TIPS : Belajar “Ngoprek” Motor, Mulai Dari Mana Dulu ?

Sepeda motor telah menjadi bagian dari kehidupan. Banyak yang menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, menggunakannya untuk mencari nafkah, bahkan bagi beberapa orang mengganggap motor sudah sbagai partner yang selalu menemani dalam berbagai aktifitas.
Namun masih banyak pemilik motor yang masih awam terutama jika berhubungan dengan bagian mesin motor, masih banyak pengguna motor yang ragu untuk memulai membongkar motor sendiri, dengan berbagai alasan. Padahal, bukanlah hal yang tabu untuk membongkar motor sendiri, karena hal ini bisa saja berguna suatu saat jika terjadi kerusakan pada motor dan tidak menemukan bengkel atau tempat yang bisa membantu.
Maka dari itu saya akan berbagi tips untuk memulai memberanikan diri untuk membongkar motor sendiri, saya rangkum dalam beberapa poin berikut :

1. Kenali dulu komponen-komponen dalam sepeda motor
Sebelum mulai jauh ke bagian bongkar-membongkar, lebih dulu kenali bagian-bagian dan komponen yang ada didalam motor, mulai dari yang terlihat dengan kasat mata hingga yang berada di bagian dalam mesin. Ingat nama komponen tersebut, bentuknya, dan posisinya di dalam bagian motor.
engine cut

2. Pelajari cara kerja komponen tersebut
Setelah mengenali berbagai komponen yang terdapat pada motor, pelajari cara kerja dari masing-masing komponen tersebut. Pelajari juga bagaimana tiap-tiap komponen itu terhubung dan bekerja sama, hingga aan diketahui bagaimana komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain. Hal ini akan mempermudah analisis saat terjadi kerusakan di bagian tertentu dalam motor.
bike

Khusus untuk bagian mesin, pelajari cara kerja atau siklus kerja mesin motor kita, seperti siklus 4-tak dan 2-tak. Banyak video yang menjelaskan tentang cara kerja mesin tersebut, namun akan lebih mudah memahaminya jika kita telah memahami dulu nama komponen mesinnya.
Contoh video penjelasan siklus mesin :2 stroke & 4 stoke
4 stroke

3. Get ready for the dirty works !
Dengan bekal pengetahuan tentang nama komponen dan cara kerjanya, maka anda sudah siap untuk memulai “studi lapangan”. Masih ada beberaap poin yang harus diperhatikan sebelum memulai membongkar motor :
– siapkan kunci-kunci yang tepat. Kunci atau toolkit yang tepat bisa menghindarkan kerusakan pada komponen.
– Mulai dari hal-hal yang sederhana. Contohnya mulai dari membongkar bodi motor sendiri, sehingga seluruh komponen motor yang sebelumnya tertutup bodi akan terlihat.
– Jika masih kurang yakin, siapkan catatan. Catatan yang dibuat tidak harus baku berpatokan pada teori, catat saja senyaman dan sesimpel mungkin agar mudah anda ingat.

4. Naik level
Setelah bertatap muka langsung dengan berbagai komponen yang terdapat pada motor anda, anda bisa mulai untuk memutuskan yang terbaik untuk motor anda, apakah ada bagian yang perlu diubah atau disesuaikan. Selaih itu juga anda akan mampu untuk melakukan servis rutin sendiri di rumah.
Jika ingin mulai untuk servis rutin, cari info mengenai bagian-bagian penting yang wajib dilakukan saat melakukan servis rutin. Selain itu, anda juga akan bisa menemukan komponen yang rusak atau performanya sudah tidak maksimal. Lebih lanjut, jika ingin menambah performa mesin anda akan bisa menentukan bagian mana yang harus diubah, dan itu akan mempermudah jika kita akan pergi ke bengkel untuk mengganti suatu komponen dalam motor. Hal tersebut juga dapat menghindari kesalahan pembelian komponen dan juga menghindarkan dari kecurangan pihak bengkel.
Pada level ini, anda juga bisa mulai mempelajari berbagai komponen aftermarket/variasi juga perbedaannya dengan komponen standar. Dengan itu juga anda dapat mempelajari kelebihan komponen variasi dibandingkan komponen standar, sebelum menggunakannya di motor anda.

Lebih baik jika poin-poin diatas dilakukan secara berurutan, karena akan lebih mudah dan cepat bagi anda untuk memahami komponen motor. Selamat berkotor-kotor ria, bro !🙂

This entry was posted in TIPS and tagged , . Bookmark the permalink.

19 Responses to TIPS : Belajar “Ngoprek” Motor, Mulai Dari Mana Dulu ?

  1. Azis bustomy says:

    lier lahh, :p

  2. azizalfino says:

    mau nanya nich…
    saya pnya motor rx king
    trs saya ganti stang seher bearing ama mantek rumah kopling to stlh saya pasang kembali pas motor di idupin malah suara’a tambah kasar di bagian kopling. tuh kira” apa’a yg rusak ya…..???
    Mohon penjelasan’a kerima kasih

  3. danu says:

    qw punya motor honda revo absolut di rumahh.. kog ngegas tu nyendat” n bensin tambah boros…
    gimana bang cara balik in stadart nya.
    ŐĶĂŶ……!!! thanz

  4. Komponen yang ada sangat banyak, perlu di kenali satu persatu

  5. rudy jhaerudin says:

    saya punya motor supra fit 2005,pd waktu dihidupin nyala tp tba2 bunyi seperti meledak(doook) dbagian mesinnya trus gk bsa hidup gmn nh bro benerinnya tks

  6. Harun says:

    Aq punya motor supra x 2003, motor q selalu makan oli ( menggeluarkan oli dri kanalpot) bgai mna cra mengatasi nya???
    Tampa membawa ke benkel.

  7. valentino says:

    aku gk punya motor bagaimana cara mempunyai motornya??

  8. Iwan says:

    Saya pnya motor tiger tapi oli mesiny suka abis itu biasany kenapa

  9. Madi says:

    Punya saya jupiter z 2006 perseneling udah masuk 3 masih aja getar, itu knpa?

  10. tedy says:

    Saya punya motor jupiter mx 5 spet
    Saya mau nnya kenapa motor saya tu sering susa nyala dan kenalpot nya ber asap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s