HOWTO : Simulasi Hitung Daya Kuda (Horsepower) Kendaraan

Dyno test

Dari setumpuk tabloid-tabloid bertema otomotif langganan saya dulu, di satu tabloid tepatnya tabloid Otosport tahun 2002 saya menemukan suatu artikel menarik yang isinya adalah rumusan untuk mengetahui perkiraan besaran daya kuda (HP) yang dihasilkan suatu kendaraan.

Ada beberapa parameter yang diperlukan dalam penghitungan menggunakan rumus tersebut, lebih jelasnya dipaparkan dalam keterangan rumus berikut :

P = (( M * ((2 * S) / T2)) * S) / (T * 0,7)

Bingung ? Untuk mudahnya lebih baik jika dijabarkan dengan beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Hitung akselerasi kendaraan

Rumusnya adalah :  A = (2 * S) / T2

dimana

A = akselerasi, satuannya m/s2

S = jarak tempuh yang diukur, satuannya meter

T = catatan waktu dalam jarak tertentu yang diukur, satuannya second

2.  Hitung gaya dorong

Rumusnya adalah : F = M * A

dimana

F = gaya dorong, satuannya kgm/s2

M = bobot total kendaraan, satuannya kg

A = akselerasi kendaraan, satuannya m/s2

3. Hitung daya mesin

Rumusnya adalah : P = (F * S) / (T * 0,7)

dimana

P = daya mesin, satuannya watt. Untuk konversi ke dk => P/746

F = daya dorong, satuannya kgm/s2

S = jarak tempuh yang diukur, satuannya meter

T = catatan waktu dalam jarak tertentu yang diukur, satuannya second

0,7 = konstanta

Sebagai pembuktian saya coba aplikasikan ke spesifikasi standar Suzuki Thunder 125. Diketahui bobot total kendaraan & rider 180kg, waktu tempuh 0-201 meter adalah 15 detik (perkiraan),

maka akselerasi = (2 * 201) / 152 = 1,79 m/s2

gaya dorong = 180 * 1,79 = 321,6 kgm/s2

daya mesin = (321,6 * 201) / (15 * 0,7) = 6156,34 watt

jika dikonversi ke dk => 6156,34/746 = 8,25 dk

Berbeda dengan keterangan pada brosur yang mencantumkan 11,5 ps atau 11,5 dk, besaran tersebut mendekati nilai hitung teoritis seperti yang tercantum di posting sebelumnya. Jadi besaran yang tercantum di brosur bisa dibilang sebagai power on crank (kruk-as), sementara hitungan diatas lebih mendekati hitungan power on wheel, lebih akurat karena telah melalui reduksi rasio & memperhitungkan beban kerja mesin.

This entry was posted in HOWTO and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to HOWTO : Simulasi Hitung Daya Kuda (Horsepower) Kendaraan

  1. Pingback: HOWTO : Rumuss Fisika Aplikatif Mengetahui Performa Kendaraaan « DO & SHARE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s