TIPS : Membangun Mood Untuk Menulis

Menulis merupakan bagian penting dari blogging. Namun lebih luas lagi, menulis merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. ada kalanya kita sangat bersemangat untuk menulis, tapi pada saat kita menghadapi kertas atau layar komputer, seketika saja kamu mengalami blank, bingung untuk memulai tulisan? atau saat malas menulis, tapi dihadapkan dengan tugas yang harus dikerjakan segera? Well, menulis memang menyenangkan untuk sebagian orang, namun bisa jadi sangat menyulitkan untuk orang yang susah sekali memulai sebuah tulisan. And mostly, mereka beralasan karena sedang tidak mood untuk menulis.

Q : apakah menulis harus tergantung mood?

A : ya. saat menulis, mungkin awalnya kamu sangat bersemangat, tapi jika mood kamu terganggu pasti kamu akan terhenti di tengah tulisan, menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa yang harus ditulis selanjutnya.

Q : Apakah harus menunggu mood yang baik untuk menulis?

A : Sebenarnya, ya. ketika mood sedang baik, maka tulisan akan mengalir lancar dari tangan kamu. sebaliknya ketika sedang tidak mood untuk menulis, pasti tulisan itu tidak akan pernah selesai.

Q : Bagaimana membangun mood yang baik saat tidak mood?

A : Tanya dirimu sendiri. Apa yang bisa membuat kamu bersemangat dan membuat suasana jadi menyenangkan? HANYA KAMU YANG TAHU. It’s not a good answer, you think? Let me give an example :

1. Mendengarkan Musik

Bagi sebagian orang, saat mendengarkan musik merupakan relaksasi bagi pikiran. Ketika pikiran rileks, maka akan mudah bagi kita untuk fokus mengerjakan sesuatu, seperti menulis. Tapi, musik yang seperti apa yang bisa membuat rileks? Jangan beranggapan bahwa hanya musik klasik & slow saja yang bisa membuat kamu rileks, tapi suatu saat musik aliran “keras”pun bisa membuat suasana menjadi menyenangkan. Apapun musiknya, yang terpenting adalah kamu benar-benar menyukainya, kamu benar-benar ingin mendengarkannya dan bisa membuat suasana menjadi menyenangkan, itu yang terpenting.

2. Don’t do anything exept writing

Ada yang beranggapan, jika saat kita menulis lalu memikirkan sesuatu, lakukan dulu hal itu, lalu kembali menulis. Contohnya makan, menonton TV, mendengarkan radio, atau mungkin multitasking dengan melakukan keduanya (sambil menulis). It works for some people, tapi cobalah untuk fokus saat menulis. jika saat menulis kamu memikirkan hal lain selain menulis, berarti kamu belum membuat suasana yang menyenangkan untuk menulis, bahkan jika menulis dilakukan sambil mendengarkan radio atau menonton TV, hasil tulisanmu tidak akan sebagus saat kamu fokus hanya menulis saja. Turn off your TV and radio, then you’ll feel the magic in your hand!

3. Dini hari waktu terbaik untuk menulis?

Benarkah saat dini hari merupakan waktu yang tepat untuk menulis? Ada benarnya, karena diwaktu dini hari pikiran kita belum “tercemari” hal-hal yang terjadi dalam seharian, otak kita dalam keadaan fresh setelah tidur, dan suasananya yang masih sunyi sangat mendukung mood kita. Tapi, sebenarnya menulis itu bisa kapan saja, selama suasananya mendukung kia untuk fokus menulis.

4. Right moment, in the wrong place

Semua orang pasti pernah mengalami saat dimana ide dan semangat untuk menulis muncul, tapi tidak dalam kondisi yang mendukung untuk menulis. Usul saya, tuliskan saja, walau hanya diatas secarik kertas, atau mungkin di handphone. Tuliskan saja apa yang terlintas dipikiran kamu! Walaupun mungkin nanti kamu akan berniat untuk menjadikannya sebuah tulisan utuh atau tidak, karena penyesalan paling besar dalah disaat kamu mempunyai sebuah ide tapi kamu lupa saat akan menuliskannya.

Q : Jika sudah menciptakan suasana yang baik, lalu bagaimana caranya untuk membuat tulisan yang baik?

A : Note This “JANGAN TERBEBANI UNTUK MEMBUAT TULISAN YANG BAIK !” Biarkan saja tulisanmu mengalir apa adanya, karena kamu masih punya cukup waktu untuk mengeditnya setelah menyelesaikannya. Selesaikan dulu, mintalah pendapat orang lain, dan terbuka untuk masukan dari orang lain. Dan hal yang terpenting adalah perbanyak referensi dan biasakah untuk menulis, trust me it’ll work for you!

This entry was posted in TIPS and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to TIPS : Membangun Mood Untuk Menulis

  1. bang_akiel says:

    tengkyu tipsnya ya,,, sangat membantu untuk blogger pemula🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s