HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !

suzuki-thunder-125

Pemilik Suzuki Thunder 125, terutama tahun produksi 2004-2005 yang tidak memiliki kick-starter kerapkali mengalami masalah dengan kelistrikannya, yaitu pengisian kurang sehingga aki cepat tekor dan sulit distarter. Secara umum, yang kena judge pasti perangkat pengisiannya diantaranya sepul dan kiprok, tapi karena keduanya merupakan perangkat yang saling terhubung satu sama lain maka cukup sulit untuk menentukan bagian mana yang rusak. Kalaupun mau mengganti tentu banyak yang keberatan untuk menggantu keduanya sekaligus, karena harga kedua part tersebut cukup mahal. Jadi, bagaimana caranya menentukan part mana yang mengalami kerusakan?

Kali ini saya berbagi cara-cara mengecek perangkat kelistrikan Suzuki Thunder 125, cara-cara tersebut dikutip langsung dari service manual Suzuki Thunder 125. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri di rumah, asalkan ada perangkat pocket tester atau multimeter (AVOmeter).

1. Pemeriksaan Hasil Pengisian

Hidupkan mesin dan tahan pada putaran mesin 5000 rpm.
Dengan pocket tester / multimeter, ukur tegangan DC antara kutub batere/aki positif dan negatif.

pengisian

Bila nilai tegangan berada dibawah 13,5 volt atau diatas 16 volt, periksa unjuk kerja generator AC (sepul) tanpa beban dan regulator/rectifier (kiprok).

2. Unjuk Kerja Generator AC Tanpa Beban

Lepaskan sambungan / soket ketiga buah kabel dari terminal generator AC (sepul).
Hidupkan mesin dan tahan pada putaran 5000 rpm. Dengan pocket tester, ukur tegangan AC di ketiga kabel.

sepul

Bila tegangannya dibawah 70 volt, artinya generator rusak.

3. Regulator / Rectifier

Gunakan pocket tester (skala x 1K ohm), ukur nilai tahanan diantara kabel-kabel sesuai tabel berikut.

kiprok

ket :
M = kabel merah
H/P = kabel hitam strip putih
H = kabel hitam

Bila tahanan tidak sesuai, ganti regulator / rectifier (kiprok).

 

Itu adalah cara-cara pengecekan berdasarkan buku manual servis Suzuki Thunder 125 keluaran Suzuki. Tapi pada prakteknya ada beberapa hal yang jadi penyebab dari kurangnya pengisian,dah hal-hal ini terkadang terlihat sepele tapi sangat berpengaruh pada proses pengisian pada Thunder 125. Hal-hal tersebut diantaranya :

1. Kondisi dan kebersihan sekering

Fungsi sekering Thunder 125 sangat krusial karena posisinya ada di jalur pengisian juga, jika kondisi sekering kotor atau berjamur maka pengisian dari kiprok ke aki juga jadi kurang maksimal dan aki cepat tekor juga. Cek kondisi sekring dan soketnya, jika sudah tidak bagus segera ganti, jika kotor segera bersihkan dengan cara disemprot menggunakan penetran. Tips dari beberapa rekan saya, sebaiknya sekring standar yang tipe tabung diganti menggunakan sekring gepeng /sekring kotak karena lebih awet dan tahan guncangan. Tapi usahakan soket sekringnya menggunakan yang bagus agar tidak mudah meleleh, gunakan soket tipe keramik agar awet dan mengurangi resiko kerusakan.

2. Kondisi kabel-kabel dan soket

Periksa kondisi kabel-kabel dan soket dari keluaran sepul, karena posisinya dibawah tangki seringkali soketnya kotor, segera bersihkan. Selain itu terkadang saat kita membongkar pasang bodi/tangki kabel dari sepul ini sering tertarik-tarik, maka dari itu cek juga kondisi kabel di bagian soketnya, jika hampir putus segera perbaiki. Selain kabel dan soket dari sepul, cek juga kabel dan soket dari kiprok. Pengecekannnya sama, bersihkan dan perbaiki jika hampir putus. Pengecekan ini bisa menghemat biaya daripada mengganti unit sepul atau kiprok secara utuh, tentunya dengan catatan kondisi sepul dan kiproknya sudah dicek terlebih dahulu dan hasilnya masih sesuai standar diatas.

3. Kondisi kutub aki dan kabelnya

Perhatikan kondisi kebersihan kutub aki, jika ada serpihan-sepihan putih segera bersihkan dengan air panas, olesi dengan vet/gemuk agar sebuk putih di kutub aki tidak muncul lagi. Untuk perawatan, semprot dengan penetran tapi jangan terlalu banyak. Selain itu cek juga kondisi soket dan kabel yang terpasang ke aki, terkadang kabel merah besar yang terpasang ke aki putus atau hampir putus dari terminalnya karena sering dibongkar pasang, perbaiki segera jika kondisinya hampir putus

4. Kondisi perangkat elektrik starter

Selain masalah pengisian, masalah starter juga menjadi penyebab susah starter di Thunder 125. Tapi sebelumnya cek dulu ciri-ciri kerusakan di perangkat elektrik starter, yaitu biasanya mesin susah menyala saat menggunakan elektrik starter tapi kondisi klakson, sein dan lampu depan masih bisa menyala dengan baik.

Pengecekan kondisi perangkat elektrik starter ada beberapa kondisi :

- Starter menyala dan dinamo berputar tapi tidak kuat menyalakan mesin. Hal ini biasanya disebabkan dari kurangnya tegangan dari aki atau kondisi brush dinamo sudah habis. Cek pengisian dan cek juga kondisi brush dengan cara membongkar dinamo starter, untuk pengecekan dan pembongkaran dinamo starter lebih baik serahkan pada ahlinya

- Dinamo starter tidak berputar tapi terdengar bunyi “ctek” di area bawah jok depan. Kondisi ini menandakan bendik starter masih bagus tapi kondisi aki sudah sangat lemah atau dinamo starternya yang sudah rusak, charge ulang aki dan cek lagi starternya, jika masih sama kondisinya maka lebih baik dinamo starternya diganti saja

- Tidak ada suara sama sekali saat elektrik starter dinyalakan. Sebelumnya cek dulu sein, klakson dan lampu depan jika masih bisa menyala dengan baik bisa jadi bendik starternya sudah rusak, jika tidak cek kondisi kabel-kabel di dalam panel sakelar kanan setang, buka panel sakelarnya lalu cek kondisi kabelnya terutama kabel tombol starter dan engine cut-off, jika ada yang putus segera perbaiki atau sekalian ganti saja panel sakelarnya. Jika saat pengecekan sein dan klakson menyala tapi lampu depan tidak menyala, cek soket dari panel sakelar setang sebelah kanan, posisi soketnya biasanya dibawah tangki tapi di beberapa tipe Thunder ada yang posisinya di dalam batok lampu, betulkan jika soketnya longgar atau ada kabel yang putus. Jika saat pengecekan sein dan klakson semuanya tidak hidup, cek kondisi sekring, ganti dengan yang baru lalu cek lagi.

About these ads

60 thoughts on “HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !

  1. Gan, minta alamat emailnya
    Saya bener bener butuh bantuan seputar masalah thunder 125.
    saya sudah gonta ganti aki, kiprok, sepul, tapi ttep aja masalah klistrikan dan aki tekor terus terjadi.

    Saya domisili di CIlegon dan CIkupa Tangerang

  2. Mau tanya seputar suzuki thunder 125, saya punya suzuki thunder 125 tiap jalan di rpm rendah selalu ngebrebet tapi klo rpm tinggi ga terlalu kerasa, karbu dah di ganti pake punya rx king busi juga pake yg racing tp tetep aja ngebrebet. Kira2 kenapa ya ?

  3. saya sudah cobe segala petunjuk yang bos sarankan tadi tapi tetap saja motor saya gak mau hudup,,,,,,,,,, ada gak jalan lain selain dari pada itu yang lebih simple lagi

    • jika semua aspek kelistrikan dan pengapian sudah dicek tapi motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan besar klepnya bengkok atau ring piston rusak. monggo dicek dulu… tidak ada cara yang lebih simpel daripada dicek langsung, bukan hanya menerka

  4. Bro, mau tanya thundie saya thn 2005 (non Engkol), motor gak mau nyala indikator bensinnya alias tidak ada kontak kelistrikan, kalau hidup itu jg cuma sebentar aja gejalanya motor ngebrebet kalau gas dinaikan dan kehilangan tenaga dan langsung terlihat turunnya indikator bensin yg artinya hilang listrik (kunci kontak belakangan ini agak susah). bengkel langganan bilang ini bisa jadi manipolnya (pipe assy, intake) yg sudah rusak dan memang sudah retak2 tapi saya ragu karena kehilangan listrik tsb. Pertanyaannya apakah memang kunci kontaknya yg harus diganti atau manipolnya?. bro email atau share disini juga boleh & kalau boleh no hp ya krn biar jelas dan mau tanya lsg.

    • hilangnya listrik kemungkinan besar disebabkan kondisi sepul yg udah ga fit, biasanya udah gosong, sekalipun aki disetrum full cuma bertahan sebentar aja, ga lama pasti drop lagi kelistrikannya. makanya cek dulu aja kondisi sepulnya, kalo belum gosong cek akinya apa udah minta diganti atau belum. tentang pengecekan pengisian kelistrikan udah saya jelaskan panjang lebar diatas ya, langsung dipraktekkan aja..

      tentang brebet, mungkin memang dari manifoldnya, tapi kalo kondisi kelistrikan memang drop ya bakal bikin brebet juga soalnya api busi ga gede, karbu disetel iritpun tetep bensinnya ga kebakar semua karena api businya kecil, akibatnya brebet dan tenaganya hilang.

      makanya paling pas sih cek dulu pengisiannya, kalo terbukti abnormal cek part2nya kaya sepul, aki, & kiprok. kalo semua udah normal baru gani namifold & seting ulang karbunya

  5. Mas Brur MochYuga… tengkiyu banyak tipsnye… kebetulan banget,, petir ane (2005) juga udah 2 bulan bedebu doang niy,,, kaga’ idup,, cuman ane belon brani praktekin sendiri niy brur, motor ane kalo didorong siy masih bisa… cuman kalo udah 2 bulan ga’ diidupin mesti kepuncak dolo’ niy nyari turunan yang curam….hehehehe…. kalo ga’ begitu cape’ bener ;(

    • sama-sama mas, kalo nyoba ngukur-ngukur doang pake mulitmeter bisa kali, itung-itung belajar mas hehe
      kalo 2 bulan didiemin baiknya sih kabel akinya dilepas aja, kadang seminggu ga dipanasin pun suka berat starternya lho, kebetulan thunder saya juga 2005 problemnya juga sama, tapi alhamdulillah setelah ganti sepul baru dan aki baru sekarang greng lagi, PRnya cuma kabel bodi yang udah berantakan kayanya musti diganti baru juga biar makin tokcer hehe

  6. anna punya thunder 2005 udah hampir 6 bulan ga nyala karena dah males susah idup di biarin, kalo mau idup harus di carger dulu baru bisa di starter, setelah dipake besoknya ga mau idup lagi di charger lagi idup lagi dan ber ulang-ulang. ada saran buat permasalahan motor anna mohon sarannya!

    • ga apa-apa sih, asal siap aja sama resikonya hehe

      aki basah : kalo ngedrop, dipake jalan masih bisa keisi lagi setrumnya
      aki kering : kalo ngedrop ya wasallam

      kalo thunder non-kick pake aki kering terus akinya tiba-tiba ngedrop berarti motor bakal ga bisa jalan sama sekali karena supply listriknya bener-bener ngambil dari aki
      bayangkan kalo aki ngedrop di tengah-tengah perjalanan jauh, jauh dari bengkel, jauh dari pemukiman, artinya anda harus dorong motor dengan jarak yang jauh, sudah siapkah dengan resiko itu? :)

  7. sore gan . , mau tanya ttg starter
    ane punya thunder 2005 tanpa kick,
    pas ane statrer tuh cuma bunyi ctek ctek di bawah jok, dinamo starter nya juga g muter, sekalinya muter tapi g hidup, trus busi udah ganti baru , di cek juga busi masih keluar listrik

    pertanyaanya itu masalah di apanya ?? mohon penjelasannya
    apa mungkin aki saya udah jelek ?

    • bisa jadi aki lemah, coba dikuras dulu dan setrum ulang, bisa langsung ke tukang aki biar sekalian dicek kondisi akinya, kalo memang udah jelek lebih baik diganti daripada nantinya bakal merusak sepul.
      selain itu bisa juga gara-gara brush dinamo starter udah abis karena terkikis, musti diganti yang baru

  8. anna punya thunder 125 thn 2005 sering mati kalo di pake ngebut tapi suka hidup lagi terus berulang tiap di pake ngebut kira kira apanya bro mohon sarannya,,,,

  9. gan, thunder ane kalo di gas gk ada tenaga nya .

    part2 kayak aki, kiprok , spull udah ganti semua belom lama. ( paling lama setahun )

    dari knalpot juga gk ngebul kok.

    itu kira2 kenapa ya gan ?

    tanjakan gk kuat.
    pas jalan kalo ngelepas kopling itu respon nya lama banget.

  10. Mas tau harga Spul thunder 125cc?
    SEbelumnya terima kasih pencerahanya, jadi tau soal masalah kelitrikan thuder 125.

  11. hallo gan
    minta bantuannya
    saya pnya mtr thunder 125 non kick
    saya bingung dengan kelistrikannya,
    kenapa lampu besar saya tiap motor dalam keadaan nglangsam lampunya redup, tp kalau saya gas lampu nyala terang padahal setau saya lampu mtr thunder kan langsung ambil dari aki.
    nah saya coba beli lampu fareasi namanya strobo biar kaya police gtu gan hehehe
    saya cobanyalain lampu srobo saya langsungkan ke aki, mesin motor dalam keadaan mati lampu strobo kiri kanan menyala (normal) ,tp kalau motor keadaan menyala lampu strobo yang hidup cuman kanan aja,.
    kerusakan apanya ya gan tolong d bantu,
    trimss,,

  12. Yg No.1 pemeriksaan hasil pengisian dan no.2 kan penjelasannya utk mesin hidup bro,nah klo dlm kondisi mesin mati/tdk hidup/didorong jg ghdup g tdk hidup gmn ya cara ngeceknya,klo dibongkar otomatis oli jg hrus dikosongkan dlu kan ya.. mksh bro pnjelasannya.

  13. Yg No.1 dan no.2 kan penjelasannya utk mesin hidup bro,nah klo dlm kondisi mesin mati/tdk hidup/didorong jg ghdup gmn ya cara ngeceknya,klo dibongkar otomatis oli jg hrus dikosongkan dlu kan ya.. mksh bro pnjelasannya.

    • no 1 jelas ga bisa dilakukan jika mesin mati
      no 2 bisa dilakukan dengan cara cek fisik langsung. buang oli, bongkar mesin, buka sepul dari dudukannyad i dalam blok kiri, bersihkan oli yang menempel, lehat kondisi fisiknya jika ada komparan yang hangus berarti kemungkinan besar unjuk kerja sepul sudah tidak maksimal lagi

  14. Kang kenapa yah kalau di buku panduan sekring thunder ada 2 sedangkan aslinya cuma 1. Terus pakenya yg benar berapa ampere? 10 atau 15? Kalau di Beres di saranin pake yg 10A tapi thunder yg udah KS pakenya yg 15A, saya pernah pake yg 15A karena yg 10A lg gk ada, ehh… Akinya tekor mulu. Emang pengaruh kepengisian yah Kang Ampere sekring? Trus kalau rumah sekring kotak keramik harganya berapa yah? Saya pengen ganti karena sekring bulet sering copot kepalanya jd harus di lem dulu kalau mau di pasang biar aman gk gampang copot. Makasih sebelumnya, maaf udah ngerepotin.

    • harusnya 15A, bengkel nyaranin pake 10A mungkin biar cari aman, kalo konslet sedikit langsung putus sekringnya jadi lebih aman. ga ada pengaruh ke pengisian wong sekring statusnya cuma pengaman aja. rumah sekring kotak keramik harganya 30-50ribuan, carinya di bengkel mobil biar dapet yang bagus

  15. Bro Ane mau tanya , tentang thunder ane yang non-kick stater . saya bingung , stater dan lampu semua mati , sedangkan klaksonnya masih nyala suaranya klakson masih besar / Normal …
    itu ada masalah apa ya bro –

    MOHON BANTUANNYA BRO

    • cek kabel-kabel di dalem panel saklar setang yang kanan dan soketnya yg warna hitam di bawah tangki, biasanya gara-gara kabel negatifnya putus. kalo putus mending ganti baru aja panel saklarnya

      • tadi sudah di cek dan bisa hidup lagi , waktu ane test kelancaran listrik . ternyata lancar2 saja , tp saat ane gas agak kencengan , kabel kontak motornya mala kebakar dan motornya jadi mati semua , di kabel kontak nya kabelnya gosong kebakar , tp pada bagian kabel lain gak ada yang bekar , sudah ane coba , menyambungkan kabel langsung ( ngambil pengapian atas ) tetap saja gak mau nyala ?? ….
        itu terjadi kesalahan dimna ya bro ??, ane bingun takutnya nanti mala gak bisa tahun baruan . jika terjadi kesalah di kabelnya dan ane mau ganti semua kabel nya kira2 berapa ya harganya

      • pasti ada konsleting, sekring masih kepasang ga? harusnya kalo sampe ada konslet pasti sekring duluan yang putus, kalo dilangsungin jelas bakal kebakr kabel bodinya. klo kabel bodi set kisaran 250ribuan, kunci kontak ori (harus satu set sama tutup tangki & kunci jok) kisaran 300ribuan. kalo kabel bodi lokal 80-100ribuan, kunci kontak lokal kisaran 50-80ribuan

  16. Slm kenal gan,,mau tanya neh,,,szk thunder saya abis nyala trus dimatiin,,,lalu di idupin lg susah gan idupnya,,,kira2 apa ya gan?mohon pencerahannya gan,,,,

    • paling mudah cek businya dulu, kalo kondisinya udah kotor mending diganti baru aja. kalo masih juga berarti udah waktunya servis, kalo umur motor udah diatas 3 thun & belum pernah servis besar mending servis besar + skir klep sekalian

    • bisa aja dengan cara pasang part-part dari thunder 2006 yang udah ada kickstarternya, part yg dipasang diiantaranya crankcase tengah bagian kanan, tutup kopling, seperangkat kickstarter, rasio gir drive, gir kickstarter, dan seperangkat rumah kopling

  17. permisi mas saya mau tanaya thunder ane ada kick starternya, karbu ganti pe 26, busi iridium, pas di starter ga mau nyala cuma bunyi ctek2 di bawah jok, tapi lampu nyala normal, klakson juga bunyi normal, padahal paginya starter nosmal eh 2 jam berikutnya gak bisa nyala

    • kalo dikickstarter nyala ga mas? mungkin dr dinamo starter atau kabel dinamo starternya, dicek aja mas kabelnya terus dites jg dinamo starternya mungkin ada yg putus

      • yang itu udah beres gan ternyata busi, mau nanya kalo pe 26 di thunder spuyer yang pas ukuran berapa ya sama posisi jarum di mana?

      • hemm jujur belum pernah nyeting karbu PE26 buat thunder nih, tapi kalo PWL26 di thunder standar punya temen pasnya pake pj 35, mj 112, klip jarum skep di posisi ke4 dr atas, coba aja setelan begitu, nanti liat busi lagi, kalo pinggirannya item gedein bukaan setelan angin, kalo bagian tengah busi yg item berarti setelan jarum skep belum pas atau mj masih kegedean

      • beli spuyer aftermarket merk kitaco mas, kalo nyari kanibal dr karbu lain ga ada yg ukuran segitu :) kalo PE sih bentuk spuyernya sama ama PWL bisa saling tuker

  18. Siang gan, kl spul – kiprok – aki & koil nya baru tp posisi lampu utama nyala kl mau klakson / sein kanan & kiri selalu ngedip & klakson gak da bunyi nya. Mohon solusi nya dari agan agan? Trims

    • itu sih biasanya pertanda setrum aki lemah, waktu ganti aki dicharge dulu ga akinya? kalo voltase aki normal & pengisian jg normal berarti bisa jadi kabel bodi ada yg konslet (positif ke positif) coba dicek dulu terutama area kabel bodi yg deket komstir, rawan bermasalah disitu

  19. Gan,,mau tanya…kalo dinamo stater putarannya terbalik itu faktor apa ya? Tapi kalo rangkaiannya sendiri dari aki ke bendik sudah benar?mohon solusinya

  20. Kang apa bedanya sih aki kering biasa sama aki Motobatt? Bukannya ke 22nya menggunakan cairan berupa gel untuk merendam sel2 di dalam akinya. Trus Motobatt cocok gk buat thunder?

    • aki kering masih pake cairan asam sebagai elektrolitnya, cuma cairan asam itu menyerap ke elemen absorbant glass mate (AGM) yg jadi separator di kutub positif sama negatif aki. sementara aki gel memang pake bahan serupa gel yg lebih kental dari cairan asam biasa sebagai pengganti cairan asamnya, tapi masih berupa cairan, beda sama aki kering yg cairannya menyerap ke AGM jadi semacam kanebo lah hehe
      kalo menurut saya sih, berdasarkan berbagai pertimbangan, buat thunder lebih cocok pake aki gel daripada aki kering, jadi motobatt bisa aja dipake di thunder, cuman buat jaga2 cari yg speknya lebih tinggi dari aki bawaan thunder, aki thunder kan 8Ah, minimal pake yg 9 Ah biar ga overharge, soalnya kalo sampe overcharge ya sama aja ama aki kering, kembung, dibuang deh hehe

  21. untuk thunder 2005 ku ,,mantap banget info nya..saya udah 3 bln jalanin trik tambah socket dari kiprok lsg ke aki tanpa ada masalah sama sekali..saya mau tanya..kalo kita nyalain lampu sen.lampu lain ko rada redup ya..trus rada2 ikut goyang atau ngedip alus gitu..knapa ya..dan bahaya gak..tanks sbelumnya..

    • itu biasanya pertanda voltase aki udah mulai melemah, coba dicek dulu aja. pengeekan kondisi aki sebaikny dilakukan dengan alat khusus, biasanya ada di toko aki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s