TIPS : Menghindari Cedera Fatal Saat Kecelakaan Sepeda Motor

Berkendara dengan cara defensive dan safety, serta menjalankan tips cara menghindari kecelakaan sepeda motor, tidak sepenuhnya menjamin pengendara sepeda motor terhindar dari kecelakaan. Faktor lingkungan juga dapat menyebabkan kecelakaan, seperti kelakuan pengguna jalan lain yang membahayakan, kondisi yang tidak terduga meski kita sudah berhati-hati, dan lain-lain. Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan mental dan fisik untuk menghadapi hal yang paling tidak diinginkan pengendara ini. Teknik jatuh dan menghindar saat kecelakaan sepeda motor masuk pada materi safety riding, yang gunanya adalah untuk menghindari cedera fatal saat kecelakaan. Berdasarkan beberapa referensi yang pernah saya baca, ditambah dengan pengalaman pribadi, maka saya menyimpulkan beberapa poin penting teknik menghindari cedera fatal saat kecelakaan :

1. Siapkan mindset

Ketika anda mengalami kondisi yang tiba-tiba begitu menyudutkan dan sangat besar kemungkinan terjadi kecelakaan, tetap tenang dan fokus! Gunakan akal dan rasio untuk mengamati keadaan sekitar, menganalisa pergerakan pengguna jalan lain dan mencari kemungkinan menghindari kecelakaan. Hal-hal itu dapat dilakukan dalam sepersekian detik jika pengendara tidak panik dan tegang. Mindset ini akan membantu anda untuk memprediksi kecelakaan yang akan terjadi.

2. Selamatkan diri

Saat mindset sudah disiapkan dan kecelakaan tetap terjadi, selalu tekankan sugesti “nyawa lebih penting daripada motor”. Cari keadaan sekitar yang memiliki space luas dan lebih baik lompatlah dari atas motor dan biarkan ‘hanya’ motor yang menabrak objek lain. Mengapa? Karena kondisi fisik motor yang terbuka dapat menyebabkan cidera fatal pada tubuh pengendara, seperti area setang, footstep dan sasis yang terbuat dari besi kaku dapat melukai tubuh pengendara. Meskipun area sasis tertutupi bodi motor, namun kecelakaan yang fatal dapat menyebabkan bodi motor pecah dan pecahannya juga dapat melukai tubuh pengendara.

down-side

Jika anda terjatuh dalam posisi down-side, maka tubuh akan terseret aspal dalam kondisi tertidur (tubuh sejajar dengan aspal). Antisipasi yang memungkinkan untuk dilakukan :

– Lipat tangan dalam kondisi yang aman

– Jangan pejamkan mata ! tetap lihat kondisi sekitar dalam posisi yang memungkinkan

– Berdiri sesegera mungkin dan cari tempat aman

high-side

Saat terjatuh dalam posisi high side, sangat besar kemungkinan pengendara terlempar dari motor atau sedikitnya tergeser dari posisi duduknya. Antisipasi yang memungkinkan untuk dilakukan :

– Berdiri diatas motor, dengan posisi kaki menjejak kuat footstep dan tangan memegang kuat setang, serta paha menjepit bodi motor. Hal ini dapat membantu memperbanyak titik kendali pergerakan motor, karena jika dalam posisi duduk maka titik tumpu hanya berada di area pantat saja. Lakukan sepersekian detik sebelum terjadi kecelakaan. Posisi berdiri mempermudah penentuan keputusan, apakah harus melompat atau tetap berada di atas motor jika kecelakaan yang terjadi tidak terlalu fatal.

– Lepaskan tangan dari setang jika anda sudah tidak dapat mengendalikannya. Biarkan motor meluncur sendiri dan menabrak objek lain lebih dulu daripada tubuh anda.

– Lompat ! Jika anda takut melompat, maka sesungguhnya bukan melompatnya yang anda takutkan, tapi bagaimana ‘mendarat’ yang aman dan tidak menimbulkan cedera. Cari area yang aman (sebelumnya anda sudah menyiapkan mindset untuk mencari area yang aman). Gunakan bagian samping tubuh untuk bertumpu pada area mendarat, sambil lindungi bagian perut menggunakan tangan dan siku. Jangan biarkan tubuh terseret, gulingkan tubuh untuk menghindari beban di satu titik bagian tubuh dan mengurangi luka gesek. Tetap buka mata anda agar anda dapat mengamati kondisi di sekitar tempat anda terjatuh.

lompat.!!!!!!!

Dari beberapa tips diatas, tentu akan sangat membantu apabila anda selalu menggunakan safety gear yang baik, seperti helm standar, sepatu yang aman, sarung tangan tertutup, jaket yang memiliki peindung di area-area tertentu, dan pelindung tambahan seperti knee dan elbow guard yang melindungi bagian lutut dan siku yang sering dijadikan tumpuan tubuh saat terjatuh.

This entry was posted in TIPS and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to TIPS : Menghindari Cedera Fatal Saat Kecelakaan Sepeda Motor

  1. heri says:

    haduh gak jadi mbaca de, ga mau ngebayangin, yang penting ati ati di jalan ya

  2. Bagus tips nya menambah wawasan

  3. gunawan says:

    Tip yang bagus, ane tambahin.. Sebelum berkendara selalu berdoa dulu menurut keyakinan masing.. Keep savety bro

  4. toysheckler says:

    tips yg bagus bgt bro… tp bagi org yg agak awam dan asal bisa pake mtor hal itu sulit dilakukan. apalagi hal “panik” . yah panik hal itu yg paling sulit di kontrol pada org yg tidak memiliki prinsip safety riding, krna kadang mrka tidak bisa mempersiapkan untuk hal terburuk. bahkan seorang profesional bikers pun tetap memiliki rasa panik namun mrka dapat lebih mengontrolnya.🙂

    safety first bro…🙂

    • mochyuga says:

      prepare for the worst, itu satu2nya jalan buat mengurangi rasa panik. makanya tips pertama yg saya cantumkan adalah siapkan mindset, berikir bahwa segala sesuatu yg terjadi di jalan bisa jadi penyebab terjadinya kecelakaan, dan membuat kita lebih berhati2, safety dan defensive riding.

      setiap orang sebenernya bisa mengurangi rasa panik itu, dengan berbagai cara. saya pribadi sempat mengalami beberapa kali kecelakaan tapi tidak pernah menyalahkan pihak lain sekalipun jika kecelakaan pasti bukan kecelakaan tunggal, saya mengambil pelajaran dari tiap insiden yg saya alami agar kedepannya lebih hati2 dan sebisa mungkin menghindari agar hal yg sama tidak terulang kembali. selain itu juga faktor refleks cepat yang saya dapatkan saat berlatih beladiri juga berguna mengurangi rasa panik saat kejadian tidak terduga terjadi tiba-tiba.

      tentang banyaknya orang yg masih awam dan asal bisa memang tidak bisa dihindari dan dikesampingkan, yg penting dari diri sendiri dulu, share dan ajak lingkungan terdekat seperti keluarga, saudara, teman untuk melakukan hal yang sama, jika sudah menjadi kebiasaan semoga terus menyebar ke orang lain juga, termasuk cara saya yaitu menuliskannya di blog yang bisa dibaca semua orang hehehe
      semoga tulisan saya ini bermanfaat dan dipraktekkan juga, oleh rider expert ataupun yang pemula/awam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s