Sebagian pemilik Suzuki Thunder 125, terutama yang tipe lama (2004-2006) tanpa kick starter seringkali mengeluhkan bahwa kelistrikan bawaan standar mudah lemah, apalagi dengan peraturan sekarang yang mewajibkan lampu on di siang hari makin membuat kelistrikan bekerja keras mensupply listrik terus menerus. Yang menjadi kekhawatiran utama adalah ketiadaan kick starter yang membuat proses menyalakan motor murni mengandalkan elektrik starter, yang mensyaratkan kondisi aki selalu dalam kondisi prima. Banyak tips2 bertebaran mengenai cara mengakali pengisian Thunder agar lebih maksimal, diantaranya dengan mengganti atau menggulung ulang sepul agar output listriknya lebih besar, mengganti atau memasang dobel kiprok agar listrik yang dikeluarkan dari kiprok lebih besar, memasang capasitor-bank, dan lain-lain. Well, tips-tips tersebut cukup memakan biaya yang mahal karena part-part yang diganti dan dipakai harganya tidak murah. Beruntung, saya mendapat satu tips dari sebuah forum online yaitu Kaskus Thunder Riders di situs kaskus.co.id, seorang user dengan ID komenisme memberikan saran yang cukup menarik karena biaya yang dikeluarkan tidak mahal. Berikut tipsnya :
1. Pertama musti dipahami dahulu jalur kelistrikan dari Thunder itu sendiri. Thunder menganut sistem kelistrikan tipe DC, dimana sepul seluruhnya mensupply untuk pengisian sementara arus untuk lampu depan mengambil dari aki. Output kiprok adalah 2 kabel yang diantaranya positif dan negatif yang diarahkan untuk mengisi aki dan menyokong perangkat kelistrikan lainnya. Sayangnya, output dari kiprok ini “berputar-putar” dahulu sebelum masuk ke aki, sehingga ada sedikit potensi arus yang terpakai ke perangkat kelistrikan lain sebelum masuk ke aki, yang menyebabkan pengisian ke aki jadi kurang maksimal.
2. Setelah ditelusuri tidak ada jalur yang berpotensi mengganggu kelistrikan terutama pengapian jika jalur output dipindahkan, CDI (atau lebih tepatnya TCI) masih mengambil sumber dari aki. Kabel output kiprok hanya sempat “mampir” ke jalur kunci kontak dan lampu.
3. Mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya sebuah soket untuk menggantikan soket yang sebelumnya dipasang diantara kabel output kiprok dan kabel bodi. soket tersebut berwarna hitam dengan 2 kabel didalamnya, kabel merah dan kabel hitam. Setelah itu siapkan kabel secukupnya, usahakan ukuran dan tebal kawat sama dengan kabel bodi agar tidak terjadi gangguan. Terakhir siapkan soket penghubung untuk dipasang di terminal positif dan negatif aki. Rangkai bahan-bahan tersebut menjadi seperti gambar dibawah ini :
Modal untuk membeli bahan-bahan tersebut hanya sekitar 5000 rupiah dan kita bisa merangkainya sendiri di rumah, atau jika tidak bisa atau tidak mau repot bisa minta dirangkaikan di toko elektronik tempat kita membeli bahan-bahan tersebut, totalnya paling menjadi 10000 atau 15000, masih murah kan?
Rangkaian ini dipasang diantara kiprok dan aki. Jadi soket putih yang sebelumnya tersambung dengan kabel bodi, dicabut dan dipasang ke rangkaian ini untuk selanjutnya dipasang ke aki. Jangan sampai terbalik dalam pemasangan, kabel merah dari output kiprok terhubung dengan terminal positif aki, sementara kabel hitam terhubung ke terminal negatif aki. Done.
Jadi apa kelebihan dan kekurangan dari memasang rangkaian ini?
Kelebihannya, supply arus listrik dari kiprok sepenuhnya masuk ke aki, sehingga pengisian aki pun lebih maksimal. Selain itu, rangkaian ini juga memberi kemudahan jika suatu saat terjadi trouble, soket output dari kiprok tinggal dikembalikan ke soket kabel bodi yang sebelumnya terhubung ke soket output kiprok, karena soket ini tidak memutus kabel bodi maupun kabel kiprok, praktis kan?. Satu lagi kelebihannya, yaitu harganya murah hehehe
Kekurangannya, sejauh ini tidak ada. Pertama kali saya memasang rangkaian ini memang sempat terjadi suatu hal yaitu terminal aki dipenuhi serbuk putih, kurang yakin juga apakah disebabkan karena pengisian arus terlalu berlebihan atau karena penyebab lain, tapi setelah diberi vet masalah itu tidak muncul lagi, kondisi aki dan air aki pun masih normal-normal saja. Sekarang arus listrik pun bisa “dibuang” ke bohlam lampu depan yang memiliki spek 55/60W, 2 kali lipat dari standarnya, karena motor saya sudah mencopot beberapa part yg memakan arus listrik diantaranya spidometer standar (diganti spido aftermarket dengan 1 lampu saja untuk background), lampu rem (diganti menggunakan lampu rem tipe led), lampu sein (diganti dengan lampu sein aftermarket dengan watt lebih kecil).
Selamat mencoba 😀
*Untuk diingat : Pencetus trik ini yaitu bro Amar Fauzi atau bro Komenisme telah meninggal dunia pada 5 September 2013. Semoga ilmu yang bermanfaat ini jadi ladang amal bagi beliau, aamiin. Ride In Peace, Bro !!
bukannya dari kiprok kabel out itu ada 3 ya gan?? ane coba cek kok bukan 2< makanya ane jadi bingung mo aplikasikan tips ente…………….
kebalik bro, yang 3 kabel itu input dari sepul, kabelnya sewarna semua warna kuning, kalo output cuma ada 2, kabelnya warna merah sama hitam, nah kabel itu yg disambung sama rangkaian baru….
bang yoga ane mo nany sy puny thundi bekas thn 2006…kl kabel kiprok yg dr spull/3 kabel warna kuning nyambungnya acak mslh ga ya?soalny thundi ane soketny diputus…jd kabel dr spull dan yg dr kiprok disambung lgs…spull thundi sy bekas gulungan… aki baru tetapi ngedrop trs ga bs distarter hrs diengkol
bisa diacak, toh outputnya masih sama. kalo spul hasil gulugan coba dicek lagi outputnya, susah lho gulung ulang sepul thunder, jarang banget yang dapet output sesuai sama sepul orinya, kalo pengisiannya lebih kecil dari sepul ori ya aki bakal tekor terus
Kalau kabel input yang kuning 3 masuk ke kiprok .. tapi bolak balik .. apa ada masalah ..??
Om kok kiproknya jadi panas banget ya….?
biasanya gara2 soket longgar, coba dicek dulu
Sudah di cek tapi masih om panasnya
N sisa kabel bodinya yg merah kalo gak di sambung di kiproknya motornya gak mau nyala
kabel bodi kondisinya masih bagus? kalo udah kurang bagus sebaiknya dicek ulang, mungkin ada yg ga bener
Tapi sebenarnya kabel 2 itu di biarkan saja ya om
iya, kan udah dibypass langsung ke accu
Kalo akinya 7A bermasalah gak om
ga masalah, saya malah pake aki 6 ampere 😅
Terimah kasih atas ilmunya om
Nanti coba saya cek” lgi urutan kabel bodynya
Kayaknya sih emng udah ada rakitan dari pemilik pertamanya
Karnanya saya pakai costum
Ass.
Pak klw mislkn di satuin dri soketkiprok ke soket kabel bodi ama trik soket bikinan bpk.
Kira2 bgus g pak klistriknNy,
kalo dibilang bagus mana sebenarnya saya ga bisa jawab pasti, tapi rangkaian yang saya share ini kelebihannya adalah semua supply listrik dari kiprok dimasukkan ke aki full, pengisian untuk aki jadi lebih maksimal, asalkan aki masih standar sih ga apa2 asal jangan pake aki kering aja
Kalo pake aki kering kenapa gan
Aki kering pengisiannya ga boleh terlalu gede, nanti cepet kembung
bos, terus kabel body yang tadinya tersambung ke output kiprok di biarin aja apa di sambungin kemana???
ntar malah konslet lagi?? tolong di bantu ia bos, tolong di smsin aja ke nomer ane, 0813 1749 5551, tks sbelum nya,,
soketnya ditutup aja pake selotip serapat mungkin, kalo mau lebih yakin lagi lubang soketnya ditetesi cairan lilin, nanti kalo mau dipake lagi tinggal dibersihin, gampang koq 🙂
bang mochyuga mohon pendapat,semalem motor thunder 2007 ane tiba2 mati total,sikring sm tempatnye sampe meleleh….aki jd mati,mohon solusinya bang…
sekringnya putus ga? kalo sekring putus juga bisa jadi karena ada konslet di kabel bodi atau dari kirpok, tapi kalo sekring ga putus tapi tempat sekringnya doang yang meleleh kemungkinan besar terminal akinya yang konslet karena kena ground
diganti aja sekring & wadahnya terus akinya dicek tegangannya, kalo kurang segera charge lagi
semoga membantu
sebelumnya akiku sering tekor padahal baru 6 bulan , saya udah coba cara ini tapi nggak pake socket ,tapi langsung disambung dan diisolasi tapi tetep aja sering tekor , seminggu sekali harus di charge, kira kira apanya ya bro ? kalo kiproknya sih saya rasa nggak karena kalo habis dipake kira2 1 jam langsung ngisi , yg tadinya nggak bisa distarter langsung bisa . tapi kalo semaleman paginya nggak bisa distarter. motor ane th 2004 .no kick start .Thanks sebelumnya
coba cek output dari sepulnya masbro, bisa dengan dua cara, waktu mesin off atau mesin on. kalo mesin off, dicabut aja soket keluaran dari sepul, ada di bawah tangki soketnya dgn kabel kuning 3 biji, tes acak aja misal positif tester ke kabel 1 negatif testernya ke kabel 2 dst dibolak balik juga bisa, yang dites tahanannya, kalo salah satu kaki tahanannya ga sama sama yg lainnya bisa jadi ada kumparan sepul yang gosong.
kalo dites dgn cara mesin on, caranya soket dari sepul dibuka terus gas ditahan di 5000rpm, cek output tegangannya harusnya sekitaran 70 volt ac, kalo kurang dari itu berarti sepul ggosong juga.
kalo abis dipake ngisi lagi itu wajar masbro, berarti pengisiannya masih ada cuman lemah aja, berarti sepul yang gosong cuma beberapa kumparan aja
itu dari kelistrikan lho ya, sebenernya ada lagi penyebab susahnya starter waktu pagi hari, yaitu setelan klep yang ga pas, kompresinya ga dapet jadi kaya berat atau ga kuat starternya
coba cek dulu aja semuanya, mudah2an ketemu solusinya masbro 🙂
Thanks atas pencerahanya . mau dicoba dulu ya.
Pak….nyari soketnya susah buanget…klo ada kirim kesaya aja,nanti saya bayari…
bang, kalo misalnya kebalik kabelnya yang merah ke negatif aki dan yang hitam ke positif aki .. gimana bang? makasih
oiya lupa bang mochyuga satu lagi..
kalo ganti pake aki yang 5 amper atau 9 amper gimana? ada pengaruhnya ga? makasih bang
kalo kabelnya kebalik, akinya yg rusak bro, kensleting dan malah bisa meleduk… lagian kenapa dibolak balik sih kan udah jelas warna kabelnya beda hehehe
kalo aki diganti dengan yg spesifikasinya ga sesuai, tentu pengisian jadi ga seimbang, kalo pake 5 ampere bisa overcharge, aki cepet rusak, kalo pake yg 9 ampere gapapa sih asal pengisian dari sepul masih bagus dan kiprok masih normal, tapi kalo ada tanda2 aki tekor segera dicharge ulang
berarti nanti yang nempel di aki ada 4 kabel ya? yang 2 negatif yang 2 positif .. hahaha
oiya kang kalo motor sering di gajlok(sunda) ngaruhnya nanti bakal kena apa?
yoi kang, nanti ada 4 kabel masing2 2 kabel di tiap terminal akinya
kalo sering digejlok pertama yg kena karet teromol gir belakang sama rantai yg cepet aus dan melar, kalo ke area mesin bisa ngerusak botol gir dan paling parah kruk as juga bisa kena, jadi cepet oblak
kalo mau digajluk kalo bisa sih di gigi 2 biar hentakannya ga terlalu gede dan mesin juga lebih gampang nyala, kalo mesin udah nyala netralin lagi dan kalo mau mulai jalan balik lagi ke gigi 1
kang , tadi motor udah d pake bandung-lembang . pas di kontak ke off terus ke on, eh ga kuat stater lagi.
apanya ya kang? apa akinya? atau keprok.a? hehe
paling akinya kang, dibwa naik ke lembang kan beban berat tuh karena nanjak apalagi kalo lampu on terus selama perjalanan hehe
dicharge dulu aja akinya, kalo memang masih ga kuat baru cek pengisian dan perangkat starter elektriknya, semoga membantu kang
haturnuhun kang.
oh iya kalo misalnya saya beli aki baru yang 9 ampere terus pake cara yang di atas gimana kang? dan kalo aki indobatere itu aki indopart bukan? nuhun
gapapa kang, soalnya akinya kapasitasnya lebih besar, kalo lebih kecil saya ga menyarankan hehe
indobattery produknya indoparts
Permisi gan mo tnya, thunder 2006 ane gak mau nyala. Kalo dipencet starter otomatisnya di switch starter bunyi cetek2. Tdnya ane kira sikring kena krn sempet putus trus udah ane ganti tp tetep gak nyala. Kalo diengkol, listrik msh keliatan jelas keluar dr busi. Lampu dpn, blkng, sen kanan kiri ma rem semua normal. Kira2 apanya yg salah ya gan? Makasih gan.
kemungkinan besar dinao starternya gan, brushnya udah abis atau ada yg putus, musti diganti.
gan numpang nanya,kalo ngecek kiprok pake multitester gimana caranya,yg penjelasan diatas cara ngecek spull posisi off&on posisi di testernya ohm,dc,apa ac,….thanks gan atas ilmunya
kalo tes kiprok cek aja tahanannya, posisi tester di ohm. pengujiannya sbb :
ket :
M = kabel Merah
H = kabel Hitam
H/P = kabel Hitam strip Putih
untuk pengecekan sepul, kalo pengecekannya dalam posisi off yang dites tahanannya, tentu posisi tester di ohm dong hehe
kalo yang posisi on, yang dites tegangan output sepul, posisi tester di volt AC
salam kenal masbro..
ane jg pengguna thunder125 setia ni..dah berkali2 disuruh ganti motor tp sayang banget ma ni motor jd ga jd diganti dah.hehehehe..
mau tanya2 ma minta masukannya ni..motor ane baru gnti aki blm ada sebulanan, tapi kok tiap kali lampu nyala wkt dipake malem2 lampu lama2 jd redup kaya aki tekor gitu. nah kl udah dipake siangnya dengan lampu gak nyala ntar tu aki jd oke lg, lampu2 terang, starter jg fungsi kembali. nah ntu kira2 masalahnya dimana yak? dan solusinya gmna? oh iya ntu motor udah ganti pake head lamp punya vixi…
ditunggu solusinya y masbrooo..hehehe..nuhun..
kalo ada gejala aki drop seketika hanya waktu lampu nyala aja, perlu curiga sama kondisi kabel-kabel lampu, bisa jadi ada yang konslet atau pemasangan kabel lampu di soket lampu vixion salah pasang, perlu diingat bahwa lampu tipe H4 atau HS1 kalo salah pasang kabel jauh-dekat-ground lampu masih bisa nyala, kondisinya bisa aja lampu jauh & deket nyala berbarengan, bayangkan kalo dua-duanya nyala berbarengan berarti jadi 70 volt (kalo pake lampu tipe HS1 35/35w bawaan vixion) atau jadi 115w kalo pake bohlam tipe H4 55/60w, wajar kalo aki cepet drop.
kalo setelah lampu dimatikan kelistrikan normal lagi berarti pengisian masih bagus.
Mas bro saya mau nanya nih,
Saya baru beli Thunder 2004 bekas,
Spesifikasinya mesin di bore up Jdi 150cc Trus karburatornya ninja,keihin.
Baru seharian gk dipanasin eh uda mati total tuh motor, starternya gk nyala, Trus di gajlokin juga karna stelan gasnya gak bisa ngegas rendah Jdi gk bisa idup deh..
Gmana nih bang..
Mohon pencerahannya..
pastiin dulu kalo kelistrikannya normal bro, diantaranya cek tegangan aki, cek kondisi sekring, cek kabel2 dan soket2 kiprok dan sepul.
kalo sekreing putus, segera ganti
kalo tegangan aki lemah, charge ulang
kalo tegangan aki jadi lemah lagi saat dipakai, cek pengisian dengan cara mengecek kirpok dan aki
lebih jelasnya monggo baca artikel saya yg ini : HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga Galau !
semoga membantu
Ni aki thunder sya bru 2 minggu di ganti, tapi sudah gak kuat lagi. Tolong solusinya gan,,,,!!
gan, thunder ane taun 2006, nah 3 kabel kuning yang dari sepul itu “panas” kalo motor nyala, dan kiprok juga rada lumayan panas.
gimana tuh gan, normal gak tuh?
kalo kirpok panas sih wajar gan, makanya dia ada siripnya juga soalnya komponen di dalemnya berpotensi mengeluarkan panas waktu bekerja…
tapi kalo kabel sepul panas juga musti rada waspada tuh, bisa jadi karena ada pembebanan kerja sepul, diantaranya penggunaan oli yg kurang tepat yg bikin kerja sepul jadi berat, atau kondisi kabel2 & soket2 yg udah kemakan umur. dicek dulu aja satu2 gan, semoga membantu…
bos motor ane thunder 2005 apa bener lampu dekat nya ngak ada cuma lampu senja aja ,trus gimana aki biar ngak cepat tekor,setiap kali dicuci motor nya susah dihidepkan kenapa ya bro…
lampu jauh-deket ada koq, dua-duanya ada di satu unit bohlam lampu depan, lampu senjanya terpisah. kalo lampu deketnya ga nyala mungkin karena filamen lampu deket di bohlamnya putus, atau soket & kabel ada yg ga nyambung alias putus.
tentang susah dihidupkan, coba sebelum dihidupkan cuknya ditarik/dibuka, kalo nyala ya sukur berarti itu cuma masalah dingin aja, tapi kalo udah dicuk masih susah hidup juga mungkin karet manifold karbu udah retak atau bocor
bos, kalo pake aki kering di bikin saluran kayak di atas gimana???
kalo kelistrikan masih normal ga disarankan masbro, takutnya malah overcharge & malah ngerusak akinya sendiri, aki kering kan sensitif hehe
kalo aki basah sih fine2 aja, tinggal rajin2 cek air aki..
bank saya punya thunder tahun 2005
kalo di stater susah banget jadi harus ngambang staternya
padahal akinya baru di strum itu apanya yah bang
brus nya udah saya ganti kiprok juga tapi masih aja
kalo starternya nyala normal tapi susah hidup, mungkin bukan dari kelistrikan tapi dari setingan mesin, diantaranya setingan kerenggangan klep sama setingan karbu
kalo starter elektriknya juga susah nyala, cek kondisi dinamo starternya, kalo memang udah waktunya diganti segera diganti aja
Gan punya ane thunder 2008,cara ente diatas udah ane aplikasikan,tapi arusnya malah jadi kecil,apanya yang salah gan,,,?
oya, koq bisa ya? hmm mungkin ga cocok kali ya, kalo memang jadi berefek negatif mending dikembalikan aja ke standarnya masbro
mas bro , thunder saya thun 2004 , ngk ad kick starnya , spul saya udah gosong , trus mau saya lilit ulan kaya punyaknya tiger soalny saya udah beli kiprok tiger , gimana cara melilitnya mas bro , udak 5 kali saya coba tpi gagal trus , kalo ngk kebakar ya ngk keluar teanganya mlahan
sepul tiger sana thunder beda mas, begitu pula sistem kiproknya, makanya kalo kiprok tiger diaplikasi ke thunder bisa bikin sepulnya gosong, sekalipun lilitannya diubah tapi kan fisiknya masih sepul thunder, makanya outputnya tetep aja kaya thunder.
kalo saran saya sih sebaiknya gulungannya dikembalikan ke standar atau ganti sepul baru, sekaligus sama kiproknya diganti ke kiprok standar thunder lagi
Bang mochyuga mohon SANGAT pencerahnya,motor ane thuder tahun 2007,kmren mogok trus ane bawa ke bengkel,trus sm bengkelnya diganti aki kering trus bisa jln lg,selang sehari mogok lg ane bawa lg kebengkel yg sama,katanya kiproknya mati,ane ganti kiprok yg orsinil,jalan lg tuh thunder,selang sehari mogok lg,,aki keringnya sm tuh bengkel yg sama diganti lg,idup lg tuh thunder ane..selang dua hari mogok lg bang,ane pusing udh keluar duit bnyk pula,, tanda2nya tiba2 lg jalan mati kaya ga ad listriknya,lampu netralnya pelan2 redup trus ilang,,klw jalan mlm ane nyalain lampu tekor langsung mati thudernya..(Sempet ane baca diweb klw aki kering bisa matiin kiprok)bner ga tuh?soalnya ane beli kiprok 235rb,klw mati lg kiproknya,,stresss ane…mohon pencerahnya bang,,tolong di sms aj bang,02196062999.nti ane ganti deh pulsanya.tqu
siang bang hery, dari beragam gejala yg anda kemukakan kemungkinan besar sepulnya yang mengalami kerusakan atau sudah tidak menghaslikan listrik yg maksimal lagi, jadi sebelum ganti kirpok atau aki sebaiknya cek dulu kondisi sepulnya
untuk prosedur pengecekan sudah saya share di artikel berikut : https://mochyuga.wordpress.com/2013/02/15/howto-cek-perangkat-kelistrikan-thunder-125-biar-ga-galau/
semoga membantu
Sekedar berbagi, sy juga pernah mengalami hal seperti itu. Thunder sy tiba2 mati pada saat lg ngebut2nya. Setelah sy periksa benar2, ternyata sambungan sekering di dalam rumahannya yg longgar. Jadi lebih baik ganti sekering yg tipe tancap. Selain itu perhatikan sambungan kabel sekering yg baru, agar benar2 baik dan aman dari kena air. Agar ga jamuran gitu. Itu yg pernah saya alamin. Alhamdulillah dari 2005 smp skrg masih tokcer. Masih sanggup 130kph, hehehe…
Om, tanya ya…
Kiprok thunder kan soketnya ada dua, soket pertama 3 kabel,
Soket yang kedua 2 kabel, jadi yang dipakai soket yang mana om,…?
Masalhnya waktu dites dari soket kedua yg dua kabel , kabel warna merah tidak ada apinya…? ( setelah dicopot soketnya)
Tapi kalo soketnya disambung terus dipasang kabel langsung dihubungkan keterminal aki + lampu jadi terang tapi ada pengaruh kelangsam mesin, mesin jadi lambat. Kira kira gimana tu om….
Tq sebelumnya om…
yang dipakai yang soket 2 kabel bro, soalnya itu yang output dari kiproknya, yang 3 kabel input dari sepul.
waktu dites kondisi mesin dalam keadaan nyala atau mati?
jika dites dalm keadaan mati tentu tidak akan ada percikan karena tidak ada tegangan yang keluar dari kiprok. masalah langsam turun waktu menyalakan lampu kemungkinan disebabkan tegangan aki yang sudah drop atau kondisi oli yang sudah mengental yang menyebabkan kerja sepul jadi terhambat.
semoga membantu
bang bagai mana dengan penggunaan dioda 6 amper untuk pengganti kiprok yang rusak
tips tersebut hanya berlaku untuk kelistrikan sistem AC yang menggunakan kiprok halfwave / kiprok kecil. Untuk motor-motor yang menggunakan kelistrikan dengan sistem DC seperti thunder, tiger, vixion, dll tidak bisa diakali menggunakan dioda karena skema kiproknya lebih rumit
Tapi bos yg namanya dioda tu untuk merubah ac-dc. Di blog yg lain ad yg menyarankan untuk emergency mengingat harganya yg mahal. Hanya tdk bs menahan arus yg keluar.
Saya ga ngerti bikin dan pasang ya gan..
kurang jelas ya?
Maaf om iya kurang jelas coba pentunjuk gambarnya dibanyakin, seperti kabelnya
bro mnta tlg ni pncerahanya… anekan baru ganti kabel body ni… tapi knp kok listriknya jadi gk ada ya.. padahal smua soket kabelnya dah benar n bisa di start juga tapi ya itu listriknya jadi gak ada… sebelum diganti kabel body yg baru normal aja tu listriknya tp ya itu aki drop trs… tlg ya gan,, pusing ni ane dah 3 hari ni blm bisa hidup juga ni motor ane.. thx gan….
coba dicek dulu unjuk kerja kiprok dan sepulnya. aki drop bisa jadi disebabkan tidak adanya pengisian dari sepul yang diregulasi oleh kiprok. starter memang bisa karena starter elektrik mengambil arus dari aki, tapi jika arus pengisian lemah atau tidak ada sama sekali maka pengapian mengambil tegangan aki, lama kelamaan motor pasti mati karena tegangan aki habis lagi.
tes unjuk kerja kiprok dan sepul ada di artikel berikut :
jika hasil tes tidak sesuai dengan patokan standar yang tercantum maka kemungkinan kiprok atau sepulnya juga sudah rusak, harus diganti juga.
bro mnta tlg ni pencerahanya… anekan baru ganti kabel body ni… tapi knp kok api listriknya dari coil jadi gk ada ya.. padahal smua soket kabelnya dah benar n klakson, dinamo start juga hidup, tapi kpn api listriknya jadi gak ada y… sebelum diganti kabel body yg baru normal aja tu api listriknya tp ya itu aki drop trs… tlg ya gan,, pusing ni ane dah 3 hari ni blm bisa hidup juga ni motor ane.. thx gan
untuk langkah awal, coba tukar dulu CDInya dengan CDI baru atau punya temen yang masih normal. Aki pernah tekor kan? aki yang tekor bisa disebabkan pengisian yang buruk, dan aki yang tekor ditambah pengisian lemah akan merusak CDI karena CDI thunder tipenya DC-CDI yang mengambil arus dari aki. jadi pengapian hilang kemungkinan besar gara-gara CDI mati, coba dicek dulu
kabel body di cek dulu…kabel body non kick sam kabel body kick starter beda walaupun soket cdi nya sama
oh iya skalian mw tanya jg gan kabel warna hijau n biru dari sepul itu fungsinya apa sih gan…?
kabel biru itu kabel pulser, arahnya ke CDI/TCI. kabel hijau ground pulser, arahnya ke kabel ground (hitam strip putih)
memang betul, dan fungsinya hanya untuk pengisian saja. tapi yang namanya “emergency” atau sementara tentu unjuk kerjanya tidak seoptimal part aslinya. lagipula jalur kiprok fullwave dengan halfwave kan beda, di kiprok fullwave keluarannya 3 kabel dan positif semua, jika disambung ke dioda tersebut, cara penyambungannya bagaimana?
itu yang saya maksud beda antara AC dan DC, di sepul AC (halfwave) ada kabel output & ground, keduanya disambung ke kaki dioda, outputnya memang tetap DC. untuk sepul DC (fullwave) output sepulnya semua kabel positif dan khusus di thunder outputnya ada 3 kabel, jika disambung ke dioda bukannya difilter jadi DC tapi malah dibuang semua, kecuali kalau merakit diodanya dengan jalur tertentu, yang membutuhkan lebih dari 1 dioda dan beberapa resistor serta komponen listrik lainnya agar outputnya stabil sesuai yang diharapkan (DC 13~15volt)
trs gmn gan cara untuk tes kerja kiprok dan sepul apakah masih normal atau sudah rusak tapi dengan kondisi mesin motor dalam keadaan mati gini…?
untuk kiprok bisa di tes tahanannya (ohm) pake alat ukur AVOmeter.
lebih jelasnya bisa lihat di artikel saya yang ini : https://mochyuga.wordpress.com/2013/02/15/howto-cek-perangkat-kelistrikan-thunder-125-biar-ga-galau/
poin no 3. Regulator / Rectifier
untuk sepul tinggal dilihat fisiknya, buka blok mesin bagian kiri, dilihat fisik sepulnya jika ada gulungan yang gosong meskipun hanya 2 atau 3 kumparan tetap harus diganti jika ingin kelistrikan normal lagi
Kang permisi mau share tips nih walaupun telat mungkin, tp gpplah daripada gk sama sekali, hehe 😀
Saya punya sedikit tips nih buat pengguna thunder125 yg belum ada kick staternya apabila mengalami aki tekor gk bisa stater dan terburu buru, karena setelah lama saya teliti banyak yg gk tau trik ini, kebanyakan malah di dorong, agak malu liatnya, hehe 😀
Berikut tipsnya:
1. Standarkan motor di posisi standar dua
2. Putar stelan gas (skrup gas) kearah kanan atau searah jarum jam 1/2 -1 putaran . Tujuannya agar langsam lbh besar dan mesin mudah di hidupkan.
3. Masukan perseneling ke gigi 5
4. Putar roda dengan tangan searah jarum jam serrrr… dan breemmm…mesin nyala hehe 😀 kemudian netralkan dan atur kembali skrup gas agar langsam gk kegedean.
Selagi mesin normal pasti mesin mudah dihidupkan.
‘Keep brotherhood.’
siip thanks tipsnya, saya juga sering praktekin cara itu koq hehe
tapi justru malah lebih malu lho, kalo didorong malah ada alibinya, “kan motornya motor balap” haha
Kang kalau bagian luar sepul (tempat untuk nyetel posisi top) duluan panas dan temperaturnya paling panas di banding yg lain kecuali silinder head dan kepala knalpot itu wajar gk yah?
coba dicek dulu sirkulasi olinya, caranya hidupkan mesin tapi baut tutup lubang intip top magnet jangan dipasang dulu, normalnya ada cipratan oli yang muncul dari lubang itu, kalo ga ada cipratan oli curiga sirkulasi olinya ga sampe kesitu dan bikin ruang sepul cepet panas
Kang curhat lg lah 😀
Saya kan iseng2 nih ngecek tegangan aki di thunder saya dgn tester, kondisi aki masih terpasang di motor. Pas di cek jarum menunjukan di angka 15v posisi langsam kemudian saya gas jarum tester bergerak tp kemudian balik lg ke angka 15v walaupun gas gk di lepas, jarum tester cuma bereaksi sedikit. Apakah itu normal? Kenapa tegangannya 15v? Apa karena saya pasang rangkaian elko di aki?
Karena saya masih ragu terus aki di lepas dari motor dan di cek tegangannya, jarum tester tetep menunjukan di angka 15v.
Karena penasaran takutnya testernya yg ngaco, kemudian saya cek aki matic saya, dan tegangannya menunjukan 12v. Apakah aki saya normal Kang? Saya pake aki GS 9Ah. Makasih sebelumnya Kang, maaf kalau ngerepotin mulu 😀
bagus dong, berarti kondisi aki masih bagus. untuk pengisian memang stabil begitu karena karakter kiprok fullwave memang begitu, apalagi ditambah kapasitor/elco, arus pengisian makin stabil. jika kondisi aki sudah 15volt tapi waktu proses pengisian tegangannya bisa lebih dari itu malah bikin aki cepat rusak, dan artinya kondisi kirprok sudha harus diganti.
jika kondisi aki ada di 12 volt baru kelihatan arus pengisiannya, waktu digas pasti tegangannya naik hingga 15-16 volt, tapi di rpm 7000an pengisiannya seolah2 stagnan tidak lebih besar lagi dari 15-16 volt, padahal tegangan yang keluar dari sepul memang bertambah besar tapi gara-gara diregulasi oleh kiprok maka keluaran maksimalnya tetap 15-16 volt.
Kalau gk ada cipratan oli yg rusak apanya kira2?
bisa jadi dari jalur olinya, tertutup lem paking atau paking yang sobek
Boss saya mau tanya tentang permasalahan kelistrikan Motor saya
Motor saya Minerva 150R
Kelistrikannya masih morat marit kesana kemari
Boleh ga saya minta alamat Email, jika ada Pin BB, dan No telpon……
Rama.dhani42@yahoo.co.I’d
Pin 276F86A9
No tlpon 087716185562
Udah saya cek dan oli nyemprot, malah kenceng bgt semprotannya padahal kondisi mesin langsam. Mungkin emang gt kali yah, karena spull menghasilkan arus jd panasnya lumayan cepet. Coba motor akang kalau misal di panaskan kurang lebih 2 menit, pegang dah bagian yg itu kemudian bagian tutup kopling, sama gk ama punya saya hehe 😀
brow mau tanya nih..
ane beli kabel body motor thunder, tpi ane belinya kbel body yang thunder baru, ane kan punya nya thunder 2004, apakah kbel body thunder baru itu bisa di pakai buat thunder yang lama? thanks
ga bisa bro, thunder baru pake DC-CDI sementara thunder lama (non-KS, 2004-2005) pake TCI, jalurnya beda, jalur sepul ke kiprok juga beda
Assalamualaikum bro, ane mau tanya, thundie ane tahun 2005 (No kick stater) waktu itu ane dah pernah ganti spull n kiprok, tapi permasalahannya ketika mesin menyala dan head lamp dinyalakan, sinar dari head lamp akan lebih terang ketika mesin langsam, tapi ketika mesin di gas hingga 2000rpm sinar head lamp menjadi lebih redup dari ketika mesin langsam, kira2 itu normal atau tidak ya? thx
waalaikumsalam
boleh tau waktu ganti sepul dan kiprok karena bermaslah atau memang sudah waktunya diganti?
jika sebelumnya memang pernah kena masalah kelistrikan, apalagi sampai kiproknya diganti, kemungkinan besar kondisi kabel bodi juga terpengaruh, untuk pengetesan coba kabel lampu dijumper langsung ke aki, kalo ga redup berarti kabel bodinya juga memang minta diganti. kalo masih redup juga, kemungkinan besar akinya yg udah ga fit
semoga membantu bro
mas bro mau tnya nich kalau mtor thundi ane pasang aki punyanya megapro gmna efeknya kira2 ya( kuat stater ndak ya)
kalo ga salah aki megapro 5 Ah ya bro? cmiiw
kalo 5 Ah masih bisa, untuk starter masih kuat asal saat starter dipijit kondisi lampu depan, sein, atau klakson harus dalam keadaan mati, biar akinya ga cepet tekor
gan… Ane megang motor thundy 2005 nih… bermasalah kalo stiap pagi suka susah di starter. Starter ngangkat tp di switch gas nya kaga mau jalan kenapa ya… Ujung”nya dorong dah kalo udah panas baru dah bisa…
kalo dinamo starternya masih muter kuat itu sih biasanya cuma masalah setingan karbu aja gan, kalo di kondisi dingin coba chokenya dibuka terus nyalain motornya, kalo udah nyala biarin beberapa saat sampe agak brebet baru tutup chokenya.
kalo puteran dinamo starter terdengar lemah, kemungkinan besar brush dinamo starter udah tipis karena terkikis, doganti baru aja brushnya ke tukang dinamo
bro..saya sdah coba,tapi setelah saya hubungkan ke aki,,terjadi konslet.
kebalik tuh kabelnya..
agan yuga… makasih bgt ya infonya… gw jadi ga was” lagi nih skrg… N ga dorong” motor lg hehe…
siip, sama2 gan hehe
salam brotherhood be brother. kami mewakili KOSTER (komunitas suzuki thunder) chapter bekasi (K-17) salam setia bagi penunggang&pecinta suzuki thunder. dimana kita masih dg setianya berkuda dg TC125 kita. ditengah kmajuan & membludaknya motor generasi terbaru. banyak yg bilang thunder motor gagal. da yg bilang motor banci, tp itu smua g kn prnah ngurangin kecintaan kita terhadap motor yg telah lahir mulai 2004 silam. untuk lbih jelasnya silahkan dtg di web kami. http://www.suzukithunder.com atau KOSTER komunitas suzuki thunder. dimana smua masalah & trooble bisa dg tuntas di bahas & diselesaikan. salam koster
salam.. tapi webnya ga bisa dibuka tuh bro.. mudah2an disana ga ada racun “potong filter” ya hehehe
mangs uga uing pangjieunkeun lah hehehehe…
wani pirooooo 😀
hello masbro
mau nnya nih ko mtr thunder ane klo lg pelan + lampu dpan di nyalakan mesin suka mati, apa penyebab nya ya??
mohon solusi nya
Wah ada masalah ya dengan potong filter mas? saya punya Thunder 2007 rencana mau potong filter supaya kuat tanjakan, karena mo dipakai buat naik gunung, …tolong infonya ya mas
potong filter = sebuah effort yang terlalu lebay untuk hasil yang tidak seberapa, bahkan tidak terasa
coba baca lagi sumber yg mencantumkan trik potong filter itu, bukan potong filternya yang bikin akselerasi jadi kuat, tapi bukaan pilotscrew yang dibuka besar. lagian pembuktiannya tidak ada (peningkatan tenaga sampai 14 HP, videonya video thunder brazil bukan video dia sendiri, dll)
dalam upgrade mesin motor kadang kita tidak melihat dari berbagai aspek, bisa saja beliau potong filter dan merasa tanaga bertambah, tapi beliau sebelumnya sudah mengganti knalpot racing, upgrade pengapian, dll, nah bagian potong filter itunya sebetulnya hanya sebagai pelengkap/penyempurna dari ubahan2 lainnya, bukan faktor utama penambah tenaga mesin.
dari 5 orang teman saya yang sudah melakukan trik potong filter itu, semua tidak merasakan efek apa-apa,karena kondisi part lainnya masih standar.
Trimakasih Infonya ya mas,
Mau coba oprek yang lain aja kalau begitu,
Hehehe
Maaf bang ane mau nanya , mtr ane thuhder 2008 , mtr pernah mogok gk nyala pas dicek soket kabel kontaknya longgar tapi udah di kencengin udah hidup lagi baru 10 mnt mogok lagi ternyata kabel sikring ski putus diganti nyala lagi dgn yg 15 amper,,,,,sudah 2 hari mogok putus lagi sikringnya,,,baru pasang pputus hampir 5 kali pasang putus terus tapi akhirnya yg ke enam bisa nyala ,,,,sudah 3 hari putus lagi sikirinhnya krnapa ya bang ???? TOLONG MASUKANNYA APA NYA SIH???
sekring putus = ada konsleting
soket yg longgar bisa menyebabkan loncatan arus listrik lalu jadi konsleting, lebih baik ganti soketnya dengan yang baru
Bang saya punya thunder 2005 non kick starter. saya mw tanya knp kok lampu depan kadang nyala kadang mati. pernah sya baca ada yg menggunakan lampu vespa. apa itu cocok?
Lampu kadang nyala kadang mati, penyebabnya fiting/soket lampu longgar atau soket kelistrikan panel sakelar setang ada yang longgar atau berkararat, coba cek dulu.
betul bohlam vespa memang PnP, dudukannya sama persis sama lampu thunder 125. tapi perlu diperhatikan bahwa bohlam vespa ada 2 tipe, ada yang 35/35 watt ada yang 25/25 watt, untuk Thunder gunakan yang 35/35 watt
nyambung ma masalah diatas… motorku thunder 2008 kasus sekring putus.berulang ulang… setelah dicek.. putusnya ketika saya mau on kan lampu dpn ato lampu senja.. saya coba amati mesin saya hidupkan tanpa lampu dpn menyala.. bisa hidup.. terus sambil saya liat sekring saklar lampu senja ato utama saya on kan.. sekring langsung merah.. tp saya coba telusuri kabel yg konslet ato lecet lom nemu.. mo tanya biasanya dibagian mana yg berpotensi penyebab sekring putus.. mohon bantuan..
kalo khusus di saklar lampu, bisa di penyebabnya solderan saklar lampu nyentuh pipa stang jadi konslet, coba pipa stang yang di bagian dalem saklar dibalut selotip. kalo masoh konslet juga, cek kabel2 lampu di dalem batok lampu & fitng lampu mungkin ada yg ngelupas
mau nanya bang, gw punya thunder 2005, akinya sering tekor padahal aki baru, belinya baru 1 bulan yg lalu, kira2 apa masalahnya? apakah kiproknya? trus harga kiprok baru berapa?
kiprok jarang banget rusak, apalagi yg 2005 soalnya kiproknya heavy-duty sama kaya kiprok thunder 250
kemungkinan besar dari sepulnya, apalagi kalo belum pernah diganti, faktor umur sama perawatan bikin pengisian sepul jadi ga optimal. ganti aja sepulnya pake yang baru
bang kalo kiproknya panas gimana tu,,normal apa gak normal,ane dah pakai cara diatas,,thanks bang
normal, itulah makanya kiprok ada sirip-siripnya karena waktu bekerja memang menghasilkan panas, siripnya berguna sebagai pelepas panas.
kalo indikasi thunder 2005. ga mau nyala pas di starter bunyi Centrak cetrek apa mesti dinamo starter nya? ato ada penyebab lain letak dinamo starter nya Baru tapi tetep cetrak cetrek mohon saranya! thanks
lupa kang pas didengerin suara cetrak cetrek di bendik nYa! apa bisa dipastikan bendignya yg harus ganti?
bunyi ctek-ctek itu sebenernya indikasi bahwa bendik masih berfungsi dengan baik, karena bendik=relay, saat diaktifkan mengeluarkan suara, kalo ga ada suara sama sekali berarti udah rusak. kalo dinamo starter udah diganti baru tapi masih belum muter juga bisa jadi karena setrum aki udha lemah, atau ada masalah di area kabel bodi, biasanya sih kabel yang nyambung dari terminal positif aki ke bendik udah hampir putus jadi setrumnya terhambat, jadi ga kuat buat muter dinamo karena setrumnya kurang
sore gan . , mau tanya ttg starter
ane punya thunder 2005 tanpa kick,
pas ane statrer tuh cuma bunyi ctek ctek di bawah jok, dinamo starter nya juga g muter, sekalinya muter tapi g hidup, trus busi udah ganti baru , di cek juga busi masih keluar listrik
pertanyaanya itu masalah di apanya ?? mohon penjelasannya
coba baca artikel ini : https://mochyuga.wordpress.com/2013/02/15/howto-cek-perangkat-kelistrikan-thunder-125-biar-ga-galau/
jawabannya ada disitu
thanks mas Brooo sangat2 sangat membantu…
sama-sama masbro
Mas bro ane punxa thunder th 06 lampunxa lau di gas malah tambah redup kira2 apanxa mas bro mohon bimbingannxa.,
coba baca artikel ini : https://mochyuga.wordpress.com/2013/02/15/howto-cek-perangkat-kelistrikan-thunder-125-biar-ga-galau/
Bang thunder saya keluaran thun 2005 tnpa kickstarter dan sering koslet akbtnya sering ke bengkel n tdak pernah bsa normal rencana saya mauu ganti kiprok dann kabel bodinya krna sudah ndak jelas klistrikanya minta infonya jenis dan merek atau no seri kiprok dan kbel bodi
Gan, numpang tanya nih, ane punya thunder 2004, aki sama carbon brush nya dah di ganti, setelah 2-3 kali stater tau2 ga bisa lagi alias staternya ga mau nyala cuma ada bunyi cetek2 doang, kira2 apa masalahnya ya gan ?? Mohon pencerahannya. Thank’s…
angkur kumparan di dinamo kondisinya gimana? kalo angkurnya udah terkikis itu juga pengaruh ke kinerja dinamo starter, harus diganti juga
Iya sih gan, untuk bagian yg nempel di carbon brushnya udah agak kekikis
Trik ini msh di pake Kang ampe sekarang? Saya pengen nyoba jg nih? Ada kendala gk ampe sekarang?
Sampe terakhir dipake motornya masih pasang, sekarang sih motor lagi digantung kang hehe maklum mau ganti baju lagi. selama dipasang ga ada kendala macem-macem koq, memang sempet bikin kaget karena awal-awal pasang sempet ada serbuk putih, tapi bukan karena overcharge, ternyata ada bocor halus di terminalnya, setelah diolesi gemuk ga pernah kejadian gitu lagi
mau di bikin kaya apa lg motornya kang? Kalau mesin Fu di rangka thunder masuk gk yah Kang? 😀
ganti baju aja koq hehe. mesin fu agak susah soalnya sudut kemiringan silindernya condong ke depan, downtube depan musti dipotong dan didesain ulang biar ga mentok head & blok silinder
Pagi bro.saya coba tips yg diatas.kok motor saya jd mati2 ya bro thanks
Cek dulu sekring putus ga? Kalo putus sebaiknya rangkaiannya dicopot dan dikembalikan ke standarnya aja
apakah cara ini bisa diterapkan pada motor smash 110??apakah khusus thunder 125 saja??
Kalo tujuannya untuk menyingkat jalur pengisian bisa saja, tapi efeknya tidak sesignifikan thunder yang kelistrikannya tipe fullwave/DC
Kang Uga sebenarnya 9power itu ada efek positifnya gk sih buat motor? Mohon penjelasannya, makasih
wah jawab pertanyaan ini secara detil kayanya bakal bisa jadi artikel baru kang hehe
efek positifnya jelas ada, sesuai dengan bahasa iklannya, mengurangi arus liar dan menstabilkan arus di kabel koil. analogi simpelnya, kaya kabel extension usb yang ada ferritnya vs yg ga ada ferritnya, yg ada ferritnya sepanjang apapun kabelnya di komputer masih kebaca dengan full speed (usb 2.0), sementara yg ga pake ferrit kebacanya jadi turun (usb 1.0). ferrit = 9power. efeknya ke motor bisa beda2 tergantung kondisi koil dan kabel koilnya, koil yg berumur biasanya udah mulai “bocor” (meskipun sebenernya untuk koil tipe TCI/TIS lebih tahan bocor dibanding koil CDI karena kerjanya lebih ringan), untuk koil dan kabel yg udah bocor, fungsi 9power bakal kerasa sangat signifikan, sementara kalo yg koilnya masih normal sih efeknya ga begitu kerasa, itulah makanya ada yang bilang efeknya kerasa banget, ada juga yg bilang biasa aja.
Itu yg bikin saya bingung 😀 kalau groundstrap gmn tuh terutama buat pengapian TCI/TIS?
kalo groundstrap saya udah coba, hasilnya malah brebet, 2x buka pasang hasilnya masih sama, alhasil dilepas lagi. tapi kalo di yg DC-CDI (’07 keatas) katanya sih ga ada masalah
Gan mau nanya nih,,thunder 2005 saya dah ngikutin trik dari agan,,dan hasil nya memang tokcer,,terbukti saya jalani hampir satu tahun ini,,tapi pas kemarin motor saya mati mendadak,padahal sewaktu brangkat normal,mati nya pas di parkiran mau plg,bkn lg sedang jalan,,pertama saya cek sikring,tapi gak putus,,saya lihat lampu gigi di spedo redup,netral pun redup,,tapi kalo saya lepas trik dari agan,semua terang,klakson kencang,tapi masih gak kuat stater,tapi kalo di tarik ban nyala,,saya tempel lg trik dari agan yg nempel di aki,,redup lg,dan gak mau nyala walau di dorong,,saya balikin lg ke standar nya,gak pake trik,jd kabel masuk ke body,,hasil nya sama gak mau nyala,,tapi kalo di lepas pengisian dari spul ke aki nyala,,knapa ya gan,,brarti aki saya gak bisa ada strumnya,karna bisa kluar strum tapi gak dapt strum dari spul,,bisa minta tlg saran nya gan,,,maaf kalo kepanjangan,,,,tanks sbelumnya,,,,,,
kalo diliat dari gejalanya sih kemungkinan masahnya di aki, coba dicek dulu kondisi akinya ke tukang aki, biasanya mereka punya alat khusus buat ngecek kondisi aki. kalo aki normal, cek kiprok & sepulnya
Tanks gan,,,mtr dah hidup pas aki dicas dan di kuras dan kiprok di ganti,,,salam thunder
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Kang ada yg bikin trik kaya gini masuk akal gak?
https://m.facebook.com/groups/56469176627?view=permalink&id=10152444373931628&_rdr
Halamannya gk bisa di akses 😀 tulisannya seperti ini :
Kasih tips ah buat pengguna
HID yg kadang2 tekor aki.
Harus fullwave ya Gans, copot
lampu yang digambar, lampu
belakang buat rem itu ganti
sama LED harga 12.500 (disini) kenapa ganti? Tentunya bikin
arus dari aki ke HID makin
cukup yak karena LED itu cm
bth 1 Watt doank. Trus yg di
kiprok tuh ada 4 lubang di
bagian socketnya (kiprok ori) cabut kabel warna kuning 2
kabel yg masuk ke lubang
socket bagian kiri bawah lalu
diisolasi ujungnya yg rapih
biarkan begitu saja. Cb
nyalakan motornya, coba klakson, coba klakson sambil
nyalain HID nya. Klo mo nyalain
HID, on dulu mesinnya baru on
HID nya jangan kebalik Gans.
Ini Eksperimen Saya, gak tau
klo lampu belakang gak ganti Gans tekor pa kagak. Oya, ni
Saya gak pakek oprek spull
segala semuanya ori cuma di
Fullwave aja, yg gk ngarti
fullwave cari yg pengalaman
(hati2 bengkel kebanyakan cm pasang doank) semua org јนбα
bs klou psg doank. Jgn cb2
fullwave sendiri klou gk
ngerti kelistrikan mtr ntar da
korsleting bisa kebakar sana
sini brabe juga. Sy јนбα dr jasa org di fullwave msh belajar.
ada yg ketinggalan, buat Satria Fu 😀
itu sih bukan fullwave, itu cuma nyabut jalur lampu aja 😀
kiprok halfwave kan ada 2 jalur, jalur pengisian & jalur lampu, jalur lampu diputus, selanjutnya jalur lampu dipindah ke aki (ballast HID ngambil langsung ke aki). masuk akal? iya, cuman dengan cara begitu dijamin aki akan dengan cepatnya tekor hehe..
jalur yang dilepas itu sebenernya masih bisa dimanfaatkan lagi buat pengisian, caranya dengan nambah 1 kiprok lagi, sambung kabel lampu tsb ke jalur pengisian di kiprok tambahan, output pengisian disambung ke jalur pengisian kiprok standar atau langsung ke aki. trik ini pernah saya baca di suatu forum, mungkin suatu saat kalo ada waktu bakal saya coba dan kalo berhasil bakal saya buatkan artikelnya 🙂
Kata yg update itu trik sih dia udh 1thn praktekin dan aki gk tekor, makanya saya rada puyeng 😀 . Kabel yg warna kuning tuh 22nya buat ke lampu2 yah? Trus yg 1 kabel dari spull dan yg 1 kabel lagi ke positif aki yah?
Ga perlu dibikin puyeng, masih hoki aja itumah 😀
Kuning strip putih dari sepul & ke lampu, pengisian dari sepul putih strip merah outputnya merah ke aki. 1 lagi kabel item strip putih ground
Salam Thunderian
Bang saya pengguna Thunder tahun 2008 (si Bangbrang) , minta input nya bang..
Si bangbrang udah 2kali ganti aki, yg pertama d ganti karna saya pikir aki nya udah saat nya d kubur, karna kalo lagi d pake jalan (dgn lampu besar) saya pakai lampu sein ada ke janggalan, saat sein nyala lampu dpn nya terang, saat lampu sein mati, lampu dpn redup lagi. Itu bikin kesel jd saya ganti aki, nah aki yang ke_2 sama aja kaya gitu kelakuan nya,
Pertanyaan nya :
Itu pengaruh dari apa ya? Padahal semua kabel2 dah d bikin Rapih serapih2 nya, malahan satu kabel pun blom pernah ada yang d rubah atau d ganti,
Kalo tips ϑɪ̣̇ atas d applikasikan ke si bangbrang kira2 nya bakal gitu lagi ga ya bang,
Catt: saya pake lampu depan 90/ 100w (tanpa relay)
Terimakasih sebelum nya bang…
Salam. Thunderian….
klo koil make yg gak ori gimana masangnya bos
ga bisa, musti pake koil khusus yg soketnya dua
salam kenal om yuga sy mau nanya neh mungkin sy telat nyimak sy punya thunder 2008 pengisianya tekor pas lampu di hidupkan sy baca di web pakai dioda 6A 2buah itu langsung ke spul ada 3 kable yng sama warna kuning yg di pakai yg mana yah sy cb itu tegangan yg besar ada 2kable yg 1kable kecil tegangannya mohon pencerahanya neh ama suhu yuga end kalo boleh sms no phonenya biar sy hub ne no sy 087889896788 makasih sebelumnya.
“tegangan yg besar ada 2kable yg 1kable kecil tegangannya”
itu tandanya ada gulungan sepul yg udah gosong, mau pake dioda 20 biji jg ga akan bikin pengisian jadi ga tekor :p musti diganti sepulnya
Kang Yuga, saya udah nyoba nih mempraktekan trik ini. Tapi baru kepikiran nih, arus dari aki bisa balik gk ke kiprok? Kalau masih standar,tanpa trik ini kan jalur dari aki ke kiprok di putus ama kunci kontak. Nah kalau pake trik ini walaupun kunci kontak udah off tapi jalur dari aki ke kiprok masih terhubung. Itu bisa bikin arus balik gk dan merusak kiprok? Hatur nuhun 🙂
engga diputus koq kang, kan masuknya ke kabel merah, kabel merah dari kiprok nyambung di tengah antara kutub aki & kunci kontak, jadi kiprok tetep nyambung ke aki waktu kontak off 🙂 jalur yg diputus kontak itu kabel oranye
eh.. ia ya.., bhahahaha…. 😀 cuma mampir doang gk mutus
Bro saya mau tanya kalo cek spul kan sperti yg bro bilang diatas. Tapi kan AVOnya ada kabel (+) sama (-)nya tuh, nahh yg (+) ke kabel o/p spull nah yg (-)nya dikemanain om? Mohon pencerahannya
Malam bro, kayaknya kelistrikan thunder 2008 sy lagi galau nih, mau tanya klo ganti spul kira2 biayanya brp ya? Part sama jasanya. Ada subtitusi buat spul thunder gak? Trims mas bro.
HET sepul terbaru 265 ribu, jasa pasang 25ribu, paking 15 ribu, sama ganti oli tergantung olinya, kalo SGO 35 ribu. musti ganti oli soalnya waktu bak sepul dibuka oli pasti tumpah.
substitut ga ada, paling merk lokal atau kw, kisaran 100-150ribuan, tapi ga awet
diacak aja, dibolak balik juga gapapa, kalo arus AC kan boleh dibolak balik, sama aja
thunder qwtaku boleh gag bak mesin diganti dgan yg pake stater..
Bro saya punya thunder , tadi saya pasang lampu CB kan saya sambungin itu lampu nya udh clear , terus tiba” motor saya gak mau hidup , tapi lampu dan kontak hidup , itu knapa ya?
Soalnya kabel bodi kan ada warna item sama item putih , itu saya gak ngerti , mungkin kabel CDI atau koil , solusinya gmna mas bro??
Om kemaren ane bli spul, soket nya sama kaya soket kiprok nya…
Gmana cara ngakalin nya…?
Ato ada gaksoket kipro nya yg beda…?
berarti sepulnya salah beli mas, sepul thunder lama yg ga ada engkolnya beda ama thunder yg ada engkolnya, bedanya di soketnya
motor saya kalo standar lama di bwah netes oli om. kira2 apnya y om..??
cek paking2 & seal, yg jelas dicari dulu sumber bocornya
Om terus kabel pulynya ga usah diapa2in tuh? Sama lokasi on daerah mana?
Om misalnya kalo pake aki kering bisa ga?
Mohon responnya om
bisa, asal kapasitas Amperenya sama
Bg saya punya motor thunder 2008 ni, saya kemari mau ganti kabel baru trus yg lama saya buka semua, jadinya saya gk tau lagi sebagian masang kabelnya, gimana dong?
Kasih contoh gambar dong bg. Atau rangkaian jalur kabelnya. Trims.
gampangnya sih tinggal diliat warna kabelnya, warna kabel kan beda-beda, tinggal dicocokin pasti ga akan ketuker. kalo wiring diagram bisa diliat di dokumen-dokumen ini : https://mochyuga.wordpress.com/2015/03/09/share-dokumen-dokumen-teknis-untuk-suzuki-thunder-125/
mas ,,apa kah socket kabel bodi yg terhubung keoutput socket kiprok sangat mempengaruhi pengisian accu,,soalnya motor sy sama sekali accu gak mau charger,,padahal kiprok baru ,,mohon jawaban nya
Gan w mw tanya nich
W punya thunder.
Gejalanya itu apabila kontaknya di on kok gak idup y lampu depan padahl saklarnya udah on. Kerusakanya di mna y klo gy tuc y gan.
Padahal akinya udah di cas loh gan.
Gan thunder sya klo gas kenceng naik tanjakan lampunya mati idup mati idup.Dan blum 1 mnggu udh 2x gnti aki.Lampu juga redup saat jalan dan ga jln.klaksonnya pun ga bsa bunyi.sya mau ganti aki lgi tkutnya tekor lg akinya.apa ya mslahnya dngan kndaraan sya ini.
sepulnya yg diganti, bukan akinya
Mas, Kalau nambah aki gimana ? Bikin telor gak ?
http://www.laskar-suzuki.com/2012/03/cara-menggabungkan-2-aki-pada-motor.html
Tx
pengisian tetep tapi tempat nampung (aki) nambah, ya tekor lah :p
Kalau ada Opsi penambahan Dioda ? Gimana Mas ?
ya sama aja, itu aki dua duanya tetep perlu diisi kan? pengisian dr sepul (misal) 6 ampere tapi aki pake 6 ampere 2 biji alias jd 12 ampere, bakal penuh ga akinya?
lampu thunder 2007 ane pas lg kondisi ga jalan terang,.tapi pas jalan kenceng aga ngaruh,.,aki belum lama ganti,..tlng ksih masukannya,,,
Itu terus yg soket yg item di apain?
mf ni ikut nimbrung,untuk yg suzuki spin mas,maksutnya kelistrikan suzuki spin di rubah ke fullwave gi mana caranya tu?
Sore bos.aq pnya tunder 2005. Kalo aki sya lepas mesin langsung mati.kiprok udah sy ganti tp mitasi.spol kta bengkel masih bgus.baru sbulan aki mati.aki 5 amper.mhon solusi ya
gan mau nanya nih sepul punya kita cepet panas apa lagi bloknya lebih panas? kira2 apanya gan
help mebro,,sya punya soundbooster tp bingung nyambung kabelnya,kabelnya ada dua merah ma hitam,nah yg merah sambung kmn trus yg hitam sambung kmn cocoknya mas bro..
Ping balik: Dua tips Mengatasi Masalah Kelistrikan Thunder | infonewsaio - Informasi Berita Semua Dalam Satu
mas brow mo nanya napa ya pas d gas tegangn d kiprok arusnya jd kcil, itu kiprok yg rusak apa spol yang rusak,tolong pencerahan ya
Assalamualaikum, saya pengguna thunder 2008, mau nanya soal kelistrikan , motor mati mati terus apalagi kalau lampu dinyalain, saya coba bawa kebengkel ternyata spulnya kebakar dan bengkel nyaranin unruk dililit ulang, setelah itu motor normal, jangka waktu sebulan lagi-lagi seperitu itu dan saya bawa lagi tetapi dengan bengkel yang berbeda, disarangkan untuk ganti kiprok sama aki, sudah diganti gak nyampe 2 minggu lampu udah redup stater tidak bisa dan pas motor digas nyut nyut an kaya mau mati, mohon solusinya? Terims
waalaikumsalam, ganti spul yg ori mas, jangan yg gulungan, ga bakal awet
oke mas yuga makasih atas sarannya
Berbagi pengalaman aja nih bro…
Kabel set thunder setelah ane kupas isolatornya ternyata banyak kabel paralel yang saya anggap tidak berguna. Setelah ane potong (buang) tanpa kesalahan lari dari jalur hasilnya aki tahan lama, lampu semakin terang
“tidak berguna” itu mungkin jarena spido dilepas kan? ga mungkin pabrikan bikin jalur kabel yg ga berguna hehe
kenapa gak sekalian 500 zaza mas :V
Mas mau tanya,thunder yg belum pake slahan mesin udah dalam keadaan hidup,saya cabut kabel positif akinya kok mati ya,apa emang begitu apa ada masalah lain mas,makasih
Memang begitu mas, normal koq
Gan ane udh coba aplikasiin ne tp ko nihil ya gk ada hasil malah gk mw hidup motornya oea klo mw pasang soun boster ke jalur spul kira2 jalurnya yang mana ya
Jalur sudah saya pastikan benar kebetulan kabelnya hitam semua cuma yg satu strip merah yg satu strip putih yg strip merah ke positip yg strip putih ke negatip tp motor gk mw hidup
Knp tiba2 tdk mau menyala thunderku sudahx sy perbaiki saklar lampux
Hallo mas bro.thunder sy thn 2006…pengapianya lemah,kira2 kerusakanya pada apanya tuh.batre udah soak sihh.apakah saya beli batre baru aj ya.tpi kl masih lemah juga apanya lgi tuh yg kumungkinannya..thanks mas broo
pengapian lemah kemungkinannya ada 2, batre soak atau pulser & sepul udah minta diganti. kalo pulser, gejalanya biasanya motor suka ga kuat dibawa jauh, mesin panas mati, diademin sebentar bisa hidup lagi tapi kalo panas mati2 lagi. kalo sepul, gejalanya kalo nyalain lampu2 mesin jd brebet. kalo ga nemu 2 gejala itu berarti cuma batre aja penyebabnya
Gan ane mau tanya kok thndr ane thn 2007 kayakny ada yg
Gak beres kenapa kok waktu kemaren saya ganti aki
Ane pasang postf dlu bru yg negatif tp waktu ane mau
Pasg yg negtf mlh lonct api gan padahal poss kontak
Msh of tlg penjelasany
berarti ada konslet tuh, sekring masih kepasang ga?
Gan ane mau tanya kok thndr ane thn 2007 kayakny ada yg
Gak beres kenapa kok waktu kemaren saya ganti aki
Ane pasang postf dlu bru yg negatif tp waktu ane mau
Pasg yg negtf mlh lonct api gan padahal poss kontak
Msh of tlg penjelasany
Sama ini pny adk ane hbs bongkar ganti seher and ring
Malh sulit sekali hdpny padahal apai busi nyala
Tp kadg kecil kadang besar,, sekali mau hdp kagag mau
Langsam di stel pun kagag bisa jd kalau hdp macam
Mtr drag ngadat” and busi selalu htm trims tlg penjelasn
Ny gan kalau bisa minta pin sampean juga
Kalo pengapian ga stabil biasanya gara2 aki udah apkir atau pulser sepul udah lemah, atau kabel2nya ada yg ga bener, mesti dicek semua
Slm gan.. ane punya thuder 2009, masalahnya saat on lampu mati smua. Tp saat mesin nyala lampu bs nyala tp redup. Dan nyala lampu ky ikutin gas, terang saat digas.
Aki jg msh bagus, gan.
Om mau tanya, saya pakai thunde 125 2005 nokick starter, kalau mesin nyala tanpa lampu pengisian normal, tapi kalau nyalain lampu pengisian langsung turun, masalahnya apa dan tolong solusi om makasih
Kemunhkinannya antara accu udah tekor atau pengisian sepul udah lemah
Accu saya baru ganti 1 minggu om, bukan masalah di kiprok ya om? Kalo saya pakai rangkaian om diatas bisa normalin pengisian ga kalo sepulnya yg bermasalah seperti keluhan saya?
kalo thunder beda ama motor lain, kalo kiprok bermasalah ga akan ada jeda redup kaya gitu, pasti langsung mati. kalo sepul udah lemah mau ga mau mesti diganti, digimanain juga ga akan bisa maksimal lagi
Om yoga, sy ingin tanya2 ttg thunder 125 bsakah sy mnta cp atau email njenengan? Silahkan inbox sy di rex.daendels10@gmail.com
Pak tunder saya kalau masukin gigi duanya langsung mati total kenapa ya ?
Padahal kalau masukin gigi satu normal2 aja setelah masukin 2 langsung mati total mesin nya.
Coba dicek di soket indikator gigi yg ada di bawah tangki, ada satu kabel ijo yg pake soket terpisah, coba dicabut dulu, kalo lancar berarti ada konslet di kabel ijo itul
Terus kalo kabel ijo yg bermasalah di apain bang?
Klo lampu depan langsung ambil dari +- aki atau gimana? Saya udah copot semua kabel lampu, klo langsung dari aki meski kontak off , lampu akan tetep bisa nyala, nah bagusnya gimna cara menyalakan dan memasang kabel ke lampu depan
Positifnya ambil dr kontak yg kabel oranye, jangan langsung ke aki
Saya mempunyai tunder tpi boros busi.bgai mngatasi nya.trima kasih
kalo busi gampang mati biasanya gara2 kebanyakan bensin atau kecampur oli. cek setelan karbu & filter udara, atau ring seher & sil klep kalo ada gejala ngebul di knalpot
Pagi gan!
Begini gan, saya kan rencananya mau pasang kelistrikan thunder 2006, Trus ane tuh nemu diagram kelistrikanya d rumah om google. Nah pas mau ane hapalin jalur nya, ane kebingungan ama nama” komponen nya, ane coba tanya per komponen ke mbah google tapi mbah google ada yg gk. Jadi inti nya boleh minta diagram kelistrikan thunder 2006 versi agan/yg mudah dimengerti nama” komponennya Ato bisa bantu arti in tiap komponen nya gan? 😁
Maaf panjang nanya nya padahal cuman minta diagram aja! 😁Hhe
Coba download diagram kelistrikan berwarna di artikel yang ini : https://mochyuga.wordpress.com/2015/03/09/share-dokumen-dokumen-teknis-untuk-suzuki-thunder-125/
pak maaf mau bertanya klau kiprok makin lama makin panas kira” trobel g yah panas sekali
sama jalur kiprok yg dari sepul khn ada 3 warna kuning itu arus apa yah om klau terbalik pasangnya ke kiprok gpp yah
3 kabel sepul semuanya sama punya output 70 volt AC di 5000rpm, jd kalo ketuker2 gapapa.
Masalah kiprok yg panas banget, coba cek soket2nya mungkin kotor atau kendor
Nice tips gan, hehehe…. Numpang lewat doang…
Om yug, kalo spesifikasi aki nya 12V-9Ah/10Hr aki kering dipakein cara di atas aman ngga om?
Btw pengisian udah kurang baik om
Ada efeknya gak boss…
Penyakit motorku kiprok bermasalah boss.
Kadang bisa ngisi kadang tidak boss pengapian kecil boss..ap yg harus ganti
kalo pengisian lemah biasanya sepul yg rusak, bukan kiprok
Salam kenal bos.pusing ne tentang pengapian mtor thunder 125..2006.
Sepul udah ganti baru…masih kecil pengapian boss.CDI aku pinjam punya temen hidup tapi digas besar brebet bos.ap kiprok yg gak aktiv ap aki minta ganti ya bos.tolong bantuanya bos mau mudik motor macet.solusi nya bos
Minta no hp boss..ini no aq 082190313130 tolong hubungi kami/sms aja biar aku bisa hubungi anda bos
Salam kenal mas yuga,saya br dpt 2 bini baru nih (si biru 2006,sihitam 2007), lama di anggurin sm adek saya,ada lbh 6 bln kaga di idupin. Alhasil berbekal keisengan wkt muda dl,bngkar mtr sndr,kduany dah bisa ditunggangi. Rncn mau aplikasi cr ini ke kdua bini br sy,soket dah siap dah dpsg kbel. Pas mau buka aki,liat kbl merah dr spull dsatuin ma kbl merah aki,kbl negatif aki dgabung ma kbl hitam k rangka mesin. Apa memang normalny spt itu? Kbl hitam dr – aki ke mesin itu kbl apa yah?klu psg rngkaian ini kbl hitam tsb ga diapa apain? Trmksh bnyk ats waktuny utk membls tlsn ini
Salam kenal mas… Thunder saya beberapa bulan terakhir ini akinya udah gak berfungsi lagi… ahirnya saya copotin dan belum digantiin yang baru. rencananya sih mau ganti baru, hari berganti minggu berganti bulan.. aki tak kunjung terbeli…. tuh thunder tetap dipakai normal hanya saja gak bisa keluar malem… lampunya redup kayak lilin, dan sein kadang nyala kadang enggak…… kakson gak ada suaranya…
Yang saya mau tanyakan… untuk jangka panjang thunder kalau dipakai terus tanpa aki, kemungkinan apa yang akan terjadi ya…? apa spul nya hangus.. atau koilnya jebol… atau ada yang lainnya…
Makasih sebelumnya mas….
korban pertama biasanya sepul, soalnya “kerja keras” harus supply setrum langsung ke perangkat kelistrikan tanpa lewat aki dulu. kiprok jg bisa overheat & jebol, tp biasanya sepul duluan yg kalah
om saya baruganti spul 2 bln lalu tapi skrng mtr saya uda kaya aki soak minta pencerahannya makasi..
Cek dulu kondisi akinya mungkin udah waktunya ganti, kalo masih aman berarti sepul harus dicek lagi
Kak thundy saya non kickstarter kalo masukin gigi 2 pas lampu hidup langsung mati, kenapa ya? Saya baca komentar di atas permasalahannya kabel ijo, nah itu di apain kak.
Mas numpang tanya nih, thunder saya tahun 2009, nah waktu itu sepul ada yang gosong tapi karna duit terbatas saya minta di sepul ulang aja sama ganti kiprok. nah saya baru ganti aki sekitar sebulan tapi aki udah soak aja, tiap minggu harus ngecas? kira2 masalahnya di kiprok apa sepulnya ya mas?
Mohon pencerahannya
biasanya sih dr sepul, coba cek lagi aja, kalo gosong lagi berarti ada yg salah di perkabelan, atau mungkin pernah telat ganti oli jd sepul kepanasan terus gosong
Permisi gan.mau tanya ko tempat aki saya mah kebalik sama yg puny agan… D poto atas itu punya agan positif nya d deket dudukan kiprok,,punya saya ko malah negatif ya d deket dudukan kiprok nya..itu gk apa2 gan
Punya saya arus positive nya (+) malah d deket cdi gan
gapapa, beda merk aki bisa beda posisi positif negatifnya, asal disesuaikan aja sama tanda yg ada di kotak aki, tanda (+) buat kabel positif, tanda (-) untuk kabel negatif
Trus yg jalur arus ke body nya d sambungin kmn gan,,apa d solasi aja d bungkus gan,,tpi gpp kan gak ada pengaruh nya ke lampu
asslm…ndan klo thunder q 2006, sdh kick, ada mslh yg blm teratasi, ngidupin mesin mudah, pake kick, tp saat di pake jln sktr 5 mnt jln, mesin tiba2 mati, hidup lg mudah, jln lg di bwh 1 mnt mati lg, begitu terus dan terus dan terus ndan. nah tanda2 yg aq dapat kiproknya panas. tolong dibantu solusinya apa ndan.?
salam
sunar
kiprok panas wajar koq, makanya ada siripnya buat pelepas panas. coba dicek dulu aliran bahan bakar ke karbu mungkin mampet atau kecil, kalo iya berarti lubang ventilasi di tutup tangki mampet
bang boleh minta nomer wa nya gak ..??????
apa nih bang nomer wa ane 085877739624. tolong bantu bang bayak yang mau saya tanyain
gan mau nanya neh….thunder ane thn 2006 keretulan kiproknya jebol n mau ganti, klo pake kiprok thunder new bisa gak?
Saya punya thunder 125 tahun 2005 non kick stater, setiap kali kena air hujan… Aki tekor.
Mohon pencerahannya.
Thanks
bisakah teknik seperti ini diterapkan pada motor Shogun 125 lampu utama uda DC tapi aki sering tekor. tolong ….. Mksi
bisakah teknik seperti ini diterapkan pada motor Shogun 125 lampu utama uda DC tapi aki sering tekor. tolong ….. Mksi
Kalo kiprok nya panas apa penyebabnya gan
kiprok memang panas kalo lagi aktif, makanya ada siripnya buat pelepas panas
Gan kalo tali sepol yang warna kuning panas apa penyebabnya gan,,,
Tolong info nya bos
Info bang,,
Supra 125 ane kan fullwave pakek kiprok tiger,, nah sekarang kiproknya overcharge,, kebetulan ada yg jual kiprok thunder murah,, nah kan output spull tiger kan 3 kabel sedangkan motor ane kan 2 kabel jadi gimana bang? Apa saru dibiarin aja?
beda jalurnya, fungsi kiprok thunder jadi ga jalan kalo ada kabel yang ga kepasang. mending kiprok nmax aja, orinya juga udah lumayan murah koq, sistem kerja sepulnya mirip sama kiprok tiger
Om kok kiproknya jadi panas banget ya
Sore Gan.. Mau tanya Apakah sepul tunder kering ka..
Bang…. kabel yg dr kiprok isi 2 warna hitam strip putih sama hitam strip merah….bukan merah dan hitam
Ketika dilepas soketnya api di busi gak keluar…. dihubungkan ke aki jg gak keluar api businya…?
Soket lawannya warna kabel hijau sama hitam ditestmeter semua terhubung ke masa(-) / bodi…apa salahku…terima kasih jawabannya
kiprok thunder ada juga yg warna kabelnya hitam strip merah & hitam strip putih, tergantung kode kabel bodinya. kalo soket satunya lagi terhubung ke bodi berarti udah konslet, musti diganti