TIPS : Menghindari Pencurian Akun Facebook

Akun facebook anda miliki saat ini tentu telah memiliki friendlist yang banyak, atau setidaknya berisi teman2 dan info kontak yg berharga, tapi apa jadinya kalau ternyata anda tidak dapat mengakses akun anda sendiri ? apakah anda panik saat facebook menampilkan peringatan kalau ternyata password yang anda masukkan salah ?

Tentu yang terlintas di pikiran anda adalah : akun saya telah dibajak. Tapi kapan, kenapa, siapa yang membajak ? Pembajakan akun facebook bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja, oleh siapa saja dengan berbagai alasan tertentu. Maka dari itu, jika anda merasa bahwa akun facebook yang anda miliki saat ini sangat penting, mulailah gunakan langkah2 preventif untuk menghindari pencurian data / password akun facebook anda.

untuk menghindari hacking/cracking akun facebook anda, anda bisa memperhatikan tips2 berikut :

1. selalu log out akun facebook anda, baik itu di komputer atau handphone karena jika tidak akun anda dengan mudah bisa dimanfaatkan orang2 yg tidak bertanggung jawab, seperti saat anda kehilangan handphone / handpone dipinjam / laptop hilang / komputer rumah di-share dengan pengguna lain di kostan, kontrakan atau tempat kerja.

2. jika login di tempat umum seperti warnet / hotspot, perhatikan kondisi sekitar dari kemungkinan mata jahil, perhatikan juga kemungkinan phising (pencurian data) melalui software / fitur browser. selalu matikan komputer yang anda pakai di warnet saat anda selesai. jika memungkinkan, bersihkan cache dan private data yang terekam di browser.

3. jika anda menggunakan jaringan yang di-sharing dengan teman2 di kostan / kontrakan, matikan fitur2 yang memungkinkan teman / komputer lain mengakses data2 pribadi anda. untuk pengguna windows XP caranya :
– masuk ke “control panel”
– dobel-klik “internet options” (jika tidak ada, klik dulu tulisan “switch to classic view” di bagian kiri atas) lalu klik tab “Security” di bagian atas kedua dari kiri
– kik “Local Intranet”, klik “Custom Level…” dibawahnya
– pada bagian Reset Custom Settings, ubah isi Reset to : menjadi “High” atau “Medium”. klik OK
– klik “Apply” di bagian bawah, lalu klik “OK”
– kembali ke “control panel”, dobel-klik “System”
– klik tab “Remote” di bagian kanan atas
– matikan tanda centang / checklist hijau di bagian “Allow remote assistance invitations..”
– klik “Apply” di bagian bawah, lalu klik “OK”

4. Jangan sembarangan membuka link / situs2 yang mencurigakan (biasanya menggunakan konten porno atau berita2 up-to-date sebagai pancingan) untuk menghindari pencurian password (phising). selalu periksa link sebelum anda meng-klik-nya, gunakan fitur dari browser yang biasa anda gunakan seperti firefox, internet explorer atau chrome dengan cara melihat alamat website dalam link yang akan anda klik di bagian status bar pada browser

contohnya saat anda akan meng-klik suat link, saat kursor mouse ada diatas link dan kursor berubah menjadi jari telunjuk, sebelum di-klik lihat alamat link di bagian paling bawah di browser, berupa “http://www.____________/” jika mencurigakan lebih baik urungkan niat untuk meng-klik link tersebut.

hati-hati terhadap link berupa redirected-link (seperti bit.ly) karena bisa saja didalamnya adalah link jebakan

5. perlu curiga jika anda meng-klik suatu link, dan yang muncul adalah halaman facebook dan meminta anda login !!! karena ini adalah salah satu metode phising (pencurian data). selalu perhatikan alamat website dan pastikan namanya “http://www.facebook.com/” atau “m.facebook.com” (jika mengakses lewat handphone).

jika bukan, jangan login disitu dan tutup halaman tersebut

lakukan tips2 diatas untuk mengurangi kemungkinan pencurian akun facebook anda.

This entry was posted in TIPS and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s