:

      ga perlu sampe ganti karbu segala, ga perlu disetel boros juga, cukup setel kerenggangan klep sesuai anjuran buku manual thunder, tujuannya biar isapan mesin ke karbu lebih optimal, jadi ga mati2 lagi kalo mesin dingin

      • TwoCurious TM berkata:

        oke mas.. makasih banyak bantuan nya… ane cari dulu bengkel yang mau kerjain… karena posisi karburator ane sih dari 2007 sampai skrg masih sehat2 aja cuma beberapa bulan terakhir abis servis jadi masalah gini.. jadi tinggal setel kerenggangan klep dibagian mixture itu ya mas…?

  104. TwoCurious TM berkata:

    ups maaf… ane kurang tau mesin mas… jadi selama ini servis ditinggal aja motornya sore baru dijemput.. barusan ane browsing ternyata klep katup pada mesin dibagian bawah itu ya… ^^ oke ane coba dulu nanti ane kabarin hasilnya dimari ya mas… sukses terus mas…

  105. sodiq berkata:

    mas bro njmx n hsx 125 ku gejalanya sama kalo dpke jalan 40/50 km motor terasa endut2an tp klo dibawa kenceng bisa lari ga brebet sudah coba setel ulang karbu,gnti busi n ganti koil juga ttp saja dbwa jln 40an endut2n,,mohon penjelasannya mas,tk

  106. ujang berkata:

    jupiter mx 2015.langsam tinggi,cuma 10 detik langsamnya turun sendiri lalu mesgn mati

  107. Angga Amirudin berkata:

    Permisi mas ane mau tanya, kenapa motor honda cs1 ane, ngga ada larinya, hanya mentok di 4000rpm. Tapi di rpm 2000 masih ada gentakannya. Apakah setelan karbunya ? Dan motor ane juga mengeluarkan asap putih tipis. Motor ane tipe karbunya vakum.

  108. Galih berkata:

    mas bro mau tanya kok karbu vakum ane tu asupan bensin banyak (boros) tapi kok tenaganya gak ngisi ya? masalahnya dimana? dan mohon sarannya

  109. Galih berkata:

    mas bro mau tanya kok karbu vakum ane tu asupan bensin banyak (boros) tapi kok tenaganya gak ngisi ya? masalahnya dimana? dan mohon sarannya . kuda besi ane kawasaki ZX 130

  110. rudy berkata:

    Ass. Pa kbr bos? Salam kenal. Setelah mmbca artikel bos ini.aku sngt trtarik untk nyontek ilmuny. Hehe… Motorku New jupiter mx 2014,pemakaian bln 11-2014. Smuany msh originil ukuran klepny pn blm prnh d otak atik msh ukuran pabrik. Sprti yg udh bos tulis ukuran standard pilotscrewny 2,5putaran dr putaran kanan mentok kn? Mslhny,kdng2 stiap tu2p gas ada nembak d knalpot. Mmng nmbakny gk trlalu sring n gk trlalu kuat. Tp ttp aja gk enak dngrny. Ukuran pilotscrewny skrng 2,5 putaran lbh dikit aja,ukuran segini yg mendingan,nembakny lbh jarang. Warna busi d kramikny agak kehitaman,tp d gapny agak coklat batu bata. Aku udh cb dr 2 putaran smpe’ 3putaran,tp kok gk dpt setingan yg paaa…s x ya bos? Tanpa ada suara nembak d knalpot. Ada yg ktinggaln bos mngkn bs untk prtimbangan,motor aku ksh minun prtamax n d kabel busi aku pasang 9power 1bh,arah k busi n dkt dngn busi. Sekirany bos mau meluangkn wktu,mohon pncerahanny ya bos. Sblmny trim’s bnyk.

    • rudy berkata:

      mmbca artikel bos ini.aku sngt trtarik untk nyontek ilmuny. Hehe… Motorku New jupiter mx 2014,pemakaian bln 11-2014. Smuany msh originil ukuran klepny pn blm prnh d otak atik msh ukuran pabrik. Sprti yg udh bos tulis ukuran standard pilotscrewny 2,5putaran dr putaran kanan mentok kn? Mslhny,kdng2 stiap tu2p gas ada nembak d knalpot. Mmng nmbakny gk trlalu sring n gk trlalu kuat. Tp ttp aja gk enak dngrny. Ukuran pilotscrewny skrng 2,5 putaran lbh dikit aja,ukuran segini yg mendingan,nembakny lbh jarang. Warna busi d kramikny agak kehitaman,tp d gapny agak coklat batu bata. Aku udh cb dr 2 putaran smpe’ 3putaran,tp kok gk dpt setingan yg paaa…s x ya bos? Tanpa ada suara nembak d knalpot. Ada yg ktinggaln bos mngkn bs untk prtimbangan,motor aku ksh minun prtamax n d kabel busi aku pasang 9power 1bh,arah k busi n dkt dngn busi. Sekirany bos mau meluangkn wktu,mohon pncerahanny ya bos. Sblmny trim’s bnyk.

  111. Muhammad Abrisham berkata:

    Cadas ey pembahasan nya ampe.tuntass..tass..tas…. Nitip tanyaan om yhuga. Mixturacrew petir ane 5 putaran bawah ama topspeed nya dapet. Tapi kalo idle naek turun kondisi panas. Kalo.kondisi dingin sering mati walapun thortle udah di panteng idle.kondisi pala busi di cek sebelah kiri abu abu- seblah kanan merah bata. Oh iyak kalo skep punya byson apa bisa di pasang di thunder kah ? Haturnuhun om

    • mochyuga berkata:

      langsam naik turun waktu mesin panas sih gejala teflon skep udah terkikis, betul tidak? kalo iya silakan diganti skep yg baru, skep punya byson bisa dipasang di karbu thunder

  112. Sonni berkata:

    Salam kenal mas..
    Mo nanya mas,
    Saya punya satria f yg pjmj orinya ukuran 12,5/112,5..
    Kalo misal mj mau tak naikan 1 step itu ngaruh/ngefek ngk mas putaran atas(top speed)kalo semua masih standar kecuali busi yg udah iridium?
    Ngaruhnya ke top speed nambah ato mempercepat utk raih top speednya (kurleb 135 an kmj)
    Soalnya saya punya mj ori juga punya suzuki ukuran 115..pengen nyoba tp msh nyari2 info ke suhu2 skalian..
    Minta sarannya mas broo..
    Trims

  113. Luqmanul Hackim berkata:

    ada yg bilang walau gimana pun idle mixture screw diputar, tetap tidak akan berpengaruh pada AFR rpm tengah dan atas,, tapi ane coba buktikan,,,

    idle mixture screw pada karbu vakum ane tutup dan ane buka 1/2 putaran (setengah putaran) yg artinya = sangat boros,,, lalu ane geber motor itu sampai top speed (agar mesin panas),,, sesampainya di tujuan, ane dinginkan mesin,, copot busi,,, dan kondisi busi hitam basah (basah bensin),,,

    lalu ane lakukan sebaliknya, idle mixture screw ane putar 5 putaran ke kiri yg artinya = sangat irit,,, motor ane geber, sampai tujuan ane copot busi,,, busi pun putih tanda keiritan,,,

    artinya meski beda nama dan cara kerja,,, idle mixture screw pada karbu vakum sama-sama mempengaruhi AFR di semua range putaran mesin, seperti karbu skep,,,

    motor yg ane jadikan uji coba adalah yamaha xeon karbu tahun 2010,,, motor ini ngatur rpm langsam pakai baut plus yg fungsinya ngangkat throttle (ibarat kita memutar grip gas di setang),, sama seperti setting rpm langsam mesin genset 4 tak,,,

    asiknya karbu vakum ini standard putaran bukaan idle air screew adalah 2 – 2,5 putaran (2 setengah putaran),,, jika mesin 100% standard pabrikan maka AFR akan pas di setting ideal,, beda lagi kalo modif yah,,, harus nyari setting yg pas lagi,,

  114. yudi kristiawan berkata:

    gan motor sy honda cs1 th 2008.karbunya padahal udah di servis bongkar pasang kok masih gak bisa stabil..apakah karbunx sdah rusak..mohon infonya..trim

  115. Luqmanul Hackim berkata:

    mau tanya gan,,,

    kan AFR Karbu Vakum untuk putaran tengah – atas ditentukan MJ,,, sedangkan Mixture Screw untuk AFR saat langsam doang,,,

    nah, di manual book misalnya standard putaran Mixture Screw adalah 2 putaran,,, apakah artinya itu sudah ideal ?

    soalnya Xeon Karbu ane saat masih baru, busi merah bata,,, tapi skarang busi nya jadi hitam basah,,, padahal mixture screw sama 2 putaran,,,,

    ketika mixture scre ane putar 1/4 putaran, warna busi ideal, putih bersemu merah bata,,, masalahnya langsam jadi bergantung sama bukaan skep lewat baut setelan langsam,,,

    kalo ane pikir-pikir, warna busi itu berasal dari MJ, dari bukaan skep saat langsam,,,

    ada masalah kah dengan mixture screw ane gan ?

    soalnya mixture screw ane putar 2 putaran trus kalo motor ane geber rpm tinggi, lalu stop,, diamkan sejenak,, bongkar busi,,, ideal,,,

    tapi kalo langsam lama,,, busi basah,,,

    mesin pun susah nyala kalo dingin,,, kalo panas gampang nyala,,,

    • mochyuga berkata:

      itu kemungkinan bukan cuma mixsrewnya aja, coba cek airjetnya, kemungkinan mampet jadi bikin afr rich, gas dibuka jd normal karena ada udara yg masuk lewat lubang venturi

  116. adhy berkata:

    Mohon bantuan mas bro. Saya baru ganti karbu mio soul tp bkn yg asli.. cuman setelah di pasang tarikan cuma 40km gmn cara seting karbu nya agar lbh brtenaga. Trm ksh

  117. uj berkata:

    Met kenal gan,ane punya karbu scorpio tp setelan baut angin kok hilang ,gimana solusinya supaya tarikan jd enak gx nembak2 trs gak mudah ngempos
    ,gak stabil pokokya dstat susah hidupnya

  118. yosenia berkata:

    thunder ane setting nya rpm rendah bgt mungkin kisaran 500-700rpm aja, gatau ane suka aja stasioner rendah hehe, apakah itu bagus atau malah bisa bermasalah ya gan? thx for share,
    oiya lupa, ane juga cari2 artikel ttg pemasangan headlamp hs1/h4 di thunder tp gk ktmu gan, mungkin agan Yuga mau sharing cara pasang lampu h4 di thunder, thx lg gan hehe

    • mochyuga berkata:

      kalo langsam terlalu rendah, pompa oli ga kuat buat ngangkat oli ke bagian atas mesin, bahaya banget, nanti noken asnya bisa aus gara2 kurang oli.
      Tentang artikel lampu H4 ditunggu ya, masih digarap, lagi ngumpulin foto2nya πŸ™‚

  119. Fandi glauben berkata:

    Mas broo, motor saya jupiter mx 135 yg karbu nya udah pake vacuum, ada permasalahan terjadi di motor saya, kadang pas lagi jalan suka nahan kayak kurang pasokan gt, tpi pas d tes gas biasa tanpa jalan, gas nya lancar” aj gak ad nahan” nya, knpa gt yah, ap bisa jadi vacuum nya rusak? Soal nya kayak kehabisan bensin gt pas jalan dan it suka tiba” mohon pencerahan nya gan terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s