TIPS : “Risk value”, apa sih ?

Tidak sengaja frasa itu tercetus saat saya mengomentari status seorang teman, yang lebih memilih membeli suatu barang berharga murah, namun memiliki dampak negatif yang dapat menimbulkan kerusakan pada barang lainnya yang berkaitan dalam siklus kerjanya. Hmm, saya sendiri cukup heran, mengapa frasa tersebut tiba-tiba saja keluar dari pikiran saya? apa mungkin karena saat itu saya memang lebih suka mengungkapkan sesuatu diwakili dengan bahasa inggris? Sementara untuk pengertiannya sendiri, yang sudah diakui secara resmi, saya belum tahu 🙂

Saya sempat melakukan pencarian di google dan hasil yang saya dapatkan adalah :

“Perkiraan kuantitas dihitung dengan mengalikan kemungkinan (probabilitas) terjadinya suatu peristiwa negatif”

didapat dari http://www.businessdictionary.com/definition/risk-value.html

Hmm, sekilas mungkin penggunaan frasa tersebut saat saya menggunakannya, tidak terlalu jauh meleset. Saat itu, saya menghitung jumlah uang yang mungkin akan dikeluarkan jika komponen lain yang berhubungan juga ikut mengalami kerusakan. Jelasnya sebagai berikut :

Saat itu saya memperhitungkan kemungkinan jika perangkat yang berkaitan ikut rusak, maka alasan pengiritan bisa terbantahkan karena dengan resiko yang akan terjadi maka dana yang harus dikeluarkan jauh lebih besar. Mungkin seperti itulah bagaimana saya mengartikan secara harfiah pengertian dari risk value, karena hingga dibuatnya tulisan ini saya belum menemukan suatu contoh dari risk value yang diaplikasi pada suatu masalah.

Kesimpulan saya, risk value juga merupakan komponen penting dalam pembuatan keputusan, terutama yang berhubungan dengan nilai ekonomis suatu benda atau jasa, jangan sampai di suatu hari nanti barang atau jasa yang kita gunakan menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan bengkaknya dana yang dikeluarkan.

“sekarang beli lebih murah tapi nantinya keluar uang lebih banyak, atau sekarang keluar uang lebih banyak tapi nantinya kerasa lebih murah atau tidak perlu mengeluarkan uang lagi ?”

Iklan
Pos ini dipublikasikan di TIPS dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s