HOWTO : Simulasi Hitung Daya Kuda (Horsepower) Kendaraan

Dyno test

Dari setumpuk tabloid-tabloid bertema otomotif langganan saya dulu, di satu tabloid tepatnya tabloid Otosport tahun 2002 saya menemukan suatu artikel menarik yang isinya adalah rumusan untuk mengetahui perkiraan besaran daya kuda (HP) yang dihasilkan suatu kendaraan.

Ada beberapa parameter yang diperlukan dalam penghitungan menggunakan rumus tersebut, lebih jelasnya dipaparkan dalam keterangan rumus berikut :

P = (( M * ((2 * S) / T2)) * S) / (T * 0,7)

Bingung ? Untuk mudahnya lebih baik jika dijabarkan dengan beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Hitung akselerasi kendaraan

Rumusnya adalah :  A = (2 * S) / T2

dimana

A = akselerasi, satuannya m/s2

S = jarak tempuh yang diukur, satuannya meter

T = catatan waktu dalam jarak tertentu yang diukur, satuannya second

2.  Hitung gaya dorong

Rumusnya adalah : F = M * A

dimana

F = gaya dorong, satuannya kgm/s2

M = bobot total kendaraan, satuannya kg

A = akselerasi kendaraan, satuannya m/s2

3. Hitung daya mesin

Rumusnya adalah : P = (F * S) / (T * 0,7)

dimana

P = daya mesin, satuannya watt. Untuk konversi ke dk => P/746

F = daya dorong, satuannya kgm/s2

S = jarak tempuh yang diukur, satuannya meter

T = catatan waktu dalam jarak tertentu yang diukur, satuannya second

0,7 = konstanta

Sebagai pembuktian saya coba aplikasikan ke spesifikasi standar Suzuki Thunder 125. Diketahui bobot total kendaraan & rider 180kg, waktu tempuh 0-201 meter adalah 15 detik (perkiraan),

maka akselerasi = (2 * 201) / 152 = 1,79 m/s2

gaya dorong = 180 * 1,79 = 321,6 kgm/s2

daya mesin = (321,6 * 201) / (15 * 0,7) = 6156,34 watt

jika dikonversi ke dk => 6156,34/746 = 8,25 dk

Berbeda dengan keterangan pada brosur yang mencantumkan 11,5 ps atau 11,5 dk, besaran tersebut mendekati nilai hitung teoritis seperti yang tercantum di posting sebelumnya. Jadi besaran yang tercantum di brosur bisa dibilang sebagai power on crank (kruk-as), sementara hitungan diatas lebih mendekati hitungan power on wheel, lebih akurat karena telah melalui reduksi rasio & memperhitungkan beban kerja mesin.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di HOWTO dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke HOWTO : Simulasi Hitung Daya Kuda (Horsepower) Kendaraan

  1. Ping balik: HOWTO : Rumuss Fisika Aplikatif Mengetahui Performa Kendaraaan « DO & SHARE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s