HOWTO : Memasang Karburator Honda Tiger di Suzuki Thunder 125

Kali ini saya ingin sharing langkah2 pemasangan karbu Honda Tiger di Suzuki Thunder125, pengalaman pribadi lho :)

417353_1956805216323_2107004694_n

Pertanyaan yg banyak ditanyakan terutama dari teman-teman setongkrongan, kenapa musti pilih karbu Tiger? padahal kan banyak pilihan lain yg lebih umum & opsi setingnya juga udah banyak yg fasih, contohnya karbu PE28 (NSR), VM26 (RX-King), atau PWL26 (Ninja R)?

Yang pasti, pilihan saya kali ini didasari dari pengalaman dari temen setongkrongan & juga beberapa diskusi di forum-forum otomotif, yang menyatakan bahwa pemakaian karbu-karbu yang disebut diatas (yang notabene karbu-karbu untuk motor jenis 2tak) masih ditemui kekurangan saat diaplikasi di motor 4tak terutama Thunder125 itu sendiri, diantaranya skep ngembun, sentakan gas tidak bisa spontan (harus diurut biar ga ngok), brebet di putaran atas dll, sekalipun sudah bolak-balik seting spuyer & jarum skep tapi kadang gejala-gejala tersebut masih ada & lumayan mengganggu.

Makanya pilihan saya untuk menggunakan karbu Tiger didasari karena kesamaan konstruksi mesin (sama-sama 4 tak); kebutuhan yang sesuai dengan konstruksi mesinnya itu sendiri (pernah baca di suatu tabloid kalo pengabutan 2tak & 4tak sedikit beda, 4tak lebih halus);  fakta bahwa beberapa part di karbu ada kemiripan dengan si buas FCR (malah ada yang nyebut kalo karbu Tiger tuh FCR mini / FCR wannabe :D);  dan yang terakhir, ya karena pengen beda aja dari yg lain :D :D

Oke, sekarang masuk ke langkah2 pemasangan karbu Tiger di Thunder 125. yg perlu disiapkan diantaranya :
1. Intake manifold Tiger
2. Klem besi besar
3. Bor listrik dgn mata bor 6 atau 8mm
4. Kabel gas Tiger (kabel tarik)
5. (optional) Bor tuner atau bor listrik dengan mata bor gesek kecil
6. (optional) Pilot jet aftermarket ukuran 40

Langkah-langkah Pemasangan :

1. Modifikasi lubang baut manifold
untuk manifold Tiger musti geser lubang baut kiri (dengan posisi moncong menghadap kearah kita) gunakan bor listrik dan buat lubang baut +/- 1cm dari lubang aslinya dengan posisi sedikit serong kebawah.
selain itu, perlu ada penyesuaian di jalur daleman intakenya yaitu dengan menghaluskan lekukan yang tajam di bagian bawah menjadi lebih landai menggunakan bor tuner.

2. Sebelum memasang karbu ke dudukannya, seting dulu karbunya sesuai kebutuhan (soalnya kalo karbunya udah kepasang bakal males bongkar pasang lagi, sempit bro hehehe)
untuk mesin dengan kondisi standar, PJ pake standarnya Tiger (uk.38, tapi untuk Tiger Revo PJnya uk.40, cmiiw) sementara MJ bisa pake standar bawaan karbu Megapro (uk.108) atau bawaan karbu Tigernya sendiri (uk.120). ukuran segitu disarankan untuk yg tinggal di perkotaan dengan suhu udara normal atau cenderung panas, sementara untuk yang bertempat tinggal di daerah bersuhu dingin seperti saya (Bandung Utara) bisa menggunakan PJ aftermarket ukuran 40. Setingan ini cocok untuk mesin full standar ditambah knalpot aftermarket yang tipenya bukan benar-benar freeflow. Celah setelan klep ini dibikin lebih renggang, jadi 0,07mm.
Klip jarum skep dipasang di posisi tengah (ketiga dari atas). Setingan akselerator dibikin minim (cantolan per akselerator dipasang di coakan tengah).
Lain cerita jika mesinnya udah abnormal alias sudah bore-up, porting polish, upgrade pengapian, dll. setingnya silakan kulik sendiri ya :D

3. Pasang manifold
Untuk pemasangan manifold, sebaiknya manifoldnya dipasang dulu ke karbunya untuk memudahkan pemasangan ke mesin. manifold tiger bentuknya sedikit menekuk, posisi lekukannya dibuat menghadap kebawah (standarnya di Tiger menekuk kesamping), itu dilakukan untuk mengantisipasi ruang di rangka thunder yang lumayan sempit karena bentuknya jembatan. Agar karbu terpasang sempurna di manifoldnya, buatkan coakan kecil pas di posisi cantolan kecil di karbu Tiger yang masuk ke dalam karet manifold. Setelah itu pasang klemnya, pasang karbu di manifold, baru pasangkan manifold & karbu ke mesin.

4. Pasang karbunya di dudukannya.
filter udara ori masih bisa dipasang, tapi musti memotong sedikit belalai filternya agar pas & tidak menekuk terlalu ekstrim. Selain itu bisa juga menggunakan filter udara tipe open seperti koso atau tdr untuk karbu dengan venturi 28mm tapi sedikit dipaksakan saat memasukkan ke moncong venturi karbu Tiger karena moncong venturinya sedikit lebih besar daripada PE28. Selain itu posisi tuas cuk juga sedikit menghalangi filternya, jadi pinter-pinternya aja pasangnya agar tidak mentok sana-sini hehe

5. Pasang kabel gas
Buka tangki bensin, pasangkan kabel gas di holder kabel gas, urut jalurnya di rangka sesuai dengan jalur kabel gas ori thunder agar tidak cepet putus :) pasang kabel gas ke karbu. Punya saya ini kabel gasnya hanya menggunakan yang tarik saja karena masih ingin menggunakan holder gas ori. bisa saja pakai kabel gas 2 (push-pull) tapi musti modifikasi holder gas atau pake holder gas Tiger.

6. Pasang kabel cuk
kabel cuk musti dimodifikasi, karena tidak sama dengan kabel cuk Thunder. caranya bisa dengan menggunakan kabel cuk Tiger dengan sedikit modifikasi di bagian cantolan yang terhubung ke tuas di setang bagian kiri.

7. Pasang tangki, selang bensin, silakan digassss, blar blaaaarrr !!!!! :D

Kalo masih bingung step-by step pemasangannya, silakan dilihat video berikut :

About these ads

35 thoughts on “HOWTO : Memasang Karburator Honda Tiger di Suzuki Thunder 125

  1. alo bro yuga,
    Saya lihat photo motor thndernya yg di modif klasik di bikepis.com. mantap bro :P
    Pengen tanya nih pakai ban merk dan kran berapa bro yga. Kayanya enak pas banget enak diliatnya.

    • perbedaan jelas ada masbro, terutama di akselerasi hingga putaran tengah sangat terasa, percepatan saat akselerasi benar2 diatur bukaan gas, sangat berbeda dengan karakter karbu vakum yang ada delaynya hehehe
      sementara untuk putaran tengah tenaga lebih berisi/padat.
      untuk putaran atas, karakternya terasa “kering”, setelah main jet naik menggunakan ori tiger uk.120 malah menimbulkan asap hitam tipis di knaklpot & kondisi busi pun hitam, sepertinya musti upgrade pangapian dan menggunakan knalpot tipe freeflow agar power bisa keluar semua :)

    • Yap, tepatnya karburator Honda Tiger tahun 2005 :)
      AFAIK, tiger sampe yang tipe terbaru pun (New Tiger Revo) ga ada yang pake karbu vakum, masih sama pake keihin PD seperti Tiger lama
      kalo yang pake karbu vakum tuh New Megapro :)

    • asal bisa tahan nafsu & bawanya econo ride, ga jauh2 dari karbu ori koq…
      cuman kalo bawanya nafsu bisa sampe 1:30, maklum skepnya tinggi & venturinya oval, karakternya kaya karbu reameran, kadang kalo ga pas timing ngegasnya gas belum full udah keburu kena limiter CDI.
      pernah nyoba pake MJ yg lebih kecil (110) maksudnya biar rada irit tapi malah nembak2, mungkin karena venturinya yg gede jadi minta MJ gede juga buat ngimbangin

  2. Gan salam kenal aq da pake karbu tiger tp gara” bengkel g bertanggung jawab…skep sama nozzlenya pada baret gan…kira”hargany berapa yach gan trus ada solusi buat ngatasin masalah itu tanpa ganti skepnya…

    • kalo nosel sih bisa beli repair kit masbro, tapi kalo skep agak susah, ke BeRes honda juga musti inden…

      tapi selama ga ada masalah ke output tenaga sih gapapa, kan skepnya tarik manual ini, kalo karbu vakum skepnya baret bisa ngaco hehehehe

  3. makasih penvcerahannya mas bro, nanti ane mau nyoba ah, jadi kesimpulannya ane nyari karbu tiger revoa atau tiger lama ya? mohon pencerahannya om.. hatur nuhun

  4. iya nih,kebtlan thunder aq karbu nya bermasalah juga bro,aq pesen sama pasang bisa ga?kira2 biayanya berapa bro? kabarin aq dio 02191121026

    • saya dapet karbunya di tokobagus bro, lagian saya jug ga punya bengkel, ngoprek di teras rumah aja hehe kalo mau saya pasangin monggo datang ke rumah saya, saya di bandung :)

      btw step-by stepnya kan udah saya beberin di postingan diatas, kalopun ga bisa pasang sendiri tingal print aja postingan saya terus bawa ke bengkel, mekanik pasti ngerti koq :D

  5. ada opsi untuk ganti karbu satria fu nggak bro? apa kalo pake PE28 selalu nggak bisa spontan kalo di gas (harus diurut,kalau nggak bisa ngookk)..? ada opsi karbu untuk fu nggak? yang 4tak juga..

    • untuk thunder 2007 keatas, karbu FU bisa langsung pasang, sifatnya benar2 PnP, tinggal pasang kabel gas, pasang selang vakum, pasng cuk juga bisa paka cuk bawaan thunder 125.

  6. Aa’ bro…
    Mau tanya, gimana klo karbu tiger pake karbu lokal..
    Bagus gak ya?. Soalnya mahal klo beli ori.
    Mohon informasinya.
    Makasih

    • sebenernya saya ga bisa kasih testi bagus engganya produk lokal, tapi nyari yang ori lebih baik, ga baru juga gapapa, saya juga dapetnya second di tokobagus seharga 200 ribu include ongkir bogor-bandung, kondisi skep masih sangat mulus & kondisi keseluruhan masih oke, cuma perlu refreshment biar keliatan bersih, bisa dilihat di video kondisi before-afternya.
      just need a good willing, a right time, and a right place buat nyari barang ori yang murah hehe

  7. aa’ mochyuga, mau tanya lagi, klo dari komparasi hasil pasang karbu tiger compare karbu rx king atau pe 28 gimana? maksudnya maksimum speed klo pake karbu tiger gimana?

      • kalo dicompare sama PE atau rxking sih ga beda jauh, wong topspeed itu ditentukan bukan dari karbu tapi dari kapasitas mesin dan spesifikasi transmisi hehe
        cuma enaknya pake karbu tiger ga perlu khawatir ngembun (penyakit karbu rxking) atau blebek di rpm tengah (penyakit karbu PE), ngegas slow atau spontan ngacir2 aja dan ada sedikit “sentakan” tambahan di rpm tengah waktu akselerator di karbu tiger aktif.
        selang pair bisa disambung ke manifold tiger, pake manifold tiger revo atau scorpio z yang udah ada pentil udaranya, nah selang pair disambung ke pentil itu

  8. Aa’bro,
    Ada lg nih pertanyaan, klo filter udara dipasang itu lengkap dgn busanya atau gak?
    Update foto atau video thundernya dong yg udah dipasangin karbu tiger. Biar lebih rame nih, lgian kayaknya msh banyak pengguna thunder yg penasaran deh. Klo divideo pemasangan karbu khan dr deket, jd gak keliatan keseluruhan motor. Biar lebih seru gitu. Hehehe.

    • filter udara mish dipasang komplit, ga ada yang dicopot atau dimodifikasi.
      buat update sabar aja ya, diusahakan dalam waktu dekat deh, kalo sekarang ga bisa soalnya karbunya lagi dipinjem buat dites di thunder punya temen yang udah speknya udah “FFA” hehe

  9. Aa’, klo thunder mau di bore up, ruang bakar perlu digedein jg gak ya?. Trus klep perlu diganti besar gak ya?. Trus misal bore up tp gak di ubah volume ruang bakar atau klep, ada efek buruk gak?.
    pengen di bore up eung.. Klo udah sukses pasang karbu tiger, tinggal bore up mesin. Hehehe…

    • kalo ruang bakar ga digedein kompresinya jadi kegedean, kalo ga nenggak pertamax bisa nglitik, kasian mesinnya. selain itu juga kerja elektik starter jadi berat dan slah/kickstarter juga jadi berat juga.. bagusnya sih ruang bakar dilebarin juga ngikutin diameter piston.

      ttg klep, sebenernya pake yg standar juga gapapa asal noken-asnya musti kena papasan biar durasi buka-tutup klep jadi lebih lama, biar bisa mensupply gas bakar lebih banyak ke ruang bakar. kalo ruang bakar, klep, & noken as masih dibiarin standar efek buruknya jelas tenaga ga bertambah terlalu banyak karena supply gas bakar ga sesuai kebutuhan mesin dan mesin juga berpotensi cepet panas sekalipun setelan karbu udah diborosin sedemikian rupa..

      • aa’ bro,
        alhamdulillah sy udah dapet karbu tiger. saya pasang pakai manifold scorpio.
        udah dicobain lumayan ok tp blm dicobain jalan jauh( paling pergi pulang kantor).
        ada sedikit masalah, tarikannya terasa berat dan terkadang terasa brebet seketika.
        trus klo buka gas spontan(posisi motor diam/gak jalan) keluar bunyi ngook trus mesin mati. informasi utk main jet pake standar thunder 110, pilot jet pake std tiger 38.
        apa itu pengaruh setelan udara atau gimana? klo standar putaran setelan angin berapa ya?

        minta masukannya ya aa’ bro>
        hatur nuhun.

  10. GunyWant :

    aa’ bro,
    alhamdulillah sy udah dapet karbu tiger. saya pasang pakai manifold scorpio.
    udah dicobain lumayan ok tp blm dicobain jalan jauh( paling pergi pulang kantor).
    ada sedikit masalah, tarikannya terasa berat dan terkadang terasa brebet seketika.
    trus klo buka gas spontan(posisi motor diam/gak jalan) keluar bunyi ngook trus mesin mati. informasi utk main jet pake standar thunder 110, pilot jet pake std tiger 38.
    apa itu pengaruh setelan udara atau gimana? klo standar putaran setelan angin berapa ya?

    minta masukannya ya aa’ bro>
    hatur nuhun.

    kalo tarikan masih berat coba pilot screwnya disetel lagi, saya dapetnya di 2 puteran, coba aja sekitaran segitu. kalo masih berat coba pilot jetnya diganti pake ukuran 35
    kalo suara ngook wajar karena corong karbunya lumayan gede, tapi kalo sampe mati berarti kebasahan, coba klip jarum skep disimpen di celah kedua dari atas biar ga kebasahan. ilter udaranya dibuka ga? kalo bisa jangan dibuka, kalo dibuka kadang suka hilang tenaganya, pasnya kalo filter udara masih tetep dipasang. kalo susah pasang filter udara standarnya bisa pake filter udara variasi Koso atau TDR buat PE28

    • sebetulnya sih lebih cocok pake karbu megapro atau GL-pro bro, cuman untuk manifoldnya musti buat custom di tukang bubut soalnya dudukannya beda, karbu standar thunder dan karbu tiger dudukan karbunya sistem kle/jepit, sementara karbu megapro & GL-pro sistem baut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s