TIPS : “Risk value”, apa sih ?

Tidak sengaja frasa itu tercetus saat saya mengomentari status seorang teman, yang lebih memilih membeli suatu barang berharga murah, namun memiliki dampak negatif yang dapat menimbulkan kerusakan pada barang lainnya yang berkaitan dalam siklus kerjanya. Hmm, saya sendiri cukup heran, mengapa frasa tersebut tiba-tiba saja keluar dari pikiran saya? apa mungkin karena saat itu saya memang lebih suka mengungkapkan sesuatu diwakili dengan bahasa inggris? Sementara untuk pengertiannya sendiri, yang sudah diakui secara resmi, saya belum tahu🙂

Saya sempat melakukan pencarian di google dan hasil yang saya dapatkan adalah :

“Perkiraan kuantitas dihitung dengan mengalikan kemungkinan (probabilitas) terjadinya suatu peristiwa negatif”

didapat dari http://www.businessdictionary.com/definition/risk-value.html

Hmm, sekilas mungkin penggunaan frasa tersebut saat saya menggunakannya, tidak terlalu jauh meleset. Saat itu, saya menghitung jumlah uang yang mungkin akan dikeluarkan jika komponen lain yang berhubungan juga ikut mengalami kerusakan. Jelasnya sebagai berikut :

Saat itu saya memperhitungkan kemungkinan jika perangkat yang berkaitan ikut rusak, maka alasan pengiritan bisa terbantahkan karena dengan resiko yang akan terjadi maka dana yang harus dikeluarkan jauh lebih besar. Mungkin seperti itulah bagaimana saya mengartikan secara harfiah pengertian dari risk value, karena hingga dibuatnya tulisan ini saya belum menemukan suatu contoh dari risk value yang diaplikasi pada suatu masalah.

Kesimpulan saya, risk value juga merupakan komponen penting dalam pembuatan keputusan, terutama yang berhubungan dengan nilai ekonomis suatu benda atau jasa, jangan sampai di suatu hari nanti barang atau jasa yang kita gunakan menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan bengkaknya dana yang dikeluarkan.

“sekarang beli lebih murah tapi nantinya keluar uang lebih banyak, atau sekarang keluar uang lebih banyak tapi nantinya kerasa lebih murah atau tidak perlu mengeluarkan uang lagi ?”

This entry was posted in TIPS and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

