HOWTO: Memasang Relay untuk Lampu Motor

Tren penggantian lampu depan menggunakan HID dan halogen yang lebih terang dari lampu standar memang sedang marak. Tapi, harganya yang mahal hanya bisa dijangkau oleh sebagian kalangan saja. Lalau, bagaimana caranya menambah terang lampu dengan biaya yang lebih murah? Gunakan saja relay. Relay yang dipasang pada rangkaian kelistrikan lampu motor akan membuat lampu menjadi lebih terang, karena relay menyingkat arus listrik dari accu/aki dan mengurangi kekurangan arus yang tersedot ke rangkaian kelistrikan kabel body motor.

Bagaimana aplikasinya? Dibawah ini adalah contoh skema rangkaian relay untuk lampu utama

Skema relay lampu DC

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Skema tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kelistrikan DC, yang cirinya adalah lampu bisa dinyalakan tanpa menyalakan mesin terlebih dahulu, contohnya Suzuki Thunder dan Honda Tiger.  Lampu jauh dan dekat menggunakan relay yang terpisah, jadi jika ingin menggunakan salah satu lampu saja (misalnya lampu jauh saja untuk mencegah aki tekor) tinggal merangkai relay untuk lampu jauh saja. Relay yang digunakan adalah relay dengan 4 kaki.

Untuk kelistrikan tipe AC seperti bebek dan matic dengan ciri lampu baru menyala saat mesin hidup, maka rangkaian ini berguna untuk memindahkan sumber tegangan lampu dari sepul ke aki, dengan kata lain mengubah jalur lampu menjadi DC. Kelebihannya dalam putaran mesin rendah lampu tetap menyala terang, dan untuk tipe bohlam lampu bisa menggunakan yang wattnya lebih besar daripada standarnya. Catatan, jika ingin memasang rangkaian ini ke motor dengan kelistrikan tipe AC maka kabel output kiprok ke lampu harus diputus dan dipindah ke kabel kunci kontak.

Berikut adalah foto beberapa komponen yang akan digunakan :

Relay 4 kaki

*diambil dari saft7.com

Spesial request dari bro Pipit Purwadi, bisakah menghemat jumlah relay, dengan kata lain hanya menggunakan satu buah relay ?

bisa saja, jika melihat dari jalur kelistrikan terutama di jalur kabel lampu utama.

kurang lebih rangkaiannya akan seperti berikut :

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Pemasangan relay dilakukan di bagian jalur kabel sebelum sakelar lampu dekat dan jauh. Contohnya, jika sakelar on-off lampu ada di bagian panel setang sebelah kanan sementara sakelar lampu dekat-jauh ada di panel setang sebelah kiri, maka rangkaian relay dipasang pada kabel yang menghubungkan kabel di panel kanan dan panel kiri.  Selamat mencoba.

Contoh skema pemasagan relay di Thunder 125

Contoh skema pemasagan relay di Thunder 125


About these ads

163 thoughts on “HOWTO: Memasang Relay untuk Lampu Motor

    • pake jalur asli sih sebenernya masih bisa, cuman ya itu tadi, kebutuhan buat “ngangkat” lampu 55wattnya cukup ga? hehehe
      untuk kelistrikan sistem AC, kan kalo watt lampu ditambah malah makin redup, karena supply arus dari sepul dibatasi sesuai kebutuhan bohlam standar. kalo digas tinggi baru bisa terang :)
      bukan berarti kelistrikan standar ga bisa buat kebutuhan lampu watt tinggi, tapi sebaiknya sih ngambil arus DC aja biar stabil, digas pelanpun masih terang :)

      • ok master makasih infonya :D
        oya kalo pasang relay itu setelah saklar ato sebelum saklar ya, kalo cuma pasang relay 1 aja bisa ga master biar lebih singkat gitu
        sama satu lagi, kalo sudah FW dipasang di jalur aslinya headlamp ato tetep harus ke aki langsung

  1. bos mau tanya nie ane setelah ikutin skema yang ke 2 knpa ko malah jd redup yah tp memang lampu jauh dekatnya nyala bersamaan.kira kira yang salah nya sebelah mn?ane pake relay kaki 5.makasih

    • maaf keterangannya belum ditambahkan mas. efektifnya sih kalo rpm lagi tinggi mas, kalo pelan2 ya memang redup hehe makanya saya pasangkan sklar di rangkaiannya jadi bisa dihidup-matikan sesuai kebutuhan

    • pasang rangkaian yang pertama juga bisa masbro :)
      bedanya 1 sama 3, kalo rangkaian 3 pake 1 relay, lebih efektif sih cuman tetep jalur listriknya kepotong di saklar2, jadi mungkin kalo saklarnya udah berumur (berkarat/jamuran/dll) bisa berpengaruh juga ke hasil akhirnya. kalo rangkaian 1 fungsi saklar cuma sebagai triger relay aja, listriknya langsung dari aki ke lampu

  2. agan agan yang ganteng,,,,ane mau tanya nih,,,,soalnya ane buta elektronik,,jadi ga begitu ngerti…..perbedaan relay 4 kaki sama 5 kaki apa sih,,,,,soalnya kan pada relay 5 kaki ada no 87 ada dua…..tapi di relay 4 kaki 87 cuma satu…..thanks

    • relay kaki 5 juga ada dua tipe lho gan, kalo kakinya 87-87 itu sama aja kaya relay 4 kaki, cuman outputnya ada dua (87 & 87), kalo relay 5 kaki yang kakinya 87-87a kaki 87a nya tetap mengalirkan arus walau relay dalam posisi off, saat relay on outputnya pindah ke kaki 87. cmiiw lho ya, agak2 lupa soalnya hehehe

  3. Salam kenal mas bro sekalian..
    saya mau tanya,, kalau dari rangkaian DC 2 Relay kita mau tambahkan kapasitor gimana ya.. dan type n spect kapasitornya seperti apa ya??
    Thanks…

  4. slm knal masbro…
    1. motor sy win100…sllu brmslh dgn lampu dpn yg krn kurng terang,,brti sy hrs pke yg rngkaian kedua (AC) kn??
    2. tlg jlskan mksud dri kabel kuning yg ke body & soket lampu itu masbro,,,msih agk bingung jg dgn gmbar itu…
    3. kbetulan sy pny relay 4kaki yg nganggur..ap bsa dpake buat rangk. AC tsbt???

    mhon pnjelasan, masukan / bimbinganny y masbro..
    trmksh.. :)

    • mohon maaf sebelumnya, skema yang saya buat untuk kelistrikan tipe AC setelah dicoba ternyata kurang efektif dan saya pribadi tidak jadi merekomendasikan rangkaian tersebut. untuk sekarang silakan bisa mencoba rangkaian yang tertara di posting ini, untuk relay 1 buah bisa mencoba rangkaian kedua. kelebihannya lampu bisa menyala terang saat putaran mesin rendah sekalipun karena supply listrik dibantu dari aki. trims

  5. gan,utk ngedptn relayny dmn ya,,,,,,

    di bengkel atau toko2 elek tronik,,,,,

    trus kisaran hargany berapa????

    • di bengkel juga ada bro, tapi kalo sulit coba mampir ke bengkel/toko aksesoris mobil, pasti ada. tenang harganya ga mahal koq sekalipun belinya di bengkel mobil :)
      untuk relay harganya kisaran 15ribu-30ribu, tergantung merknya.

  6. gan… ane mau tanya…

    motor ane jupiter z

    lampu depan ane mati pas service karbu, setelah di cek lagi sama montir ternyata listrik dari spool untuk lampu depan gak ada,, kemungkinan spool rusak (:mewek…) padahal sebelumnya kondisi baik…
    akhirnya diakalin ambil dari aki langsung…, resiko aki tekor,, eh berhasil… nah… pas di jalan ngantor, klakson sama sein gak nyala,, lampu sih nyala…

    kira2 mesti diapain yah gan…?
    trims jawaban dan infonya…

    • waduh, kalo ini sih udah masuk trobleshooting bro hehehe

      kalo spool rusak mau ga mau musti diganti bro, soalnya selain ga ada supply ke lampu, supply ke aki juga bisa ikut berkurang dan aki tidak penuh2, akhirnya “tarik-tarikan” arus untuk kebutuhan lampu, sein, klakson, lampu rem, dll semua dari aki, jika aki lemah tentu tidak semuanya bisa menyala, makanya musti diperbaiki dulu spoolnya biar arus ke lampu ada, ke aki juga ada, dan semuanya bisa menyala dengan normal kembali :)

  7. salam kenal mas bro..
    Kndsi kelistrikan lampu sy dc tp ktika di atau di klakson lampu utama meredup dan jarum rpm pun ngaco.. Teridentifikasi pnyakitnya kya kelebihan arus yg trpakai.. Kira2 menurt mas bro bsa sembuh g ya pnyakitnya klo di pasang relay.? Mhon pencerahannya..

    • kalo gejalanya gitu sih bukan kelebihan arus, tapi kurang tegangan bro, coba akinya dicharge dulu, atau kalo umurnya udah uzur sebaiknya diganti baru aja.
      kalo ternyata memang benar akinya sudah lemah, kalo ditambah pasang relay buat lampu malah makin parah bro, bisa2 klason, sein dan spido redup dan ngaco semua karena tegangannya “kesedot” ke lampu

  8. gan mohon pencerahanya ya….
    punyakq mio 1996 lampu sdh pernah tak kasih helogen terang tapi reflektor rusak, tak kasih HID aki tekor. trus enaknya pake lampu apa ya…? apa cukup lampu standart dikasih relay atau lainnya soale sering tak pakai luar kota, sekalian sama skemanya.makasih buanyak atas pencerahanya

    • kalo pasang lampu halogen sebisa mungkin jangan pake yg abal2, karena lampu halogen yang murahan memang menghasilkan panas yg berlebih, beda dengan halogen merk phillips (bukan promosi lho ya) atau merk2 terkenal lainnya, terangnya lebih bagus tapi ga menghasilkan panas berlebih. selain itu juga perhatikan wattnya, jangan pakai yg terlalu besar wattnya.
      kalo pasang HID tentu harus didukung perangkat kelistrikan yg mumpuni, diantaranya sepul dan kiprok sistem DC serta aki dengan kapasitas besar agar mampu menampung cadangan listrik lebih banyak.
      kalo buat kelistrikan tipe AC kaya mio mungkin lebih baik dan lebih simpel kalo pasang anti-tekor aja, harganya lumayan murah dan udah banyak bengkel yang jual, atau bisa juga dengan cara pasang capasitor-bank di jalur listriknya biar nyala lampunya stabil. selain itu, kalo ada modal lebih bisa dibelikan kiprok BRT (sekali lagi bukan promo lho ya) biar supply listrik dari sepul lebih maksimal dialirkan ke lampu, lampu pun lebih terang.

      btw, tunggu aja ya beberapa hari kedepan, saya mau coba2 otak-atik kelistrikan sistem AC biar lampunya terang dan stabil, kebetulan ada scorpio di rumah yg bisa dijadikan kelinci percobaan hehehe… nanti hasilnya saya share di blog ini

  9. makasih banyak atas pencerahannya, sangat membantu dan bermanfaat bagi banyak orang…………… tak tunggu info secepatnya ha ha ha ha………

  10. Gan mau nanya lagi nich…… apa bisa pake kiprok brt sekalian ditambahi anti tekor/power blazing/sejenisnya..? klo emang bisa sebaiknya pake lampu apa….? yg standart ato halogen philips, coz aq mau beli kiprok brt. makasih banyak sebelumnya mudah2 tidak bosan memberi pencerahan pada orang awam

    • untuk penggunaan kiprok BRT lebih baik pakai bohlam yang berkualitas bagus karena supply arus keluaran kiprok juga lebih besar, pake halogen phillips juga cocok koq, dan ga perlu lagi pake anti tekor dll karena fungsinya sama2 buat menambahi arus juga, kalo dipasang takutnya arus yg masuk ke lampu malah terlalu besar, malah cepat putus lampunya

  11. bro mw nanya kalo thunder headlampnya d ganti pake autopal, yg harus d ubah apa aja?????

    boleh minta skema pemasangan autopal k thunder ga?

    oya skalian nanya kalo lampu h4 kan soketnya ada 3, itu urutannya apa aja, mana yg ground, hi lamp, low lamp?

    • sebenernya sih gada yg diubah bro, cuma waktu pemasangan besi pengait ring headlamp ke batok headlamp harus ditekuk keluar dulu biar reflektornya bisa mauk ke dalem headlamp thunder, kalo mau simpel sih beli yang udha satu paket aja sama headlampnya, biasanya pake headlamp tiger, sama aja koq :)
      tentang kelistrikan, paling ganti soket lampu aja, kalo mau pasang relay tinggal tiru skema diatas, kalo bingung diprint aja artikelnya terus kasiin ke bengkel pasti ngerti hehe
      lampu H4 kaki kiri ground, kaki atas high, kaki kanan low

  12. mochyuga :
    sebenernya sih gada yg diubah bro, cuma waktu pemasangan besi pengait ring headlamp ke batok headlamp harus ditekuk keluar dulu biar reflektornya bisa mauk ke dalem headlamp thunder, kalo mau simpel sih beli yang udha satu paket aja sama headlampnya, biasanya pake headlamp tiger, sama aja koq
    tentang kelistrikan, paling ganti soket lampu aja, kalo mau pasang relay tinggal tiru skema diatas, kalo bingung diprint aja artikelnya terus kasiin ke bengkel pasti ngerti hehe
    lampu H4 kaki kiri ground, kaki atas high, kaki kanan low

    Thank’s Ya Bro…………..

  13. gan motor ane new smash kmrn nyoba pake rangkaian ke 2 kok dak mau nyala ya lampux, tu apax ya gan??

    kan itu relay di pasang di kabel saklar lampu on/of ke saklar hi/lo lamp kan gan??

    • kalo kelistrikan smash kan sistemnya AC bro, sementara yg saya buat rangkaiannya buat kelistrikan DC, mungkin ada perbedaan jalur yg bikin lampunya jaid ga hidup cmiiw
      sebenernya dulu saya pernah bikin skema rangkaian untuk kelistrikan AC tapi ternyata setelah dicoba lebih banyak negatinya daripada positifnya makanya saya hapus lagi, sampe sekarang belum nyba2 lagi buat kelistrikan AC soalnya belum ada motornya buat percobaan hehe

  14. mo nanya mas bro,kalo pake lampu H4 yang 100/90 Watt buat motor tiger tampa menggunakan capasitor bank memungkinkan ga ya?

    • secara teori sebenernya ga bisa bro, soalnya spesifikasi aki standar tiger kan hanya 7 ampere, sementara jika menggunakan lampu 100W minimal butuh aki dengan spesifikasi 9 ampere, karena 100W / 12V = 8,33 A. pake 9 ampere juga sebenernya pas-pasan, karena masih ada keperluan kelistrikan lainnya seperti untuk pengapian, lampu2 spido, sein, klakson dll

  15. met malam mas. aq mau nanya.tentang kelistrikan/lampu motor yang menyala secara otomatis,di mn skarang semua motor terbaru harus demikian, khususnya pada motor yg aq punya,
    yamaha mio GT. pertanyaannya:
    bskah sy merubah rangkaian listrikx menjadi manual dgn menggunakan swith. agar tidak menyala terus.nanti pd mlm hari baru qt gunakan.kalau bisa mohon di bantu gambar rangkaiannya giman..? dan apakah tidak ada pengaruh/efek yg fatal pd motor bila sy merubahnya. mohon d bantu. thankss before.
    irman.nusi@vale.com ini alamat email aq. bs langsng aja.

    • jujur saya pribadi belum pernah menganalisa kabel bodi di motor2 yang menggunakan sistem AHO ini, tapi kalo mau simpel sebenarnya bisa saja, tinggal potong kabel sebelum soket lampu, sambungkan ke switch / sakelar jadi lampu bisa dimatikan, tapi saya belum tahu secara spesifik efek sampingnya apa dan dalam jangka panjang akan berakibat apa karena belum pernah mencoba, maaf ya

    • memang ga akan seterang kalo pake lampu watt besar atau HID hehe.. fungsinya hanya untuk memaksimalkan jalur kelistrikan untuk lampu, jalurnya di by-pass diluar jalur kelistrikan standar.
      jika memang masih kurang terang ada beberapa kemungkinan, pertama relay yang dipakai kualitasnya kurang bagus, kedua kabel yang dipakai juga kurang bagus terutama kabel yang dari aki ke kaki no.30 relay harus pakai kabel yang bagus agar hasilnya maksimal, yang ketiga kemungkinan kondisi akinya juga sudah lemah, yang terakhir kondisi soket lampu sudah harus diganti

    • saya belum tau skema kelistrikan scoopy kang, maaf ya
      mungkin bisa baca artikel di aft7.com tentang bikin lampu tembak di motor bebek, mungkin kurang lebih caranya sama

  16. bro,mau tnya?saya punya motor megapro 2005 ketika saya menghidupkan lampu pada ktika malam hari kok akinya gak ngisi kira2 itu apa bro penyebabnya?trus apakah jika pake relay aki bisa ngisi?trims bro sebelumnya.

    • untuk relay ini sama sekali ga ada hubungannya sama pengisian bro, fungsi relay hanya sebagai “jalan pintas” dari aki ke lampu, jadi jika aki tekor sebaiknya cek perangkat pengisian diantaranya sepul dan kiprok

  17. kalau di pasang di motor setipe AC honda. grand . supra x. dll tipe motor ac gmn ? bisa nga .. motor saya honda blade lawas keluaran pertama kali ?? bisa nga .. motor saya juga masih tipe AC !! lampu masih menganut putaran mesin?

    • mohon maaf sebelumnya, saya belum riset rangkaian yang pas buat yang AC mas, sebelumnya sih pernah bikin tapi ternyata banyak efek negatifnya jadi saya hapus skema rangkaiannya, maaf ya

  18. Salam masbro,,
    Mas,motor ane H.spacy,,normal klistrikan lmpu ny AC kn y,,
    Lmpu dpan,cm bsa nyla saat msin hidup,,
    Tp,ane udh ubh,lmpu dpan bisa nyla saat msin hidup atw mati,krna + ane lgsg ambil dri aki dgn saklar tmbahan,,
    Skg,kl ane mw pasng relay,pke skema yg 1(2relay) atw skema 2(1relay)
    Nb:pda skema 2,mksd nya rangkaian kabel body lampu,itu yg mna?
    Mhon pnjelsan nya,,hatur nhun,,

    • kalo memang udah ambil langsung dari aki, berarti bisa pake rangkaian skema 1 atau 2, toh sama saja. di skema 2 kalo diterjemahkan ke kelistrikan punya anda, berarti disambung ke kabel lampu yang dilangsungin ke aki

      semoga membantu

      • Pada skema 2,ada 1 kabel yg tidak terhubung kmn pun(rangkaian kabel body lampu),itu mksd nya disambungin ke mna gan?

  19. mugi :

    Pada skema 2,ada 1 kabel yg tidak terhubung kmn pun(rangkaian kabel body lampu),itu mksd nya disambungin ke mna gan?

    kan udah dijawab, kabel itu disambung ke kabel lampu yang anda langsungin ke aki

    • kalo ngerti skema pertama pasti tau koq gimana ngakalinnya hehe… itu kan jalur lampu dekat & jauh terpisah, jadi tinggal copot jalur relay lampu dekatnya aja

    • njmx sistem kelistrikannya masih AC kan ya? ga bisa kalo gitu, untuk kelistrikan AC saya masih belum nemu skema yang pas, tempo hari pernah riset tapi gagal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s