HOWTO : Memaksimalkan Sistem Pengisian Kelistrikan Thunder 125, Hanya Bermodal 5.000 Rupiah !

Sebagian pemilik Suzuki Thunder 125, terutama yang tipe lama (2004-2006) tanpa kick starter seringkali mengeluhkan bahwa kelistrikan bawaan standar mudah lemah, apalagi dengan peraturan sekarang yang mewajibkan lampu on di siang hari makin membuat kelistrikan bekerja keras mensupply listrik terus menerus. Yang menjadi kekhawatiran utama adalah ketiadaan kick starter yang membuat proses menyalakan motor murni mengandalkan elektrik starter, yang mensyaratkan kondisi aki selalu dalam kondisi prima.
Banyak tips2 bertebaran mengenai cara mengakali pengisian Thunder agar lebih maksimal, diantaranya dengan mengganti atau menggulung ulang sepul agar output listriknya lebih besar, mengganti atau memasang dobel kiprok agar listrik yang dikeluarkan dari kiprok lebih besar, memasang capasitor-bank, dan lain-lain. Well, tips-tips tersebut cukup memakan biaya yang mahal karena part-part yang diganti dan dipakai harganya tidak murah. Beruntung, saya mendapat satu tips dari sebuah forum online yaitu Kaskus  Thunder Riders di situs kaskus.co.id, seorang user dengan ID komenisme memberikan saran yang cukup menarik karena biaya yang dikeluarkan tidak mahal. Berikut tipsnya :

1. Pertama musti dipahami dahulu jalur kelistrikan dari Thunder itu sendiri. Thunder menganut sistem kelistrikan tipe DC, dimana sepul seluruhnya mensupply untuk pengisian sementara arus untuk lampu depan mengambil dari aki. Output kiprok adalah 2 kabel yang diantaranya positif dan negatif yang diarahkan untuk mengisi aki dan menyokong perangkat kelistrikan lainnya. Sayangnya, output dari kiprok ini “berputar-putar” dahulu sebelum masuk ke aki, sehingga ada sedikit potensi arus yang terpakai ke perangkat kelistrikan lain sebelum masuk ke aki, yang menyebabkan pengisian ke aki jadi kurang maksimal.

2. Setelah ditelusuri tidak ada jalur yang berpotensi mengganggu kelistrikan terutama pengapian jika jalur output dipindahkan, CDI (atau lebih tepatnya TCI) masih mengambil sumber dari aki. Kabel output kiprok hanya sempat “mampir” ke jalur kunci kontak dan lampu.

3. Mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya sebuah soket untuk menggantikan soket yang sebelumnya dipasang diantara kabel output kiprok dan kabel bodi. soket tersebut berwarna hitam dengan 2 kabel didalamnya, kabel merah dan kabel hitam. Setelah itu siapkan kabel secukupnya, usahakan ukuran dan tebal kawat sama dengan kabel bodi agar tidak terjadi gangguan. Terakhir siapkan soket penghubung untuk dipasang di terminal positif dan negatif aki. Rangkai bahan-bahan tersebut menjadi seperti gambar dibawah ini :

Rangkaian tambahan untuk memaksimalkan pengisian Thunder 125

* yang di gambar sih warna kabelnya masih belang, maklum baru coba-coba saja hehehe

Modal untuk membeli bahan-bahan tersebut hanya sekitar 5000 rupiah dan kita bisa merangkainya sendiri di rumah, atau jika  tidak bisa atau tidak mau repot bisa minta dirangkaikan di toko elektronik tempat kita membeli bahan-bahan tersebut, totalnya paling menjadi 10000 atau 15000, masih murah kan?

Rangkaian ini dipasang diantara kiprok dan aki. Jadi soket hitam yang sebelumnya tersambung dengan kabel bodi, dicabut dan dipasang ke rangkaian ini untuk selanjutnya dipasang ke aki. Jangan sampai terbalik dalam pemasangan, kabel merah dari output kiprok terhubung dengan terminal positif aki, sementara kabel hitam terhubung ke terminal negatif aki. Done.

Jadi apa kelebihan dan kekurangan dari memasang rangkaian ini?

Kelebihannya, supply arus listrik dari kiprok sepenuhnya masuk ke aki, sehingga pengisian aki pun lebih maksimal. Selain itu, rangkaian ini juga memberi kemudahan jika suatu saat terjadi trouble, soket output dari kiprok tinggal dikembalikan ke soket kabel bodi yang sebelumnya terhubung ke soket output kiprok, karena soket ini tidak memutus kabel bodi maupun kabel kiprok, praktis kan?. Satu lagi kelebihannya, yaitu harganya murah hehehe

Kekurangannya, sejauh ini tidak ada. Pertama kali saya memasang rangkaian ini memang sempat terjadi suatu hal yaitu terminal aki dipenuhi serbuk putih, kurang yakin juga apakah disebabkan karena pengisian arus terlalu berlebihan atau karena penyebab lain, tapi setelah diberi vet masalah itu tidak muncul lagi, kondisi aki dan air aki pun masih normal-normal saja. Sekarang arus listrik pun bisa “dibuang” ke bohlam lampu depan yang memiliki spek 55/60W, 2 kali lipat dari standarnya, karena motor saya sudah mencopot beberapa part yg memakan arus listrik diantaranya spidometer standar (diganti spido aftermarket dengan 1 lampu saja untuk background), lampu rem (diganti menggunakan lampu rem tipe led), lampu sein (diganti dengan lampu sein aftermarket dengan watt lebih kecil).

Selamat mencoba :D

*Catatan kecil : Pencetus trik ini yaitu bro Amar Fauzi atau bro Komenisme telah meninggal dunia pada 5 September 2013. Semoga ilmu yang bermanfaat ini jadi ladang amal bagi beliau, aamiin. Ride In Peace, Bro !!

About these ads

113 thoughts on “HOWTO : Memaksimalkan Sistem Pengisian Kelistrikan Thunder 125, Hanya Bermodal 5.000 Rupiah !

  1. bukannya dari kiprok kabel out itu ada 3 ya gan?? ane coba cek kok bukan 2< makanya ane jadi bingung mo aplikasikan tips ente…………….

    • kebalik bro, yang 3 kabel itu input dari sepul, kabelnya sewarna semua warna kuning, kalo output cuma ada 2, kabelnya warna merah sama hitam, nah kabel itu yg disambung sama rangkaian baru….

      • bang yoga ane mo nany sy puny thundi bekas thn 2006…kl kabel kiprok yg dr spull/3 kabel warna kuning nyambungnya acak mslh ga ya?soalny thundi ane soketny diputus…jd kabel dr spull dan yg dr kiprok disambung lgs…spull thundi sy bekas gulungan… aki baru tetapi ngedrop trs ga bs distarter hrs diengkol

      • bisa diacak, toh outputnya masih sama. kalo spul hasil gulugan coba dicek lagi outputnya, susah lho gulung ulang sepul thunder, jarang banget yang dapet output sesuai sama sepul orinya, kalo pengisiannya lebih kecil dari sepul ori ya aki bakal tekor terus

    • kalo dibilang bagus mana sebenarnya saya ga bisa jawab pasti, tapi rangkaian yang saya share ini kelebihannya adalah semua supply listrik dari kiprok dimasukkan ke aki full, pengisian untuk aki jadi lebih maksimal, asalkan aki masih standar sih ga apa2 asal jangan pake aki kering aja

  2. bos, terus kabel body yang tadinya tersambung ke output kiprok di biarin aja apa di sambungin kemana???
    ntar malah konslet lagi?? tolong di bantu ia bos, tolong di smsin aja ke nomer ane, 0813 1749 5551, tks sbelum nya,,

    • soketnya ditutup aja pake selotip serapat mungkin, kalo mau lebih yakin lagi lubang soketnya ditetesi cairan lilin, nanti kalo mau dipake lagi tinggal dibersihin, gampang koq :)

      • bang mochyuga mohon pendapat,semalem motor thunder 2007 ane tiba2 mati total,sikring sm tempatnye sampe meleleh….aki jd mati,mohon solusinya bang…

  3. genta :

    bang mochyuga mohon pendapat,semalem motor thunder 2007 ane tiba2 mati total,sikring sm tempatnye sampe meleleh….aki jd mati,mohon solusinya bang…

    sekringnya putus ga? kalo sekring putus juga bisa jadi karena ada konslet di kabel bodi atau dari kirpok, tapi kalo sekring ga putus tapi tempat sekringnya doang yang meleleh kemungkinan besar terminal akinya yang konslet karena kena ground
    diganti aja sekring & wadahnya terus akinya dicek tegangannya, kalo kurang segera charge lagi
    semoga membantu

  4. sebelumnya akiku sering tekor padahal baru 6 bulan , saya udah coba cara ini tapi nggak pake socket ,tapi langsung disambung dan diisolasi tapi tetep aja sering tekor , seminggu sekali harus di charge, kira kira apanya ya bro ? kalo kiproknya sih saya rasa nggak karena kalo habis dipake kira2 1 jam langsung ngisi , yg tadinya nggak bisa distarter langsung bisa . tapi kalo semaleman paginya nggak bisa distarter. motor ane th 2004 .no kick start .Thanks sebelumnya

    • coba cek output dari sepulnya masbro, bisa dengan dua cara, waktu mesin off atau mesin on. kalo mesin off, dicabut aja soket keluaran dari sepul, ada di bawah tangki soketnya dgn kabel kuning 3 biji, tes acak aja misal positif tester ke kabel 1 negatif testernya ke kabel 2 dst dibolak balik juga bisa, yang dites tahanannya, kalo salah satu kaki tahanannya ga sama sama yg lainnya bisa jadi ada kumparan sepul yang gosong.
      kalo dites dgn cara mesin on, caranya soket dari sepul dibuka terus gas ditahan di 5000rpm, cek output tegangannya harusnya sekitaran 70 volt ac, kalo kurang dari itu berarti sepul ggosong juga.

      kalo abis dipake ngisi lagi itu wajar masbro, berarti pengisiannya masih ada cuman lemah aja, berarti sepul yang gosong cuma beberapa kumparan aja

      itu dari kelistrikan lho ya, sebenernya ada lagi penyebab susahnya starter waktu pagi hari, yaitu setelan klep yang ga pas, kompresinya ga dapet jadi kaya berat atau ga kuat starternya

      coba cek dulu aja semuanya, mudah2an ketemu solusinya masbro :)

    • oiya lupa bang mochyuga satu lagi..
      kalo ganti pake aki yang 5 amper atau 9 amper gimana? ada pengaruhnya ga? makasih bang

      • kalo kabelnya kebalik, akinya yg rusak bro, kensleting dan malah bisa meleduk… lagian kenapa dibolak balik sih kan udah jelas warna kabelnya beda hehehe
        kalo aki diganti dengan yg spesifikasinya ga sesuai, tentu pengisian jadi ga seimbang, kalo pake 5 ampere bisa overcharge, aki cepet rusak, kalo pake yg 9 ampere gapapa sih asal pengisian dari sepul masih bagus dan kiprok masih normal, tapi kalo ada tanda2 aki tekor segera dicharge ulang

  5. berarti nanti yang nempel di aki ada 4 kabel ya? yang 2 negatif yang 2 positif .. hahaha
    oiya kang kalo motor sering di gajlok(sunda) ngaruhnya nanti bakal kena apa?

    • yoi kang, nanti ada 4 kabel masing2 2 kabel di tiap terminal akinya

      kalo sering digejlok pertama yg kena karet teromol gir belakang sama rantai yg cepet aus dan melar, kalo ke area mesin bisa ngerusak botol gir dan paling parah kruk as juga bisa kena, jadi cepet oblak
      kalo mau digajluk kalo bisa sih di gigi 2 biar hentakannya ga terlalu gede dan mesin juga lebih gampang nyala, kalo mesin udah nyala netralin lagi dan kalo mau mulai jalan balik lagi ke gigi 1

  6. kang , tadi motor udah d pake bandung-lembang . pas di kontak ke off terus ke on, eh ga kuat stater lagi.
    apanya ya kang? apa akinya? atau keprok.a? hehe

    • paling akinya kang, dibwa naik ke lembang kan beban berat tuh karena nanjak apalagi kalo lampu on terus selama perjalanan hehe

      dicharge dulu aja akinya, kalo memang masih ga kuat baru cek pengisian dan perangkat starter elektriknya, semoga membantu kang

  7. haturnuhun kang.
    oh iya kalo misalnya saya beli aki baru yang 9 ampere terus pake cara yang di atas gimana kang? dan kalo aki indobatere itu aki indopart bukan? nuhun

  8. Permisi gan mo tnya, thunder 2006 ane gak mau nyala. Kalo dipencet starter otomatisnya di switch starter bunyi cetek2. Tdnya ane kira sikring kena krn sempet putus trus udah ane ganti tp tetep gak nyala. Kalo diengkol, listrik msh keliatan jelas keluar dr busi. Lampu dpn, blkng, sen kanan kiri ma rem semua normal. Kira2 apanya yg salah ya gan? Makasih gan.

  9. gan numpang nanya,kalo ngecek kiprok pake multitester gimana caranya,yg penjelasan diatas cara ngecek spull posisi off&on posisi di testernya ohm,dc,apa ac,….thanks gan atas ilmunya

    • kalo tes kiprok cek aja tahanannya, posisi tester di ohm. pengujiannya sbb :

      pengujian kiprok
      ket :
      M = kabel Merah
      H = kabel Hitam
      H/P = kabel Hitam strip Putih

      untuk pengecekan sepul, kalo pengecekannya dalam posisi off yang dites tahanannya, tentu posisi tester di ohm dong hehe
      kalo yang posisi on, yang dites tegangan output sepul, posisi tester di volt AC

  10. salam kenal masbro..
    ane jg pengguna thunder125 setia ni..dah berkali2 disuruh ganti motor tp sayang banget ma ni motor jd ga jd diganti dah.hehehehe..
    mau tanya2 ma minta masukannya ni..motor ane baru gnti aki blm ada sebulanan, tapi kok tiap kali lampu nyala wkt dipake malem2 lampu lama2 jd redup kaya aki tekor gitu. nah kl udah dipake siangnya dengan lampu gak nyala ntar tu aki jd oke lg, lampu2 terang, starter jg fungsi kembali. nah ntu kira2 masalahnya dimana yak? dan solusinya gmna? oh iya ntu motor udah ganti pake head lamp punya vixi…
    ditunggu solusinya y masbrooo..hehehe..nuhun..

    • kalo ada gejala aki drop seketika hanya waktu lampu nyala aja, perlu curiga sama kondisi kabel-kabel lampu, bisa jadi ada yang konslet atau pemasangan kabel lampu di soket lampu vixion salah pasang, perlu diingat bahwa lampu tipe H4 atau HS1 kalo salah pasang kabel jauh-dekat-ground lampu masih bisa nyala, kondisinya bisa aja lampu jauh & deket nyala berbarengan, bayangkan kalo dua-duanya nyala berbarengan berarti jadi 70 volt (kalo pake lampu tipe HS1 35/35w bawaan vixion) atau jadi 115w kalo pake bohlam tipe H4 55/60w, wajar kalo aki cepet drop.

      kalo setelah lampu dimatikan kelistrikan normal lagi berarti pengisian masih bagus.

  11. Mas bro saya mau nanya nih,
    Saya baru beli Thunder 2004 bekas,
    Spesifikasinya mesin di bore up Jdi 150cc Trus karburatornya ninja,keihin.

    Baru seharian gk dipanasin eh uda mati total tuh motor, starternya gk nyala, Trus di gajlokin juga karna stelan gasnya gak bisa ngegas rendah Jdi gk bisa idup deh..
    Gmana nih bang..
    Mohon pencerahannya..

  12. gan, thunder ane taun 2006, nah 3 kabel kuning yang dari sepul itu “panas” kalo motor nyala, dan kiprok juga rada lumayan panas.

    gimana tuh gan, normal gak tuh?

    • kalo kirpok panas sih wajar gan, makanya dia ada siripnya juga soalnya komponen di dalemnya berpotensi mengeluarkan panas waktu bekerja…
      tapi kalo kabel sepul panas juga musti rada waspada tuh, bisa jadi karena ada pembebanan kerja sepul, diantaranya penggunaan oli yg kurang tepat yg bikin kerja sepul jadi berat, atau kondisi kabel2 & soket2 yg udah kemakan umur. dicek dulu aja satu2 gan, semoga membantu…

  13. bos motor ane thunder 2005 apa bener lampu dekat nya ngak ada cuma lampu senja aja ,trus gimana aki biar ngak cepat tekor,setiap kali dicuci motor nya susah dihidepkan kenapa ya bro…

    • lampu jauh-deket ada koq, dua-duanya ada di satu unit bohlam lampu depan, lampu senjanya terpisah. kalo lampu deketnya ga nyala mungkin karena filamen lampu deket di bohlamnya putus, atau soket & kabel ada yg ga nyambung alias putus.
      tentang susah dihidupkan, coba sebelum dihidupkan cuknya ditarik/dibuka, kalo nyala ya sukur berarti itu cuma masalah dingin aja, tapi kalo udah dicuk masih susah hidup juga mungkin karet manifold karbu udah retak atau bocor

    • kalo kelistrikan masih normal ga disarankan masbro, takutnya malah overcharge & malah ngerusak akinya sendiri, aki kering kan sensitif hehe
      kalo aki basah sih fine2 aja, tinggal rajin2 cek air aki..

  14. bank saya punya thunder tahun 2005
    kalo di stater susah banget jadi harus ngambang staternya
    padahal akinya baru di strum itu apanya yah bang
    brus nya udah saya ganti kiprok juga tapi masih aja

    • kalo starternya nyala normal tapi susah hidup, mungkin bukan dari kelistrikan tapi dari setingan mesin, diantaranya setingan kerenggangan klep sama setingan karbu
      kalo starter elektriknya juga susah nyala, cek kondisi dinamo starternya, kalo memang udah waktunya diganti segera diganti aja

  15. Gan punya ane thunder 2008,cara ente diatas udah ane aplikasikan,tapi arusnya malah jadi kecil,apanya yang salah gan,,,?

  16. mas bro , thunder saya thun 2004 , ngk ad kick starnya , spul saya udah gosong , trus mau saya lilit ulan kaya punyaknya tiger soalny saya udah beli kiprok tiger , gimana cara melilitnya mas bro , udak 5 kali saya coba tpi gagal trus , kalo ngk kebakar ya ngk keluar teanganya mlahan

    • sepul tiger sana thunder beda mas, begitu pula sistem kiproknya, makanya kalo kiprok tiger diaplikasi ke thunder bisa bikin sepulnya gosong, sekalipun lilitannya diubah tapi kan fisiknya masih sepul thunder, makanya outputnya tetep aja kaya thunder.
      kalo saran saya sih sebaiknya gulungannya dikembalikan ke standar atau ganti sepul baru, sekaligus sama kiproknya diganti ke kiprok standar thunder lagi

  17. Bang mochyuga mohon SANGAT pencerahnya,motor ane thuder tahun 2007,kmren mogok trus ane bawa ke bengkel,trus sm bengkelnya diganti aki kering trus bisa jln lg,selang sehari mogok lg ane bawa lg kebengkel yg sama,katanya kiproknya mati,ane ganti kiprok yg orsinil,jalan lg tuh thunder,selang sehari mogok lg,,aki keringnya sm tuh bengkel yg sama diganti lg,idup lg tuh thunder ane..selang dua hari mogok lg bang,ane pusing udh keluar duit bnyk pula,, tanda2nya tiba2 lg jalan mati kaya ga ad listriknya,lampu netralnya pelan2 redup trus ilang,,klw jalan mlm ane nyalain lampu tekor langsung mati thudernya..(Sempet ane baca diweb klw aki kering bisa matiin kiprok)bner ga tuh?soalnya ane beli kiprok 235rb,klw mati lg kiproknya,,stresss ane…mohon pencerahnya bang,,tolong di sms aj bang,02196062999.nti ane ganti deh pulsanya.tqu

  18. Om, tanya ya…
    Kiprok thunder kan soketnya ada dua, soket pertama 3 kabel,
    Soket yang kedua 2 kabel, jadi yang dipakai soket yang mana om,…?
    Masalhnya waktu dites dari soket kedua yg dua kabel , kabel warna merah tidak ada apinya…? ( setelah dicopot soketnya)
    Tapi kalo soketnya disambung terus dipasang kabel langsung dihubungkan keterminal aki + lampu jadi terang tapi ada pengaruh kelangsam mesin, mesin jadi lambat. Kira kira gimana tu om….
    Tq sebelumnya om…

    • yang dipakai yang soket 2 kabel bro, soalnya itu yang output dari kiproknya, yang 3 kabel input dari sepul.

      waktu dites kondisi mesin dalam keadaan nyala atau mati?
      jika dites dalm keadaan mati tentu tidak akan ada percikan karena tidak ada tegangan yang keluar dari kiprok. masalah langsam turun waktu menyalakan lampu kemungkinan disebabkan tegangan aki yang sudah drop atau kondisi oli yang sudah mengental yang menyebabkan kerja sepul jadi terhambat.

      semoga membantu

    • tips tersebut hanya berlaku untuk kelistrikan sistem AC yang menggunakan kiprok halfwave / kiprok kecil. Untuk motor-motor yang menggunakan kelistrikan dengan sistem DC seperti thunder, tiger, vixion, dll tidak bisa diakali menggunakan dioda karena skema kiproknya lebih rumit

      • Tapi bos yg namanya dioda tu untuk merubah ac-dc. Di blog yg lain ad yg menyarankan untuk emergency mengingat harganya yg mahal. Hanya tdk bs menahan arus yg keluar.

  19. bro mnta tlg ni pncerahanya… anekan baru ganti kabel body ni… tapi knp kok listriknya jadi gk ada ya.. padahal smua soket kabelnya dah benar n bisa di start juga tapi ya itu listriknya jadi gak ada… sebelum diganti kabel body yg baru normal aja tu listriknya tp ya itu aki drop trs… tlg ya gan,, pusing ni ane dah 3 hari ni blm bisa hidup juga ni motor ane.. thx gan….

    • coba dicek dulu unjuk kerja kiprok dan sepulnya. aki drop bisa jadi disebabkan tidak adanya pengisian dari sepul yang diregulasi oleh kiprok. starter memang bisa karena starter elektrik mengambil arus dari aki, tapi jika arus pengisian lemah atau tidak ada sama sekali maka pengapian mengambil tegangan aki, lama kelamaan motor pasti mati karena tegangan aki habis lagi.
      tes unjuk kerja kiprok dan sepul ada di artikel berikut :
      jika hasil tes tidak sesuai dengan patokan standar yang tercantum maka kemungkinan kiprok atau sepulnya juga sudah rusak, harus diganti juga.

  20. bro mnta tlg ni pencerahanya… anekan baru ganti kabel body ni… tapi knp kok api listriknya dari coil jadi gk ada ya.. padahal smua soket kabelnya dah benar n klakson, dinamo start juga hidup, tapi kpn api listriknya jadi gak ada y… sebelum diganti kabel body yg baru normal aja tu api listriknya tp ya itu aki drop trs… tlg ya gan,, pusing ni ane dah 3 hari ni blm bisa hidup juga ni motor ane.. thx gan

    • untuk langkah awal, coba tukar dulu CDInya dengan CDI baru atau punya temen yang masih normal. Aki pernah tekor kan? aki yang tekor bisa disebabkan pengisian yang buruk, dan aki yang tekor ditambah pengisian lemah akan merusak CDI karena CDI thunder tipenya DC-CDI yang mengambil arus dari aki. jadi pengapian hilang kemungkinan besar gara-gara CDI mati, coba dicek dulu

  21. ady :

    Tapi bos yg namanya dioda tu untuk merubah ac-dc. Di blog yg lain ad yg menyarankan untuk emergency mengingat harganya yg mahal. Hanya tdk bs menahan arus yg keluar.

    memang betul, dan fungsinya hanya untuk pengisian saja. tapi yang namanya “emergency” atau sementara tentu unjuk kerjanya tidak seoptimal part aslinya. lagipula jalur kiprok fullwave dengan halfwave kan beda, di kiprok fullwave keluarannya 3 kabel dan positif semua, jika disambung ke dioda tersebut, cara penyambungannya bagaimana?

    itu yang saya maksud beda antara AC dan DC, di sepul AC (halfwave) ada kabel output & ground, keduanya disambung ke kaki dioda, outputnya memang tetap DC. untuk sepul DC (fullwave) output sepulnya semua kabel positif dan khusus di thunder outputnya ada 3 kabel, jika disambung ke dioda bukannya difilter jadi DC tapi malah dibuang semua, kecuali kalau merakit diodanya dengan jalur tertentu, yang membutuhkan lebih dari 1 dioda dan beberapa resistor serta komponen listrik lainnya agar outputnya stabil sesuai yang diharapkan (DC 13~15volt)

  22. trs gmn gan cara untuk tes kerja kiprok dan sepul apakah masih normal atau sudah rusak tapi dengan kondisi mesin motor dalam keadaan mati gini…?

  23. Kang permisi mau share tips nih walaupun telat mungkin, tp gpplah daripada gk sama sekali, hehe :D

    Saya punya sedikit tips nih buat pengguna thunder125 yg belum ada kick staternya apabila mengalami aki tekor gk bisa stater dan terburu buru, karena setelah lama saya teliti banyak yg gk tau trik ini, kebanyakan malah di dorong, agak malu liatnya, hehe :D

    Berikut tipsnya:
    1. Standarkan motor di posisi standar dua
    2. Putar stelan gas (skrup gas) kearah kanan atau searah jarum jam 1/2 -1 putaran . Tujuannya agar langsam lbh besar dan mesin mudah di hidupkan.
    3. Masukan perseneling ke gigi 5
    4. Putar roda dengan tangan searah jarum jam serrrr… dan breemmm…mesin nyala hehe :D kemudian netralkan dan atur kembali skrup gas agar langsam gk kegedean.
    Selagi mesin normal pasti mesin mudah dihidupkan.
    ‘Keep brotherhood.’

    • siip thanks tipsnya, saya juga sering praktekin cara itu koq hehe

      tapi justru malah lebih malu lho, kalo didorong malah ada alibinya, “kan motornya motor balap” haha

  24. Kang kalau bagian luar sepul (tempat untuk nyetel posisi top) duluan panas dan temperaturnya paling panas di banding yg lain kecuali silinder head dan kepala knalpot itu wajar gk yah?

    • coba dicek dulu sirkulasi olinya, caranya hidupkan mesin tapi baut tutup lubang intip top magnet jangan dipasang dulu, normalnya ada cipratan oli yang muncul dari lubang itu, kalo ga ada cipratan oli curiga sirkulasi olinya ga sampe kesitu dan bikin ruang sepul cepet panas

  25. Kang curhat lg lah :D
    Saya kan iseng2 nih ngecek tegangan aki di thunder saya dgn tester, kondisi aki masih terpasang di motor. Pas di cek jarum menunjukan di angka 15v posisi langsam kemudian saya gas jarum tester bergerak tp kemudian balik lg ke angka 15v walaupun gas gk di lepas, jarum tester cuma bereaksi sedikit. Apakah itu normal? Kenapa tegangannya 15v? Apa karena saya pasang rangkaian elko di aki?
    Karena saya masih ragu terus aki di lepas dari motor dan di cek tegangannya, jarum tester tetep menunjukan di angka 15v.
    Karena penasaran takutnya testernya yg ngaco, kemudian saya cek aki matic saya, dan tegangannya menunjukan 12v. Apakah aki saya normal Kang? Saya pake aki GS 9Ah. Makasih sebelumnya Kang, maaf kalau ngerepotin mulu :D

    • bagus dong, berarti kondisi aki masih bagus. untuk pengisian memang stabil begitu karena karakter kiprok fullwave memang begitu, apalagi ditambah kapasitor/elco, arus pengisian makin stabil. jika kondisi aki sudah 15volt tapi waktu proses pengisian tegangannya bisa lebih dari itu malah bikin aki cepat rusak, dan artinya kondisi kirprok sudha harus diganti.
      jika kondisi aki ada di 12 volt baru kelihatan arus pengisiannya, waktu digas pasti tegangannya naik hingga 15-16 volt, tapi di rpm 7000an pengisiannya seolah2 stagnan tidak lebih besar lagi dari 15-16 volt, padahal tegangan yang keluar dari sepul memang bertambah besar tapi gara-gara diregulasi oleh kiprok maka keluaran maksimalnya tetap 15-16 volt.

      • Boss saya mau tanya tentang permasalahan kelistrikan Motor saya

        Motor saya Minerva 150R
        Kelistrikannya masih morat marit kesana kemari

        Boleh ga saya minta alamat Email, jika ada Pin BB, dan No telpon……

        Rama.dhani42@yahoo.co.I’d
        Pin 276F86A9
        No tlpon 087716185562

  26. Udah saya cek dan oli nyemprot, malah kenceng bgt semprotannya padahal kondisi mesin langsam. Mungkin emang gt kali yah, karena spull menghasilkan arus jd panasnya lumayan cepet. Coba motor akang kalau misal di panaskan kurang lebih 2 menit, pegang dah bagian yg itu kemudian bagian tutup kopling, sama gk ama punya saya hehe :D

  27. brow mau tanya nih..
    ane beli kabel body motor thunder, tpi ane belinya kbel body yang thunder baru, ane kan punya nya thunder 2004, apakah kbel body thunder baru itu bisa di pakai buat thunder yang lama? thanks

  28. Assalamualaikum bro, ane mau tanya, thundie ane tahun 2005 (No kick stater) waktu itu ane dah pernah ganti spull n kiprok, tapi permasalahannya ketika mesin menyala dan head lamp dinyalakan, sinar dari head lamp akan lebih terang ketika mesin langsam, tapi ketika mesin di gas hingga 2000rpm sinar head lamp menjadi lebih redup dari ketika mesin langsam, kira2 itu normal atau tidak ya? thx

    • waalaikumsalam
      boleh tau waktu ganti sepul dan kiprok karena bermaslah atau memang sudah waktunya diganti?
      jika sebelumnya memang pernah kena masalah kelistrikan, apalagi sampai kiproknya diganti, kemungkinan besar kondisi kabel bodi juga terpengaruh, untuk pengetesan coba kabel lampu dijumper langsung ke aki, kalo ga redup berarti kabel bodinya juga memang minta diganti. kalo masih redup juga, kemungkinan besar akinya yg udah ga fit
      semoga membantu bro

  29. mas bro mau tnya nich kalau mtor thundi ane pasang aki punyanya megapro gmna efeknya kira2 ya( kuat stater ndak ya)

    • kalo ga salah aki megapro 5 Ah ya bro? cmiiw
      kalo 5 Ah masih bisa, untuk starter masih kuat asal saat starter dipijit kondisi lampu depan, sein, atau klakson harus dalam keadaan mati, biar akinya ga cepet tekor

  30. gan… Ane megang motor thundy 2005 nih… bermasalah kalo stiap pagi suka susah di starter. Starter ngangkat tp di switch gas nya kaga mau jalan kenapa ya… Ujung”nya dorong dah kalo udah panas baru dah bisa…

    • kalo dinamo starternya masih muter kuat itu sih biasanya cuma masalah setingan karbu aja gan, kalo di kondisi dingin coba chokenya dibuka terus nyalain motornya, kalo udah nyala biarin beberapa saat sampe agak brebet baru tutup chokenya.

      kalo puteran dinamo starter terdengar lemah, kemungkinan besar brush dinamo starter udah tipis karena terkikis, doganti baru aja brushnya ke tukang dinamo

  31. salam brotherhood be brother. kami mewakili KOSTER (komunitas suzuki thunder) chapter bekasi (K-17) salam setia bagi penunggang&pecinta suzuki thunder. dimana kita masih dg setianya berkuda dg TC125 kita. ditengah kmajuan & membludaknya motor generasi terbaru. banyak yg bilang thunder motor gagal. da yg bilang motor banci, tp itu smua g kn prnah ngurangin kecintaan kita terhadap motor yg telah lahir mulai 2004 silam. untuk lbih jelasnya silahkan dtg di web kami. http://www.suzukithunder.com atau KOSTER komunitas suzuki thunder. dimana smua masalah & trooble bisa dg tuntas di bahas & diselesaikan. salam koster

  32. hello masbro
    mau nnya nih ko mtr thunder ane klo lg pelan + lampu dpan di nyalakan mesin suka mati, apa penyebab nya ya??

    mohon solusi nya

  33. mochyuga :
    salam.. tapi webnya ga bisa dibuka tuh bro.. mudah2an disana ga ada racun “potong filter” ya hehehe

    Wah ada masalah ya dengan potong filter mas? saya punya Thunder 2007 rencana mau potong filter supaya kuat tanjakan, karena mo dipakai buat naik gunung, …tolong infonya ya mas

    • potong filter = sebuah effort yang terlalu lebay untuk hasil yang tidak seberapa, bahkan tidak terasa

      coba baca lagi sumber yg mencantumkan trik potong filter itu, bukan potong filternya yang bikin akselerasi jadi kuat, tapi bukaan pilotscrew yang dibuka besar. lagian pembuktiannya tidak ada (peningkatan tenaga sampai 14 HP, videonya video thunder brazil bukan video dia sendiri, dll)

      dalam upgrade mesin motor kadang kita tidak melihat dari berbagai aspek, bisa saja beliau potong filter dan merasa tanaga bertambah, tapi beliau sebelumnya sudah mengganti knalpot racing, upgrade pengapian, dll, nah bagian potong filter itunya sebetulnya hanya sebagai pelengkap/penyempurna dari ubahan2 lainnya, bukan faktor utama penambah tenaga mesin.
      dari 5 orang teman saya yang sudah melakukan trik potong filter itu, semua tidak merasakan efek apa-apa,karena kondisi part lainnya masih standar.

  34. Maaf bang ane mau nanya , mtr ane thuhder 2008 , mtr pernah mogok gk nyala pas dicek soket kabel kontaknya longgar tapi udah di kencengin udah hidup lagi baru 10 mnt mogok lagi ternyata kabel sikring ski putus diganti nyala lagi dgn yg 15 amper,,,,,sudah 2 hari mogok putus lagi sikringnya,,,baru pasang pputus hampir 5 kali pasang putus terus tapi akhirnya yg ke enam bisa nyala ,,,,sudah 3 hari putus lagi sikirinhnya krnapa ya bang ???? TOLONG MASUKANNYA APA NYA SIH???

  35. Bang saya punya thunder 2005 non kick starter. saya mw tanya knp kok lampu depan kadang nyala kadang mati. pernah sya baca ada yg menggunakan lampu vespa. apa itu cocok?

    • Lampu kadang nyala kadang mati, penyebabnya fiting/soket lampu longgar atau soket kelistrikan panel sakelar setang ada yang longgar atau berkararat, coba cek dulu.

      betul bohlam vespa memang PnP, dudukannya sama persis sama lampu thunder 125. tapi perlu diperhatikan bahwa bohlam vespa ada 2 tipe, ada yang 35/35 watt ada yang 25/25 watt, untuk Thunder gunakan yang 35/35 watt

  36. mau nanya bang, gw punya thunder 2005, akinya sering tekor padahal aki baru, belinya baru 1 bulan yg lalu, kira2 apa masalahnya? apakah kiproknya? trus harga kiprok baru berapa?

    • kiprok jarang banget rusak, apalagi yg 2005 soalnya kiproknya heavy-duty sama kaya kiprok thunder 250
      kemungkinan besar dari sepulnya, apalagi kalo belum pernah diganti, faktor umur sama perawatan bikin pengisian sepul jadi ga optimal. ganti aja sepulnya pake yang baru

      • kalo indikasi thunder 2005. ga mau nyala pas di starter bunyi Centrak cetrek apa mesti dinamo starter nya? ato ada penyebab lain letak dinamo starter nya Baru tapi tetep cetrak cetrek mohon saranya! thanks

  37. ma’a :

    kalo indikasi thunder 2005. ga mau nyala pas di starter bunyi Centrak cetrek apa mesti dinamo starter nya? ato ada penyebab lain letak dinamo starter nya Baru tapi tetep cetrak cetrek mohon saranya! thanks

    ma’a :

    lupa kang pas didengerin suara cetrak cetrek di bendik nYa! apa bisa dipastikan bendignya yg harus ganti?

    bunyi ctek-ctek itu sebenernya indikasi bahwa bendik masih berfungsi dengan baik, karena bendik=relay, saat diaktifkan mengeluarkan suara, kalo ga ada suara sama sekali berarti udah rusak. kalo dinamo starter udah diganti baru tapi masih belum muter juga bisa jadi karena setrum aki udha lemah, atau ada masalah di area kabel bodi, biasanya sih kabel yang nyambung dari terminal positif aki ke bendik udah hampir putus jadi setrumnya terhambat, jadi ga kuat buat muter dinamo karena setrumnya kurang

  38. sore gan . , mau tanya ttg starter
    ane punya thunder 2005 tanpa kick,
    pas ane statrer tuh cuma bunyi ctek ctek di bawah jok, dinamo starter nya juga g muter, sekalinya muter tapi g hidup, trus busi udah ganti baru , di cek juga busi masih keluar listrik

    pertanyaanya itu masalah di apanya ?? mohon penjelasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s